Sponsors Link

4 Cara Meluruskan Rambut Dengan Rinso Dengan Langkah yang Benar

Rambut adalah bagian dari tubuh manusia yang terdapat diatas kepala dan dapat mempengaruhi penampilan seseorang dan bentuk wajahnya. Kondisi yang dijelaskan pada kalimat pertama tersebut semakin membenarkan anggapan bahwa rambut merupakan mahkota kepala. Munculnya masalah rambut dapat menyebabkan tampilan rambut menjadi buruk dengan kondisi seperti rambut lepek, berminyak, kering, bercabang, rontok, dan kondisi bermasalah lainnya. Tampilan rambut yang buruk tersebut seringkali akan memberikan penilaian yang tidak baik dari orang lain terhadap penampilan seseorang.

ads

Untuk selalu mendapatkan kondisi rambut yang baik dan dapat mendukung penampilan maka proses perawatan dan penataan rambut harus selalu dilakukan dengan benar. Proses perawatan pada rambut selain dilakukan dengan benar juga harus disesuaikan berdasarkan karakteristik rambut karena perawatan rambut kering dan mengembang akan berbeda dengan jenis perawatan pada kondisi rambut yang lepek, berminyak, dan bercabang. Perawatan perawatan rambut yang dilakukan secara benar dan sesuai tersebut sejatinya digunakan untuk mendapatkan kondisi ideal pada rambut.

Tahap-tahap Meluruskan Rambut Menggunakan Rinso

Salah satu kondisi ideal yang ingin dicapai pada rambut adalah kondisi rambut yang lurus. Rambut lurus merupakan kondisi yang masih banyak diinginkan oleh setiap orang terutama bagi wanita dengan rambut yang panjang. Untuk mendapatkan rambut yang lurus tersebut, ada beberapa cara yang dapat dilakukan baik melalui perawatan profesional di salon dan rumah kecantikan seperti melalui rebounding, smoothing, catok maupun dilakukan di rumah secara mandiri dan traditional seperti cara meluruskan rambut dengan kulit semangka.

Selain kulit semangka ada salah satu bahan lainnya yang sebenarnya tidak difungsikan untuk rambut namun dapat digunakan untuk meluruskan rambut yakni rinso. Rinso merupakan nama brand atau merk dari detergen untuk membersihkan pakaian. Rinso memiliki karakteristik yang bersifat basa, korosif, dan mudah larut dalam air. Untuk mendapatkan manfaatnya, Cara meluruskan rambut dengan rinso harus dilakukan melalui beberapa tahap yang dijelaskan melalui langkah langkah di bawah ini:

  • Buat larutan rinso dengan campuran kapur gamping

Langkah pertama yang harus dilakukan dalam proses pelurusan rambut menggunakan rinso ini adalah membuat larutan rinso dengan campuran kapur gamping. Campurkan beberapa bagian dari rinso softener dengan kapur gamping dengan ratio perbandingan 2 : 1 dan tambhakan air kemudian aduk hingga seluruh bahan terlarut dalam air secara merata. Usahakan konsistensi larutan tidak terlalu encer dan cenderung sedikit kental.

  • Aplikasikan campuran larutan yang telah dibuat di atas

Campuran yang sudah jadi tersebut harus segera digunakan dan selalu buatlah dalam kondisi baru bila ingin melakukan cara meluruskan rambut dengan bantuan rinso lagi. Gunakan bantuan sikat gigi untuk mengoleskan larutan rinso tersebut ke seluruh bagian rambut dan jangan sampai mengenai kulit kepala karena dapat mengiritasi. Bila sudah terolesi dengan merata, diamkan hingga kondisi larutan menjadi mengeras. Waktu yang dibutuhkan dalam proses pendiaman ini kurang lebih 20 menit.

  • Bilas rambut sampai benar benar bersih
Sponsors Link

Setelah 20 menit, gunakan air bersih dengan suhu normal untuk membilas seluruh bagian rambut sampai bersih. Selain itu, gunakan tangan untuk membantu menghilangkan sisa sisa larutan campuran rinso dan kapur gamping secara perlahan. Setelah seluruh bagian rambut terbilas, cuci rambut menggunakan shampo yang biasa digunakan. Dalam proses pencucian, usahakan untuk tidak mengosok gosok rambut agar kondisi rambut yang sudah lurus tidak rusak kembali. Cobalah untuk menggunakan air es batu dalam proses pencuciannya karena dapat membantu proses pelurusan rambut serta adanya manfaat es batu untuk rambut lain yang bisa didapatkan.

  • Keringkan rambut

Setelah rambut yang sudah diaplikasikan larutan campuran rinso dan kapur gamping tersebut dibersihkan melalui keramas. maka langkah terkahir yang dapat dilakukan adalah mengeringkan rambut. Dalam proses pengeringan rambut, usahakan untuk melakukannya secara manual dengan menggunakan handuk perlahan lahan dan biarkan kering secara alami oleh terpaan angin. Setelah rambut kering maka akan didapatkan kondisi rambut yang lebih lurus dari sebelumnya.

Sponsors Link

Cara meluruskan rambut dengan rinso diatas sudah banyak dibuktikan oleh beberapa orang. Cara yang disebutkan diatas dapat dibilang sangat mudah dilakukan dirumah dan memiliki kebutuhan biaya yang rendah serta memiliki efektifitas yang sangat baik. Namun meskipun efektif cara ini memiliki beberapa efek samping yang dapat menganggu serta menyusahkan. Efek samping yang paling banyak terjadi pada kulit kepala tersebut diantaranya adalah sebagai berikut di bawah ini :

  1. Kulit kepala yang menjadi merah dan  gatal atau terasa seperti terbakar apabila campuran larutan rinso mengenai kulit kepala terlalu sering.
  2. Menyebabkan luka melepuh dan bisa juga memunculkan iritasi maupun inflamasi pada kulit kepala yang terpapar laruatan rinso.
  3. Munculnya ketombe akibat adanya pengelupasan kulit yang terpapar larutan rinso.
  4. Menyebabkan kulit kepala lebih sensitif terhadap sinar matahari
  5. Menyebabkan kondis kulit kepala seperti pecah pecah.

Adanya beberapa macam efek samping dalam proses cara meluruskan rambut dengan rinso tersebut perlu diperhatikan agar tidak terlalu sering dilakukan. Jika merasa ragu dalam proses penggunaan rinso tersebut, cobalah untuk mencari alternatif pelurus rambut lainnya seperti yang dijelaskan dalam artikel lain dalam blog ini yang berjudul cara meluruskan rambut keriting.

, , ,
Oleh :
Kategori : Perawatan Rambut