Sponsors Link

18 Tips Merawat Rambut Smoothing Agar Tahan Lama dan Tetap Lurus

Sponsors Link

Tips Merawat Rambut Smoothing Agar Tahan Lama dan Tetap LurusSmoothing merupakan salah satu perawatan rambut yang banyak digandrungi oleh kaum wanita. Secara sederhana pengertian smoothing adalah teknik meluruskan rambut. Bagi Sista yang memiliki rambut ikal bahkan keriting ingin rambut Sista menjadi lurus dan lembut dapat terwujud dengan cara melakukan smoothing. Smoothing yang dilakukan di salon biasanya dengan bantuan obat-obat kimia. Biaya melakukan smoothing di salon-salon tidaklah murah. Setelah melakukan smoothing rambut akan terlihat lurus serta lembut alami dan natural.

ads

Namun, menurut pengalaman para wanita yang pernah melakukan smoothing bahwa hasil smothing tidak bertahan lama. Selain itu banyak wanita yang setelah melakukan smoothing mengeluh karena rambut mereka menjadi rusak. Sebenarnya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan setelah melakukan smoothing agar biaya mahal yang kita keluarkan untuk smoothing tidak terbuang sia-sia. Berikut kami rangkum tips merawat rambut smoothing agar tahan lama dan tetap lurus:

1. Jangan Langsung Keramas

Ini tips merawat rambut smoothing yang sangat penting dengan cara merawat rambut rusak dan wajib dituruti tidak boleh dilanggar yaitu jangan langsung keramas setelah melakukan smoothing. Mengapa tidak boleh keramas? Alasannya agar obat pelurus rambut yang digunakan pada saat smoothing terserap dengan baik. Membilas rambut setelah smoothing menyebabkan obat pelurus rambut luntur. Jadi, sebaiknya jangan keramas minimal 3 sampai 4 hari agar smoothing yang baru Sista lakukan tidak sia-sia.

2. Gunakan Conditioner

Setelah keramas sebaiknya gunakan conditioner. Hal itu dilakukan bertujuan untuk menjaga kelembutan rambut. Gunakan conditioner sebaiknya jangan sampai keakar rambut karena hal itu dapat menyebabkan rambut berketombe, gatal, dan mudah lepek. Mengolesi conditioner pada bagian batang rambut saja merupakan salah satu tips merawat rambut smoothing agar tetap lurus dan lembut.

3. Hindari Menggunakan Hairdryer

Setelah 3-4 hari, Sista boleh membilas rambut setelah melakukan smoothing. Sebaiknya ketika mengeringkan supaya cara merawat rambut agar lurus rambut setelah keramas jangan menggunakan hairdryer. Mengeringkan rambut menggunakan hairdryer akan merusak rambut karena suhu yang tinggi akan membuat rambut menjadi kering. Rambut tidak pernah dismoothing saja bisa rusak bila dikeringkan dengan hairdryer, sama seperti halnya rambut yang pernah dismoothing. Cara mengeringkan rambut yang tepat adalah menggunakan handuk dengan ditekan perlahan dan jangan digesek-gesek ke rambut. Sebaiknya jangan sisir rambut sebelum rambut kering. Biarkan rambut kering sendiri karena terkena angin merupakan cara merawat rambut smoothing tetap lurus dan lembut.

4. Gunakan Sisir Kayu Bergerigi Renggang

Menjaga dan merawat rambut smoothing agar selalu lurus dan lembut sebaiknya adalah menggunakan sisir kayu bergerigi renggang dalam merapikan rambut. Sebaiknya hindari menyisir rambut menggunakan sisir rambut yang berbahan plastik  karena akan berdampak cara membuat rambut bervolume dan juga memicu efek listrik statis pada rambut Sista. Hal itu tidak baik karena dapat merusak rambut, maka gunakanlah sisir berbahan kayu untuk mencegah hal itu. Sedangkan memilih sisir bergerigi renggang karena agar rambut Sista tetap rapi dan tidak rontok.

5. Jangan Terlalu Sering Mengikat dan Menggulung Rambut

ads

Bekas karet setelah Sista mengikat dan menggulung rambut dapat menyebabkan rambut Sista bergelombang, mengembang, dan ikal. Cara merawat rambut smoothing adalah sebaiknya hindari kebiasaan terlalu sering mengikat dan menggulung rambut. Biarkan rambut Sista terurai agar rambut yang telah di smoothing sempurna tetap lurus dan lembut. So, Sista tidak sia-sia melakukan smoothing dengan biaya yang mahal.

