Sponsors Link

7 Efek Bahaya Akibat Terlalu Sering Keramas

Keramas merupakan salah satu perawatan rambut yang baik karena membersihkan rambut serta kulit kepala, berbagai kotoran seperti ketombe pun akan hilang dan kulit kepala terasa dingin dan segar. Namun, apabila kamu sering keramas maka bukan kesegaran yang dirasa melainkan akan memberikan efek bahaya pada rambut dan ciri-ciri rambut rusak parah. Sehingga kamu perlu mengetahui akibat terlalu sering keramas yang akan diulas dibawah, cekidot !

ads

1. Rambut Akan Menjadi Rontok

Coba kamu sisir rambut kamu dengan jari atau sisir, apakah ada helaian rambut yang terangkat ? dua , lima, sepuluh  helai ? jika rambut yang terangkat cukup banyak, maka kamu sebaiknya melakukan pencegahan rambut yang rontok. Rambut yang sering keramas, maka akan mempengaruhi kekuatan dari kulit kepala kamu yang merupakan media melekatnya akar, sehingga akar dari rambut kamu akan melemah dan akan timbul tanda-tanda rambut rontok berlebihan. Maka jangan terlalu sering melakukan keramas, sebaiknya diberikan jadwal yang baik kepada rambut kamu .

2. Terasa Kering

Terkadang rambut akan terasa kering sehingga kita mencari cara menata dan mengatur rambut kering. Dengan melakukan keramas yang cukup sering, maka  minyak alami yang dihasilkan kulit kepala kamu akan berkurang sehingga fungsinya tidak akan terjalankan yaitu menjaga kelembaban kulit kepala kamu. Pada akhirnya, kulit kepala akan terasa kering. Selain menjaga kelembaban, kulit kepala berfungsi dalam memberi efek kilap rambut.

3. Rambut Yang Bercabang

Pernahkah kamu memiliki rambut bisa berbentuk bercabang ? coba lihat rambut kamu dan cabut beberapa, maka akan terlihat kondisi rambut kamu. Rambut yang bercabang mencerminkan bahwa rambut tersebut kurang sehat. Banyak penyebab rambut bercabang salah satunya karena sering keramas karena membuat rambut dalam kondisi kering dengan kelembaban yang rendah sehingga ujung-ujung rambut akan menjadi pecah-pecah dan terlihat seperti bercabang .

4. Adanya Ketombe

Bahaya akibat sering keramas kali ini adalah adanya ketombe. Penyebab ketombe memang sangat banyak, namun karena sering keramas juga menjadi penyebab paling utama. Adanya ketombe merupakan pengelupasan kulit mati pada kulit kepala dan hal ini terjadi pada setiap orang yang normal. Namun bila dalam jumlah yang banyak maka tergolong tidak normal. Sering keramas membuat kulit kepala sering terjadi pencucian sehingga minyak alami kepala pun terbuang sehingga kulit mati atau ketombe pun semakin banyak karena tidak dikontrol oleh minyak alami kulit kepala. Kamu dapat mencoba cara menghilangkan ketombe dengan jeruk nipis .

5. Gatal Yang Melanda

Terkadang dibawah terik matahari, kulit kepala kita merasa gatal. Namun bila tidak ada matahari maupun panas tetap gatal kamu perlu curiga. Terlalu sering keramas dapat membuat kulit kepala gatal. Karena dengan keramas, membuat rambut akan berada pada tingkat keasaman sehingga kulit kepala akan terasa gatal. Untuk cara menghilangkan gatal di kepala, sebaiknya jangan terlalu sering keramas namun lebih baik konsultasi ke dokter.

Sponsors Link

6. Rambut mudah Patah

Untuk bahaya yang ke-6 ini yaitu rambut kamu akan mudah patah. Disini bukan berarti rontok, rambut yang mudah patah bila mengambil satu helai kemudian coba patahkan,maka rambut akan terpatah dengan mudah. Terlalu sering keramas membuat nutrisi rambut kamu berkurang sehingga kekuatannya pun akan menurun dan berakibat rambut mudah patah .

7. Kusutnya Rambut

Ketika kamu terlalu sering keramas maka berakibat rambut terlalu sering tereksploitasi sehingga helaian rambut akan kusut. Bila kekusutan ini berlangsung lama, maka akan berdampak lebih buruk lagi seperti kerontokan rambut. Sebaiknya atur jadwal keramas agar rambut kamu pun semakin sehat .

Demikianlah ulasan mengenai akibat rambut sering keramas, semoga dapat menjadi pengingat dan bermanfaat bagi orang banyak, terimakasih.

, ,
Oleh :
Kategori : Perawatan Rambut