Sponsors Link

23 Cara Agar Rambut Tidak Mengembang Setelah Keramas – Cepat dan Mudah di Atur

Memiliki cara agar rambut tidak mengembang yang sehat dan terawat tentu menjadi idaman semua orang. Inilah salah satu alasan mengapa hampir semua orang akan mengupayakan berbagai perawatan terbaik bagi rambut mereka. Untuk bisa terlihat sehat dan indah, rambut membutuhkan perawatan yang paling maksimal dan tepat, sehingga semua kebutuhan nutrisi rambut dapat dipenuhi dengan baik. Sangat penting untuk melakukan dan memberikan parawatan yang tepat pada rambut, agar setiap helai rambut bisa tumbuh dengan baik dan kuat. Rambut yang ternutrisi dengan baik dan tepat, akan tumbuh dengan baik dan sehat. Jika hal ini dicermati dengan baik sejak awal, maka berbagai masalah rambut tentu bisa dihindarkan, bukan?

ads

Namun pada kenyataannya, merawat rambut tidaklah selalu semudah itu, sebab ada banyak sekali masalah yang kerap terjadi pada rambut, baik itu masalah yang ringan atau masalah yang cukup kompleks sekalipun. Semua hal ini tentu akan mengurangi keindahan rambut itu sendiri, bahkan bisa saja membuat kerusakan pada rambut. Di antara sejumlah masalah yang kerap terjadi pada rambut, rambut kering dan mengembang adalah salah satu yang paling sering dialami oleh banyak orang, terutama oleh kaum wanita. Kondisi rambut kering dan mengembang ini akan terlihat tidak indah, bahkan cenderung selalu berantakan. Bukan hanya saat-saat tertentu saja, dalam kondisi parah, rambut kering dan mengembang juga bisa saja membuat seluruh penampilan menjadi berantakan. Hal ini tentu akan sangat mengganggu, terutama bagi mereka yang harus selalu tampil maksimal dan sempurna dalam berbagai kesempatan.

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan rambut kering dan mengembang, berikut ini adalah beberapa di antaranya:

  • Rambut terlalu sering terpapar sinar matahari langsung tanpa adanya perlindungan yang baik, sehingga rambut rusak dan kering.
  • Pemilihan dan penggunaan produk perawatan rambut yang kurang tepat dan sesuai dengan kebutuhan rambut.
  • Tingginya polusi yang terjadi, sehingga rambut menjadi kotor dan banyak mengalami berbagai kerusakan.
  • Penggunaan berbagai alat yang panas pada rambut, seperti: alat pencatok, pengeriting, dan yang lainnya.
  • Pengaruh faktor keturunan dari orangtua.
  • Terlalu sering menggunakan alat pengering rambut (hair dryer) dalam suhu yang terlalu panas, sehingga rambut menjadi kering.
  • Terlalu sering mencuci rambut dengan menggunakan air panas.
  • Rambut terlalu banyak menggunakan bahan-bahan kimia yang keras, seperti cat rambut, hair spray dan yang lainnya, yang bisa merusak kelembaban alami rambut. (baca juga: Model Rambut Anak Perempuan)

Atasi dengan langkah tepat

Pada dasarnya, rambut mengembang dan kering bisa saja diatasi dengan berbagai cara yang mudah, terutama jika penyebab rambut mengembang dan kering tersebut telah diketahui dengan baik sejak awal. Sangat penting untuk memahami penyebab ini dengan baik, sehingga langkah-langkah penanganan yang diambil bisa tepat pada sasaran dan masalah rambut terselesaikan dengan baik. Berikut ini adalah beberapa cara alami yang bisa dilakukan agar rambut tidak mengembang dan kering:

1. Lakukan Keramas Rutin Dengan Teratur

Sangat penting untuk selalu melakukan perawatan rutin rambut dengan teratur, sehingga rabut tetap sehat dan terawat dengan baik. Cucilah rambut dengan teratur dan keringkan juga dengan cara yang benar, agar rambut tidak mengembang dan kering akibat kondisinya yang kotor. Rambut yang bersih dan terawat dengan baik, akan lebih mudah diatur dan tidak kering serta mengembang. (baca juga: Model Rambut Anak Laki-Laki)

2. Gunakan Shampo Yang Tepat

Hindari untuk selalu menggunakan shampo dengan sembarangan, sebab hal ini juga bisa membuat rambut menjadi mengembang dan kering. Upayakan untuk menggunakan shampo yang tepat sejak awal, agar kondisi rambut senantiasa terawat dan bersih. Hindari untuk bergonta-ganti shampo, sebab ini bisa saja memicu kerusakan rambut dan membuat rambut menjadi kering dan mengembang. Pilih shampo yang lembut, agar rambut terasa lebih lembab dan tidak mengembang.

