Sponsors Link

13 Cara Memakai Minyak Zaitun Untuk Rambut Keriting, Rontok dan Rusak

Melakukan perawatan rambut menggunakan bahan bahan alami merupakan sebuah tren yang berkembang saat ini. Tren tersebut muncul sebagai bentuk kesadaran masyarakat untuk lebih memanfaatkan berbagai macam potensi dari bahan bahan alami yang digunakan untuk rambut serta adanya kenyataan bahwa perawatan rambut menggunakan bahan alami lebih aman digunakan dalam jangka panjang. Salain alasan ini, kecilnya efek samping dari bahan alami dibandingkan dengan bahan kimia yang terdapat pada produk perawatan rambut komersial juga menjadikan alasan beberapa orang lebih suka melakukan perawatan rambut menggunakan produk alami.

ads

Apapun bahan yang digunakan, proses perawatan rambut diperlukan untuk menjaga kondisi rambut agar selalu tampak sehat, berkilau, bersih, tidak rontok, tidak bercabang, dan terhindar dari berbagai macam masalah rambut yang dapat datang menghampiri. Proses perawatan rambut merupakan aktivitas yang sangat penting karena langsung berhubungan dengan mahkota kepala tersebut. Disebutnya rambut sebagai mahkota kepala karena rambut merupakan salah satu bagian tubuh yang sangat berhubungan dengan penampilan serta bentuk wajah seseorang.

Dalam artikel ini, kita akan banyak membahas salah satu bahan alami yang dapat digunakan dalam proses perawatan rambut. yakni minyak zaitun. Minyak zaitun merupakan salah satu minyak penumbuh rambut alami yang bermanfaat untuk mengatasi berbagai macam masalah rambut seperti rambut bercabang, rambut kering, rambut beruban, dan rambut rontok. Minyak zaitun merupakan minyak yang diperoleh dari hasi penggilingan buah zaitun. Kandungan nutrisi minyak zaitun seperti vitamin K, vitamin E, lemak dan sedikit zat besi sangat berguna untuk cara memakai minyak zaitun untuk rambut. Selain bermanfaat untuk rambut, minyak zaitun juga dikenal memiliki manfaat untuk bidang kecantikan lainnya seperti wajah dan kulit tubuh. Manfaat Minyak zaitun diantaranya adalah :

1. Mengatasi kerontokan

Kerontokan yang terjadi pada rambut bisanya terjadi karena kondisi rambut yang tidak sehat dan kurang nutrisi. Kandungan nutirsi dan gizi yang baik bagi rambut banyak terdapat didalam minyak zaitun. Dengan menggunakan minyak zaitun secara teratur maka berbagai macam masalah kerontokan rambut akan dapat teratasi. Penggunaan minyak zaitun merupakan salah satu cara mengatasi rambut rontok yang alami dan sangat aman serta cukup efektif.

2. Membantu proses pertumbuhan rambut

Minyak zaitun merupakan salah satu dari beberapa minyak penumbuh rambut alami yang efektifitasnya sudah dikenal sejak lama. Berbagai macam nutrisi yang terkandung dalam minyak zaitun dapat bermanfaat dan merupakan zat  zat yang dibutuhkan dalam proses pertumbuhan rambut. Ketika proses pertumbuhan rambut batu dapat terjadi dengan baik dan normal maka kondisi rambut yang lebat dan tebal serta botak juga perlahan akan teratasi apabila minyak zaitun digunakan secara konsisiten dan benar caranya.

3. Menghilangkan ketombe

Ketombe adalah sebuah permasalahan yang sering kali terjadi dan sering menyusahkan karena dapat memperburuk penampilan seseorang melalui kotoran ketombe yang dapat menempel pada rambut dan baju. Untuk mengatasi hal tersebut, minyak almong dapat digunakan sebagai bahan alami penghilang ketombe. Beberapa bahan yang ada pada minyak almond ada yang memiliki sifat antidandruff atau anti ketombe.

4. Menghilangkan kutu rambut

Selain berfungsi sebagai penghilang ketombe, minyak zaitun juga dapat digunakan untuk mengatasi kutu rambut yang cukup menyusahkan. Dengan menggunakan minyak zaitun maka rambut akan memiliki bau yang tidak disukai oleh kutu serta beberapa kandungan minyak zaitun dapat mengusir kutu rambut. Minyak zaitun dalam proses perawatan rambut dikenal sebagai salah satu dari cara menghilangkan kutu rambut.

Sponsors Link

5. Memanjangkan rambut

Karena kandungan nutrisi yang baik dari minyak zaitun dapat digunakan untuk merangsang proses pertumbuhan rambut baru. Dengan fungsi tersebut rambut akan terus tumbuh dengan baik sehingga kondisi rambut akan memanjang. Tidak hanyanya memanjangkan rambut, kandungan nutrisi baik pada minyak zaitun juga dapat memberikan kekuatan yang lebih pada rambut.

6. Menghitamkan rambut

Selain membantu menumbuhkan rambut, ada manfaat lainnya dari minyak zaitun terhadap perawatan rambut yaknni membantu menghitamkan rambut. Manfaat yang satu ini, sangat cocok dengan kondisi seseorang yang memiliki uban. Minyak zaitun akan membantu menutrisi kulit kepala sehingga dapat mengembalikan pigmen rambut. Kondisi rambut yang hitam ini akan sangat membantu memperlihatkan bentuk rambut yang indah, sehat, dan sangat terawat sehingga mudah untuk diatur. Rambut dengan kondisi hitam berkilau merupakan kondisi rambut yang sampai saat ini diidam idamkan terutama pada wanita.

7. Meluruskan rambut

Sponsors Link

Rambut yang lurus dan indah masih merupakan salah satu tujuan utama dari proses perawatan rambut. Rambut lurus masih merupakan standar kecantikan yang umum pada masyarakat. Dengan menggunakan minyak zaitun maka rambut akan mengalami proses pelurusan secara alami. Pengguaan minyak zaitun ini lebih aman dan minim dari efek samping.

8. Mengatasi gatal pada kepala

Selain bermanfaat langsung pada rambut, minyak zaitun juga dapat digunakan untuk membantu mengatasi gatal pada kulit kepala yang dapat dipicu oleh pengelupasan kulit dan berbagai hal lainnya. Kandungan nutrisi didalam minyak zaitun dapat bermanfaat untuk mengatasi gatal pada kepala. Selain menggunakan minyak zaitun, mencuci rambut secara teratur juga bagian dari proses untuk mengatasi gatal pada kulit kepala dan rambut.

Untuk mendapatkan berbagai macam manfaat dari minyak zaitun maka proses penggunaan atau pemakaiannya harus dilakukan dengan benar. Berikut beberapa cara memakai minyak zaitun untuk rambut yang wajib dilakukan serta diperhatikan agar penggunaan minyak zaitun dapat dilakukan dengan benar dan manfaat yang terkandung di dalam minyak zaitun dapat dirasakan secara keseluruhan.

  1. Bersihkan rambut.
  2. Keringkan rambut dengan benar.
  3. Gunakan minyak zaitun pada rambut.
  4. Diamkan dan tutup dengan shower cap.
  5. Bilas rambut sampai bersih.

Itulah beberapa cara memakai minyak zaitun untuk rambut yang benar dan tepat agar dapat secara optimal manfaatnya dirasakan oleh rambut. Sama halnya dengan penggunaan minyak alami lainnya, untuk mendapatkan manfaat dari minyak zaitun tersebut maka peroses penggunaannya harus dilakukan secara teratur namun juga tidak boleh terlalu berlebihan.

, ,
Oleh :
Kategori : Perawatan Rambut