Sponsors Link

25 Cara Membuat Minyak Kemiri Untuk Rambut Dengan Mudah Diikuti

Rambut merupakan bagian tubuh yang memiliki peranan penting dan membutuhkan perawatan khusus. Proses perawatan rambut merupakan bagian penting untuk mendapatkan kondisi rambut yang bersih, berkilau, sehat, mudah ditata, dan terbebas dari segala masalah rambut yang menyusahkan. Proses perawatan tersebut begitu penting karena fungsi rambut yang bukan hanya sebagai pelindung kepala dan daerah lainnya di tubuh melainkan juga dapat memberikan pengaruh terhadap bentuk wajah dan secara tidak langsung akan mempengaruhi penilaian orang lain terhadap penampilan seseorang.

ads

Proses perawatan rambut dapat dilakukan dengan berbagai macam cara dan berbagai macam bahan baik secara mandiri di rumah maupun dengan bantuan para ahli rambut yang ada di salon kecantikan. Aktivitas mencuci rambut atau keramas, penggunaan produk produk perawatan rambut merupakan proses perawatan rambut yang dapat dilakukan secara mandiri di rumah. Selain itu perawatan rambut dapat dilakukan juga di salon melalui smooting, rebounding, dan lain sebagainya. Proses perawatan rambut harus disesuaikan dengan karakteristik dari rambut yang dipunyai karena cara merawat rambut panjang, rambut berminyak, rambut pendek, rambut kering, rambut keriting, dan rambut lurus akan berbeda satu sama lain.

Selain proses perawatan, bahan yang digunakan untuk merawat rambut juga bermacam macam. Contohnya seperti perawatan rambut dengan bahan kimia yang terdapat pada produk perawatan rambut komersial yang dijual diberbagai toserba maupun salon kecantikan. Selain itu ada bahan lain yang dapat dilakukan untuk merawat rambut yakni dengan menggunakan bahan bahan alami. Berbeda dengan bahan kimia yang terkadung di dalam produk perawatan rambut komersial yang umum, perawatan rambut dengan bahan alami dirasa lebih aman karena memiliki efek samping yang lebih kecil dibandingkan dengan bahan kimia seperti dalam artikel dalam gayarambut.co.id dengan judul efek samping vitamin rambut.

Manfaat Minyak Kemiri Untuk Rambut

Diantara berbagai macam bahan alami untuk perawatan rambut, ada satu bahan alami yang sudah sejak lama dikenal dapat memberikan manfaat untuk rambut yakni kemiri. Tak heran beberapa produk perawatan rambut yang beredar di pasaran saat ini banyak mengandung ekstrak kemiri dalam bentuk minyak. Kemiri merupakan salah satu rempah bumbu dapur yang dikenal memiliki manfaat sebagai minyak penumbuh rambut alami. Selain sebagai penumbuh rambut, ada beberapa manfaat lain dari minyak kemiri seperti berikut :

  • Menghitamkan rambut, kandungan bahan aktif yang terdapat pada minyak kemiri dapat mengembalikan warna hitam rambut dan membuat rambut menjadi lebih berkilau dari sebelumnya
  • Merangsang pertumbuhan rambut pada bayi, beberapa bayi terkadang mengalami kesusahan untuk menumbuhkan rambutnya, dengan memanfaatkan berbagai macam nutrisi dari minyak kemiri yang dibutuhkan untuk proses pertumbuhan rambut baru pada bayi dapat merangsang dan melebatkan rambut pada bagi.
  • Mencegah kerontokan, nutrisi yang terkandung didalam minyak kemiri merupakan nutrisi yang sangat mudah diserap oleh kulit rambut sehingga mampu mencegah terjadinya kerontokan akibat dari kondisi rambut yang tidak sehat.
  • Mengatasi ketombe, beberapa kandungan didalam minyak kemiri memiliki sifat antidandruff maksutnya dapat mengatasi dan mencegah munculnya ketombe pada kulit kepala.
  • Menumbuhkan rambut, penggunaan minyak kemiri sebagai penumbuh rambut sudah dikenal lama dan dapat digunakan pada seluruh bagian tubuh yang dapat ditumbuhi oleh rambut. Beberapa bagian lain dari tubuh diantaranya jambang, jenggot, kumis, dan beberapa bagian tertentu lainnya.