3. Gunakan Kondisioner

Bukan hanya shampo saja, penggunaan kondisioner juga bisa membantu mengatasi masalah cara agar rambut tidak mengembang. Pilihlah kondisioner yang sesuai dan tepat bagi rambut, sehingga bisa memberikan efek yang maksimal bagi rambut. Kondisioner akan membuat rambut lebih lembut, lembab dan terasa nyaman, sehingga tidak membuat rambut kering dan mengembang. Gunakan kondisioner secara teratur setiap kali habis keramas, agar rambut lebih sehat dan bisa lembab sepanjang hari. (baca juga: Model Rambut Anak)

4. Gunakan Vitamin Rambut

Vitamin rambut juga bisa membantu untuk mengatasi masalah rambut kering dan mengembang, sehingga rambut lebih mudah diatur dan tidak berantakan. Penggunaan vitamin pada rambut akan membantu rambut lebih sehat, kuat dan terasa lembab. Kondisi rambut seperti ini akan jauh dari berbagai masalah kerusakan, termasuk masalah rambut kering dan mengembang. (baca juga: Cara Meluruskan Rambut Keriting)

5. Batasi Penggunaan Hair Dryer

Sponsors Link

Panas yang dihasilkan oleh hair dryer bisa membuat rambut menjadi kering dan mengembang, terutama jika penggunaan hair dryer dilakukan terlalu sering. Mengeringkan rambut secara alami akan jauh lebih baik, jika dibandingkan dengan proses pengeringan rambut menggunakan hair dryer, sebab rambut akan “dipaksa” kering seketika dengan bantuan alat yang satu ini.

6. Kurangi Penggunaan Hair Spray

Berbabagai bahan kimia yang keras, dapat merusak rambut serta membuatnya kering dan kehilangan kelembaban alaminya. Hal ini akan sangat merepotkan, sebab rambut akan mengembang dan sulit diatur, bahkan meski telah disisir dengan cara yang tepat. Hair spray merupakan salah satu jenis produk yang mengandung alkohol tinggi yang dapat menimbulkan kekeringan pada rambut. Hindari penggunaan produk ini, sebab hal tersebut akan membantu untuk mengurangi rambut mengembang dan kering yang terlihat tidak indah. (baca juga: Cara Menghitamkan Rambut)

7. Creambath Rambut Secara Teratur

Di antara berbagai perawatan rambut, creambath adalah salah satu jenis perawatan yang paling ampuh untuk mengatasi cara agar rambut tidak mengembang. Pilih dan gunakan creambath yang sesuai dengan jenis rambut, sehingga produk ini bisa bekerja dengan maksimal pada rambut. Sebisa mungkin, pilihlah produk yang mengandung bahan-bahan alami, agar hasil yang didapatkan juga bisa maksimal.

Baca juga:

8. Keringkan Rambut Dengan Cara Yang Benar

Bukan hanya ketika keramas saja, namun saat mengeringkan rambut juga akan dibutuhkan teknik yang benar, agar rambut tidak rusak dan kering. Keringkan rambut dengan cara yang alami, yakni dengan mengeringkannya dengan menggunakan handuk terlebih dahulu, lalu mengangin-anginkannya hingga kering. Hindari untuk menggosok rambut dengan keras saat menggunakan handuk, sebab hal ini bisa saja membuat rambut kehilangan kelembaban alaminya dan menjadi kering. (baca juga: Cara Menghilangkan Rambut Bercabang)

9. Gunakan Aksesoris Rambut Yang Tepat

Penggunaan berbagai macam aksesoris pada rambut juga bisa saja membuat rambut menjadi kering dan rusak, terutama jika berbagai aksesoris ini terbilang cukup berat dan terlalu sering digunakan. Pakailah aksesoris rambut yang sewajarnya dan hindari berbagai aksesoris yang berat, membebani rambut, dan bahkan yang mengandung berbagai bahan logam.

