Sponsors Link

13 Cara Meluruskan Rambut dengan Baking Soda Terbukti Ampuh!

Rambut lurus, hitam, dan berkilau. Siapa sih yang tidak menginginkan rambut seperti ini? Yup sebagian dari kita – bahkan banyak dari kita yang masih mendamba-dambakan kriteria rambut yang seperti ini. Yup beberapa kriteria yang disebutkan barusan sangatlah identik dengan mereka yang disebut cantik, oleh sebab itu lah banyak orang yang tidak segan-segan alias bersedia untuk mendapatkan hal tersebut meskipun membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Bukan hanya itu saja, tidak dapat dipungkiri kita yang dianugerahi rambut keriting atau rambut ikal juga ingin merasakan bagaimana asyiknya memiliki rambut lurus dan hal ini juga membuat kita tidak ragu untuk melakukan berbagai cara untuk membuat rambut kita lurus. Memangnya bagaimana sih cara membuat rambut kita lurus?

ads

Seperti yang kita tahu, saat ini beberapa profesional alias hair dresser ataupun salon menyediakan berbagai jasa untuk merawat rambut kita, dan tak terkecuali untuk meluruskan rambut kita. Yup rebonding adalah salah satu perawatan yang akan kita dapat ketika kita ingin meluruskan rambut dan seperti yang kita bahas sebelumnya untuk mendapatkan perawatan yang satu ini pun kita membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Lalu apakah kita bisa melakukan cara lain untuk mendapatkan rambut impian kita? Eits tidak usah bersedih! Tanpa disangka-sangka kita juga bisa lho melakukan perawatan rambut khususnya meluruskan rambut sendiri tanpa bantuan profesional! Kok bisa? Yup kita harus berterima kasih pada kemajuan teknologi di mana kita bisa menggunakan berbagai shampo untuk meluruskan rambut yang pastinya sayang untuk dilewatkan. Namun apakah ada cara lainnya selain menggunakan shampo dan dengan melakukan perawatan rambut di salon untuk bisa mendapatkan rambut lurus?

Kabar baik untuk kita karena masih ada cara lainnya yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan rambut lurus! Wah yang benar nih? Memangnya apa lagi yang bisa kita coba untuk meluruskan rambut? Satu lagi cara yang sayang untuk dilewatkan, yaitu dengan memanfaatkan berbagai bahan alami. Memangnya bahan alami bisa digunakan untuk meluruskan rambut? Eits jangan salah! Memanfaatkan berbagai bahan alami untuk perawatan rambut kita sayang jika kita melewatkannya karena bahannya yang sangat aman dan pastinya tidak akan memberikan dampak negatif jika kita menggunakannya dalam jangka waktu lama. Selain itu, menggunakan berbagai bahan alami juga cenderung tidak membutuhkan biaya yang banyak dan untuk mendapatkan berbagai bahan alami ini juga bukan merupakan hal yang sulit karena kita bisa mendapatkannya di toko terdekat. Lalu bahan alami apa yang akan kita gunakan kali ini?

Meluruskan Rambut dengan Baking Soda

Baking soda. Siapa sih yang tidak tahu dengan bahan alami yang satu ini? Yup baking soda merupakan salah satu bahan alami yang sering digunakan untuk memasak kue dan untuk jenis masakan lainnya. Namun tahukah kalian jika baking soda juga bisa digunakan sebagai bentuk perawatan rambut kita? Wah yang benar nih? Memangnya apa saja sih manfaat yang bisa kita dapatkan dengan menggunakan baking soda secara rutin? Nah daripada penasaran tentang apa saja manfaat yang bakal kita dapat dengan menggunakan baking soda, yuk kita simak penjelasannya yang satu ini!

