Sponsors Link

9 Cara Hair Mask Sendiri yang Wajib Dicoba di Rumah

Memiliki rambut yang sehat, indah, dan sempurna merupakan impian bagi setiap orang. Untuk itu, rambut perlu dirawat dengan baik agar terjaga kesehatannya. Rambut yang sehat dan indah dapat mendukung penampilan seseorang dan memberikan kepercayaan diri yang lebih. Oleh karena itu, tak heran jika banyak orang mengeluarkan biaya yang tak sedikit untuk sekedar melakukan perawatan rambut ke salon demi mendapatkan hasil yang maksimal.

ads

Seperti yang kita tahu, merawat rambut hanya dengan mencuci rambut atau keramas nampaknya masih belum efektif membuat rambut sehat dan indah. Hal ini dikarenakan mencuci rambut dengan shampo hanya akan membersihkan rambut dari kotoran dan minyak sehari-hari, namun tidak dapat menyediakan nutrisi dan vitamin secara maksimal untuk menjaga kesehatannya. Untuk menyediakan nutrisi dan vitamin tambahan untuk rambut biasanya dilakukan dengan cara masker rambut atau hair mask. Kombinasi antara hair mask dan cuci rambut akan lebih efektif dalam menjaga kesehatan rambut.

Saat ini telah banyak produk hair mask yang dijual di pasaran. Jadi tidak harus repot-repot lagi pergi ke salon untuk melakukan hair mask. Namun melakukan hair mask sendiri di rumah perlu dilakukan dengan benar agar hasilnya sama baik dengan hair mask di salon. Lalu bagaimana cara hair mask sendiri yang benar agar hasilnya memuaskan?

1. Pilih Jenis Hair Mask yang Tepat

Memilih hair mask yang tepat merupakan langkah awal yang sangat penting. Hair mask diproduksi dalam beberapa varian tergantung jenis rambut dan manfaat yang diinginkan. Pilihlah yang sesuai dengan kondisi rambut Anda. Baca informasi produk dan jenis rambut yang disarankan pada kemasan hair mask sebelum membeli.

2. Baca Petunjuk Pemakaian

Setelah membeli hair mask yang sesuai, bacalah petunjuk penggunaannya dengan seksama. Terdapat banyak variasi mengenai durasi, frekuensi, dan cara penyimpanan hair mask yang berbeda-beda antara satu produk dengan produk lainnya. Pahami langkah-langkah penggunaan produk hair mask. Seringkali kejadian munculnya dampak buruk yang tidak diharapkan dari pemakaian hair mask merupakan akibat dari kesalahan penggunaan yang tidak mengikuti instruksi yang telah dicantumkan.

3. Bersihkan dan Keringkan Rambut

Keramaslah seperti biasa sebelum menggunakan hair mask. Setelah rambut bersih, keringkan menggunakan handuk dengan menepuk-nepuk. Hindari menggosok-gosok rambut dengan handuk karena dapat menjadi penyebab rambut kusut dan rontok. Jangan gunakan hair dryer untuk mengeringkan rambut. Pada kondisi tertentu, dapat muncul bahaya akibat penggunaan pengering rambut. Selain itu, rambut juga tidak boleh terlalu kering, namun harus sedikit basah dan lembab saat akan menggunakan hair mask.

4. Bagi Rambut Menjadi Beberapa Bagian

Jika rambut Anda panjang, rambut dapat dibagi menjadi beberapa bagian. Misalnya dibagi menjadi bagian atas, sisi kiri, sisi kanan, dan bawah. Jika rambut sangat panjang dan lebat, dapat dibagi lagi menjadi 8 bagian atau lebih. Setelah dibagi kemudian rambut dapat dijepit atau diikat. Hal ini dapat mempermudah saat mengaplikasikan hair mask.

5. Aplikasikan Hair Mask

Ambil sedikit hair mask menggunakan tangan atau kuas khusus, kemudian usapkan pada salah satu bagian rambut. Mulailah dari bagian akar rambut di kulit kepala, pijat lembut, kemudian usapkan lagi  ke arah ujung rambut. Setelah satu bagian selesai, lakukan lagi pada bagian lainnya.

Sponsors Link

6. Sisir Rambut

Setelah hair mask teraplikasikan pada seluruh rambut, sisir rambut menggunakan sisir bergigi jarang, yang jarak antar giginya cukup jauh. Penggunaan sisir ini bertujuan agar hair mask tersebar merata pada seluruh bagian rambut dari akar sampai ujung. Hindari penggunaan sisir yang rapat.

7. Diamkan Selama Beberapa Menit

Setelah hair mask tersebar merata pada rambut, biarkan hair mask selama beberapa menit agar nutrisi terserap dengan baik oleh rambut. Lamanya proses ini sangat bervariasi pada setiap hair mask. Biasanya sekitar 15-20 menit. Jika diperlukan, Anda juga dapat memaksimalkan efek hair mask dengan cara menutup rambut dengan handuk atau shower cap selama proses penyerapan hair mask.

Penggunaan penutup rambut ini berperan dalam memaksimalkan penyerapan hair mask oleh rambut. Selain itu, jika rambut benar-benar kering, Anda dapat mencoba mendiamkan hair mask semalaman. Anda dapat menutup rambut dengan handuk atau shower cap kemudian dibiarkan semalam dan dibilas pada pagi hari untuk membuat rambut lebih terhidrasi.

Sponsors Link

8. Bilas dan Lakukan Conditioning

Setelah hair mask menyerap, lakukan pembilasan sampai bersih. Kemudian pakai conditioner untuk menjaga kelembaban rambut Anda. Setelah itu, bilas lagi conditioner sampai bersih. Pada proses ini Anda juga perlu memperhatikan conditioner yang dipakai. Anda harus memilih conditioner sesuai dengan jenis rambut. Penggunaan conditioner untuk rambut kering tentu tidak baik jika rambut Anda berminyak atau normal.

9. Lakukan Hair Masking secara Rutin Seminggu Sekali

Hair masking tidak hanya dilakukan ketika telah muncul ciri-ciri rambut rusak parah atau ciri rambut rontok dan kering berlebihan. Banyak hal yang dapat mengakibatkan dampak negatif pada rambut setiap harinya, seperti stress, diet, cuaca, berpergian dengan pesawat, penggunaan AC, obat-obatan, dan perubahan hormonal juga dapat mengurangi nutrien dan kelelembaban rambut. Penggunaan hair mask seminggu sekali merupakan pilihan yang tepat untuk melindungi rambut dari berbagai faktor tersebut.

Langkah-langkah tersebut dapat Anda terapkan ketika melakukan hair masking sendiri di rumah. Usahakan untuk selalu meluangkan waktu Anda per minggunya untuk melakukan hair masking agar rambut terlindungi dan terjaga kesehatannnya. Tentunya, Anda juga harus memperhatikan cara memakai hair mask sendiri dengan benar agar hasilnya pun lebih optimal.

, , ,
Oleh :
Kategori : Perawatan Rambut