Sponsors Link

61 Cara Melemaskan Rambut Pria Yang Bergelombang

Selain berperan dalam fungsi kesehatan, susu juga sangat berperan dalam bidang kecantikan, yaitu diantaranya kecantikan wajah dan rambut. Susu sebagai masker rambut dapat mempercantik kulit dan membuat kulit menjadi lebih putih, halus dan mulus seakan lebih muda. Sedangkan sebagai masker rambut, susu dapat membantu melemaskan serta menata rambut yang kusut serta yang cenderung keriting atau ikal.

ads

Memiliki rambut yang indah, keren dan trendy adalah yang diimpikan setiap Pria. Memiliki rambut yang pada umumnya tidak sepanjang rambut Wanita memang tidak memperlukn perawatan yang sekhusus dan serumit Wanita lakukan. Ada banyak sekali masalah rambut Pria yang sering dihadapi. Diantaranya memiliki rambut yang susah diatur, kering, dan bergelombang. Tidak hanya Wanita, Pria pun juga sering menghadapi masalah rambut yang rusak kering dan juga bergelombang. Penyebab dari rambut bergelombang seperti ini adalah:

  1. Memiliki Rambut Panjang

Tidak biasanya, Pria terkadang ingin memilki rambut yang panjang. Namun jika rambut panjang Pria tidak diatur dan dirawat dengan balik, alhasil rambut yang dihasilkan akan menjadi bergelombang dan terkesan kaku serta kasar. Rambut membutuhkan nutrisi dan vitamin untuk berkembang dan tumbuh dengan baik. Semakin panjang rambut yang dimiliki, harusnya Pria juga memberikan nutrisi yang lebih banyak daripada rambut Pria biasanya. Seseorang yang memiliki rambut panjang akan mengalami kesulitan dalam pemenuhan nutrisi rambutnya. Hal ini karena biasanya nutrisi rambut yang diberikan tidak merata dari kulit kepala menuju ujung rambut.

Oleh karena itu, memilki rambut panjang bagi seorang Pria tidaklah salah. Namun perawatan dan penjagaan nutrisi rambut juga harus diperhatikan. Rambut akan cenderung bergelombang atau bahkan kering jika kekurangan nutrisi. Apalagi jika rambut tersebut sering dikuncir dan digelung.

  1. Rambut Tidak Ditata

Tidak jarang cara melemaskan rambut pria merasa malas menata rambutnya. Hal ini dikarenakan Pria mempunyai rambut yang sangat pendek. Sehingga Pria merasa tidak perlu untuk menata ataupun sekedar menata rambut pendeknya tersebut. Padahal, rambut seringkali menjadi berantakan dan kusut setelah berbagai macam aktifitas. Sehabis tidur, bekerja di luar ruang, terkena sinar atau cahaya matahari, setelah keramas, pada waktu-waktu ini rambut sering menjadi kusut dan tidak teratur. Saat rambut menjadi tidak teratur seperti ini, Pria seharusnya menata rambutnya dengan menyisir atau sekedar merapikan dengan sela-sela jari telapak tangan. Jika rambut susah untuk dirapikan, menggunakan produk styling rambut atau minyak rambut akan sangat membantu.

Artikel lainnya:

  1. Jarang Membersihkan Rambut

Memiliki jadwal aktivitas yang sangat sibuk membuat banyak Pria jarang mencuci dan membersihkan rambutnya. Kebersihan rambut sangaltlah penting dan bersifat fundamental sekali untuk kesehatan dan perawatan rambut. Rambut yang kurang dijaga kebersihannya, akan menyebabkan rambut menjadi terkesan keriting dan bergelombang meskipun tanpa treatment sekalipun. Rambut bergelombang yang dihasilkan tidak bersifat natural dan terkesan tidak rapih. Selain menghasilkan rambut yang bergelombang, kurang menjaga kebersihan rambut juga dapat menyebabkan masalah – masalah rambut lainnya. Masalah – masalah rambut yang dapat dihasilkan yaitu antara lain; rambut mempunyai ketombe, sering rontok dan patah, rambut menjadi rusak dan kering, dan lain sebagainya.

