Sponsors Link

9 Cara Keramas Setelah Smoothing yang Benar dan Mudah

Smoothing biasanya dilakukan sebagai alternatif pilihan untuk meluruskan rambut baik bagi pria maupun wanita. Smoothing rambut menggunakan bahan-bahan terpilih yang berkualitas sehingga dapat membuat rambut menjadi lurus. Walaupun seperti itu, merawat rambut yang di smoothing ternyata gampang-gampang susah. Perawatan sederhana dimulai dari cara berkeramas setelah smoothing dilakukan untuk menghindari rambut sering rontok.

ads

Umumnya, rambut yang di smoothing biasanya tidak boleh dikeramas langsung, tapi memerlukan waktu beberapa hari. Tujuanya untuk membuat obat pelurus pada rambut yang di smoothing menjadi lebih meresap ke dalam rambut. Setelah di smoothing biasanya harus menunggu untuk 3 hari atau 7 hari. Agar maksimal satu minggu menjadi waktu yang tepat agar obat pelurus rambut ini bekerja secara maksimal.

Perbedaan Smoothing dan Rebonding

Jika ingin meluruskan rambut, lebih baik pilih rebonding atau smoothing? Agar tidak terkesan buru-buru saat pergi ke salon rambut, sebaiknya kamu ketahui dulu cara menggunakan sisir catok  dan apa perbedaan diantara kedua teknik pelurusan rambut ini. Berikut ulasanya:

  • Waktu pengerjaan, jika memilih smoothing maka pengerjaan pelurusan rambut akan lebih lama, minimal 3 jam (tergantung jenis rambut). Sedangkan rebonding waktunya lebih singkat bisa kurang dari 3 jam.
  • Teknik serta bahan yang digunakan, pada teknik rebonding, obat pelurus biasanya dibiarkan meresap hingga ke kutikel rambut dan akan memperbaiki juga merubah struktur alami rambut jadi lurus. Pada smoothing, diberikan obat keratin yang tidak mengubah struktur rambut, hanya membuat rambut lebih lurus.
  • Harga, rebonding bisa dibilang lebih murah dibandingkan smoothing, perbedaan harganya bisa mencapai 50%. Jika ingin smoothing siapkan budget yang lebih banyak dari sekarang.
  • Daya Tahan, pada rebonding bisa dibilang permanen dengan daya tahan sekitar 7 bulan hingga 1 tahunan. Smoothing hanya bersifat sementara mencapai 3 bulanan saja (temporer).
  • Perawatanya, smoothing lebih simple hanya dengan beberapa hari tidak keramas setelahnya keramas sudah bisa dilakukan (3 hari setelahnya), sementara rambut rebonding tidak bisa tersentuh hal-hal seperti keramas, perawatan conditioner hingga 1 bulan pertama.

Langkah –Langkah Smoothing Rambut

Smoothing ini biasanya dilakukan di salon-salon kecantikan rambut dengan budget yang cukup mahal, dibandingkan dengan pelurusan rambut menggunakan metode rebonding. Namun, jika kamu memiliki banyak waktu luang dan ingin lebih hemat, kamu juga bisa melakukan smoothing sendiri di rumah. Umumnya, beberapa peralatan yang wajib dimiliki jika ingin melakukan cara mengatasi rambut kering setelah keramas lakukan smoothing di rumah seperti catokan rambut, sisir, dan sarung tangan. Berikut ini langkah-langkah untuk melakukan smoothing sendiri di rumah:

  • Bilas rambut seperti biasa, menggunakan sampo tapi tidak menggunakan conditioner
  • Keringkan rambut dengan hairdyer hingga 80% kering
  • Bagi-bagi rambut menjadi 4 bagian sama rata
  • Mulai proses mengaplikasikan cream smoothing ke rambut dengan sisir flat selapis demi selapis rambut
  • Pengolesan cream ini jaraknya 1 cm dari akar rambut, hindari mencapai kulit kepala
  • Setelah cream smoothing dioleskan ke seluruh rambut, tunggu untuk 15 hingga 20 menitan
  • Ambil sedikit bagian rambut yang sudah dioleskan, jika terasa seperti karet, maka rambut kamu sudah terolesi dengan sempurna
  • Cuci rambut dengan menggunakan air hangat yang tidak panas dan juga tidak dingin
  • Keringkan kembali dengan hairdyer  hingga kering merata (tidak boleh masih basah sebagian)
  • Semprotkan anti frizz pada rambut yang sudah di hairdyer, sebelum dicatok agar terlindungi dari panas catokan
Sponsors Link

