Sponsors Link

4 Bahaya Ingrown Hair Untuk Kepala yang Wajib Anda Waspadai Sekarang Juga!

Bahaya Ingrown HairBagi sebagian orang mungkin belum mengetahui mengenai ingrown hair, apa sebenarnya ingrown hair itu? Ingrown hair merupakan suatu keadaan dimana rambut tumbuh ke dalam kulit, yang biasanya rambut akan tumbuh ke bagian luar kulit. Kondisi ini biasanya akan timbul setelah Anda mencukur rambut dan umumnya muncul pada pria di area janggut, kumis, bagian pipi, hingga leher.

ads

Tidak hanya itu, ingrown hair juga dapat muncul kulit sakit kepala dan rambut rontok setelah pria menggunduli rambutnya. Namun, tidak menutup kemungkinan juga dapat terjadi pada wanita pada bagian ketiak, kaki dan area kemaluan. Lalu, seberapa bahayakah ingrown hair ini bagi tubuh kita? Terutama bagian kepala yang umum terjadi. Berikut ini penjelasan mengenai bahaya ingrown hair untuk kepala.

1. Infeksi Bakteri

Salah satu bahaya yang dapat disebabkan oleh ingrown hair ialah infeksi bakteri. Bahaya ingrown hair adalah sakit kepala dan rambut rontok ini akan membuat tubuh Anda, terutama pada bagian kepala terserang infeksi oleh bakteri. Infeksi oleh bakteri pun merupakan gejala atau tanda bahwa ingrown hair yang Anda alami telah masuk ke tahap kronis. Infeksi bakteri pun dapat muncul ketika Anda sering menggaruk are kepala setelah digunduli. Bakteri atau kuman akan mudah menyerang dan masuk ke kulit kepala Anda ketika sering digaruk.

2. Penggelapan Kulit

Bahaya ingrown hair untuk kepala selanjutnya yang dapat terjadi ialah penggelapan kulit atau hiperpigmentasi. Hiperpigmentasi ini dapat terjadi ketika Anda menderita ingrown hair kronis. Hiperpigmentasi merupakan kondisi saat kulit Anda berubah warna menjadi lebih gelap karena adanya suatu penyakit atau cedera, termasuk pada area kulit kepala. Ketika rambut kepala telah dipangkas, penyebab kulit kepala gatal dan mengelupas Anda akan mudah untuk terpapar virus atau bakteri dari luar.

3. Adanya bekas luka atau keloid

Bahaya ingrown hair pun dapat membuat kulit kepala Anda mendapatkan bekas luka atau disebut juga keloid. Keloid merupakan bekas luka yang dapat mengganggu penampilan Anda karena bentuknya cukup tebal dan sangat kontras dengan kulit. Walaupun begitu, keloid ini dapat dengan mudah diatasi dan disembuhkan. Tetapi, ketika kepala mendapatkan bekas luka akibat ingrown hair, Anda sebaiknya mewaspadai hal tersebut untuk mencegah komplikasi penyakit pada area kulit kepala bau dan berminyak.

4. Pseudofolliculitis barbae

Pseudofolliculitis barbae ini sering juga disebut razor bumps. Mungkin sebagian orang belum mengetahui tentang bahaya ingrown hair untuk kepala pada poin ini – razor bumps ini kondisi yang terjadi akibat bercukur dan biasanya sering dirasakan oleh pria. Razor bumps ini dapat dilihat dari tanda-tanda yang ditimbulkan seperti benjolan atau kulit yang sedikit memerah. Tidak hanya penyebab kulit kepala gatal dan mengelupas, tapi hal ini pun dapat terjadi ketika seorang pria mencukur kumis atau janggut. Selain itu, razor bumps ini sering kali menimbulkan rasa gatal. Sebaiknya jangan digaruk, karena akan memperparah kondisi kulit Anda.

Demikianlah bahaya ingrown hair untuk kepala yang dapat terjadi pada Anda, walau sering kali terjadi pada pria – tidak menutup potensi bahwa wanita pun dapat mengalami ingrown hair. Walau tergolong ringan, segeralah periksakan ke dokter ketika salah satu bahaya yang ditimbulkan semakin parah. Semoga artikel ini bermanfaat.

, , , ,




Oleh :
Kategori : Kesehatan Rambut