  1. Mengkonsumsi Makanan Yang Tidak Sehat

Sehat tidaknya makanan yang kita makan sangatlah berpengaruh pada kesehatan anggota tubuh kita, termasuk rambut. Makanan yang berada di pasaran tidak hanya mengandung bahan-bahan alami dan sehat, namun juga mengandung bahan kimia yang bisa saja bersifat berbahaya bagi tubuh. Bahan kimia yang tidak sengaja dicerna oleh tubuh kita akan menonaktifkan fungsi kelenjar dan sel-sel tubuh kita. Tidak hanya itu, nutrisi dan vitamin rambut bisa saja berkurang. Rambut yang kekurangan nutrisi pada kulit kepala akan menyebabkan rambut menjadi tidak sehat dan bermasalah. Diantaranya menjadi bergelombang dan tidak teratur.

  1. Kurang Minum Air Putih

Air putih adalah elemen paling fundamental bagi tubuh kita. Tubuh kita terdiri dari beberapa macam elemen dimana 97% diantaranya adalah air. Setiap proses yang terjadi di dalam tubuh kita terjadi atas bantuan dan kerja dari air. Mengkonsumsi banyak sekali air akan menyehatkan dan memperindah tubuh. Kandungan kadar air yang banyak pada tubuh juga akan mempermudah organ pada tubuh untuk memproduksi kelenjar-kelenjar yang berguna bagi tubuh. Kelenjar yang aktif diproduksi akan menghasilkan nutrisi dan vitamin yang juga bermanfaat untuk tubuh. Semakin sehat organ dan kelenjar pada tubuh, semakin banyak nutrisi dan vitamin pula yang dihasilkan, sehingga anggota-anggota tubuh kita pun juga akan menjadi sehat, termasuk rambut.

Langkah Awal Melemaskan Rambut Pria

Sponsors Link

Hal diatas adalah penyebab dari rambut yang bergelombang. Mempunyai rambut yang bergelombang bukanlah suatu masalah yang perlu diperbesar. Karena dengan perawatan yang dilakukan terus menerus dan mengjindari melakukan hal-hal diatas, Anda akan terhindar dari rambut yang bergelombang dan sukar ditata. Ada berbagai macam metode dan cara perawatan rambut. Setiap masalah rambut mempunyai metode dan cara perawatannya masing-masing. Lantas bagaimana caranya agar rambut Pria menjadi tidak bergelombang? Hal-hal di bawah ini adalah cara untuk menata rambut Pria yang bergelombang:

  1. Menggunakan Minyak Rambut

Minyak rambut dikenal dengan sifatnya yang licin dan sangat kaya akan nutrisi serta vitamin untuk rambut. Selain dapat digunakan untuk menata rambut agar lebih mudah, minyak rambut juga akan membuat rambut ternutrisi lebih sehat. Minyak rambut bisa didapatkan dari toko-toko produk perawatan rambut. Namun apabila Anda menghindari produk yang mengandung bahan kimia, Anda dapat menggunakan minyak rambut alami yang dapat Anda buat dengan kreasi sendiri, contohnya minyak kelapa. Minyak rambut alami seperti minyak kelapa justru memiliki nutrisi yang lebih kaya dan dapat diaplikasikan dimana saja, seperti pada wajah, lengan, kaki, dan lain sebagainya. Selain minyak kelapa, minyak rambut alami yang dapat Anda gunakan yaitu minyak zaitun dan minyak jagung. Minyak kelapa tidak lebih terkenal dari minyak zaitun, minyak jagung dan minyak nabati lainnya. Namun, minyak kelapa memiliki kandungan asam laurat yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan juga 6% asam kaprat yang berfungsi sebagai pencegah atau penurun resiko penyakit seksual. Banyak sekali kandungan lainnya yang terdapat dalam minyak kelapa. (Baca juga: Cara Merawat Rambut Dengan Minyak Zaitun)

Cara menata rambut pria yang bergelombang dengan menggunakan minyak rambut adalah:

  • Siapkan minyak rambut jenis apapun yang menjadi favorit Anda. Usahakan menggunakan minyak rambut yang sesuai dengan sifat rambut Anda
  • Letakkan pada suatu container atau tempat dan panaskan hingga minyak rambut tersebut menjadi lebih hangat
  • Sambil menunggu minyak rambut yang tengah dipanaskan, rendam handuk atau kain apapun dalam rendaman air panas. Diamkan dalam beberapa menit, lalu angkat
  • Minyak rambut yang sudah hangat dioleskan rata pada rambut mulai dari kulit rambut hingga ujung rambut
  • Pijat secara perlahan kulit kepala agar minyak rambut dapat diserap rata oleh kulit
  • Diamkan selama beberapa menit hingga minyak rambut benar-benar meresap kedalam kulit
  • Tutup rambut menggunakan handuk yang sudah direndam dengan air panas
  • Tunggu dalam selang beberapa menit
  • Setelah didiamkan sekitar 25-30 menit, lepaskan handuk dan bilas rambut hingga bersih. Gunakan shampoo dan styling product lainnya untuk menghilangkan kadar sisa minyak pada rambut.
  • Keringkan rambut menggunakan handuk. Gunakan bantuan hair dryer bila dirasa perlu
  • Rambut Anda akan menjadi sangat lemas dan lurus serta mudah ditata.
  • Jika ingin menggunakan masker rambut, tambahkan telur pada minyak rambut dengan perbandingan yang sama, lalu aduk hingga merata. Campuran minyak rambut dan telur akan sangat membantu dalam pelemasan dan pelurusan rambut bergelombang. Telur yang dipakai dapat berupa putih telur ataupun kedua putih dan kuning telurnya.
  1. Menggunakan Santan Kelapa

Selama ini santan dikenal banyak masyarakat sebagai bahan pelengkap dalam memasak. Namun siapa sangka jika ternyata santan kelapa juga bermanfaat untuk meluruskan rambut yang bergelombang. Santan kelapa yang bersifat sangat kental memiliki banyak kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan rambut. Santan kelapa mengandung omega-3, vitamin B6, protein, lemak, vitamin c, vitamin E, vitamin K yang dapat menjaga kesehatan dan nutrisi pada rambut serta mencegah adanya ketombe. Protein pada santan kelapa dapat memicu pertumbuhan rambut. Bagi para Pria yang mengalami masalah rambut rontok, dapat menggunakan santan kelapa sebagai perawatan rambutnya. Karena protein pada santan kelapa akan sangat ampuh dalam penumbuhan rambut baru. Selain itu, santan kelapa juga mengandung adanya asam sitrat. Dimana selain berfungsi untuk membuat rambut bercahaya dan berkilau, kandungan asam sitrat ini berfungsi untuk mengatasi masalah rambut yang kasar dan susah diatur..

Cara menata rambut Pria bergelombang menggunakan santan kelapa adalah sebagai berikut:

ads
  • Siapkan santan kelapa yang sudah Anda peras dan buat sebelumnya. Dalam pembuatan santan kelapa, perlu dicatat untuk menggunakan kelapa yang sudah tua berwarna coklat tua. Hal ini dikarenakan kelapa tua memiliki kandungan santan yang lebih banyak dan memiliki kandungan gizi serta nutrisi yang tinggi.
  • Cuci rambut Anda menggunakan air bersih mengalir. Basahi rambut secara merata pada rambut tanpa menyisakan sedikitpun rambut yang kering. (baca juga: Cara Agar Rambut Cepat Panjang)
  • Setelah dibasahi, jangan segera dikeringkan. Gunakan santan kelapa pada rambut secara merata dan perlahan. Tuangkan santan kelapa mulai dari atas kepala hingga rata sampai ujung rambut. Lakukan cara seperti ini untuk masing-masing bagian rambut.
  • Pijat-pijat rambut secara perlahan. Jangan sampai memijat kepala secara kasar, karena akan merusak keadaan kulit kepala. Pemijatan rambut seperti ini bertujuan agar santan kelapa dapat meresap kedalam kulit kepala. Lakukan pemijatan selama beberapa menit kurang lebih 15-20 menit.
  • Setelah dipijat, bilas rambut menggunakan air bersih. Cuci rambut hingga bersih sampai tidak menyisakan sedikitpun sisa santan kelapa pada rambut.
  • Gunakan shampoo atau styling product lainnya yang dirasa perlu untuk merawat rambut Anda.
  • Bilas rambut menggunakan air dan rambut Anda akan menjadi lebih lurus dan mudah ditata dari yang sebelumnya. (baca juga: Cara Agar Rambut Tidak Mengembang)

