Sponsors Link

11 Cara Membuat Masker Santan Untuk Rambut yang Bermasalah

Rambut adalah salah satu bagian tubuh yang penting dalam mendukung penampilan seseorang melalui pengaruhnya terhadap bentuk wajah dan muka seseorang. Selain itu, rambut juga berfungsi untuk melindungi daerah daerah tertentu dari pengaruh lingkungan terutama suhu. Fungsi rambut tersebutlah yang menjadikan rambut sering kali disebut sebagai mahkota kepala karena besarnya pengaruh rambut pada kepala.

ads

Bentuk rambut yang mudah ditata, bebas dari masalah rambut, bersih, berkilau, dan berbagai macam kondisi baik lainnya merupakan keadaan yang paling diinginkan oleh semua orang terutama mereka yang sangat memperhatikan penampilan dan kebersihan tubuh. Untuk mendapatkan kondisi yang disebutkan sebagai kondisi ideal diatas, maka proses perawatan rambut harus dilakukan dengan benar dan tepat.

Mengapa perlu perawatan rambut ?

Perawatan rambut yang salah dan sering diabaikan bukan hanya menggurangi nilai penampilan seseorang namun juga dapat mendatangkan berbagai macam permasalahan rambut yang dapat menimbulkan berbagai efek yang tidak nyaman dan sangat menganggu. Dalam proses perawatan rambut, ada beberapa hal yang harus diperhatikan mulai dari pilihan cara perawatan, bahan atau produk perawatan yang digunakan, sampai dengan kesesuaian proses perawatan rambut tersebut dengan karakteristik dari rambut itu sendiri. Hal ini penting di perhatikan karena cara merawat rambut kering dan mengembang akan berbeda dengan cara merawat rambut berminyak atau rambut panjang maupun pendek.

Dalam proses perawatan yang akan dilakukan, ada beberapa metode perawatan yang dapat dipilih baik yang dilakukan sendiri maupun dengan bantuan para ahli tata rambut yang ada di salon kecantikan. Proses perawatan yang dilakukan sendiri seperti mencuci rambut, cara menggunakan vitamin rambut dan serum rambut, menggunakan produk perawatan pribadi lainnya. Sedangkan proses perawatan yang dilakukan dengan bantuan para ahli tata rambu seperti bleaching, rebounding, smoothing, dan lain lain. Selain proses perawatan, bahan atau produk perawatan rambut harus dipilih dengan benar dan disesuaikan menurut minat serta kondisi rambut itu sendiri.

Penggunaan Santan Untuk Rambut

Produk perawatan rambut yang cukup praktis digunakan adalah produk produk yang sudah banyak dijual dipasaran namun biasanya dapat meyebabkan munculnya efek samping terutama untuk mereka yang rambut serta kulit kepalanya sangat sensitif.

Salah satu bahan yang dapat digunakan sebagai bahan alami untuk perawatan rambut dengan efek samping minim adalah masker santan. Masker santan merupakan salah satu masker rambut yang dibuat menggunakan bahan alami. Tips membuat masker rambut dari santan ini dapat dilakukan melalui beberapa cara yang dijelaskan dibawah ini.

  • Pilihlah Kelapa yang tepat

Cara membuat masker santan untuk rambut yang pertama adalah dengan memilih kelapa yang cocok digunakan untuk santan. Pilihlah santan yang cukup tua namun tidak terlalu tua. Ketika memilih kelapa yang digunakan untuk membuat masker santan sebaiknya pilih kelapa yang cukup tua, dengan kondisi yang berdaging tebal, serta keras jika ditekan dan terasa berat jika diangkat secara langsung dalam keadaaun utuh. Kelapa dengan karakteristik seperti ini akan menghasilkan masker santan yang lebih banyak dan baik. Dalam proses pemilihan tersebut cobalah untuk mengenali kelapa yang sudah tua melalui kandungan air yang lebih sedikit, tampilan warna yang lebih coklat dan keras dibandingkan kelapa muda.

  • Buatlah santan dari kelapa pilihan yang tepat
Sponsors Link

Langkah selanjutnya dalam cara membuat masker santan untuk rambut adalah dengan membuat santan dari kelapa pilihan yang sudah dijelaskan pada poin pertama diatas. langkah langkah membuat santan yang benar adalah sebagai beriktu :

  1. Pisahkan batok kelapa dengan kulit bersabut dari kelapa tanpa memecahkannya.
  2. Keluarkan secara utuh daging buah kelapa.
  3. Bersihkan kulit ari dari daging buah kelapa dan jangan terlalu bersih, sisakan sedikit kulit ari.
  4. Keluarkan air kelapa yang masih tersisa didalam daging kelapa.
  5. Bersihkan daging kelapa tersebut dengan air mengalir.
  6. Potong secukupnya dan parut dengan menggunakan alat parut maupun secara manual.
  7. Tambahkan air dalam parutan tersebut dan kemudian peras air yang ada.
  8. Jangan lupa untuk memeras parutan kelapa diatas saringan agar air santan yang dihasilkan tidak bercampur dengan parutan.

Untuk membuat santan yang akan digunakan sebagai masker rambut maka ada beberapa poin yang harus diperhatikan seperti gunakan air matang dan hanya dalam jumlah sedikit, kupas kelapa sesaat sebelum membuat santan, lakukan hanya dalam sekali perasan saja untuk mendapatkan kualitas santan terbaik.

ads
  • Membuat masker rambut

Santan yang dihasilkan dalam langkah yang disebutkan dibagian kedua diatas sebenarnya sudah dapat digunakan sebagai masker rambut dengan segala manfaatnya. Namun agar efektifitas serta manfaatnya lebih beragam, tambahkan beberapa bahan lainnnya yang juga bermanfaat untuk rambut seperti minyak almond, minyak zaitun, daun seledri, dan lainnya.

