Sponsors Link

25 Cara Membuat Rambut Berkilau yang Mudah di Ikuti

Rambut merupakan bagian tubuh dari manusia yang berfungsi sebagai pelindung daerah tertentu dari pengaruh suhu dan lingkungan. Selain itu, rambut terutama yang ada di kepala dapat juga mempengaruhi bentuk wajah dan penampilan seseorang. Oleh karena itu, rambut yang ada di bagian kepala dari seseorang sering juga disebut sebagai mahkota kepala.

ads

Merawat rambut merupakan suatu keharusan yang sebaiknya dilakukan untuk selalu menjaga rambut agar mudah ditata, dan tidak timbul berbagai macam masalah rambut seperti rambut rontok, rambut beruban, rambut patah patah, rambut bercabang, rambut berminyak, rambut kering, rambut kusut, rambut lepek, dan berbagai macam masalah lainnnya.Selain itu merawat rambut dapat dilakukan agar tidak muncul masalah pada bagian tubuh lainnya serta tidak menimbulkan rasa tidak nyaman pada pemilik rambut.

Mengapa Perlu Melakukan Perawatan Rambut ?

Proses merawat rambut harus dilakukan dengan benar agar hasilnya maksimal dan tidak malah menimbulkan masalah lain. Dalam proses perawatan rambut juga harus diperhatikan kebutuhan apakah yang paling dibutuhkan rambut karena cara merawat rambut kering dan mengembang akan berbeda dengan cara merawat rambut dengan kondisi rambut yang berminyak dan lepek. Berbagai macam cara merawat rambut juga dapat dilakukan sendiri dirumah secara mandiri maupun harus membutuhkan bantuan para ahli rambut di salon kecantikan.

Aktivitas merawat rambut yang dapat dilakukan sendiri seperti mencuci rambut, menata dan menyisir rambut, menggunakan produk perawatan rambut seperti shampoo, conditioner, minyak rambut, dan beberapa produk perawatan lainnya yang dapat dengan mudah ditemukan di pasaran. Sedangkan cara merawat rambut yang harus dilakukan dengan bantuan para ahli tata rambut seperti bleaching, rebounding, smoothing, dan berbagai macam perawatan rambut di salon lainnya.

Langkah-langkah Membuat Rambut Berkilau

Beraneka ragam perawatan rambut yang dilakukan pastinya bertujuan untuk menjadikan rambut memiliki kondisi yang ideal. Kondisi ideal terhadap rambut yang paling diinginkan oleh setiap orang terutama mereka yang sangat memperhatikan penampilan diantaranya adalah rambut berkilau, rambut bersih dan wangi, rambut lurus. Dalam artikel ini, akan dibahas salah satu cara untuk membuat rambut memiliki kondisi yang ideal sehingga dapat memberikan nilai lebih pada penampilan seseorang. Kondisi yang akan dibahas dalam artikel ini adalah rambut berkilau, berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membuat rambut menjadi berkilau:

  • Menutrisi rambut dengan baik

Rambut dengan kondisi yang berkilau merupakan tanda dari kondisi rambut yang sehat. Cara membuat rambut berkilau yang pertama adalah dengan senantiasa membuat rambut selalui daam kondisi sehat. Untuk melakukannya maka rambut harus dapat ternutrisi dengan baik sehingga gunakanlah berbagai macam produk baik herbal maupun kimia yang dapat memberikan nutrisi pada rambut. Bahan bahan yang dapat menutrisi rambut diantaranya adalah :

  1. Almond, salah satu jenis kacang kacangan ini dikenal sebagai super food yang memiliki banyak kandungan bermanfaat untuk tubuh terutama untuk memenuhi kebutuhan nutrisi pada rambut.
  2. Kemiri, bumbu dapur yang satu ini juga memiliki beraneka ragam kandungan yang cocok untuk membuat rambut menjadi sehat dengan menutrisinya. Cara menggunakan minyak kemiri untuk rambut cukup sederhana yakni hanya dengan mengoleskannya secara langsung.
    Sponsors Link