10. Sisir Rambut Secara Teratur

Agar rambut tidak kering dan mengembang, sisirlah rambut dengan baik setiap harinya. Lakukan ini secara teratur, agar rambut tidak sulit diatur. Sisirlah rambut di saat masih setengah kering setelah keramas, sehingga rambut kering dalam kondisi telah tersisir dengan baik. Hal ini akan mencegah rambut mengembang dan kering, serta susah untuk diatur. (baca juga: Cara Memotong Rambut Sendiri)

11. Potong Rambut Secara Berkala

ads

Agar rambut tidak kering dan rusak akibat telah terlalu panjang, potonglah rambut secara berkala. Hal ini akan mencegah rambut kering dan mengembang. Lakukan hal ini secara rutin, setidaknya sekali dalam dua bulan, agar rambut tetap sehat dan tidak mengembang. Ini juga akan membuat rambut senantiasa rapi dan mudah diatur.

12. Gunakan Produk Hair Tonik Yang Tepat

Masalah rambut kering dan mengembang juga bisa terjadi akibat rusaknya rambut karena kurang nutrisi dari bagian akarnya. Hal seperti ini biasanya banyak terjadi pada rambut yang panjang. Gunakanlah hair tonic yang tepat, agar rambut ternutrisi dengan baik. Hal ini akan membuat rambut lebih sehat serta tidak mudah kering dan mengembang.

13. Masker Rambut Dengan Teratur

Ada banyak cara lainnya yang bisa dilakukan untuk menutrisi rambut agar tidak kering dan mengembang, salah satunya dengan menggunakan masker rambut. Pilihlah jenis masker yang sesuai dengan jenis rambut, sehingga produk ini bisa bekerja dengan baik dan memberi manfaat yang maksimal. Masker akan membuat rambut lebih sehat dan mudah diatur, sehingga rambut tidak kering dan mengembang.

Baca juga:

14. Sisir Rambut Sebelum Tidur

Jangan biarkan rambut kusut saat akan tidur, sebab hal ini akan membuat rambut susah diatur saat bangun pagi keesokan harinya. Sisirlah rambut dengan baik di malam hari, lakukan dari pangkal hingga ujung rambut dengan teratur. Gunakan juga sisir yang tepat, sehingga tidak membuat rambut rontok. Hal ini akan membuat rambut lebih mudah diatur dan tidak mengembang di pagi harinya.

15. Gunakan Madu dan Lemon

Sejak lama madu dikenal sebagai sumber nutrisi yang baik bagi tubuh, sebab cairan yang satu ini memiliki kandungan gizi yang sangat bermanfaat. Lemon juga bisa membuat rambut menjadi lebih sehat, dan tiak mengembang. Campurkan 2 sendok makan perasan lemon dengan 3 sendok makan madu murni, aduk hingga rata di dalam sebuah mangkuk. Oleskan cairan ini pada rambut dengan merata, mulai dari pangkal hingga ujung rambut. Diamkan 15 menit agar meresap, lalu keramaslah seperti biasanya. (baca juga: Cara Melebatkan Rambut Bayi)

16. Lembabkan Dengan Lidah Buaya

Lidah buaya juga memiliki banyak nutrisi alami yang sangat baik bagi rambut, terutama jika digunakan secara teratur. Ambil sepotong lidah buaya dan bersihkan getahnya, lalu belah di tengah agar bagian gelnya terlihat. Oleskan gel lidah buaya ke rambut, merata dari bagian pangkal rambut hingga ujungnya. Pijat juga bagian kulit kepala dan biarkan gel meresap dengan baik pada rambut (sekitar 15 menit). Bilas rambut hingga bersih dengan menggunakan shampo. Rambut akan menjadi lembab dan tidak mengembang.

17. Hindari Produk Yang Mengandung Alkohol

Alkohol bisa membuat rambut menjadi kering dan mengembang. Untuk itu, selalu hindari penggunaan berbagai produk perawatan rambut yang mengandung alkohol, sebab ini bisa memicu rambut kering dan mengembang. Ada banyak produk perawatan rambut yang mengandung alkohol, seperti tonik dan yang lainnya. Pilihlah produk yang lembut saja, dan hindari berbagai produk yang mengandung alkohol.