6. Rutin Melakukan Trim Rambut

Setelah beberapa minggu melakukan smoothing rambut Sista mulai mengalami masalah rambut. Masalah rambut yang biasa dihadapi setelah smoothing adalah rambut bercabang, rontok, rapuh dan mudah patah. Untuk mengatasi masalah cara agar rambut cepat panjang tersebut Sista harus rutin melakukan trim pada rambut Sista.

Cara merawat rambut smoothing tetap lurus dan lembut adalah jika menemukan rambut bercabang, segera potong bagian rambut yang bercabang tersebut. Rambut bercabang tersebut merupakan tanda rambut Sista sudah tidak sehat. Pemotongan dilakukan bertujuan agar kerusakan rambut tidak semakin parah. Selain itu dengan memotong rambut, rambut akan tumbuh kembali dengan baik.

7. Hindari Mencatok Rambut Terlalu Sering

Mencatok rambut memang perlu dilakukan setelah perawatan smoothing rambut. Namun, hanya sesekali jangan terlalu sering. Terlalu sering mencatok rambut menyebabkan rambut kering.

Rambut menjadi kering karena proses mencatok rambut menggunakan energi listrik memanfaatkan energi panas. Panas yang digunakan menyebabkan rambut kehilangan kelembapan aslinya dan lama-lama mengakibatkan rambut menjadi kering, kasar dan kusam. Maka cara merawat rambut smoothing agar tetap lurus dan lembut adalah menghindari mencatok rambut terlalu sering.

8. Jangan Mewarnai Rambut

Setelah melakukan smoothing, cara merawat rambut smoothing agar tetap sehat adalah sebaiknya biarkan rambut Sista beristirahat dari bahan kimia. Saat melakukan smoothing sudah banyak bahan kimian yang digunakan. Semakin banyak bahan kimia yang digunakan cara menumbuhkan rambut akan merusak rambutm sehingga rambut menjadi bercabang, rapuh, dan mudah patah.

Jadi, bila Sista ingin mewarnai atau mencat rambut sebaiknya tunggulah beberapa bulan. Paling sedikit 3 bulan setelah di smoothing baru bisa dicat atau diwarnai sesuai selera Sista. Hal ini bertujuan agar rambut lurus dan lembut efek smoothing yang Sista lakukan bertahan lama dan awet.

9. Gunakanlah Sarung Bantal Berbahan Lembut

Memilih bahan sarung bantal yang digunakan juga harus di perhatikan. Cara merawat rambut smoothing Sista tetap terjaga kelembutan dan lurusnya adalah gantilah kain pelapis bantal atau sarung bantal Sista dengan bahan sarung bantal yang lebih lembut. Menggunakan sarung bantal berbahan yang halus dan lembut bertujuan agar ketika Sista bangun tidur rambut tidak kusut. Sarung bantal yang berbahan kain yang kasar dapat merusak rambut Sista karena akibat gesekan yang terjadi ketika Sista tidur. Sebaiknya pilihlah sarung bantal berbahan satin.

10. Jangan terlalu sering keramas

Setelah 3-4 hari setelah smoothing, Sista diperbolehkan untuk melakukan keramas. Namun, jangan setiap hari keramas. Terlalu sering melakukan keramas mengakibatkan rambut kehilangan kelembapan alaminya. Sebenarnya rambut mengeluarkan minyak alami sendiri untuk menjaga kelembapan. Semakin sering keramas minyak alami itu akan berkurang dan mengakibatkan rambut kering dan kusam. Sebaiknya keramaslah minimum 3 hari sekali. Akan tetapi terlalu lama tidak keramas juga tidak baik. Hal itu akan menyebabkan rambut lepek, bau, berketombe karena produksi minyak rambut alami berlebihan.

11. Gunakan masker rambut

Sponsors Link

Memakai masker rambut bertujuan memberikan nutrisi serta vitamin pada rambut. Hal itu dilakukan agar rambut tetap lembab, tidak rontok, tidak rusak dan sehat. Selain itu, menggunakan masker rambut bertujuan meminimalkan efek negatif dari bahan-bahan kimia yang digunakan untuk meluruskan rambut ketika melakukan smoothing. Dalam memilih masker rambut sebaiknya gunakan bahan-bahan alami jangan gunakan lagi bahan kimia. Bahan kimia akan merusak rambut. Berikut beberapa masker rambut alami untuk merawat rambut smoothing tetap lurus dan lembut serta sehat:

