Sponsors Link

7 Bahaya Minyak Rambut Pomade Untuk Kesehatan Rambut

Merubah gaya rambut dan mengikut tren masa kini menjadi keharusan untuk beberapa orang, salah satunya kaum pria. Bagi sebagian pria keluar rumah tanpa menata rambut dengan menggunakan pomade menjadi sesuatu yang tidak lengkap. Pomade ada yang berbahan dasar air dan juga pomade yang berbahan minyak. Beberapa jenis pomade seperti petrolatum/petroleum yang berbasis pomade. Jenis ini akan lebih tahan lama dan lebih tahan terhadap keringat, tetapi pomade jenis ini agak sulit untuk dibersihkan. Hal ini cocok untk melakukan aktivitas seharian ataupun aktivitas yang dilakukan di outdoor. Ada juga waterbased pomade, jenis ini lebih mudah untuk dibersihkan namun efek yang diberikan dalam menata rambut juga cepat hilang apabila terkena keringat dan menghindari kulit kepala berminyak dan rambut rontok.

ads

Jenis ini lebih cocok untuk aktivitas di indoor. Terdapat juga mixed based pomade, lebih bisa menahan rambut, namun efek yang diberikan kurang shiny dibanding dengan jenis lainnya. Selain itu penting juga untuk memahami cara mengatasi rambut rontok anda. Tetapi yang belum banyak orang ketahui, ternyata minyak rambut seperti pomade memiliki dampak yang berbahaya bagi kesehatan rambut dan akan mengakibatkan masalah rambut. Pada artikel ini akan menjelaskan tentang bahaya minyak rambut pomade pada kesehatan rambut anda.

  1. Mengalami kerusakan kulit seperti ketombe

Menggunakan pomade dengan pemakaian yang melebihi batas normal akan mengakibatkan rambut menjadi rusak dan berpengaruh pada kulit kepala dan akan menimbulkan masalah rambut seperti berketombe. Pomade mengandung minyak berlebih, hal ini juga menyebabkan minyak alami yang ada pada pori-pori kulit kepala. Akibat adanya kerusakan pada pori-pori tersebut maka hal ini akan mengakibatkan minyak menjadi lebih menggumpal dan kulit kepala akan terlihat pecah-pecah. Ketombe bisa muncul dengan pengaruh dampak dari penggunaan pomade. Tindakan yang tepat untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mengusahakannya. Tindakan pertama adalah dengan tidak menggunakan pomade dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu saat mencuci rambut menggunakan shampo dan condisioner yang memang memiliki kandungan anti ketombe. Disisi lain cara menghilangkan gatal di kepala menjadi hal penting untuk diketahui.

  1. Kerontokan rambut

Pada dasarnya penggunaan pomade tidak membuat secara langsung rambut anda menjadi rontok. Menjadi masalah rambut ketika anda memiliki alergi tertentu, kandungan yang ada pada cairan pomade bisa memicu reaksi negatif dengan kulit kepala anda. Hal ini yang menyebabkan rambut anda menjadi rontok. Setiap kulit kepala seseorang memiliki sensitifitas yang berbeda-beda. Sehingga sebelum memakai pomade pastikan untuk kandungan yang ada pada pomade tidak akan merusak rambut anda.

Selain itu, ada terdapat faktor yang menjadi penyebab lainnya yang jarang anda sadari selama anda menggunakan pomade. Seperti misalnya adanya kebiasaan untuk menyisir rambut terus- menerus ketika memakai pomade atau sedang dalam kondisi setelah diwarnai rambutnya. Hal ini juga dapat mengakibatkan rambut anda menjadi rontok. Karena obat-obatan yang ada gunakan terlalu banyak dan terdapat banyak zat kimia yang terkandung di rambut anda. Untuk mengatasi masalah rambut tersebut anda hanya harus melakukan cuci rambut yang rajin setelah menggunaakn pomade.

  1. Mempunyai efek samping menimbulkan jerawat

Untuk pengguna pomade yang berbahan minyak biasanya akan muncul jerawat di sekitar area rambut seperti di daerah dahi, kulit kepala atau bagian kulit lain yang biasa terkena pomade. Jerawat yang biasa muncul karena menggunakan pomade berasal dari gabungan antara blackheads dan whiteheads. Penyebab dari munculnya jerawat karena adanya pomade biasanya disebabkan oleh ketidakcocokan kulit kepala dengan bahan ataupun komposisi dari kandungan yang ada pada pomade yang bersifat kimia.

Untuk mengatasi munculnya jerawat pada pomade maka kurangi atau hentikan penggunaan pomade yang berbahan dasar minyak. Untuk mengatasinya maka disarankan untuk menggunakan pomade yang berbahan dasar air saja.

  1. Keadaan tertentu dapat mengakibatkan mual-mual

Untuk anda yang memiliki rambut yang sensitif maka biasanya untuk mengalami hal ini. Bau yang ada pada pomade dapat memicu sakit kepala, terlebih apabila pomade yang digunakan dapat merupakan produk massal. Hal ini bisa dipastikan memiliki kandungan pewangi sistesis yang termasuk tinggi, sehingga masalah baupomade ini menjadi salah satu penyebab dari rasa mual yang tidak tertahan.

Sponsors Link

Cara alternati yang dapat dilakukan adalah dengan cara beralih dan menggunakan pomade serta bau sintesis dengan menggunakan pomade yang tradisional dan akan lebih aman untuk anda gunakan karena tidak mengandung bahan-bahan kimia yang dapat membahayakan kulit kepala anda. Memang pada kenyataannya bau dari pomade tradisional kurang sedap tetapi pomade tradisional lebih aman untuk digunakan untuk anda yang termasuk tipe sensitif. Menghindari masalah rambut yang harus dihindari untuk mengerti cara merawat rambut yang baik dan benar.

  1. Membuat kepala menjadi pusing
  2. Ketergantungan selalu mengaca
  3. Rambut berminyak

Demikian penjelasan mengenai bahaya dari minyak rambut pomade yang harus anda waspadai dan perhatikan dalam penggunaannya. Bagi anda yang belum mengetahui penggunaan pomade mungkin hal yang biasa dan tidak memberikan efek yang berbahaya, tetapi kenyataannya apabila digunakan setiap hari dapat membahayakan kesehatan rambut. Maka dari itu usahakan untuk selalu mencuci rambut setelah menggunakan pomade rambut agar tidak ada sisa pomade yang ada pada rambut. Point terakhir adalah sesuaikan dalam memilih pomade yang memang sesuai dengan dirimu dan pastikan untuk menggunakan bahan yang alami. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

, ,




Oleh :
Kategori : Kesehatan Rambut