Sponsors Link

10 Akar Rambut Berwarna Putih, Bahaya Atau Tidak Dampaknya ?

Usia yang semakin tua akan membuat rambut memutih. Tetapi beberapa waktu belakangan ini banyak anak muda yang rambutnya memutih. Walaupun hanya terjadi pada sebagian rambut, tetap saja hal ini menjadi perihal yang menyebalkan untuk sebagian orang. Untuk menutupinya terkadang anak muda memilih untuk mengecat warnanya menjadi hitam.

ads

Rambut memiliki akar yang memiliki tekstur disebut dengan folikel rambut. Folikel rambut mengandung melanosit yang menghasilkan melanin. Pigmen yang ada di rambut memiliki fungsi untuk menjaga warna rambut untuk tetap terlihat hitam berkilau. Namun seiring berjalannya waktu, sel-sel pigmen yang terdapat pada folikel rambut akan semakin berkurang dan akan mengakibatkan rambut tidak banyak memproduksi melamin lagi dan menghindari kulit kepala berminyak dan rambut rontok.

Hal ini akan berpengaruh pada warna rambut anda yang semisal berwarna hitam akan berubah warna menjadi abu-abu atau putih sampai ke akar-akarnya. Selain itu penting juga untuk memahami cara mengatasi rambut rontok anda. Pada artikel ini akan membahas tentang bahaya atau tidaknya akar rambut berwarna putih untuk memberikan stigma yang benar dalam masyarakat tentang kesehatan rambut dan agar tidak beredar isu-isu yang salah dan merugikan. Berikut adalah penjelasan mengenai bahaya atau tidaknya akar rambut berwarna putih.

Bahaya atau tidaknya akar rambut berwarna putih

Pada dasarnya rambut menjadi warna putih bukan suatu hal yang berbahaya. Disisi lain cara menghilangkan gatal di kepala menjadi hal penting untuk diketahui. Disarankan apabila ada rambut putih yang mulai muncul jangan dicoba untuk dicabut, karena dengan anda mencabut rambut bukannya menghilangkan rambut putih tetapi hal yang terjadi adalah akan membuat folikel rambut anda mengalami kerusakan, bukan hanya folikel rambut tetapi juga terjadi pada saraf dan akar rambut.

Sehingga yang membuat berbaha bukannya akar rambut berwarna putih tetapi terletak pada rambut putih yang di cabut yang akan merusak folikel rambut dan saraf. Apabila mengalami kerusakan hal ini akan mengakibatkan infeksi dan akan tumbuh rambut putih yang lebih banyak lagi dan membuat volume rambut menurun dan rambut akan terlihat menipis.

Masalah rambut seperti uban ini akan berbeda apabila memang disebabkan oleh penyakit-penyakit tertentu. Memang benar semua orang pasti akan mengalami sendiri-sendiri masa-masa dimulainya rambut beruban, yang membedakan adalah waktu genetisnya. Faktor yang membuat rambut cepat tumbuh adalah

  • Faktor usia

Faktor usia adalah faktor yang paling normal apabila dilihat dari penyebab munculnya rambut putih pada rambut. Hal ini akan berangsur-angsur muncul pada rambut anda seiring dengan pigmen rambut melanin yang ada pada rambut berkurang yang memiliki fungsi untuk menjaga rambut anda untuk tetap menghitamkan rambut manusia secara biologis.

  • Kurang mengkonsumsi vitamin C dan antioxidant

Mengkonsumsei vitamin C dan antioxidan sangat berguna untuk kesehatan rambut, salah satunya adalah untuk membuat kinerja sel melamin di rambut menjadi lebih baik dan terhindari dari warna rambut yang menjadi putih ataupun abu-abu atau menjadi ubanan. Sehingga usahakan untuk tidak kekurangan vitamin C dan antioxidant.

  • Sering mengganti shampo

Banyak iklan sampo rambut yang menjanjikan rambut yang bagus dan sehat, padahal pada faktanya belum tentu sampo tersebut cocok dengan jenis rambut anda, terlebih anda memiliki rambut yang sensitif terhadap bahan-bahan sampo tertentu. Belum lagi efek samping dari bahan kimia yang dihasilkan dari penggunakan sampo rambut yang diganti-ganti

  • Menggunakan minyak rambut
  • Faktor genetik berasal dari orangtua
  • Perokok yang berat dan sudah dilakukan lama
  • Memiliki penyakit anemia
    Sponsors Link

  • Memiliki gangguan metabolisme
  • Menopause dini

Hal-hal yang sudah disebutkan diatas dapat membuat rambut mengeluarkan uban lebih cepat dibanding waktu yang normal.

Menghindari rambut uban

Menurut penelitian yang sudah dilakukan sampai sekarang, belum ada bukti ilmiah yang dapat membuktikan bahwa dapat mengurangi rambut beruban yang tumbuh. Pengobatan herbal maupun menggunakan suplemen belum ada yang mampu untuk mengobati munculnya uban rambut. Walaupun tidak ada obat yang mampu mengobati tetapi paling tidak kita dapat menghambat datangnya uban, dengan memberikan rambut kita perawatan rambut yang baik, dengan menjaga pola makanan dan mengkonsumsi makanan yang sehat. Menghindari masalah rambut yang harus dihindari untuk mengerti cara merawat rambut yang baik dan benar.

Untuk konsumsi makanan yang sehat dapat dilakukan dengan memberi asupan makan yang banyak mengandung mineral (zat besi, natrium, vitamin B), sayur-sayuran dan buah-buahan. Untuk perawatan yang lebih maksimal dapat dimulai dengan memijat diri sendiri dengan memijat kepala anda dengan menggunakan minyak kelapa. Sehingga dapat memberikan rambut panjang anda hitam dan sehat.

Demikian penjelasan mengenai bahaya atau tidaknya akar rambut berwarna putih. Pada intinya rambut berubah warna menjadi putih terutama pada akar bukanlah sesuati hal yang harus dipermasalahkan. Karena rambut semua orang pada waktunya pasti akan berubah warna dan untuk waktunya tergantung pada pola makan dan kebiasaan sehari-hari yang menjadi faktor tumbuhnya rambut putih. Rambut adalah mahkota untuk kita dalam berpenampilan, sehingga tidak ada salahnya untuk kita merawat rambut dengan baik. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

, ,
Oleh :
Kategori : Kesehatan Rambut