Untuk meningkatkan fungsi santan kelapa, tambahkan jeruk nipis kedalamsantan kelapa yang sudah dipersiapkan. Berikut adalah cara yang dapat Anda gunakan untuk menata rambut Pria bergelombang menggunakan santan kelapa dan jeruk nipis:

  • Peras jeruk nipis dan tempatkan pada suatu wadah. Gunakan jeruk nipis sesuai dengan kebutuhan Anda. Semakin panjang rambut yang Anda punya, semakin banya pula jeruk nipis yang akan Anda butuhkan.
  • Siapkan santan kelapa yang sudah Anda buat terlebih dahulu. Santan kelapa yang akan Anda butuhkan kurang lebih sejumlah 220 mL. Jumlah ini juga menyesuaikan dengan kebutuhan Anda. Siapkan gelas yang dirasa cukup menampung santan kelapa yang akan Anda gunakan.
  • Ambil sekitar 2 sendok makan jeruk nipis dan campur menjadi satu kedalam gelas yang sudah berisi santan kelapa
  • Aduk hingga rata dan tercampur
  • Masukkan kedalam lemari es selama beberapa waktu untuk menghasilkan campuran santan kelapa dan jeruk nipis yang kental. Sifat kental ini nantinya berfungsi agar dapat digunakan pada rambut lebih mudah. Itulah mengapa, produk minyak lebih sering digunakan sebagai produk perawatan rambut. Karena selain memiliki kandungan yang bermanfaat bagi rambut, minyak memiliki sifat yang kental. Sehingga dapat digunakan dan terserap lebih mudah kedalam sela – sela rambut.
  • Rapihkan rambut terlebih dahulu. Sisir menggunakan sisir dengan rongga lebar dan atur sedemikian rupa hingga tidak ada rambut yang kusut. Jangan sampai menyisir rambut dengan cepat, karena akan merusak rambut dan mendorong rambut untuk rontok dan patah.
  • Oleskan campuran santan kelapa dan jeruk nipis yang sudah didinginkan tadi pada rambut. Oleskan secara merata dan pijat lembut pada kulit rambut agar dapat terserap alami kedalam kulit.
  • Diamkan sejenak selama kurang lebih 25-30 menit. Setelah selang 30 menit berlalu, santan kelapa akan terserap merata kedalam kulit rambut, sehingga tidak ada sisa apapun santan kelapa pada rambut.
  • Atur rambut menggunakan sisir kembali (Baca juga: Cara Mencuci Sisir)
  • Bersihkan rambut menggunakan shampoo atau styling product lainnya untuk membuat rambut menjadi lebih bersih
  • Bilas rambut menggunakan air bersih mengalir hingga tidak ada sisa busa shampoo pada rambut
  • Biarkan dan diamkan rambut hingga menjadi kering. Cukup gunakan bantuan handuk atau kain untuk mengeringkan rambut. Jangan gunakan hair dryer ketika mengeringkan rambut. (Baca juga: Cara Mengeringkan Rambut)
  1. Menggunakan Susu

Selama ini susu dikenal sebagai fungsi masker wajahnya yang dapat mengatasi kulit wajah yang berminyak, kering, berjerawat dan lain sebagainya. Namun ternyata susu juga dapat dimanfaatkan sebagai masker untuk rambut. Dalam 100 gram susu, terkandung 6,1 kkal kalori, 3,2 gram protein, 4,3 gram karbohidrat, 1.200 miligram kalium, 143 miligram kalsium, 694 miligram fosfor, 1,7 miligram besi, vitamin B1 dan vitamin c. Umumnya memang susu terkenal untuk dikonsumsi saja. Selain untuk memperkuat tulang dan mencegah terjadinya osteoporosis, susu juga dapat menetral racun yang terdapat dalam tubuh melalui makanan dan minuman yang kita konsumsi. Susu juga dapat menguatkan kerja otot jantung dan saraf serta mencegah terjadinya kanker usus.

