Sponsors Link

19 Cara Membuat Ikat Rambut dari Kain Flanel yang Bisa Anda Coba Dirumah

Cara Membuat Ikat Rambut dari Kain FlanelBagi anda para wanita yang ingin tampil lebih modis namun bergaya minimalis anda juga bisa melihat penyebab rambut keriting di ujung, anda bisa untuk memulai mengubah gaya rambut anda saat ini. Ada berbagai macam gaya rambut yang saat ini sedang populer tidak hanya di kalangan artis tetapi juga di kalangan masyarakat. Anda bisa mencoba mulai dari mewarnai rambut dengan warna gelap agar terlihat awet muda ataupun berwarna cerah mencolok untuk mengeluarkan aura kecantikan anda.

ads

Selain mewarnai mengubah gaya rambut dengan meluruskan ataupun mengkriting juga menjadi salah satu kegemaran para wanita. Kebanyakan wanita dengan rambut panjang lebih suka untuk membuat rambut jadi lebih ikal sehingga terlihat indah dan menarik. Sedangkan wanita berambut pendek kebanyakan lebih suka untuk meluruskan rambut mereka agar terlihat lebih rapi dan anggun.

Selain meluruskan atau mengkriting, banyak juga wanita yang menggunakan berbagai accessories rambut seperti pita, jepit, ataupun karet untuk membentuk dan mengikat rambut mereka. Dengan itu pula jenis- jenis gaya rambut mulai dikembangkan, mulai dari ikatan ekor kuda hingga cara membuat rambut donat, rambut dengan bentuk anyaman, hingga rambut berbentuk hewan pun mulai menjadi sorotan masyarakat.

Dan dari semua jenis accessories rambut yang ada, ikat rambut merupakan salah satu benda wajib yang sudah menjadi kebutuhan para wanita. Tidak hanya sekedar untuk mengikat dan merapikan rambut saja, beberapa jenis ikat rambut bisa juga digunakan sebagai salah satu penunjang mode gaya busana anda. Ada berbagai macam bentuk serta warna dari ikat rambut yang dapat membuat tampilan anda lebih modis.

Selain warna dan bentuknya, bahan ikat rambut bermacam- macam mulai dari karet sintetis, karet biasa, kain, dan masih banyak lagi. Bagi anda yang gemar mengoleksi ikat rambut anda juga bisa melihat manfaat mencukur rambut bayi baru lahir, tidak ada salahnya jika anda mencoba membuatnya sendiri. Ada salah satu bahan yang bisa anda gunakan untuk membuat ikat rambut dan salah satunya yaitu kain flanel. Adapun keunggulan serta manfaat dari ikat rambut yang terbuat dari kain flanel.

Keunggulan Ikat Rambut Kain Flanel

  • Bahan ikat rambut mudah dijumpai. Untuk mendapatkan kain flanel tentunya anda tidak perlu sudah mencarinya karena kain ini sudah banyak sekali dijual mulai dari toko alat- tulis, toko pernak- pernik hingga toko kain.
  • Bahan yang fleksibel dan lentur sehingga mudah dibentuk. Anda dengan mudah bisa mengkreasikan bentuk apapun sesuai yang anda suka dan inginkan.
  • Walaupun fleksibel dan lentur, tekstur kain flanel juga sedikit kaku sehingga bentuk yang dihasilkan tidak mudah rusak.
  • Kain flanel juga lebih murah jika dibandingkan dengan jenis kain ataupun bahan lainnya, sehingga ini bisa membantu anda dalam berhemat.

Cara Membuat Ikat Rambut dari Kain Flanel

Dengan banyaknya keunggulan dari ikat rambut kain flanel, ini tentunya bisa dijadikan salah satu alternatif bagi anda yang suka mengoleksi ikat rambut. Selain itu ikat rambut kain flanel sendiri sangat awet dan tahan lama, sehingga anda tidak perlu risau tentang ketahannannya. Bagi anda yang penasaran seperti apa langkah- langkah dalam cara membuat ikat rambut dari kain flanel yang berbeda dengan cara membuat ikat rambut dari karet gelang, berikut kami jelaskan dengan langkah yang lebih mudah.

