Sponsors Link

7 Bahaya Pengering Rambut Bagi Kesehatan Rambut

Setelah keramas atau setelah olahraga berenang hal yang sering dilakukan terlebih oleh wanita adalah mengeringkan rambut. Untuk sebagian orang pula cara mengeringkan rambut dengan menggunakan alat pengering rambut merupakan hal yang biasa dan sering diabaikan cara penggunaan terlebih bahaya dampaknya penggunaannya. Sesungguhnya hal ini jangan dianggap sepele karena menggunakan pengering rambut dapat membahayakan rambut dan menghindari kulit kepala berminyak dan rambut rontok.

ads

Pada kenyataannya banyak orang yang memilih untuk menggunakan alat pengering rambut atau alat pemanas rambut lainnya karena memang cara penggunaannya mudah serta menghemat waktu, tidak perlu jauh-jauh dan membuang uang untuk pergi ke salon. Pada artikel ini akan menjelaskan tentang bahaya pengering rambut untuk kesehatan rambut. Ketahuilah cara penggunaannya serta batasi penggunaannya dengan kadar yang sewajarnya agar tidak berakibat merusak rambut. Selain itu penting juga untuk memahami cara mengatasi rambut rontok anda.

Berikut adalah beberapa bahaya yang dapat terjadi karena penggunaan pengering rambut secara berlebihan.

  1. Menyebabkan rambut terlihat kering

Rambut yang sering terkena hawa panas, yaitu rambut yang terkena hawa panas dari pengering rambut akan membuat rambut terlihat kering, kasar dan tidak ada tanda-tanda kesuburan. Dampak dari rambut kering yang dihasilkan dari penggunaan alat pengering rambut juga dapat mempengaruhi warna rambut, atau kata lain dapat memudarkan warna hitam rambut dan rambut akan kehilangan warna cahaya rambut secara alami.Disisi lain cara menghilangkan gatal di kepala menjadi hal penting untuk diketahui.

  1. Menyebabkan rambut rontok

Bahaya dari pengering rambut salah satunya dapat membuat rambut terlihat kering dan membuat pori-pori di permukaan kulit kepala akan terbuka dan apabila kita menggunakan hair dryer secara berlebihan maka hal ini akan berujung pada kerontokan rambut dan hal yang paling dihindari adalah apabila kerontokan rambut secara terus menerus akan membuat kebotakan. Dengan volume rambut yang akan semakin tipis akan membuat akar rambut menjadi rapuh dan akan mudah untuk patah di dalam kondisi kulit kepala yang tidak sehat.

  1. Merusak kutikula rambut

Hawa panas yang dikeluarkan dari alat pengering rambut dapat membuat kutikula rambut rusak. Kutikula rambut merupakan lapisan rambut yang paling luar, yang berfungsi untuk melindungi rambut. Sehingga apabila kutikula rambut mengalami kerusakan, maka rambut akan mudah untuk terserang penyakit rambut lainnya, seperti ketombe dan rambut rontok. Kerusakan kutikula rambut bersifat sementara, dan apabila alat pengering rambut digunakan terus menerus akan mengakibatkan kutikula rambut akan rusak secara permanen.

  1. Menyebabkan rambut menjadi bercabang

Bahaya penggunaan alat pengering rambut yang terakhir adalah rambut akan terlihat bercabang, hal ini akan muncul karena tekstur rambut terkena hawa panas dari alat pemanas.

Setelah mengetahui bahaya dari alat pengering rambut selanjutnya anda harus mengerti kesalahan yang mungkin anda lakukan dalam penggunaannya. Berikut adalah beberapa kesalahan yang mungkin anda lakukan dalam penggunaannya.

  1. Kondisi rambut anda terlalu basah untuk dikeringkan menggunakan alat pemanas
  2. Tidak dapat melindungi rambut dari angin panas
  3. Alat pengering rambut sudah terlalu lama
  4. Tidak dapat membelah rambut dengan baik
  5. Salah dalam mengarahkan alat pemanas
  6. Menggunakan sisir yang memiliki bahan dasar besi
  7. Kesalahan dalam mengatur suhu alat pemanas.

Demikian penjelasan singkat tentang bahaya pengering rambut untuk kesehatan rambut anda. Menghindari masalah rambut yang harus dihindari untuk mengerti cara merawat rambut yang baik dan benar. Hal ini bukan berarti ada larangan untuk menggunakan alat pengering rambut tetapi ada baiknya untuk digunakan seperlunya dan tidak berlebihan sehingga jangan digunakan setiap hari demi menjaga kesehatan rambut. Masih banyak wanita yang kurang sadar akan kebiasaan mengeringkan rambut ini. Masih menganggap sepele dan menggunakan alat panas secara terus menerus akan membuat rambut perlahan-lahan akan semakin rusak. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

, ,




Oleh :
Kategori : Kesehatan Rambut