Sponsors Link

13 Cara Membuat Pomade Warna Sendiri Di Rumah

Setiap manusia berhak untuk menginginkan keindahan rambut. baik pria maupun wanita sebagian besar setuju bahwa untuk perawatan rambut sangat diperlukan di dalam dirinya. Hal tersebut tidak terlepas dari berbagai anggapan bahwa memiliki rambut yang indah dapat memberikan peningkatan moral pada dirinya. Oleh sebab itu, sebagian orang banyak yang memercayakan perawatan rambut pada salon-salon kecantikan. Hanya saja, perawatan di salon kecantikan dapat dilakukan jika memiliki anggaran yang cukup untuk melakukannya.

ads

Sedangkan bagi sebagian orang yang tidak memiliki anggaran yang cukup untuk pergi ke salon, maka jalan satu-satunya adalah melakukan perawatan sendiri di rumah dengan menggunakan produk perawatan yang tersebar di berbagai toko-toko swalayan maupun toko khusus penjualan produk perawatan rambut. Mulai dari shampo, kondisioner, obat ketombe, obat pelurus rambut hingga krim rambut pun dapat dibeli dengan harga miring. Salah satu krim rambut yang cukup sering dipakai untuk membentuk gaya rambut, terutama pada pria adalah pomade. Pomade merupakan sebuah produk perawatan rambut yang lebih fokus pada memberikan gaya pada rambut pria.

Pomade sendiri merupakan sebuah produk yang cukup terkenal di kalangan pria untuk membuat tampilan rambut menjadi lebih keren. Hanya saja, warna pomade yang begitu-begitu saja membuat sebagian orang menginginkan variasi yang lebih menarik untuk rambut. salah satunya adalah memberikan warna sesuka hati pada pomade. Sayangnya pomade sendiri sangat sulit memiliki warna yang berbeda-beda, jika pun ada, maka produknya sendiri susah dicari. Oleh sebab itu, cara terbaik adalah dengan membuat pomade dengan warna sendiri. Sebelum membuat sendiri ada baiknya Anda memperhatikan dahulu bahan-bahan yang perlu ada sebelum dilakukan pembuatannya.

Bahan-bahan Pembuatan Pomade Warna

  • Minyak Esensial

Bahan yang pertama adalah minyak esensial. Pada dasarnya minyak esensial hanya digunakan sebagai pewangi pada rambut saja nantinya. Selain minyak esensial, bahan lain yang bisa digunakan sebagai pewangi adalah aroma vanila atau juga buah-buahan. Dengan penggunaan minyak esensial ini, maka wangi rambut Anda akan lebih menyebar. Dengan begitu, rambut Anda tidak akan merasakan bau saat menggunakan pomade buatan ini.

  • Minyak Kelapa

Bahan berikutnya adalah minyak kelapa. Seperti yang telah kita ketahui bahwa kandungan minyak kelapa sawit untuk  rambut sangat berkhasiat. contohnya saja, dapat digunakan untuk mengatasi rambut rusak, dapat digunakan sebagai obat ketombe, serta mampu memberikan kenyamanan pada rambut sehingga tidak ada masalah rambut yang berarti. Jika Anda tidak menemukan minyak kelapa, maka bisa digantikan minyak kemiri atau juga minyak almond. Fungsi minyak kemiri dan minyak almond pun juga tidak main-main, yakni bisa digunakan sebagai obat penumbuh rambut.

  • Bentonit Clay

Bentonit Clay merupakan sebuah benda yang sejenis dengan tanah liat yang terjadi karena proses terbentuknya pelapukan abu vulkanik. Benda sangat sangat berlimpah kalsium serta natrium sehingga sangat cocok digunakan untuk bahan obat-obatan serta produk kecantikan. Jika digunakan pada rambut, maka bahan ini sangat cocok digunakan sebagai bahan penangkal radikal bebas. Dengan begitu rambut dapat tumbuh lebih sehat.

  • Lilin Madu

Bahan yang terakhir adalah lilin madu. Lilin madu sendiri merupakan sebuah lilin yang dibentuk secara alami yang berasal dari sarang lebah madu. Pada dasarnya, lilin madu dihasilkan dari lebah madu yang nantinya menjadi sebuah sarang. Pada umumnya, penggunaan lilin madu banyak digunakan sebagai bahan dasar pembuatan kosmetik. Manfaat yang didapatkan dari lilin madu ini adalah dapat memberikan kelembaban dan rambut nampak bercahaya. Setelah bahan-bahannya sudah dikumpulkan, maka tahapan selanjutnya adalah membuat pomade ini. berikut langkah-langkahnya.

  • Pertama-tama adalah siapkan terlebih dahulu bahan-bahan yang akan digunakan.
  • Bahan pertama adalah lilin madu. Lelehkanlah terlebih dahulu lilin madunya pada air yang mendidih.
  • Apabila lilin madunya sudah meleleh semua, maka langkah berikutnya campurkan minyak kelapa atau minyak kemiri maupun minyak almond ke dalam lelehan lilin madu tersebut.

  • Kemudian, aduk-aduklah hingga merata sampai semua bahan benar-benar mengental.
  • Sambil menunggu campuran bahan tadi, Anda bisa mempersiapkan bentonit clay terlebih dahulu.
  • Buatlah bentonit clay ini hingga lembek menggunakan air secukupnya.
  • Jika bentonit clay sudah lembek, diamkanlah terlebih dahulu.
  • Kembali ke campuran bahan tadi, Apabila semua bahannya sudah merata sempurna, matikanlah apinya lalu masukan bentonit claynya yang sudah dibuat lembek tadi.
  • Berikutnya adalah masukan minyak esensial atau aroma vanila maupun aroma buah-buahan lainnya pada bahan tadi. Kemudian aduk-aduk hingga merata.
  • Jika adonannya sudah dirasa merata sempurna, maka hal berikutnya adalah masukan bahan pomade ke dalam wadah yang sebelumnya sudah disiapkan.
  • Jika semua adonannya sudah dituangkan semua, maka biarkanlah pomade didinginkan. Perlu diperhatikan bahwa alangkah lebih baik jika wadahnya terbuat dari kaleng atau kaca. Jika menggunakan wadah plastik, maka ditakutkan plastik tersebut akan meleleh.
  • Ketika pomade sudah mulai mengeras dan dingin, maka pomade buatan siap digunakan.
  • Selesai.

Itulah Cara membuat pomade warna sendiri di rumah. Meskipun terlihat mudah, namun Anda juga perlu memerhatikan beberapa hal. Perlu diperhatikan! Penggunaan pomade ini janganlah dipakai terlalu sering. Sebab efek pomade untuk rambut cukup berbahaya. Sebab, salah satu penyebab rambut rontok pada pria adalah karena penggunaan pomade yang berlebihan atau tidak mematuhi peraturan. Maka dari itu, Anda harus lebih hari-hati menggunakannya.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Obat Rambut