Secara umum, berbagai manfaat kemiri yang berguna dalam proses perawatan rambut berasal dari nutrisi dan kandungan baik di dalam herbal tersebut. Kandungan kemiri diantarnya saponin, falvonoida dan polifenol, kalium, fosfor, magnesium, kalsium, zat besi, seng, tembaga, selenium, vitamin, folat, serta fitosterol. Banyaknya kandungan bermanfaat yang dimiliki oleh kemiri menjadikannya sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Untuk memanfaatkan kemiri sebagai bahan perawatan rambut maka perlu membuat ekstrak minyaknya terlebih dahulu yang dijelaskan pada uraian di bawah.

Sponsors Link

1. Membuat minyak kemiri dengan cara di bakar

Cara yang pertama dilakukan adalah melalui pembakaran biji kemiri. Dengan proses pembakaran yang suhunya dibawah titik didih dari minyak kemiri, dapat membantu mengelurakan minyak dari dalam biji kemiri dan memudahkan ketika dihaluskan atau diblender. Berikut beberapa langkah yang harus dilakukan dalam cara membuat minyak kemiri untuk rambut.

  • Pilih biji kemiri dengan bentuk baik
  • Kupas biji kemiri dari cangkangnya secara sempurnya
  • Hanya gunakan biji kemiri dalam bentuh utuh dan tidak pecah
  • Siapkan arang dan nyalakan sampai semua arang menyala
  • Bakar biji kemiri hingga benar benar gosong diatas arang
  • Hancurkan menggunakan tumbukan maupun blender untuk mengeluarkan minyak yang ada di dalam biji kemiri tersebut.
  • Saring minyak yang terbentuk dan pisahkan dari ampasnya hingga benar benar terpisah
  • Simpan minyak kemiri tersebut dalam wadah tertutup rapat.

2. Membuat minyak kemiri dengan cara diperas

ads

Cara membuat minyak kemiri untuk rambut dengan cara diperas merupakan langkah yang sederhana namun membutuhkan waktu yang lebih lama dibandinkang dengan cara lainnya akan tetapi minyak yang dihasilkan lebih bening dan tidak kotor.  Berikut langkah yang harus dilakukan untuk membuat minyak kemiri dengan cara diperas.

  • Pilih biji kemiri dengan bentuk baik
  • Kupas biji kemiri dari cangkangnya secara sempurnya
  • Hanya gunakan biji kemiri dalam bentuh utuh dan tidak pecah
  • Haluskan biji kemiri tersebut setelah di cuci dan dikeringkan
  • Cara menghaluskannya bisa dengan diparut, ditumbuh, maupun menggunakan blender
  • Setelah biji kemiri tersebut halus, tambahkan air sedikit demi sidikit hingga dirasa cukup
  • Rendam sebentar biji kemiri yang halus tersebut dalam sedikit air lalu peraslah
  • Masukan air perasan biji kemiri halus tersebut kedalam wadah yang tertutup rapat
  • Simpan dan diamkan perasan air kemiri tersebut selama 24 jam penuh
  • Setelah 24 jam, masak air perasan tersebut sampai keluar minyaknya lalu pisahkan minyak kemiri dengan air
  • Simpan minyak kemiri dalam wadah tertutup.

3. Membuat minyak kemiri dengan cara disangrai

Cara terakhir yang bisa digunakan untuk membuat minyak kemiri adalah dengan menyangrainya. Langkah ini bisa dibilang langkah tengah karena tidak mudah dan tidak juga sulit. Berikut tahap yang harus dilakukan untuk membuat minyak kemiri dengan cara disangrai.

