Sponsors Link

15 Cara Keramas Yang Benar Untuk Rambut Kering yang Wajib Anda Coba

Mendapatkan rambut yang indah, bersih, wangi, dan mudah ditata merupakan hal yang paling diinginkan oleh sebagian orang terutama mereka yang konsen terhadap penampilan. Rambut merupakan mahkota kepala yang dapat mempengaruhi bentuk wajah dan penampilan seseorang. Perawatan rambut diperlukan untuk mendapatkan berbagai macam kondisi rambut yang disebutkan diatas serta agar rambut senantiasa terhindar dari berbagai masalah rambut yang menganggu.

ads

Berbagai macam perawatan rambut yang dapat dilakukan baik itu secara traditional dan alami maupun dengan bantuan para ahli di tempat khusus perawatan rambut yang dikenal dengan nama salon. Contoh perawatan rambut traditional seperti cara merawat rambut dengan santan. Perawatan rambut tersebut dilakukan untuk menghindari masalah rambut dan merawat rambut yang memiliki kondisi khusus. Rambut yang kering adalah salah satu masalah rambut yang seringkali menimbulkan ketidaknyamanan serta dapat menyebabkan penurunan penampilan seseorang.

Keramas merupakan salah satu cara merawat rambut kering dan mengembang yang dapat dilakukan sendiri. Keramas atau mencuci rambut adalah kegiatan membersihkan rambut dari berbagai kotoran dengan bantuan beberapa bahan khusus untuk keramas. Dari berbagai macam perawatan rambut kering dan mengembang, cara yang paling sederhana dan dapat dilakukan sendiri adalah keramas. Merawat rambut kering dengan cara keramas harus dilakukan dengan benar agar hasilnya maksimal. Berikut beberapa cara keramas yang benar untuk rambut kering yang dapat dicoba sendiri dirumah.

  1. Keramas secara rutin 

Kegiatan keramas merupakan aktivitas bersih diri yang paling sederhana untuk merawat rambut dan sering dilakukan bersamaan denga mandi. Cara keramas yang benar untuk rambut kering yang pertama adalah dengan melakukannya secara ruti dan teratur namun jangan berlebihan karena dapat menyebabkan rambut lebih kering lagi.

  1. Waktu keramas yang benar

Setiap orang memiliki pilihan frekuensi tersendiri setiap keramas, ada yang keramas 2 hari sekali dan bahkan ada yang setiap hari melakukan keramas. Ternyata, frekuensi keramas harus ditentukan sesuai dengan kondisi rambut. Untuk rambut yang kering sebaiknya melakukan keramas dua kali seminggu dan hindari mencuci rambut kering setiap hari karena dapat menyebabkan minyak alami rambut hilang.

  1. Gunakan Konditioner

Penggunaan konditioner dapat membantu melembutkan rambut setelah keramas. Salah satu bahan yang pasti ada dalam semua konditioner yang dijual dipasaran adalah minyak pelembab dan pelembut rambut. Bahan Pelembab dan pelembut tersebutlah yang dapat menyebabkan rambut kering menjadi lembut. Dalam penggunaannya, jangan mengaplikasikan konditioner terlalu banyak dan berlebihan karena bahan kimia yang terkandung dapat menimbulkan masalah rambut baru.

  1. Gunakan minyak rambut sebelum keramas

Mencuci rambut terkadang dapat menyebabkan rambut menjadi lebih kering. Untuk menghindari hal tersebut cobalah menggunakan minyak rambut sebelum keramas karena dapat memberikan lapisan minyak pada rambut sehingga tidak menyebabkan rambtu kering setelah keramas.

  1. Sisir rambut setelah keramas

Menyisisir rambut setelah keramas dapat membantu menata rambut yang kering. Rambut kering akan lebih susah untuk ditata setelah air sisa keramas mengering. Namun jangan menyisir rambut secara kasar karena dapat membuat rambut yang kering menjadi patah dan rontok.

Sponsors Link

  1. Gunakan air dingin dan hindari penggunaan air panas

Cara keramas yang benar untuk rambut keriting lainnya adalah dengan memperhatikan air yang digunakan saat keramas. Hindari penggunaan air berklorin dan air panas karena dapat menyebabkan minyak alami dalam rambut berkurang dan menjadikan rambut kering. Pilihan air terbaik untuk rambut kering adalah dengan menggunakan air dingin.

  1. Pilih produk shampo dengan benar

Berbagai macam produk shampo yang dijual dipasaran saat ini bukan hanya mengandung detergen saja namun juga memiliki beberapa bahan tambahan yang difungsikan khusus untuk kondisi rambut tertentu. Untuk mengatasi rambut yang kering, anda dapat memilih produk shampo yang khusus digunakan untuk rambut kering dan sebaiknya mengandung bahan alami yang lebih banyak dibandingkan bahan kimia.

  1. Jangan mengosok rambut saat keramas

Dalam proses mencuci rambut atau keramas terkadang diperlukan tindakan menggosok untuk menghilangkan kotoran pada rambut. Khusus untuk rambut kering, sebaiknya jangan menggosok rambut saat keramas karena dapat menyebabkan rambut menjadi patah dan rontoh.

Sponsors Link

Gunakan bahan alami setelah keramas

Selain konditioner yang djual di pasaran, ada beberapa bahan alami lain yang dapat digunakan untuk membantu membuat rambut yang kering menjadi lembut. Penggunaan bahan bahan alami ini merupakan salah satu cara mengatasi rambut kering dan mengembang. Beberapa bahan tersebut diantaranya adalah.

  1. Telur, telur kaya akan protein dan lesitin untuk membantu melembabkan rambut yang kering.
  2. Hot oil, perawatan menggunakan minyak alami seperti minyak kelapa, minyak zaitun dan minyak almond yang memiliki manfaat untuk melembabkan rambut.
  3. Masker madu, kandungan gula dalam madu dan berbagai kandungan lainnya dapat membantu mengatasi rambut kering.
  4. Alpukat dan pisang, alpukat dan pisang memiliki berbagai kandungan nutrisi dan protein yang membantu menyehatkan rambut.
  5. Lidah buaya, tanaman yang dikenal luas bermanfaat untuk kesehatan rambut ini dapat membantu mengatasi rambut kering.
  6. Cuka apel, cuka apel merupakan salah satu konditioner alami yang dapat melembutkan dan melembabkan rambut.
  7. Mayones, kandungan lemak yang banyak pada mayones dapat membantu melembabkan dan melembutkan rambut yang kering.

Berbagai cara keramas yang benar untuk rambut kering diatas dapat anda lakukan sendiri dirumah sebagai salah satu perawatan rambut kering agar lebih sehat dan lembut.

, ,




Oleh :
Kategori : Perawatan Rambut