  3. Kelapa, buah banyak manfaat ini juga memiliki kandungan yang cocok untuk memenuhi berbagai kebutuhan nutrisi pada rambut dan menjadikan rambut selalu tampak sehat.
  4. Seledri, daun tanaman seledri juga dikenal sejak lama sangat bermanfaat untuk membantu memenuhi nutrisi pada rambut dan kulit kepala.
  5. Lidah buaya, mendengar namanya saja pasti sudah mengetahui bahwa tanaman yan satu ini memiliki manfaat dan kandungan yang sangat cocok digunakan untuk menutris rambut. Oleh karena hal tersebut, banyak produk perawatan rambut yang berisikan ekstrak lidah buaya.
  6. Alpukat, dari golongan buah ada alpukat yang memiliki kandungan vitamin dan mineral beragam yang dapat membantu menutrisi rambut dan menjadikan rambut selalu tampak lebih sehat sehingga kondisi rambut yang berkilau akan dapat diperoleh.
  7. Madu dan yogurt, siapa yang tidak tahu banyaknya kandungan madu yang sanagat bermanfaat pada tubuh. madu dan yogurt ternyata juga memiliki manfaat yang sangat melimpah untuk membantu memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral sebagai nutrisi bagi rambut yang akan membuatnya selalu menjadi rambut yang sehat.
  8. Cuka apel, produk olahan dari fermentasi apel ini dapat membantu menutrisi rambut dan juga membantu menghilangkan berbagai macam produk perawatan dan penataan rambut yang cukup sulit dihilangkan. Dengan hilangnya sisa zat tersebut maka rambut akan tampak lebih sehat dan resiko efek sampin dari produk perawatan rambut berbahan kimia dapat dicegah.
    ads
  9. Lemon, kandungan vitamin c dan vitamin mineral lainnya yang kaya pada lemon dapat bermanfaat untuk membantu menjaga agar rambut selalu senantiasa ternutrisi dengan sangat baik.
  10. Teh hijau, jenis teh yang sangat berguna untuk kesehatan tubuh manusia ini juga memiliki kandungan vitamin dan mineral yang cocok sebagai penutrisi rambut.
  11. Pepaya, buah lainnya yang juga dapat memberikan nutrisi pada rambut sehingga selalu tampak berkilau adalah pepaya dengan rasa manis khasnya.
  12. Pisang, buah pisang dikenal sangat cocok untuk menutrisi bagian rambut, gigi, dan tulang dengan baik. Konsumsi buah pisang dalam jumlah pas dapat menyebabkan rambut terpenuhi nutrisinya.
  13. Serai, khasiat serai untuk rambut salah satunya adalah mampu membuat rambut tampak hitam berkilau.
  • Menghindari perlakuan pada rambut yang tidak baik

Terkadang kebanyakan dari kita tidak sadar telah melakukan perbuatan yang kurang baik terhadap rambut dan telah menjadi sebuah kebiasaan buruk. Beberapa kebiasaan yang secara tidak sengaja dan kurang dimengerti dapat menyebabkan rambut menjadi rusak. Berikut kebiasaan buruk terhadap rambut yang sering dilakukan.

  1. Menyisir rambut ketika basah, kebiasaan ini dapat meyebabkan kondisi rambut menjadi tidak sehat karena rambut dalam keadaan yang masih basah memiliki penurunan kekuatan.
  2. Mengikat rambut, baik bagi yang memiliki rambut panjang maupun pendek, mengikat rambut secara sering saat ini menjadi tren. Sama halnya dengan menyisir rambut, mengikat rambut pada saat kondisi basah juga dapat menjadi pemicu rusaknya rambut.
  3.  Menggunakan perawatan yang berlebihan, dalam menata dan merawat rambut terkadang membutuhkan alat alat perawatan. Penggunaannya yang salah dapat menyebabkan kondisi rambut menjadi rusak.
  4. Memilih dan menggunakan produk perawatan rambut yang salah, pemilihan produk perawatan rambut  terkadang pada beberapa orang sangat tidak diperhatikan dan tidak disesuaikan dengan kondisi rambut.
  5. Sering terpapar sinar matahari, kebiasaan buruk lainnya yang dapat menyebabkan kilau rambut hilang. Dengan melakukan aktivitas dilapangan dapat membantu meperlancar persiapan yang dilakukan.
  • Menggunakan Produk perawatan rambut

