Sponsors Link

10 Masalah Rambut Pada Manusia yang Sering di Alami dan Solusinya

Sponsors Link

Masalah Rambut Pada Manusia

ads

Rambut merupakan bagian tubuh yang terhitung cukup unik. Selain tidak dialiri darah, kita juga bisa melihatnya terus bertumbuh dan menjadi semakin panjang atau semakin lebat, atau justru sebaliknya mengalami hilang atau rusak dan akhirnya hilang dari anggota tubuh kita yakni kepala. Rambut sendiri bukan sebagai aksesoris atau pelengkap saja.

Rambut memiliki peranan sebagai pelindung bagian kepala dari hal-hal yang tidak diinginkan dan kotoran atau hal yang mungkin bisa menyerang kepala langsung. Rambut memang mengalami permasalahan jika tidak dirawat dengan baik, maka dari itu berikut ada 10 masalah rambut pada manusia yang seringkali terjadi. Apa saja ?

  1. Ketombe

Ketombe merupakan masalah pertama yang sering terjadi baik pada pria maupun wanita. Dimana masalah kulit kepala ini terpengaruh oleh berbagai faktor, salah satunya adalah kesehatan. Terutama jika anda yang menutupi kepala baik menggunakan kerudung atau scarf atau bahan untuk penutup kepala. Ketombe terasa gatal dan juga panas sehingga cukup menyiksa. Untuk menghilangkannya ada banyak cara baik menggunakan sampo anti ketombe hingga menggunakan bahan alami.

  1. Rontok

Untuk rontok rata-rata semua pasti pernah mengalaminya. Kerontokan terjadi karena kondisi kulit kepala yang kurang baik dan memerlukan nutrisi yang cukup, agar rambut bisa tumbuh dengan baik dan kuat. Kerontokan nyatanya bisa disebabkan oleh kondisi psikis juga.  Seperti halnya stress atau mengalami tekanan yang menyebabkan disfungsi pada sebagian tubuh. Salah satunya yakni hormon yang juga berimbas pada kepala yang kurang sehat dan menghasilkan kerontokan. Baiknya gunakan vitamin secara rutin dan hindari makanan yang berlemak. Serta coba untuk berolahraga agar meringankan beban dan pikiran anda. (Baca juga: Cara Mengatasi Rambut Rontok)

  1. Kotor

Kotor mungkin masalah rambut pada manusia yang sangat wajar. Dimana rambut memang memiliki tekstur layaknya bulu sehingga menyaring berbagai kotoran yang hinggap di kepala kita. Apalagi jika kotoran tersebut memang partikel kecil yang bisa mengendap disela kulit kepala. Disarankan untuk keramas atau membersihkan kepala dengan rutin sebanyak 1 minggu 3 kali saja. Hal ini penting karena mengingat sampo juga mengandung bahan kimia yang jika digunakan terlalu sering akan membahayakan kepala.

  1. Rambut Putih
ads

Rambut putih ketika anda sudah berusia lanjut mungkin tidak bermasalah. Namun bagaimana jika rambut putih tumbuh saat anda masih muda ? Rambut putih sangatlah mengganggu penampilan. Dimana warnanya yang kontras akan terlihat diantara rambut anda, terutama para pria yang memiliki rambut cenderung pendek. (Baca: Cara Menghilangkan Rambut Uban)

Sedangkan masalah lainnya adalah efek yang ditimbulkan, seringkali rambut putih identik dengan tua atau usia lanjut. Anda yang memiliki rambut putih tentu merasa malu dengan tuduhan tersebut. Selain itu, rasa tidak nyaman juga menyerang. Perlu anda ketahui bahwa ketika rambut putih tumbuh kepala terasa gatal dan panas. Maka rambut putih tak hanya masalah namun juga cukup mengganggu kenyamanan kita.

Baca juga:

  1. Rambut Keriting

Jika anda yang sudah memiliki rambut lurus dan melakukan cara membuat rambut keriting  untuk membuat rambut keriting sebaiknya dihindari karena rambut yang sudah keriting lebih susah kembali menjadi rambut lurus. Apa pernah anda mendengar rambut keriting ? Bukan karena bentuknya yang keriting selayaknya mereka yang memiliki rambut berbentuk keriting. Namun rambut ini berbentuk keriting dan hanya sehelai saja. Selain itu rambut keriting memiliki tekstur keras dan kasar dibanding helai rambut anda yang lain. Penyebabnya tidak jelas namun rambut ini sudah tentu diannggap mengganggu dan merusak kenyamanan.

