Sponsors Link

Inilah 3 Cara Botakin Rambut Sendiri Di Rumah

Pada dasarnya, setiap orang memiliki keinginan agar rambutnya tampil menawan dan juga terawat dengan bersih. Hal tersebut bisa terjadi pada pria maupun wanita. Hal tersebut bisa terjadi karena bagi sebagian orang keindahan serta perawatan rambut yang baik dapat memberikan peningkatan pada harga diri seseorang. Meskipun seperti itu, sebagian orang lain juga ada yang tidak terlalu memerhatikan penampilan rambutnya di depan umum.

ads

Hal ini biasa terjadi pada kaum pria. Sebagian pria ada juga yang lebih memilih membotakkan rambutnya sampai tidak ada yang tersisa. Bagi, mereka, membotakkan rambut bisa menjadi salah satu stylenya sendiri. Hal ini juga terlihat pada beberapa selebritas yang memilih kepala botak sebagai salah satu ciri khasnya seperti Vin Diesel contohnya. Nah, ternyata untuk dapat mencukur habis rambut, kita tidak harus melakukannya di salon. Kita sendiri juga bisa mencukur rambut sendiri hanya dengan mempersiapkan beberapa alat pendukungnya saja. jika Anda ingin mengetahui bagaimana caranya, berikut ulasannya.

Persiapkan Bahan dan Alat

Tentunya Anda harus mempersiapkan bahan-bahan serta alat yang digunakan untuk mendukung agar kamu dapat menghasilkan rambut botak. Untuk dari sisi alat, Anda harus mempersiapkan beberapa alat sebagai berikut:

  • Alat Cukur Elektrik

Ya, alat cukur elektrik perlu Anda persiapkan agar rambut cepat dicukur habis dengan rapi. Alat cukur sendiri memiliki variasi harga yang berbeda-beda. Ada yang murah hingga ada yang mahal. Ketika Anda memiliki alat cukur elektrik, pastikan Anda juga sudah paham cara menggunakan alat cukur rambut listrik. Untuk memotong rambut pria, biasanya alat cukur elektrik yang lebih sering digunakan adalah Clipper Rambut listrik. Anda juga perlu mengetahui cara menggunakan Clipper Rambut Listrik agar hasil yang didapatkan bisa lebih maksimal.

  • Pisau Cukur Konvensional

Alat cukur elektrik saja tidak cukup untuk membuat kulit kepala licin. Perlu alat tambahan lainnya yakni pisau cukur konvensional. Pisau cukur konvensional ini lebih berfungsi untuk mencukur rambut-rambut halus setelah rambut dipotong menggunakan alat cukur elektrik. Dengan menggunakan pisau cukur konvensional ini, kulit kepala dapat licin dan sangat mirip ketika kita mencukur kumis atau jenggot.

  • Alat Cukur Kumis dan Jenggot

Apabila pisau cukur konvensional terlalu mahal untuk Anda, maka Anda bisa menggantinya dengan alat cukur kumis dan jenggot. Fungsinya sama dengan pin kedua yakni untuk melicinkan kulit kepala Anda hingga menjadi botak plontos. Usahakan gunakan pisau yang masih baru agar sisa-sisa rambut yang ada di kepala dapat dicukur dengan mudah.

  • Foam

Pastinya Anda sering melihat krim putih yang selalu dipakai untuk mencukur jenggot atau kumis yang sering diperlihatkan pada iklan. Nah, krim putih tersebut adalah foam. Foam sendiri merupakan sebuah krim khusus untuk mencukur rambut yang ada di dalam tubuh. Biasanya digunakan saat mencukur kumis dan jenggot. Fungsi foam sendiri adalah untuk memperkecil terjadinya iritasi pada kulit akibat melakukan cukur rambut. seperti yang kita ketahui bahwa saat pisau mencukur jenggot atau kumis, pisau cukurnya dapat melukai kulit kepala jika tidak dilakukan secara hati-hati.

Proses Cukur Rambut

Pada tahap ini adalah kita mulai melakukan cukur rambut. untuk tahap-tahap melakukannya, berikut ulasannya.

  1. Pertama-tama lakukan keramas terlebih dahulu agar rambut dan kulit kepala dapat bersih dari berbagai macam kotoran.
  2. Setelah itu, lakukan pengeringan rambut hingga benar-benar kering. Bisa dilakukan dengan melakukan penjemuran di bawah sinar matahari.
  3. Jika sudah, siapkanlah alat cukur elektriknya. Lalu cukurlah rambut sambil menggunakan alat pendukung seperti sisir dan cermin.
  4. Cukurlah rambut hingga kulit kepala. Dan pastikan juga Anda dapat menjangkaunya dengan melihat pada cermin.
  5. Jika sudah, bersihkanlah kulit kepala Anda menggunakan handuk.
  6. Untuk pembersihan yang lebih pasti, Anda juga bisa membilas rambut Anda agar sisa-sisa bekas cukur rambut dapat dibersihkan.
  7. Selesai, tinggal dikeringkan saja untuk melakukan tahap melicinkan kulit kepala.

Proses Melicinkan Kulit kepala

Setelah kulit kepala kering, maka proses terakhir adalah dengan menggunakan foam dan pisau cukur atau alat cukur kumis dan jenggot. Untuk cara melakukannya, berikut tahapannya.

  1. Oleskanlah foam pada seluruh kulit kepala Anda dari depan hingga pada bagian belakang.
  2. Usahakan pada bagian ini pisau cukur maupun alat cukur kumis memiliki mata pisau yang masih tajam. Apabila sudah agak tumpul segera ganti dengan mata pisau yang baru.
  3. Selanjutnya adalah lakukan pencukuran dengan lembut serta halus. Pada bagian ini, Anda perlu menggunakan pola yang teratur dan mengikuti struktur kepala Anda. Pertama bisa pada bagian atas terlebih dahulu.
  4. Jika sudah melakukan pelicinan pada bagian atas, selanjutnya adalah pada bagian samping dekat dengan telinga. Lakukanlah secara hati-hati agar tidak melukai bagian kulit kepala.
  5. Apabila ingin melakukan cukur ulang, cuci dulu pisaunya dan oleskan kembali foam pada bagian kulit kepala yang ingin di cukur.
  6. Jika sudah melakukan pelicinan rambut, bersihkan kembali kulit kepala Anda menggunakan air dan keringkan dengan handuk.
  7. Langkah terakhir adalah dengan menggunakan pelembab pada kulit kepala agar kulit kepala dapa terjaga dengan baik.
  8. Selesai, kulit kepala Anda sudah nampak licin dengan mulus.

Itulah 3 cara botakin rambut sendiri di rumah. Keuntungan memiliki rambut botak merupakan kesenangan tersendiri. Meskipun begitu, bukan berarti dengan rambut botak terhindar dari berbagai masalah rambut. Meskipun manfaat membotakan rambut cukup banyak, akan tetapi jika perawatan rambutnya buruk, maka tetap saja masalah rambut akan datang. Contohnya saja seperti masalah kulit kepala gatal dan bentol-bentol. Semoga artikel ini dapat menjadi salah satu referensi untuk Anda.

, , ,