Sponsors Link

3 Bahaya Mengeringkan Rambut Dengan Kipas Angin yang Tidak Kita Sadari

Buat kamu para wanita, mengeringkan rambut setelah keramas pasti sudah menjadi hal yang biasa bukan. Mulai dari rambut keriting, bergelombang hingga rambut lurus semuanya sudah ada caranya masing-masing. Tapi masih banyak juga yang keliru mengeringkan rambutnya masing-masing. Hai ladies, kamu sebaiknya jangan sembarangan mengeringkan rambutmu ya. Karena pengeringan dengan teknik yang salah malah membuat rambut kamu kering dan cepat rusak. Seperti menggunakan kipas angin, padahal dengan menggunakannya rambut akan mudah kering dan kaku. Yuk kenali apa saja bahaya mengeringkan rambut dengan kipas angin :

ads
  1. Menyebabkan pusing kepala

Saat kamu mengeringkan rambut dengan kipas angin, pori-pori pada kulit kepala akan terbuka. Karena pada posisi basah dan terkena angin yang kuat serta monoton. Hal inilah yang membuat kepala menjadi pusing jika terus menerus terkena angin oleh putaran listrik ini. Sebaiknya kamu membiarkan rambutmu kering dengan natural, atau pelajari cara membuat minyak kemiri untuk rambut. Cara tersebut akan membuat rambut kering alami tanpa kerusakan yang pasti tidak diinginkan.

  1. Rambut menjadi mudah kering dan kusut

Paparan angin yang berkelanjutan mengenai rambut akan membuat rambut mengering dengan cara instan dan membuatnya rapuh. Banyak bukan para wanita yang mengeluhkan rambutnya mudah rontok, bisa saja hal tersebut disebabkan oleh penggunaan kipas angin yang sebenarnya tak lazim digunakan untuk mengeringkan rambut.

  1. Rambut mudah rontok

Selain membuat rambut mudah kering dan kusut, mengeringkan rambut dengan kipas angin juga akan membuat rambut mudah rontok. Hal ini merupakan bahaya lanjutan dari cara menata rambut kering.

Tips mengeringkan rambut tanpa kipas angin

  • Gunakan kondisioner saat keramas

Penggunaan kondisioner saat keramas akan membuat rambut kemu lebih terawatt, halus dan lebih harum. Kondisioner juga mampu mengurangi kadar air pada rambut sehingga tidak perlu repot mengeringkannya dengan kipas angin. Tips juga nih, untuk rambut keriting usahakan memberi kondisioner dari atas kepala, ini berguna agar rambut nantinya mudah diatur. Kemudian untuk rambut lurus beri kondisioner pada ujung rambut, ini berguna agar rambut tidak terjadi penyebab rambut bercabang dan tetap lurus.

  • Gunakan handuk kering berdaya serap tinggi

Keringkan rambut dengan handuk yang memiliki daya serap baik. Dan ingat, jangan menggosok rambut terlalu kuat, karena akan membuatnya rapuh dan lebih cepat rontok. Cukup remas rambut mengikuti alur rambut, dan lakukan berulang untuk rambut yang kering dengan baik.

  • Gunakan cahaya matahari dan udara alami

Cara ini merupakan cara alami dan memakan waktu sedikit lama. Menggunakan udara secara alami akan membuat rambut cepat kering dan sehat tentunya. Paparan matahari juga jangan terlalu panas ya ladies, karena nanti rambut kamu bisa memerah. Cukup jemur di bawah terik yang sedang saat pagi atau sore hari.

  • Gunakan hair dryer pada suhu yang tepat

Sebenarnya hair dryer tidak dianjurkan untuk mengeringkan rambut, karena memiliki bahaya yang sama dengan kipas angin. Gunakan saja seperlunya dan jangan setiap hari. Kemudian juga atur suhu yang tepat dan jangan terlalu panas, karena akan menyebabkan rambut kering dan rapuh.

  • Sisir dan tata rambut dengan benar

Setelah rambut anda kering, jangan lupakan cara menyisir dan bahan sisir yang baik untuk rambut anda. Gunakan sisir yang memiliki rongga udara, sehingga rambut bisa rapid an tidak mudah rontok. Cara mencuci sisir dalam keadaan kering, dan hindari satu hal yang penting bahwa jangan sekali-kali menyisir rambut ketika basah.

Itu lah bahaya mengeringkan rambut dengan kipas angin yang masih banyak dilakukan dan menjadi kesalahan yang terus berulang. Sayangi tubuhmu mulai dari sekarang, lakukan hal yang tepat namun tetap mudah. Karena rambut kering dan rontok bukanlah cara merawat rambut keriting agar tidak mengembang hebat yang susah disembuhkan, namun penyakit yang dapat dicegah dengan metode sederhana.

, , ,
Oleh :
Kategori : Kesehatan Rambut