Sponsors Link

5 Bahaya Mengikat Rambut Saat Tidur Wajib Anda Harus Tau

Terkadang kita tidak menyadari bahwa hal-hal kecil yang kita lakukan pada rambut kita dapat membahayakan kesehatan kita. Salah satunya adalah hal bahaya mengikat rambut saat tidur atau juga tentang bahaya mengeringkan rambut dengan kipas angin. Hal-hal kecil seperti ini sering kali kita abaikan padahal sebenarnya memiliki dampak yang sangat buruk bagi kesehatan Anda.

ads

Apakah Anda adalah orang yang suka membiarkan rambut Anda tetap terikat saat tidur? Jika iya mulai sekarang Anda harus mewaspadai tentang bahaya mengikat rambut saat tidur karena dapat menyebabkan masalah yang sangat serius terhadap pertumbuhan rambut Anda. Anda juga harus waspada terhadap bahaya pengering rambut yang Anda gunakan setiap hari.

Nah untuk Anda yang belum tau bahaya mengikat rambut saat tidur Anda dapat membaca artikel ini.

Bahaya Mengikat Rambut Saat Tidur

Perawatan rambut seperti blow, catok, toning, rebonding, atau perwanaan rambut melalui salon bukan lah hal yang asing lagi untuk setiap perempuan. Namun Anda juga harus memperhatikan bahaya toning rambut. Sama halnya dengan beberapa bahaya mengikat rambut saat tidur yang harus Anda ketahui adalah sebagai berikut.

1. Menyebabkan Rambut Rontok

Bahaya mengikat rambut saat tidur yang pertama adalah dapat menyebabkan kerontokan rambut Anda. Hal ini di sebabkan oleh kuatnya ikatan rambut dan dalam jangka waktu yang lama sehingga folikel rambut terganggu kemudian menjadi rusak dan terjadilah kerontokan rambut. Jika Anda sering berganti warna rambut Anda harus tahu bahaya cat rambut yang menempel di kulit kepala.

Kerontokan pada rambut Anda bukanlah masalah yang sepele dan tidak dapat di biarkan karena dapat memicu kebotakan rambut. Jika Anda mengalami kerontokan rambut lebih dari 100 helai per hari Anda wajib untuk melakukan perawatan ke rambut Anda.

2. Rambut Menjadi Kering dan Mudah Patah

Bahaya selanjutnya yang dapat mengancam rambut Anda adalah rambut menjadi kering dan sangat mudah patah. Ini sama halnya dengan bahaya efek kapur sirih untuk rambut Anda. Ketika Anda mengikat rambut Anda dalam waktu yang lama seperti ketika Anda sedang tidur, tanpa Anda sadari Anda sedang merusak folikel rambut Anda sehingga menyebabkan rambut terlihat kering, bercabang dan mudah patah.

3. Menjadikan Kulit Kepala Terasa Gatal

Selain membuat rambut Anda mudah rontok dan terlihat kering serta mudah patah, mengikat rambut dalam posisi sedang tidur dapat membuat kulit kepala Anda terasa gatal. Anda harus tau cara memperbaiki folikel rambut Anda yang sudah rusak akibat aktifitas mengikat rambut yang terlalu lama dan dengan jangka waktu yang sering.

Kulit kepala terasa gatal di akibatkan karena ketika Anda mengikat rambut kemudian tidur menyebabkan folikel rambut tertarik dalam jangka waktu yang lama sehingga menyebabkan kulit kepala Anda terasa gatal.

4. Kepala Terasa Pusing

Sponsors Link

Efek lain yang di timbulkan dari mengikat rambut dalam jangka waktu yang lama apalagi di buat tidur adalah membuat kepala Anda terasa sangat pusing. Hal ini di karenakan pengikatan kuat terhadap batang rambut sehingga batang rambut Anda tidak dapat bebas untuk bernafas dan bergerak. Pengikatan rambut yang terlalu lama sangatlah tidak baik untuk kesehatan rambut. Sama bahanya dengan akibat rambut basah di bawa tidur.

5. Dapat Merubah Rambut Anda Menjadi Bergelombang

Jika Anda memiliki rambut yang lurus namun lama kelamaan mengalami perubahan bentuk menjadi bergelombang, proses mengikat rambut saat tidur juga dapat menjadi penyebabnya. Ini di karenakan pengikatan rambut yang sangat kuat dan terjadi di satu titik serta berlangsung secara terus menerus dapat menyebabkan rambut Anda berubah bentuk sesuai dengan kondisi Anda mengikatnya.

Memperbaiki Rambut yang Rusak Karena Proses Pengikatan Rambut

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk memperbaiki rambut Anda yang rusak akibat proses pengikatan rambut. Diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Jangan Mengikat Rambut Ketika Rambut Masih Basah

Sponsors Link

Mengikat rambut ketika rambut masih basah adalah hal yang sangat fatal untuk kesehatan rambut Anda. Selain itu mengikat rambut yang masih basah dapat menimbulkan masalah serius seperti kanker. Hal ini dikarenakan ketika Anda mengikat rambut Anda yang masih basah menyebabkan tidak ada proses sirkulasi udara sehingga rambut Anda menjadi lembab.

2. Longgarkan Ikatan Pada Rambut Anda

Hal yang dapat Anda lakukan selanjutnya untuk menghindari rambut rusak dari hasil pengikatan rambut setiap hari adalah melonggarkan ikatan rambut Anda. Jika Anda biasanya mengikat rambut dengan sangat kencang agar rambut tidak melonggar ke bawah maka kali ini Anda harus mengikatnya dengan agak longgar.

Hal ini bertujuan agar batang rambut memiliki ruang untuk bernafas dan menyirkulasi nutrisi ke akar rambut sehingga tidak menyebabkan kerusakan rambut yang parah.

3. Jangan Ikat Rambut Ketika Tidur

Hal terakhir yang dapat Anda lakukan untuk mencegah kerusakan rambut Anda adalah tidak mengikat rambut Anda ketika Anda sedang tidur. Hal sederhana seperti ini bisa saja menyebabkan rambut Anda agar tetap indah dan terjaga.

Nah itu tadi bahaya mengikat rambut saat tidur. Setelah tahu Anda wajib untuk menghindari mengikat rambut saat Anda tidur agar rambut Anda tetap terjaga pertumbuhannya.

, ,