  1. Alat dan Bahan Membuat Ikat Rambut dari Kain Flanel

Langkah pertama yang harus anda lakukan dalam cara membuat ikat rambut dari kain flanel yaitu menyiapkan alat dan bahan seperti berikut ini:

Sponsors Link

  • Sediakan bahan utama dalam pembuatan ikat rambut yaitu kain flanel, untuk kain flanel sendiri anda bisa menggunakan berbagai macam warna.
  • Minimal sediakan 3 jenis warna kain flanel seperti merah, kuning, dan hitam. Atau anda bisa menggantinya sesuai dengan selera anda.
  • Kertas karton sangat penting untuk pembuatan pola nantinya. Bentuklah terlebih dahulu kertas karton menyerupai kelopak bunga.
  • Untuk kertas karton, anda tidak harus menggunakan kertas baru, anda juga bisa menggunakan kertas karton bekas yang bersih.
  • Sediakan pula peralatan jahit seperti jarum, mata nenek, dan benang. Untuk benang anda bisa menggunakan warna netral seperti putih, hitam, atau coklat tua.
  • Agar karet rambut anda dapat berfungsi dengan baik, sediakan beberapa buah karet.
  • Anda bisa menggunakan karet gelang dan sediakan pula alat pemotong seperti gunting.
  • Bahan terakhir yang perlu anda sediakan yaitu beberapa buah kancing bekas beraneka warna.
  1. Pola Ikat Rambut Kain Flanel

Setelah alat dan bahan siap anda bisa melihat efek rambut bayi tidak dipotong, langkah selanjutnya dalam cara membuat ikat rambut dari kain flanel yaitu membuat pola. Untuk pola anda bisa membuat pola bunga seperti berikut :

  • Tempelkan kertas karton yang sudah dibentuk sebelumnya dan gambar pola pada kain flanel anda.
  • Sesuaikan pola yang anda buat dengan warna kain flanel anda.
  • Gunting pola pada kain flanel dengan hati- hati agar rapi.
  • Sisakan kain flanel berwarna hitam dan potong membentuk bulatan seukuran uang koin sebagai dasar pola nantinya.
Sponsors Link

  1. Menjahit Kain Flanel

Adapun langkah penting yang harus anda lakukan dalam cara membuat ikat rambut dari kain flanel yang berbeda dengan cara melebatkan rambut dengan minyak kelapa, yaitu menjahit pola seperti berikut ini :

  • Jahit potongan- potongan kain flanel yang sudah dibentuk hingga membentuk bunga memanjang.
  • Eratkan ikatan helai kelopak agar membulat dan buatlah simpul untuk mengikat kedua ujungnya.
  • Lem bagian dasar bunga dan lekatkan pada kain flanel berwarna hitam.
  • Rekatkan bunga kain flanel pada karet menggunakan plastik agar lebih kuat.
  1. Merapikan Bentuk Ikat Rambut Flanel

Terakhir dalam cara membuat ikat rambut dari kain flanel yaitu berbeda dengan cara menipiskan rambut dengan air panas, merapikan bentuknya agar terlihat manis seperti berikut ini :

  • Lem dan rekatkan kancing pada bagian tengah bunga sehingga membentuk putik bunga.
  • Rapikan agar bentuk bunga menonjol dan terlihat indah.
  • Ikat rambut sudah siap digunakan.

Itulah langkah- langkah dalam cara membuat ikat rambut dari kain flanel yang dapat kami sampaikan. Lakukan dengan baik langkah- langkah di atas untuk menghasilkan ikat rambut seperti yang anda inginkan dan selamat mencoba.

, , ,
Oleh :
Kategori : Wanita