Khasiat Santan untuk Rambut

Cara membuat masker santan untuk rambut diatas adalah cara yang sangat sederhana dan dapat dilakukan sendiri dirumah. Masker santan yang didapatkan dalam proses pembuatan diatas dapat digunakan untuk berbagai macam kondisi rambut. Berikut beberapa manfaat masker santan untuk rambut yang diantaranya dijelaskan pada bagian dibawah ini.

  1. Masker Santan kelapa bermanfaat sebagai penumbuh rambut

Mafaat pertama dari masker santan kelapa datang dari kandungan yang ada pada santan kelapa itu sendiri yang berfungsi untuk pertumbuhan rambut. Penggunaan masker santan ini tidak membahayakan karena berasal dari unsur alami tanpa bahan kimia. Kandungan yang ada pada santan yang mampu menumbuhkan rambut dapat berkhasiat untuk mengatasi rambut rontok. Penggunaan masker santan sebagai penumbuh rambut ini cukup sederhana yakni dengan mengoleskan langsung pada rambut setelah di cuci dengan bersih dan bilas setelah didiamkan beberapa saat.

  1. Masker Santan kelapa bermanfaat sebagai deep conditioning

Setiap orang memiliki jenis dan karakteristik rambut yang berbeda-beda, ada yang tipis ada yang tebal atau bervolume ada yang kering dan ada juga yang berminyak. Bagi yang memiliki rambut yang kurang tebal atau tipis serta kering, anda dapat menggunakan masker santan sebagai kondisioner alami dan mendalam serta berfungsi untuk mempercepat pertumbuhan rambut menjadi lebih panjang dan membuat rambut lebih tebal dan bervolume. Cara menggunakan masker santan untuk konditioner alami adalah dengan cara berikut, ambilah santan dan shampo dengan takaran yang sama, lalu oleskan pada rambut dan diamkan selama 15 menit. Setelah di diamkan jangan lupa bilas dan cuci rambut sampai bersih. Cara kedua hampir sama dengan cara pertama bedanya terletak pada takaran santan yang lebih sedikit dari takaran shampo dan diamkan selama 20 menit. Metode ini dapat dilakukan tiga sampai empat kali dalam seminggu dan dilakukan di pagi hari agar mendapatkan hasil yang maksimal.

  1. Masker Santan kelapa bermanfaat untuk mencegah kebotakan

Masker Santan juga memiliki manfaat sebagai salah satu cara mencegah kebotakan, cara yang dilakukan sangat sederhana yakni dengan mengambil 50 ml santan dan 100 ml air putih lalu tambahkan sedikit kapur barus dan campurkan serta aduk sampai merata. Setelah itu cara merawat rambut dengan santan anda dapat memijat rambut anda dengan campuran bahan-bahan tadi, lalu diamkan selama beberapa jam dan cuci rambut anda dengan air hangat. Bungkus rambut anda dengan handuk atau shower cap setelah keramas untuk hasil yang lebih maksimal. Penggunaan masker santan kelapa tidak akan menimbulkan efek samping bermakna meskipun sering dilakukan karena santan kelapa merupakan bahan alami.

  1. Masker Santan kelapa bermanfaat untuk memelihara rambut
Sponsors Link

Memelihara dan merawat rambut menjadi sehat dapat dilakukan dengan memberi kelembapan alami dari akar sampai ujung rambut. Masker Santan kelapa dapat memberikan hal tersebut karena santan kelapa memiliki kandungan yang sangat cocok untuk memberikan berbagai macam nutrisi pada rambut. Untuk merasakan manfaatnya tersebut, lakukan cara-cara sederhana berikut ini, yaitu oleskan santan pada rambut, pijat-pijat rambut anda selama 5 menit lalu didiamkan kurang lebih 20menit. Setelah itu anda bisa keramas untuk membersihkan rambut lalu keringkan.

  1. Masker Santan kelapa bermanfaat untuk terapi rambut beruban

Rambut beruban tidak hanya terjadi pada orang yang sudah tua dan namun juga dapat terjadi pada hampir semua usia. Rambut beruban juga dapat dirasakan oleh remaja dan anak muda atau biasa disebut dengan beruban prematur. Masker Santan kelapa dapat menjadi solusi untuk menyelesaikan rambut beruban yang sedang dialami. Cara yang diperlukan cukup mudah, yang pertama siapkan santan kelapa dan minyak amla, campurkan keduanya dengan porsi yang sama, aduk hingga merata lalu oleskan campuran cairan tersebut pada rambut. Tunggu selama satu jam biarkan cairan meresap pada rambut anda, setelah itu bilas dan cuci rambut anda dengan air hangat untuk hasil yang maksimal.

  1. Masker Santan kelapa bermanfaat untuk menumbuhkan rambut

Merawat rambut dengan santan dapat dilakukan bagi yang mengalami kebotakan atau kerontokan rambut pasti mencari cara mengatasi rambut rontok kembali rambutnya. Untuk menumbuhkan rambut dibutuhkan nutrisi, vitamin, dan makanan untuk rambut sehingga kurangnya asupan untuk rambut dapat memperlambat pertumbuhan rambut. Santan mengandung vitamin E, santan merupakan salah satu bahan yang sesuai dengan kebutuhan kesehatan rambut dan melancarkan pertumbuhan pada rambut. Salah satu penyebab kebotakan rambut adalah telatnya penanggulangan kerontokan rambut yang akan menyulitkan pertumbuhan rambut.

Itulah beberapa manfaat masker santan kelapa untuk rambut yang bisa diperoleh ketika masker santan tersebut dibuat dengan benar melalui cara cara yang dijelaskan pada artikel ini.

, , ,
Oleh :
Kategori : Perawatan Rambut