Sponsors Link

8 Cara Meluruskan Rambut Dengan Minyak Kelapa Yang Efektif

Rambut yang lurus panjang yang tampak berkilau merupakan idaman bagi hampir setiap wanita. Memiliki rambut yang lurus dan sehat bisa menambah rasa percaya diri dan membuat penampilan tampak lebih modern dan elegan. Banyak usaha yang dilakukan oleh wanita yang mengidamkan rambut lurus. Mulai dari cara instan dengan melakukan smoothing di salon, hingga perawatan bertahap dengan bahan-bahan alami.

ads

Beberapa cara alami yang bisa  anda jadikan pilihan diantaranya cara meluruskan rambut dengan baking soda, cara meluruskan rambut dengan susu, hingga cara meluruskan rambut dengan cuka apel maupun cuka makanan. Satu lagi bahan alami yang ternyata mampu mewujudkan mimpi anda untuk memiliki rambut lurus berkilau adalah minyak kelapa. Cara meluruskan rambut dengan minyak kepala juga salah satu cara yang ampuh.

Minyak kelapa memang kurang terkenal dibandingkan minyak zaitun dan cara menggunakan minyak kemiri untuk rambut. Padahal minyak kepala juga memiliki manfaat dari kandungan di dalamnya yang berguna bagi kesehatan dan perawatan kecantikan. Minyak kelapa memiliki kandungan asam laurat yang memiliki fungsi sebagai peningkat daya kebal tubuh jika dikonsumsi. Minyak kepala mengandung antibakteri yang juga dapat menghentikan pertumbuhan jamur atau sumber penyakit tertentu.

Berikut beberapa manfaat dari minyak kepala bagi kulit kepala dan rambut anda:

  • Menyuburkan rambut dan mencegah pertumbuhan uban

Minyak kelapa dapat meremejakan kondisi rambut dan kulit kepala anda. Mengaplikasikan minyak kelapa sebagai bahan perawatan rambut anda dapat menyuburkan pertumbuhan dan memperkuat akar rambut. Selain itu, pertumbuhan uban juga bisa diperlembat.

  • Menghilangkan ketombe pada rambut

Salah satu masalah rambut yang mengganggu adalah ketombe. Minyak kepala mengandung antibakteri yang dapat mencegah tumbuhnya jamur atau bakteri di kulit kepala yang menyebabkan ketombe.

  • Sebagai bahan kondisioner alami

Cara meluruskan rambut dengan minyak kelapa bisa dijadikan pilihan dengan cara membuat kondisioner rambut alami. Minyak kelapa yang dilelehkan bisa digunakan sebagai kondisioner saat anda sedang keramas.

  • Mengatasi masalah rambut bercabang

Sering melakukan proses pelurusan rambut, pengecatan, maupun blow rambut di salon merupakan salah satu faktor penyebab masalah rambut bercabang. Selain sebagai cara meluruskan rambut dengan minyak kelapa yang alami, minyak kelapa juga dapat memperbaiki rambut dari masalah bercabang.

  • Melembabkan, melembutkan, dan membuat rambut berkilau

Vitamin E yang dikandung dalam minyak kelapa dapat membuat rambut anda tampak sehat. Minyak kelapa dapat melembabkan dan melembutkan rambut anda. Minyak kelapa bermanfaat sebagai cara melembabkan rambut kering dan mengembang. Cara membuat rambut berkilau juga dapat and coba dengan menggunakan minyak kelapa.

Anda sudah menyimak berbagai manfaat minyak kelapa. Selain sebagai cara meluruskan rambut dengan minyak kelapa, anda juga bisa merasakan khasiat lainnya. Berikut cara meluruskan rambut dengan minyak kelapa secara bertahap yang cukup mudah untuk anda terapkan.

Perlengkapan:

Sponsors Link

  • Minyak kelapa (biasanya minyak kelapa dijual dalam bentuk pasta)
  • Handuk
  • Shower cab

Cara:

  1. Sampirkan handuk pada bahu anda untuk melindungi pakaian anda dari minyak kelapa yang mampu menghilangkan noda. Ada baiknya hindari menggunakan handuk favorit anda.
  2. Siapkan minyak kelapa untuk dilelehkan. Anda bisa menghangatkan mengunakan microwave atau kompor. Ambil 2-5 sendok minyak kelapa pada wadah tempat melelehkan. Takaran ini tidak tentu, bisa disesuaikan dengan kebutuhan berdasar panjang dan tebal rambut anda.
  3. Panaskan minyak kelapa sampai meleleh, lalu diamkan sejenak untuk menurunkan suhu minyak yang panas.
  4. Usahakan rambut tidak dalam keadaan yang sangat kotor. Karena hal tersebut akan membuat anda merasa tidak nyaman.
  5. Aplikasikan minyak kelapa secara merata kesuluruhan bagian rambut anda hingga kulit kepala. Pijat-pijat dan usapkan pada rambut secara perlahan agar meresap.
  6. Setelah diaplikasikan secara merata, gulung rambut anda dan tutup dengan shower cab.
  7. Diamkan rambut selama 2 jam atau semalaman jika anda menginginkan hasil yang cepat dan maksimal.
  8. Setelah didiamkan, bilas rambut dengan cara keramas seperti biasa hingga bersih.
Sponsors Link

Menenrapkan perawatan tersebut diyakini dapat meluruskan rambut nada secara alami tanpa resiko keruskan. Idealnya, prosedur ini dilakukan sekali hingga 2 kali dalam seminggu. Anda bisa tenang karena perawatan rambut dengan minyak kelapa minim dari resiko efek samping atau iritasi pada kulit kepala maupun rambut anda. Karena minyak kelapa mengandung Vitamin E dan lemak alami yang pada umumnya baik untuk kulit dan kesehatan tubuh.

Namun, ada baiknya tidak terlalu sering melakukan perawat alami dan keramas berlebihan. Melakukan perawatan dengan bahan alami membutuhkan kesabaran untuk melihat hasil terbaiknya. Berbeda dengan cara instan yang memiliki efek samping.

Selain dapat meluruskan rambut, dengan melakukan perawatan ini anda bisa mendapatkan manfaat lainnya yang baik untuk rambut anda. Selain dengan cara yang sudah dijelaskan, anda juga bisa menggunakan minyak kelapa sebagai pengganti kondisioner saat keramas rutin anda. Minyak kelapa juga bisa dijadikan tabir surya bagi rambut untuk menghindari kerusakan dari sinar matahari. Apalagi bagi anda perempuan yang tinggal di daerah tropis seperti Indonesia yang memiliki matahari terik hampir setiap musim.

Itu tadi berbagai manfaat dan cara meluruskan rambut dengan minyak kelapa yang efektif dan bebas dari risiko kerusakan pada rambut. Semoga bermanfaat.

, , ,