  • Masker buah alpukat
  1. Berikut cara membuat masker rambut dari buah alpukat:
  2. Haluskan terlebih dahulu buah alpukat yang sudah matang.
  3. Tambahkan madu atau minyak zaitun.
  4. Setelah itu, oleskan alpukat yang sudah halus tersebut ke rambut Sista secara merata.
  5. Diamkan selama kurang lebih 30 menit agar masker rambut meresap ke rambut alpukat.
  6. Kemudian bilas rambut Sista hingga bersih.
  • Masker Dari Yoghurt

Produk fermentasi dari susu ini juga bagus digunakan sebagai masker rambut untuk menutrisi rambut agar rambut tetapsehat setelah di smoothing. Berikut cara membuat masker rambut dari yoghurt:

  1. Pilihlah yoghurt yang tanpa rasa atau original.
  2. Oleskan yoghurt merata ke seluruh rambut.
  3. Diamkan selama 30 menit agar kandungan yoghurt meresap.
  4. Bilas dengan air bersih.
  • Masker dari lidah buaya

Ekstrak tanaman lidah buaya sering digunakan untuk bahan produk shampoo atau perawatan rambut lainnya. Hal itu karena lidah buaya memiliki manfaat yang sangat baik untuk menjaga kesehatan rambut. Berikut khasiat dari lidah buaya yaitu menjaga kesuburan rambut ,menjaga agar rambut kuat dan tidak mudah rontok.

Sista dapat membuat masker alami dari lidah buaya sendiri di rumah. Berikut langkah-langkah membuat masker rambut dari lidah buaya untuk merawat rambut smoothing lurus dan lembutnya awet dan tahan lama:

  1. Ambil bagian daging dari tanaman lidah buaya.  Bagian yang di ambil adalah bagian yang ada lendir-lendirnya.
  2. Agar lebih mudah cincang-cincang atau haluskan bagian berlendir lidah buaya itu menggunakan blender.
  3. Lalu oleskan secara merata pada rambut Sista.
  4. Setelah itu tunggu sekitar kurang lebih 15 menit agar meresap.
  5. Kemudian bilas rambut Sista menggunakan air bersih.
  • Masker Dari Santan Kelapa

Berikut langkah menggunakan masker dari santan kelapa:

  1. Parutlah kelapa yang sudah tua.
  2. Saringlah dan ambil bagian santannya yang berwarna putih kental seperti susu.
  3. Tambahkan air dingin secukupnya usahakan jangan terlalu encer.
  4. Oleskan rambut Sista secara merata dengan masker santan tersebut.
  5. Diamkan selama 2-3 jam.
  6. Sisir perlahan rambut Sista menggunakan sisir rambut kayu bergerigi renggang.
  7. Kemudian bilas rambut dengan air bersih.
  • Masker Rambut Dari Susu

Susu baik sekali untuk kesehatan tubuh kita. Tapi ternyata susu baik juga untuk kesehatan rambut kita. Cara membuat masker rambut dari susu yaitu:

  1. Campur susu dengan air dingin.
  2. Kemudian kocok sehingga tercampur secara merata.
  3. Oleskan secara merata  pada rambut.
  4. Kemudian diamkan sekitar 15 menit atau sampai mengering.
  5. Setelah itu, sisir rambut secara perlahan menggunakan sisir berbahan kayu dan bergerigi renggang.
  6. Lalu bilas rambut Sista sampai bersih.

Nah, itu tadi beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk membuat masker rambut. Namun sebenarnya masih banyak bahan-bahan alami lain yang bisa dijadikan bahan membuat masker rambut. Di antatanya adalah minyak kelapa, minyak zaitun, minyak kemiri, putih telur, seledri, dan masih banyak lagi. Penggunaan masker rambut sebaiknya dilakukan paling sedikit sebulan dua kali atau jika ingin hasil maksimal lakukanlah seminggu sekali.

Baca juga:

12. Lakukan creambath dan spa rambut

Sponsors Link

Setelah melakukan perawatan rambut smoothing, ada perawatan lain lagi yang mesti Sista lakukan untuk merawat rambut smoothing Sista tetap lurus dan lembut bertahan lama. Selain menggunakan masker rambut perawatan yang tidak boleh tertinggal adalah creambath dan spa rambut.  Akan tetapi saat melakukan creambath hindari menggunakan alat pemanas rambut supaya rambut Sista tak menjadi kering. Sebagai solusinya gunakanlah handuk yang dibasahi air hangat untuk merangsang penyerapan nutrisi bahan kandungan creambath. Lakukanlah creambath rutin dua minggu sekali atau paling lama sebulan sekali.

