Sponsors Link

Inilah 8 Cara Membuat Rambut Berkilau Tanpa Perlu Ke Salon

Memiliki rambut yang menawan merupakan keinginan hampir setiap orang di dunia. Khususnya bagi wanita, rambut merupakan sebuah mahkota yang perlu dijaga keindahannya. Hal tersebut tidak terlepas dari tanggapan beberapa orang yang menyatakan bahwa memiliki rambut yang sehat dan berkilau dapat menaikkan moral seseorang. Oleh sebab itu, sebagian besar wanita memercayakan perawatan rambut di salon-salon kecantikan.

ads

Namun, mendapatkan perawatan di salon perlu biaya yang tidak sedikit. Untuk orang-orang yang memiliki anggaran yang terbatas, melakukan perawatan rambut di rumah adalah pilihan yang terbaik. Salah satu keinginan wanita saat melakukan perawatan rambut di salon adalah rambut dapat berkilau secara alami. Meskipun Anda terbiasa melakukannya di salon, namun Anda bisa mencoba melakukan perawatan rambut sendiri di rumah. Untuk mengetahui cara-caranya, berikut ulasannya.

  • Gunakan Kondisioner

Mungkin sebagian orang jarang menggunakan kondisioner karena mereka menganggapnya tidak begitu penting. Padahal manfaat kondisioner umumnya adalah memberikan nutrisi serta kelembaban pada rambut. meskipun begitu, kondisioner juga memiliki manfaat lain untuk memberikan cahaya pada rambut. Selain itu, kondisioner harus digunakan berdasarkan jenis rambut yang Anda punya. Cobalah Anda pelajari tips memilih kondisioner sesuai jenis rambut. Dengan begitu, khasiat yang terdapat pada kondisioner bisa lebih maksimal dan tidak terjadi masalah rambut. Kondisioner tidak harus menggunakan bahan-bahan yang mengandung unsur kimia. Kondisioner dari bahan alami pun bisa Anda coba. Pelajarilah cara membuat kondisioner rambut dari bahan alami dari beberapa sumber.

  • Tidak Keramas Setiap Hari

Meskipun beberapa orang menganggap manfaat keramas setiap hari dapat menyehatkan rambut. namun, sebagian orang pun menyarankan tidak melakukan keramas setiap hari. Akibat terlalu sering keramas dapat memberikan masalah rambut yang cukup besar. Contohnya saja rambut rontok, kering, bercabang, kulit kepala gatal dan bentol, bahkan rambut tidak terlihat cerah. Maka dari itu, secara idealnya, penggunaan shampo lebih baik dipakai sekitar dua sampai tiga kali dalam seminggu.

  • Gunakan Masker Rambut

Sama halnya dengan kondisioner, masker rambut juga dapat digunakan untuk memberikan efek tambahan pada kondisi rambut. Manfaat masker rambut sendiri cukup beragam. Mulai dari meningkatkan kualitas rambut, menjaga kelembaban rambut, mengatasi kerontokan, dan juga dapat mencerahkan rambut. tentunya tidak semua masker rambut akan cocok dengan setiap jenis rambut setiap orang. Maka dari itu, Anda perlu memerhatikan jenis rambut Anda sendiri. Selain itu penggunaan masker rambut setiap hari pun perlu diperhatikan dengan seksama. Kandungan kimia yang terdapat di dalamnya dapat menyebabkan efek samping yang cukup serius pada rambut. cobalah untuk konsultasikan terlebih dahulu sebelum menggunakannya.

  • Sering Mengeringkan Rambut Secara Alami

Pada umumnya, cara mengeringkan rambut yang lebih cepat dan praktis adalah menggunakan hair dryer. Namun, perlu Anda perhatikan bahwa rambut sering dihair dryer justru lebih rentan terhadap kerusakan rambut. Bahaya pengering rambut yang sering digunakan dapat menyebabkan kerontokan rambut, folikel rambut cepat rusak, rambut cepat kusam, dan bahkan rambut mengalami kekeringan. Hal tersebut bisa terjadi karena efek panas yang dihasilkan dari hair dryer. Cara yang paling aman untuk mengeringkan rambut adalah dengan berjemur dibawah sinar matahari atau mengipas-ngipasnya saja. Hal ini membuat rambut tidak akan mudah rusak maupun merasakan panas yang berlebihan sehingga rambut tetap sehat.

  • Menggunakan Vitamin Rambut

Vitamin rambut merupakan nutrisi tambahan yang bisa memberikan efek positif pada kesehatan rambut dan juga kulit kepala. Saat ini banyak vitamin rambut yang bisa Anda dapatkan dengan harga yang terjangkau di berbagai toko perawatan rambut. Usahakan vitamin rambut yang akan dipakai bebas dari unsur alkohol. Sebab, jika memiliki unsur alkohol, rambut akan mudah menjadi lebih kering.

  • Potong Rambut yang Telah Kusut atau Bercabang

Cara lainnya agar rambut tetap berkilau adalah sering memotong rambut pada bagian-bagian rambut yang kusut atau bercabang. Usahakan selalu potong sekitar dua bulan sekali. Selain membuang rambut yang kusut maupun bercabang, potong rambut ini juga dapat menjaga kecerahan serta model rambut yang Anda gunakan agar tetap menarik.


  • Tidak Melakukan Perawatan Rambut yang Berlebihan

Maksud dari perawatan rambut yang berlebihan di sini adalah Anda sering bergonta-ganti model rambut, sering diwarnai, dan perawatan rambut lainnya. Memang hal tersebut membuat rambut menjadi lebih menarik. Akan tetapi, hal tersebut justru merusak kualitas rambut itu sendiri. Maka dari itu, sebaiknya Anda tidak perlu sering melakukan perawatan rambut yang berlebihan.

  • Memakai Bahan-bahan Alami

Sudah pasti bahan-bahan alami dapat memberikan nutrisi yang lebih jika dibandingkan menggunakan produk-produk perawatan shampo yang sudah dalam bentuk kemasan. Sebab, produk yang sudah menggunakan kemasan umumnya sudah dicampur dengan bahan-bahan kimia lainnya. Dengan begitu, produk tersebut tidak murni menggunakan bahan alami. Anda bisa mempelajari cara-cara membuat rambut berkilau menggunakan bahan-bahan alami di berbagai sumber terpercaya.

Itulah 8 cara membuat rambut berkilau tanpa harus pergi ke salon. Dengan mengikuti tips-tips yang telah diberikan, Anda dapat menghemat pengeluaran Anda dari biaya salon. Untuk tetap mempertahankan rambut yang berkilau, Anda harus sering melakukan perawatan rambut seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. semoga artikel ini dapat memberikan manfaat untuk kita semua.

, , , ,