18. Pakai Hair Tonic Yang Tepat

Meski penggunaan hair tonic dapat membantu untuk menyehatkan rambut, namun bukan berarti kita bisa menggunakan hair tonic dengan sembarangan. Penting untuk memilih jenis hair tonic yang sesuai dengan kebutuhan rambut, agar rambut tidak kering dan mengembang. Gunakan juga hair tonic yang mengandung bahan-bahan alami dan tidak mengandung alkohol yang bisa membuat bagian luar rambut menjadi kering dan mengembang. (baca juga: Cara Menghilangkan Ketombe Dengan Garam)

19. Gunakan Minyak Kemiri

Minyak kemiri salah satu bahan alami yang banyak digunakan pada rambut, sebab produk ini memiliki sejumlah nutrisi yang baik dan bisa menyuburkan rambut dengan sehat. Pilih minyak kemiri yang asli dan tidak memiliki campuran apapun, termasuk pewangi. Gunakan minyak kemiri ini sebagai cem-ceman pada rambut, yakni dengan mengoleskannya secara merata pada semua bagian rambut sesaat sebelum keramas. Hindari bagian kulit kepala, sebab minyak ini bisa memicu ketombe. Diamkan hingga 15 menit, lalu bilas dengan menggunakan shampo yang tepat. Rambut akan lembab dan tidak mengembang setelah kering.

20. Konsumsi Kacang-Kacangan dan Telur

Sponsors Link

Kandungan vitamin B sangat baik untuk menyehatkan rambut dan membuatnya senantiasa berkilau. Vitamin ini bisa didapatkan secara alami melalui konsumsi berbagai jenis kacang-kacangan, seperti: mede, almon, kedelai, dan jenis kacang lainnya. Konsumsilah lebih banyak kacang-kacangan, agar rambut senantiasa lembab dan tidak mengembang. Bukan hanya rambut, kacang-kacangan ini juga akan membuat kuku menjadi sehat dan tidak rapuh.

21. Pakai Masker Alpukat

Minyak alami yang terdapat di dalam buah alpukat juga sangat baik dan bisa menutrisi rambut dengan maksimal. Gunakan alpukat sebagai masker, yang bisa mengembalikan kelembaban alami rambut. Ambil satu buah alpukat, haluskan dalam sebuah mangkuk kecil. Tambahkan 2 sendok makan madu murni, lalu terapkan secara merata pada rambut sebagai masker alami. Biarkan hingga meresap (sekitar 20 menit) dengan cara dibungkus menggunakan handuk hangat. Bilas dan cuci rambut dengan menggunakan shampo yang tepat. Masker ini akan mengembalikan kelembaban rambut dan mencegahnya mengembang.

22. Gunakan Minyak Zaitun

Agar rambut tidak kering dan mengembang, gunakan minyak zaitun sebagai perawatan rutin rambut. Ambil tiga sendok minyak zaitun murni, lalu oleskan pada semua bagian rambut secara merata, sesaat sebelum keramas. Biarkan hingga meresap (sekitar 20 menit), agar rambut ternutrisi dengan baik. Bilas rambut dengan menggunakan shampo setelahnya, agar rambut tidak kering dan mengembang.

23. Pakai Masker Telur dan Madu

Telur memiliki kandungan protein alami yang sangat baik bagi rambut, terutama jika ditambahkan dengan madu murni. Ambil sebutir telur dan campurkan dengan 2 sendok makan madu murni, aduk merata dalam sebuah mangkuk. Terapkan pada rambut sesaat sebelum keramas dan jadikan sebagai masker, agar rambut ternutrisi dengan baik. Bungkus rambut dengan menggunakan handuk hangat dan biarkan hingga 15 menit, agar masker meresap dengan baik pada rambut. Bilas rambut dengan menggunakan shampo, agar semua sisa telur bisa bersih dengan sempurna. Telur dan madu bisa memberi banyak nutrisi yang baik bagi rambut, sehingga rambut menjadi lembab dan tidak mengembang.

Rambut kering menjadi masalah yang kerap mengganggu, sebab hal ini bisa memicu rambut menjadi mengembang dan sulit untuk diatur. Bukan hanya sulit diatur saja, hal ini juga bisa membuat rambut rusak dan kehilangan kelembaban alaminya. Lakukan perawatan yang baik secara teratur, sehingga rambut menjadi lebih sehat dan tidak lagi bermasalah.

 

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Saturday 24th, June 2017 / 15:41 Oleh :
Kategori : Perawatan Rambut