Cara membuat rambut berkilau lainnya adalah dengan menggunakan produk perawatan rambut yang memang dikhusukan untuk menjadikan rambut tampak lebih berkilau. Namun penggunaan produk seperti ini harus dibatasi dan disesuaikan dengan kondis atau karakteristik rambut tersebut. Penggunaan yang berlebihan dapat menyebabkan rambut menjadi kering dan rusak sehingga kondisi rambut yang berkilau tidak akan terjadi. Produk produk perawatan rambut yang biasanya digunakan untuk membuat rambut berkilau diantaranya adalah minyak rambut, vitamin dan serum rambut, serta masker rambut.

  • Menggunakan ramuan bahan alami untuk membuat rambut berkilau

Adanya efek samping dari produk perawatan rambut berbahan kimia yang digunakan terus menerus menjadikan pilihan menggunakan bahan alami menarik banyak orang. Bahan alami meskipun dikenal dengan efektifitas yang kecil namun tidak menimbulkan efek samping berarti. Beberapa ramuan herbal yang dapat dicoba untuk digunakan sebagai bahan alami pengkilau rambut sebagai berikut:

Sponsors Link

  1. Masker rambut daun seledri, cara pembuatannya sangat sederhana yakni hanya dengan mencampurkan pada bahan minyak dari daun seledri yang sudah diolah dengan baik. Aplikasikan masker rambut alami ini untuk mendapatkan rambut yang berkilau.
  2. Minyak kemiri dan jus lemon, campuran bahan ini juga dapat dijadikan salah satu alternatif bahan alami yang dapat membantu mengkilaukan rambut.
  3. Masker minyak santan, minyak santan memiliki banyak manfaat untuk rambut seperti membantu pertumbuhan rambut, mengatasi rambut kering dan rontoh serta membantu membuat rambut menjadi tampak berkilau terus.
  4. Minyak zaitun dan minyak almond, kedua buah minyak yang disebutkan tersebut merupakan buah yang paling banyak bermanfaat untuk meluruskan rambut dan menjadikan rambut tambah hitam dan berkilau.
  5. Lidah buaya, seperti yang sudah sudah, lidah buaya sangat bermanfaat untuk rambut meskipun skarang cukup sulit untuk menemukannya. Cara penggunaan lidah buaya juga sangat sederhana yakni hanya dengan mengoleskan potongan lidah buaya secara langsung ke rambut. Cara pemakaian lidah buah untuk rambut rontok dan berkilau sangat penting agar manfaatnya benar benar terasa.
  • Merawat rambut secara rutin

Langkah terakhir dalam cara membuat rambut berkilau adalah dengan melakukan semua perawatan yang disebutkan diatas tersebut dengan benar. Dengan merawat rambut maka kondisi rambut akan senantiasa menjadi sehat dan tampak lebih berkilau. Proses perawatan rambut selain yang disebutkan khsusu diatas juga dapat dilakukan dengan mencuci rambut secara rutin dan menggurangi penggunaan produk minyak rambut dan produk lainnya dalam jangka panjang karena dapat membuat rambut menjadi rusak dan menjadikan rambut tidak berkilau kembali. Hindari juga proses penataan rambut di salon yang banyak menggunakan bahan bahan kimia.

Itulah beberapa cara yang harus dilakukan agar kondisi ideal seperti rambut tampak berkilau dapat didapatkan sehingga menjadikan penampilan seseorang lebih baik dan mendapatkan penilaian lebih dari orang lain. Intinya dalam cara membuat rambut selalu tampak berkilau adalah selalu menjaga rambut agar memiliki kondisi yang sehat dengan nutrisi yang tercukupi.

, , , ,




Oleh :
Kategori : Perawatan Rambut