  • Mulai catok rambut kamu, dengan terlebih dulu membagi rambut menjadi 4 bagian, catok dengan suhu catokan 180 hingga 200 derajat.
  • Jika rambut sudah tampak lurus, maka saatnya menggunakan cream neutralizer , agar PH rambut pasca smoothing tetap seimbang
  • Cuci rambut kembali dan gunakan conditioner  serta vitamin rambut, lalu keringkan dengan hairdyer dan sisir perlahan dengan menekuk rambut ke arah dalam

Keramas Setelah Smoothing dengan Sampo

Rambut yang di smoothing memiliki hasil yang lebih lurus alami dibandingkan dengan rambut yang direbonding. Namun, ancaman kerusakan rambut bisa terus terjadi  selama bahan kimia dari obat pelurus rambut kamu masih menempel di seluruh area rambut yang diluruskan. Untuk menjaganya kenali ciri ciri akar rambut mati serta merawat rambut smoothing kamu agar tetap sehat, kamu bisa mengawalinya dengan berkeramas menggunakan sampo yang tepat. Berikut ini beberapa merek sampo yang direkomendasikan untuk perawatan rambut yang di smoothing:

  1. Nature Damage Treatment Series Shampoo
  2. Makarizo Intensive Equalizer Shampoo
  3. L’Occitane Repairing Shampoo
  4. Sariayu Damage Treatment Wortel Shampoo
  5. NR Kur hydroSilk Shampoo
  6. DeBiuryn Levite Shampoo
  7. Dove Shampoo Nutritive Solutions Volume Nourishment

Kebanyakan sampo yang cocok untuk berkeramas bagi rambut smoothing adalah sampo yang mengandung conditioner serta vitamin yang dibutuhkan rambut dan manfaat membasahi rambut setiap hari bisa didapat, sehingga rambut smoothing kamu tetap sehat alami.

Pertimbangan Sebelum Smoothing Rambut

ads

Melakukan smoothing pada rambut bukanlah suatu hal yang tabu, sehingga siapa saja dapat melakukanya. Namun, disarankan, kamu juga harus ekstra melakukan perawatan rambut setelahnya agar rambut smoothing kamu bisa tetap mendapatkan nutrisi dari vitamin dan tetap lembut seperti hal nya rambut normal kamu. Adapu beberapa pertimbangan yang harus diperhatikan sebelum smoothing rambut sebagai berikut:

  • Menghemat Waktu Berias, Sebelum melakukan smoothing mungkin kamu cukup repot dengan harus mencatok rambut setiap hari sebelum pergi kuliah atau pergi ke kantor. Untuk mencatok kamu akan memerlukan waktu lebih tentunya. Dengan smoothing rambut akan terlihat lebih lurus alami tanpa harus catok lagi, kamu bisa lebih hemat waktu.
  • Harga dan Daya Tahan, Smoothing rambut biasanya lebih mahal daripada rebounding.  Hal itu disebabkan karena pada smoothing menggunakan keratin yang tidak akan merusak rambut hingga waktu 3 bulan. Retouch sebaiknya dilakukan pada periode pertumbuhan rambut
  • Hindari Menata Rambut Berlebihan, karena rambut smoothing sudah lurus alami, maka tidak perlu untuk banyak menata rambut (menguncir, menjepit atau dibuat bun). Hindari terutama saat 1 bulan pertama rambut di smoothing.
  • Cocok Untuk Rambut Pendek, ternyata smoothing bukan hanya untuk rambut panjang, rambut pendek juga bisa. Yang terpenting kamu percaya diri untuk memilih gaya rambutnya dan tetap melakukan perawatan.