  • Menyerap minyak berlebih pada rambut

Siapa sih yang tidak sebal ketika rambut kita berminyak alias mudah lepek? Pastilah semua orang sebal ketika hal ini terjadi pada diri mereka dan tentu saja akan melakukan berbagai cara untuk menyelesaikan masalah ini alias mencari solusi yang paling tepat untuk masalah ini. Selain kita bisa mengatasi masalah rambut berminyak dengan shampo untuk rambut berminyak ataupun dengan masker rambut untuk rambut berminyak, kita juga bisa mengatasinya dengan baking soda lho! Yup yang perlu kita lakukan pun sangat mudah yaitu dengan menaburkan baking soda secukupnya pada kulit kepala dan cara yang satu ini dikenal dengan dry shampoo. Namun ada hal yang perlu diingat ketika kita menggunakan cara yang satu ini yaitu baking soda dapat menyebabkan iritasi pada kulit kepala sehingga sebaiknya kita menghentikan penggunaannya ketika hal ini terjadi.

  • Menghaluskan rambut
Sponsors Link

Siapa sih yang tidak mau rambutnya halus dan mudah ditata? Pasti kriteria rambut yang seperti ini menjadi idaman untuk siapa saja bukan? Tahukah kalian jika menggunakan baking soda sebagai perawatan rambut juga bisa menghaluskan rambut? Wah yang benar nih? Yup menggunakan baking soda dan mencampurkannya dengan beberapa tetes minyak esensial adalah salah satu solusi yang tepat untuk mengatasi rambut kering dan kaku kita selain kita bisa menggunakan shampo untuk rambut mengembang. Bukan hanya bermanfaat menghaluskan rambut saja, melakukan perawatan yang satu ini akan membuat rambut kita semakin harum daripada sebelumnya.

  • Menghilangkan bau rambut

Bukan rahasia lagi jika rambut bau adalah hal yang memalukan untuk kita dan pastinya kita akan menggunakan berbagai cara untuk mengatasi hal yang satu ini. Namun tahukah jika baking soda bisa menjadi solusi yang tepat untuk permasalahan ini? Yup menggunakan baking soda menjadi salah satu solusi yang tepat untuk menetralisir bau busuk sehingga tidak ada lagi rambut bau kita. Lalu bagaimana cara menggunakan baking soda sebagai perawatan rambut kita? Caranya pun sangat mudah yaitu dengan mencampurkan baking soda dengan air dan perbandingannya 1:3 kemudian bisa kita oleskan secara merata pada seluruh bagian rambut dalam keadaan basah. Kita perlu mendiamkan baking soda ini selama kurang lebih 5 menit sehingga kulit kepala menyerap baking soda ini dengan optimal dan setelahnya kita bisa membilas rambut dengan airhingga rambut bersih kembali.

ads

Kita bisa melakukan perawatan ini sebanyak satu atau dua kali dalam jangka waktu satu bulan.  Bukan hanya itu saja, melakukan perawatan yang satu ini juga efektif untuk membasmi ketombe pada kepala sehingga kita tidak perlu menggunakan berbagai produk rambut yang justru dapat membahayakan kesehatan kulit kepala kita karena berbagai bahan kimia yang terdapat di dalamnya. Perawatan rambut yang satu ini sangatlah menarik untuk dicoba bukan?

Wah ternyata banyak juga ya manfaat yang bisa kita dapatkan dengan memanfaatkan baking soda sebagai perawatan rambut kita! Nah namun kembali lagi ke point utama yang kita bicarakan yaitu bagaimana cara meluruskan rambut dengan memanfaatkan baking soda sebagai bahan utamanya. Memangnya bahan-bahan apa saja sih yang dibutuhkan untuk meluruskan rambut dengan baking soda? Lalu apa saja yang perlu kita lakukan untuk meluruskan rambut dengan baking soda ini? Daripada semakin penasaran, yuk kita simak penjelasan yang satu ini!