  • Pilih biji kemiri dengan bentuk baik
  • Kupas biji kemiri dari cangkangnya secara sempurnya
  • Hanya gunakan biji kemiri dalam bentuh utuh dan tidak pecah
  • Sangrai biji kemiri hingga benar benar matang
  • Hancurkan menggunakan tumbukan maupun blender untuk mengeluarkan minyak yang ada di dalam biji kemiri tersebut.
  • Saring dan peras minyak yang terbentuk dan pisahkan dari ampasnya hingga benar benar terpisah
  • Simpan minyak kemiri tersebut dalam wadah tertutup rapat.

Tahap-tahap Pengunaan Minyak Kemiri

Setelah cara membuat minyak kemiri untuk rambut sudah berhasil dilakukan maka langkah selanjutnya adalah memanfaatkan minyak tersebut untuk perawatan rambut. Agar perawatan menggunakan minyak kemiri terhadap rambut dapat diperoleh secara maksimal maka proses penggunaan dan cara menggunakan minyak kemiri untuk rambut harus dilakukan dengan benar dan diterapkan secara konsisten. Dalam proses perawatan rambut menggunakan minyak kemiri, ada beberapa hal atau tahap yang dapat dilakukan yakni sebagai berikut dibawah ini:

  1. Bersihkan rambut dari berbagai kotoran yang menempel

Langkah pertama Sebelum masuk kedalam cara menggunakan minyak kemiri adalah dengan  membersihkan rambut dari kotoran yang menempel pada kepala. Cara membersihkan kotoran tersebut cukup sederhana yakni dengan menyisir rambut.

  1. Bersihkan rambut

Sebelum menggunakan minyak kemiri pada rambut, Langkah selanjutnya adalah dengan membersihkan rambut dari kotoran yang masih ada dikepala dan tidak hilang melalui penyisiran. Cara membersihkan kotoran tersebut cukup sederhana yakni dengan mencuci rambut baik menggunakan shampo maupun tanpa menggunakan shampo tergantung dari tingkat kekotoran rambut tersebut. Setelah selesai dibersihkan, keringkan rambut hanya dengan menggunakan handuk saja secara perlahan dan sampai benar benar kering serta hindari penggunaan hair dryer yang terlalu sering karena dapat merusak rambut.

  1. Aplikasikan minyak kemiri pada rambut
Sponsors Link

Aplikasikan minyak kemiri secara merata langsung ke rambut yang sudah dikeringkan dengan kondisi yang cuku kering. Tingkat kekeringan rambut merupakan hal yang sangat penting dan perlu diperhatikan karena minyak kemiri merupakan zat yang tidak dapat tercampur dengan air sehingga jika masih tersisa cukup banyak air, dapat menyebabkan penyerapan minyak atsiri yang terkadung didalam minyak kemiri menjadi kurang optimal.

  1. Diamkan dan bersihkan setelahnya

Setelah minyak kemiri teraplikasi secara merata di rambut, langkah selanjutnya adalah mendiamkannya beberapa saat. Proses Pendiaman ini dilakukan untuk membuat kandungan nutrisi di dalam minyak kemiri dapat meresap dan memberikan manfaat positif pada rambut. Setelah proses pendiaman tersebut, hal yang harus dilakukan selanjutnya adalah membersihkan sisa minyak kemiri yang menempel dan cukup lengket pada rambut menggunakan air mengalir sampai bersih.

  1. Lakukan pengulangan

Hampir semua bahan yang digunakan untuk memberikan manfaat pada rambut, baik itu bahan kimia maupun bahan bahan alami maka proses penggunaanya harus dilakukan secara bertahan dan dilakukan pengulangan. Sama halnya dengan penggunaan minyak kemiri ini,  agar manfaat dapat diperoleh maka lakukan penggulangan secara konsisiten setiap hari minimal satu kali.

Beberapa cara membuat dan menggunakan minyak kemiri untuk rambut tersebut perlu diperhatikan dan dapat menjadi alternatif bahan alami perawatan rambut, terutama bagi mereka yang sangat memperhatikan penampilan terutama untuk kondisi rambut.  Untuk mendapatkan rambut yang indah, apapun jenis dan model perawatannya proses perawatan rambut dan penataannya menjadi titik kunci keberhasilan untuk mendapatkan rambut yang indah dan mudah ditata.

, , , ,




Oleh :
Kategori : Perawatan Rambut