Cara menata rambut Pria bergelombang menggunakan susu adalah antara lain:

  • Siapkan susu putih tawar murni yang langsung diambil dan tanpa melalui proses atau ditambah zat kimia apapun. Hal ini karena kesterilan susu yang Anda gunakan akan sangat berpengaruh pada kesehatan rambut Anda. Semakin steril atau alami susu yang digunakan, semakin baik fungsi dan kandungannya untuk tubuh dan organ Anda lainnya.
  • Campurkan susu dan air putih. Gunakan perbandingan 2:1 antara susu dan air putih. Campur dan aduk hingga merata.
  • Siapkan botol semprot apapun yang nantinya digunakan sebagai wadah masker susu untuk rambut Anda
  • Masukkan campuran susu dan air putih kedalam botol semprot. Usahakan botol semprot yang digunakan pun juga benar-benar bersih dan steril. Jika Anda menggunakan botol semprot bekas, maka bersihkan terlebih dahulu hingga botol semprotnya benar-benar bersih dan tidak terkontaminasi dengan zat atau kotoran apapun.
  • Semprotkan campuran susu dan air putih tersebut pada rambut secara merata mulai dari kulit kepala hingga ujung rambut. Semprot dari jarak yang sesuai, agar semprotannya dapat menyeluruh dan mencakup ke seluruh bagian rambut. (baca juga: Cara Merawat Rambut Panjang)
  • Pijat rambut secara perlahan dan merata pada daerah rambut yang telah disemprotkan.
  • Biarkan rambut hingga dalam selang beberapa waktu. Setelah 20-25 menit berlalu, susu akan terserap masuk kedalam kulit rambut.
  • Rambut yang sudah dibiarkan dan menjadi kering dibilas dengan air bersih mengalir. Gunakan shampoo atau styling product lainnya untuk membersihkan rambut Anda.
  • Bilas hingga bersih tanpa menyisakan busa shampoo atau styling product apapun pada rambut.
  • Keringkan rambut menggunakan handuk. Rambut akan terasa lebih ringan, bersih, lurus dan mudah ditata.

Baca juga:

Untuk meningkatkan fungsi susu sebagai masker rambut, gunakan tambahan madu kedalam masker rambut ketika digunakan. Madu untuk perawatan rambut sangat membantu mengkilaukan rambut dan mencegah rambut dari adanya ketombe. Madu mengandung kandungan nutrisi yang sangat kaya seperti vitamin, protein, antiseptic dan antioksidan alami yang sangat bermanfaat. Berikut adalah cara menata rambut Pria yang bergelombang menggunakan campuran susu dan madu:

Sponsors Link

  • Pilihlah madu yang benar-benar asli tanpa adanya bahan aditif apapun dalam proses pembuatannya. Banyak sekali produk madu di luaran sana yang terlihat asli namun ternyata menggunakan bahan aditif kimia berbahaya untuk menonjolkan madu dari segi rasa maupun warna. Hal ini harus Anda hindari. Oleh karena itu, beberapa hal di bawah ini dapat memberikan informasi bagi Anda bagaimana memilih madu yang benar – benar asli dan alami. (baca juga: Cara Blow Rambut)
  • Madu yang asli akan bersifat sangat kental dan akan meluber jika dipanaskan. Untuk mencoba hal ini, tuangkan madu kedalam sendok dan panaskan bagian bawah sendok. Jika madu berhasil meluber hingga keluar sendok, maka madu tersebut memang asli dan alami.
  • Madu memiliki tingkat keasaman yang cukup tinggi yaitu pH nya sekitar 3-6. Sehingga ketika madu dirasakan, pasti akan ada rasa sedikit asam disamping rasa manis yang ada. Jika madu yang digunakan sangat manis dan tidak ada rasa asam sama sekali, maka madu tersebut pasti palsu. Penambahan gula dan bahan aditif lain pasti telah dilakukan sebelumnya untuk menambahkan rasa manis pada madu.
  • Setelah Anda berhasil menguji apakah madu yang digunakan asli, campurkan sekitar 250 mL susu murni dengan 2-3 sendok madu murni dan aduk hingga merata. (baca juga: Cara Smoothing Rambut)
  • Oleskan campuran susu dan madu ini pada daerah rambut Anda. Oleskan secara merata mulai dari kulit kepala hingga ujung rambut.
  • Jika mengoleskan menggunakan jari-jari telapak tangan dirasa kurang efektif, gunakan botol semprot seperti metode sebelumnya untuk mengaplikasikannya pada rambut Anda. Semprotkan campuran susu dan madu pada rambut hingga merata.
  • Pijat – pijat lembut rambut Anda hingga dirasa susu dan madu tersebut sudah terserap masuk kedalam kulit kepala Anda.
  • Biarkan rambut selama 1,5-2 jam lamanya. Setelah 2 jam berlalu, bilas rambut menggunakan air hangat. Menggunakan air hangat akan membantu mengurangi efek lengket pada rambut setelah diolesi madu dan susu.
  • Keringkan rambut menggunakan handuk. Rambut Anda akan menjadi lebih lembab, lembut, halus dan mudah ditata daripada sebelumnya. (baca juga: Cara Merawat Rambut Agar Lurus)
  1. Menggunakan Campuran Pasta Pisang dan Pepaya