  1. Mengaplikasikannya pada waktu yang tepat. Sering kali pertanyaan ini muncul dalam benak kita, yaitu kapan saat yang paling tepat untuk melakukan perawatan rambut dengan baking soda ini.
  2. Kita bisa melakukan perawatan ini setelah kita mencuci rambut dan kondisi rambut kita belum terlalu kering alias masih sedikit basah.
  3. Apabila rambut kita masih dalam keadaan masih benar-benar basah maka baking soda akan sulit diaplikasikan karena akan menggumpal dan menyebabkan penggunaannya tidak merata.
  4. Apakah ada bahan lainnya yang perlu kita campurkan ketika menggunakan baking soda sebagai salah satu bentuk perawatan rambut kita? Yup, jawabannya adalah kita bisa memadukan baking soda dengan bahan alami atau produk perawatan rambut lainnya agar kita bisa mendapatkan hasil yang lebih optimal.
  5. Bahan yang paling mudah untuk kita padukan dengan baking soda ini adalah kondisioner ataupun berbagai bahan alami lainnya; seperti alpukat, kelapa, dan lain-lain.
  6. Adanya tambahan bahan lainnya di sini berfungsi untuk mencegah terjadinya iritasi pada kulit kepala. Satu hal lagi yang perlu kita perhatikan dalam memadukan dua bahan ini adalah untuk membuatnya menjadi cairan yang kental sehingga lebih mudah diaplikasikan pada seluruh bagian rambut dengan merata.
  7. Setelah cairan ini siap, langkah berikutnya yang perlu kita lakukan adalah mengaplikasikannya pada seluruh bagian rambut dengan merata, namun kita tidak perlu memijat kepala kita karena hal ini justru dapat menyebabkan iritasi pada kulit kepala.
  8. Setelah dirasa cukup maka kita perlu mendiamkan baking soda ini selama beberapa saat dan menutupinya dengan shower cap dan apabila kita tidak memiliki shower cap kita bisa menggantinya dengan mengunakan handuk – dan point pentingnya adalah untk menutupi bagian kepala dengan rapat.
  9. Kita perlu menutupi rambut kita ini selama kurang lebih 30 menit dan sebaiknya dilepas kembali ketika kita merasakan panas pada kulit kepala.
  10. Setelah didiamkan selama beberapa saat sekaranglah saatnya membersihkan rambut kita kembali. Hal yang perlu kita lakukan adalah untuk membilasnya menggunakan air dingin dan hal ini bertujuan untuk menjaga kelembaban rambut dengan maksimal.
  11. Kita bisa menggunakan kondisioner setelah rambut kita bersih dari baking soda untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.
  12. Langkah terakhir yang perlu kita lakukan dalam melakukan perawatan menggunakan baking soda ini adlah merapikan kembali rambut kita menggunakan sisir.
  13. Menggunakan sisir di sini bukan hanya berfungsi untuk merapikan kembali rambut kita namun meratakan penggunaan baking soda pada rambut kita sehingga hasil yang kita dapat pun benar-benar optimal.

Bagaimana? Meluruskan rambut dengan baking soda bukanlah suatu ide yang buruk bukan? Meskipun begitu msih banyak ahli yang memperdebatkan tentang aman atau tidaknya menggunakan baking soda sebagai salah satu bentuk perawatan rambut kita mengingat banyaknya kasus rambut yang menjadi rusak setelah menggunakan baking soda sebagai salah satu bentuk perawatan. Rambut rusak di sini bahkan dapat menyebabkan kebotakan karena rambut kita yang menjadi rontok apabila rambut kita tidak cocok dengan penggunaan baking soda ini. Bukan hanya itu saja, sebaiknya kita tidak melakukan perawatan yang satu ini berlebihan karena jika hal ini dilakukan berlebihan maka akan menyebabkan pH level pada kulit kepala yang tidak seimbang dan berujung pada banyaknya minyak pada kulit kepala dan menyebabkan rambut mudah lepek. Selain itu, kulit kepala juga bisa terluka dan menyebabkan rambut menjadi kering dan terlihat kusam; di mana hal ini disebabkan oleh tingginya kandungan alkali pada baking soda. Tentu saja kita tidak ingin hal ini terjadi bukan?

So, bagaimana? Menggunakan baking soda sebagai salah satu perawatan rambut bukanlah hal yang berlebihan bukan? Satu hal yang perlu kita ingat adalah untuk tidak menggunakannya secara berlebihan agar kesehatan rambut kita tetap terjaga sehingga kita bisa tampil maksimal setiap waktu. Tunggu apalagi untuk menjadi lebih cantik daripada sebelumnya? Yuk pancarkan pesonamu pada dunia mulai dari sekarang!

, , ,
Oleh :
Kategori : Perawatan Rambut