Sponsors Link

5 Bahaya Rambut Basah Saat Berhijab Perlu Dihindari Sekarang!

Bagi perempuan, rambut adalah hal utama yang perlu dijaga. Terutama perempuan berhijab yang perlu menjaga penyebab rambut keriting tetap sehat meski tertutup. Karena terkadang, rambut dalam kondisi tertutup sering mengalami masalah seperti kering, kusam dan penyebab rambut bercabang setelah smoothing. Bahkan pada kegiatan sehari-hari, rambut harus ditutup walau dalam keadaan basah karena waktu yang mepet. Hal ini perlu diperhatikan karena rambut basah sangat berbahaya ketika ditutup terlebih diikat atau disisir. Terlebih pada wanita berhijab. Lalu, seberapa bahaya rambut basah saat berhijab? Berikut ini penjelasannya.

ads
  •  Mengalami kerontokan

Pada rambut rontok setelah kemoterapi basah yang segera ditutup tanpa diberi waktu untuk ‘bernapas’ akan memudahkan rambut Anda mengalami kerontokan. Hal ini dikarenakan kondisi rambut yang tidak mendapatkan udara dan cahaya untuk kering. Selain rontok, rambut Anda juga akan mudah patah ketika disisir dan atau tidak disisir.

  • Beruban

Ternyata, bahaya rambut basah saat berhijab juga dapat memicu munculnya uban. Bukan karena faktor usia, rambut beruban juga dapat muncul karena hal ini. Rambut beruban terjadi karena rambut yang basah kurang pigmentasi – dan seperti yang telah dijelaskan bahwa rambut butuh space untuk ‘bernapas’ agar dapat kering dan berpigmen kembali.

  • Jamur dan Bakteri

Bahaya rambut basah saat berhijab selanjutnya ialah Anda akan mengalami yang namanya jamur dan bakteri pada rambut dan kulit kepala. Ketika kulit kepala sering atau berada dalam kondisi basah pada waktu yang lama – akan memicu tumbuhnya jamur dan bakteri. Gejala ini dapat dilihat ketika kepala Anda sering merasa gatal atau timbul rasa tidak nyaman. Kondisi ini pun yang dapat memancing tumbuh dan berkembangnya kutu rambut.

  • Masalah ketombe

Saat rambut ditumbuhi jamur dan bakteri, kulit kepala gatal dan bentol Anda pun akan dnegan mudah mengalami ketombe. Karena kulit kepala yang tidak dapat bernapas dengan cukup sehingga mudah pecah dan rusak.

  • Iritasi dan Jerawat

Bahaya rambut basah saat berhijab lainnya ialah rambut serta kulit kepala akan teriritasi. Karena kondisi kulit kepala yang lembab, akan mudah terjadinya iritasi. Biasanya gejala ini timbul setelah kemunculan ketombe dan kulit kepala akan berwarna kemerahan – karena kondisi yang tidak nyaman dan gatal. Selain itu, bukan saja berdampak pada kepala – wajah Anda juga akan mudah mengalami jerawat.

Selain dari kondisi diatas, dengan membiarkan semir rambut langsung keramas basah saat berhijab – akan berpengaruh pada kondisi kesehatan Anda seperti mengalami demam, masuk angin hingga sakit kepala. Hal tersebut dapat terjadi karena kepala Anda akan mempengaruhi saraf-saraf lain, dan juga saat kondisi kepala yang lembab – seluruh tubuh juga akan sulit mendapatkan udara yang menyebabkan Anda mudah sakit.

Untuk itu, perlu agar Anda mengeringkan rambut sebelum menggunakan hijab. Terlebih ketika akan berangkat kerja atau aktivitas lainnya dengan waktu yang mepet. Sebaiknya, ketika hendak mencuci rambut – lakukan beberapa jam sebelumnya. Anda dapat menggunakan vitamin rambut untuk menjaga rambut Anda tetap sehat bahkan dalam kondisi tertutup. Walaupun begitu, hal ini juga berlaku bagi seluruh wanita berhijab maupun non berhijab untuk selalu memperhatikan kesehatan rambutnya dan mencegah akan bahaya rambut basah saat berhijab. Semoga artikel ini dapat membantu Anda.

, , ,




Oleh :
Kategori : Kesehatan Rambut