Kedua buah lezat ini selain dimakan juga berfungsi untuk meluruskan rambut Pria yang bergelombang dan terkesan ikal. Pisang mengandung provitamin A dan betakaroten yang diperkaya untuk menjaga kesehatan rambut dan melembutkan kulit kepala, Protein yang dapat meningkatkan nutrisi pada rambut, vitamin B1, B2, B3, B6, B9 dan B12 yang dapat mengatasi masalah rambut rontok, berminyak, kusam serta kering, dan vitamin C, D dan E yang meningkatkan aktifitas sel-sel rambut dan mencegah kerontokan rambut. Sedangkan papaya mengandung karbohidrat, lemak, protein, vitamin A, B, C, kalori, Kalium, Zat Besi, Fosfor, Riboflavin yang befungsi mengatasi kerontokan, ketombe, dapat meluruskan menghitamkan, memperkuat akar dan membantu pertumbuhan rambut. Masing-masing buah Pisang dan Pepaya ini memiliki peran dan fungsinya masing-masing yang bermanfaat bagi rambut. Sehingga dapat dibayangkan campuran kedua buah ini akan sangat memiliki fungsi yang berkhasiat dan lebih bermanfaat lagi bagi kesehatan rambut.

Cara melemaskan rambut Pria bergelombang menggunakan campuran pasta pisang dan papaya adalah sebagai berikut:

  • Pilih buah pisang dan papaya yang sudah akan tua sehingga dapat mudah dihancurkan. (baca juga: Cara Mengatasi Rambut Kering dan Mengembang)
  • Hancurkan kedua buah pisang dan papaya hingga benar-benar hancur dan lumat.
  • Tambahkan madu bila dirasa perlu. Penambahan madu ini berfungsi agar campuran pasta lebih bersifat lembut dan nyaman bila dioleskan pada daerah rambut.
  • Oleskan campuran pasta tadi pada rambut secara merata.
  • Diamkan rambut hingga campuran pasta benar-benar terserap kedalam kulit kepala dan mongering.
  • Bilas rambut menggunakan shampoo hingga dirasa tidak ada sisa sabun atau busa shampoo pada rambut.
  • Gunakan metode ini secara rutin ketika keramas minimal 2 kali dalam seminggu untuk menghasilkan rambut yang lebih halus dan lurus serta mudah ditata. (baca juga: Cara Menebalkan Rambut)
  1. Melakukan Perawatan Rambut

Selain menggunakan bahan-bahan alami diatas, cara melemaskan rambut Pria yang bergelombang juga dapat dilakukan dengan menggunakan alat-alat dan metode perawatan rambut pada umumnya. Metode perawatan rambut yang dapat digunakan adalah antara lain:

  • Rebonding.
  • Smoothing.
  • Meluruskan Rambut Menggunakan Catok.
  • Meluruskan Rambut Menggunakan Hair Dryer.

Nah, itulah sekilas dari beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk melemaskan rambut pria yang sering kali susah diatur dan mempunyai rambut yang bergelombang dalam rambutnya.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Wednesday 16th, August 2017 / 03:28 Oleh :
Kategori : Perawatan Rambut