Nah, itu tadi beberapa tips merawat rambut smoothing agar tahan lama dan tetap lurus. Biaya smoothing lumayan mahal jadi alangkah baiknya Sista menerapkan tips-tips di atas agar smoothing yang dilakukan Sista tidak mubazir di buang percuma. Selain itu terlalu sering melakukan smoothing juga tidak bagus untuk kesehatan rambut. Smoothing menggunakan obat-obat kimia dan terlalu sering terpapar bahan kimia akan membuat rambut rusak dan mudah rontok. Selain itu efek bahan kimia juga tidak baik bagi tubuh kita. Apabila menumpuk banyak lama-lama akan menyebabkan kanker. Jadi untuk tampil cantik juga kita harus bijak dan cerdas.

Selain merawat rambut smoothing tetap awet dan lurus tahan lama dengan menerapkan tips-tips di atas. Sista juga perlu memperhatikan tips saran-saran ini agar setelah smoothing rambut Sista tidak rusak dan tetap sehat:

1. Menjaga cairan tubuh

Disarankan untuk menjaga cairan tubuh dengan meminum air putih secara rutin. Setidaknya konsumsi 2 liter air dalam sehari. Jangan biarkan tubuh Sista kekurangan cairan. Hal ini bertujuan agar sisa metabolisme tubuh keluar bersama keringat dan urin. Sehingga rambut Sista tidak kusam dan berkilau secara alami.

Cairan tubuh juga berperan menjaga asupan mineral tembaga. Mineral tembaga juga bisa didapatkan di ragam makanan seperti kacang almond, kacang mete, bayam, biji labu, nenas, buah delima, tiram, kepiting dan minyak biji matahari.

2. Konsumsilah mineral yang dibutuhkan

Mineral Essensial yang dibutuhkan untuk rambut adalah zinc, zat besi dan cooper. Biasanya mineral ini banyak terdapat pada jenis makanan seperti daging, ayam, sayuran, telur, biji-bijian, dan makanan laut atau seafood.

3. Istirahat yang cukup

Kulit kepala juga butuh beristirahat supaya sel-sel rambut bisa beregenerasi. Jadi, mulai sekarang kurangi kebiasaan bergadang karena dapat mempercepat tumbuhnya uban.Selain itu tingginya tingkat aktivitas dan tekanan tanpa istirahat dan tidur cukup dapat menganggu produksi zat-zat penting dalam tubuh dan menggangu sistem kerja organ tubuh.

4. Konsumsilah vitamin B2 dan Omega 3

Kekurangan vitamin dan omega 3 tersebut dapat mengakibatkan rambut cepat memutih dan kusam. Jadi, konsumsi vitamin B2 dan omega 3 agara rambut Sista setelah di smoothing tetap lembut dan berkilau natural. Sumber vitamin B2 dan Omega-3  terdapat pada telur, keju, ikan, daging unggas, daging domba, daging sapi dan pisang.

5. Meningkatkan sirkulasi darah

Meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh bertujuan agar semua zat penting dari makanan dan mineral yang dikonsumsi Sista dapat benar-benar sampai ke kepala dan membantu sel-sel folikel memproduksi pigmen atau melanin yang bermanfaat membuat rambut hitam hitam berkilau dan tidak kusam. Caranya meningkat sirkulasi darah adalah dengan cara berolahraga dengan teratur dan memijat kepala dengan ujung jari dalam kisaran sekitar 5-10 menit.

6. Konsumsilah Makanan Yang Bergizi

Memakan makanan yang bergizi dan bernutrisi juga perlu dilakukan dalam merawat rambut smoothing Sista tetap tahan lama dan sehat adalah. Berikut jenis makanan yang bernutrisi baik untuk kesehatan rambut Sista:
  • Makanan yang banyak mengandung vitamin A dapat menjaga kesehatan kulit kepala, membuat rambut bersinar, mencegah rambut dari kerapuhan dan pengurangan pigmen rambut. Jenis makanan ini banyak terdapat pada sayuran hijau dan buah-buahan berwarna merah dan kuning. 
  • Makanan yang banyak mengandung Vitamin B karena berperan untuk memperlancar produksi minyak yang berfungsi menjaga  kesehatan rambut dan kelembapan alami rambut. Jenis makanan ini banyak terdapat pada sayuran hijau, sereal, hati, yougurt, pisang. 
  • Makanan yang banyak mengandung Protein banyak terdapat pada telur, kedelai dll. Makanan mengandung protein berguna untuk regenerask sel-sel rambut.

Itulah sekilas artikel tentang cara merawat rambut smoothing agar bisa bertahan lama dengan menjelaskan beberapa tips-tips diatas yang wajib anda coba dan lakukan untuk rambut anda yang cantik.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Wednesday 07th, June 2017 / 08:50 Oleh :
Kategori : Tips Rambut