Jika sudah mengetahui beberapa pertimbangan di atas, kamu tinggal memilih salon terbaik tempat di mana kamu akan melakukan smoothing. Kamu juga bisa melakukan smoothing sendiri di rumah, tentunya dengan beberapa peralatan yang mendukung.

Cara Keramas Setelah Smoothing

Keramas untuk rambut smoothing sebenarnya tidak memiliki perbedaan dengan keramas saat rambut kita belum di smoothing. Keramas yang dilakukan juga memiliki waktu yang sama dengan keramas normal. Setidaknya maksimal 3 kali sehari. Namun, kegiatan berkeramas ini tidak dilakukan di waktu yang sama, saat rambut kamu baru saja di luruskan. Berikut ini fungsi hairspray untuk rambut dan cara keramas setelah smoothing yang dianjurkan:

  • Tunggu Hingga 3 sampai 7 hari

Sebelum mulai keramas, setelah di smoothing setidaknya tunggulah waktu selama 3 hingga 7 hari untuk tidak berkeramas dulu. Hal tersebut agar rambut smoothing kamu tetap terjaga kelurusanya, hingga obat pelurusnya menyerap sempurna.

  • Pilih Merek Sampo yang Tepat

Rambut yang di smoothing memang bisa menggunakan sampo apa saja, jika memang ingin dibilas (dikeramas), disarankan untuk memilih sampo yang banyak mengandung conditioner  serta vitamin untuk rambut agar rambut smoothing bisa lebih terawatt dan tetap sehat.

  • Lakukan Keramas dengan Benar

Pastikan tahapan mengeramas rambut kamu benar , dengan menyesuaikan jenis rambut yang dimiliki. Jika kamu memiliki rambut kering maka keramas bisa dilakukan selama 2 kali seminggu, untuk jenis rambut normal bisa 3 kali seminggu.

  • Membasuh Kepala dengan Air Hangat

Agar hasil lebih maksimal, kamu bisa mencoba untuk membuka pori-pori kulit kepala dengan membasuh rambut menggunakan air hangat. Hal tersebut cukup efektif untuk menghilangkan kotoran dan debu yang menempel di rambut, karena aktifitas luar ruangan.

Sponsors Link

  • Usapkan sampo dari ujung rambut ke akar rambut

Mulai aplikasikan beberapa contoh sampo tadi ke telapak tangan, sebelum diratakan ke seluruh bagian rambut. Biasakan untuk memulai keramas dari ujung rambut ke bagian akar rambut. Hal ini ternyata dapat menghindari penumpukan sampo yang menjadi penyebab utama ketombe di rambut yang sudah di smoothing.

  • Gunakan kondisioner

Setelah menggunakan sampo dan berkeramas, gunakan conditioner di bagian ujung rambut untuk menjaga kelembutan serta menghindari ujung rambut yang bisa menjadi kering, bercabang dan mudah rapuh.

  • Tutup Pori-Pori Rambut dengan Air Dingin

Sejak langkah awal keramas, kita menggunakan air hangat, namun bilas juga rambut dengan air dingin untuk menutup pori-pori kulit kepala , agar rambut tetap lembab.

  • Keringkan Rambut dengan Handuk

Saatnya mengeringkan rambut dengan menggunakan handuk. Mulailah mengeringkanya dari akar rambut hingga ke ujung rambut. Hindari untuk menggosok rambut secara kasar agar rambut cepat kering. Sebaiknya, tepuk perlahan bagian rambut dengan handuk.

  • Gunakan Vitamin Rambut

Penting untuk memberikan vitamin pada rambut yang sudah di smoothing agar penampilan tetap maksimal. Menggunakan vitamin rambut juga mencegah rambut dari kekeringan.

Berkeramas merupakan cara untuk merawat serta membersihkan rambut, agar rambut bebas dari kotora dan debu yang menempel, serta mendapatkan kilau yang sehat. Karena berkeramas sangat mudah, kamu yang baru saja smoothing rambut, bisa melihat cara keramas setelah smoothing yang benar agar rambut tetap sehat dan lurus alami.

, , ,




Oleh :
Kategori : Perawatan Rambut