  1. Bercabang/rusak

Rambut rusak dan bercabang ? Wah sudah tentu ketika anda melihatnya saja sudah sangat mengerikan. Bercabang merupakan rambut dengan keadaan bagian ujung membuka atau membelah sehingga tampak rusak dengan tekstur yang kasar. Rambut bercabang dan rusak juga membuat kondisi rambut rusak menyebar.Bercabang bisa diatasi dengan pemotongan bagian bercabang, penggunaan vitamin dan juga penggunaan bahan alami untuk menutrisi rambut.(Baca: Cara Merawat Rambut Rusak) 

  1. Jerawat

Jerawat seringkali muncul di bagian kepala. Seperti di bagian wajah, jerawat juga mengganggu tumbuhnya rambut sehingga kepala terlihat pitak. selain itu, kepala yang terkena jerawat terasa perih, gatal dan sakit jika ditekan atau tidak sengaja mengenai sisir anda. Untuk menghindarinya anda harus mengontrol makanan anda dari dalam seperti mengurangi makanan berminyak, kacang atau berlemak. Jerawat di bagian kepala juga bisa terjadi karena memang adanya keturunan. (Baca:  Tips Merawat Rambut Smoothing)

  1. Lepek dan berminyak

Lepek dan beminyak merupakan masalah rambut pada manusia selanjutnya pada rambut. Lepek membuat tatanan rambut menjadi aneh dan juga lengket. Selain itu lepek juga bisa terjadi karena banyaknya minyak atau kandungan minyak yang diproses sangat tinggi di bagian tubuh. (Baca: Cara Mengatasi Rambut Berminyak)

Lepek atau lengket juga membuat kulit kepala mudah terkena kotoran dan juga kulit kepala berketombe. Untuk menghindarinya seringlah berkeramas dan menggunakan tonik rambut, hindari minyak berlebih layaknya minyak zaitun dan lainnya. (Baca: Cara Menghilangkan Ketombe Dengan Garam)

  1. Bau
Sponsors Link

Bau merupakan masalah selanjutnya pada rambut. Siapa yang ingin dekat dengan anda jika rambut bau? Tentu saja tidak ada yang mau berdekatan. Bau bisa dihasilkan bebagai macam hal, seperti jarangnya keramas, kemudian adanya kekurangan serum atau vitamin dan juga keringat yang diproduksi sangat tinggi sehingga rambutnya mengjasilkan bau yang mengganggu. Apalagi rambut tidak seperti kulit yang mudah terkena angin sehingga cepat hilang baunya, rambut memiliki helaian yang padat dan jika rambut anda bau, tentu baunya bertahan lama di sana. Tidak ingin hal tersebut terjadi kan,

  1. Kutu

Rambut yang kotor saja sudah tidak nyaman bagaimana jika ada hewan hidup di kepala atau anggota tubub anda ? Wah rasanya menyeramkan bukan. Hal ini bisa terjadi pada manusia dimana rambut manusia bisa terserang kutu. Pada dasarnya semua makhluk hidup yang berbulu atau berambut memiliki kutu atau kemungkinan terserang kutu. Namun manusia terserang kutu khusus manusia yang hidup sekitar 8-10 hari saja. Namun karena peranakannya cepat, kutu bisa menyebar dengan cepat dan hidup lama di rambut manusia.

Kutu merupakan masalah terakhir yang paling ditakuti banyak orang. Dengan menghisap darah di kulit kepala manusia. Kutu menyebabkan gatal yang sangat dan terkadang hingga berasa perih atau terbakar. Kutu hanya bisa dihilangkan oleh obat kutu yang banyak dijual di apotik atau pasaran. Kutu bukan berasal dari gonta ganti sampo namun karena ketularan dengan penggunaan barang secara bersamaan. Seperti penggunaan sisir, handuk bahkan hingga bantal. (Baca: Cara Menghitamkan Rambut)

Cukup banyak penyebab rambut yang bisa  terjadi pada manusia. Namun semua bisa hilang jika anda tetap bisa merawat dan menjaga kebersihan dan kesehatan rambut. Tak jarang, rambut juga dijaga untuk memperindah dan melengkapi aksesoris anda yang didapatkan oleh Tuhan. Apalagi tak banyak mereka yang memang memiliki rambut indah dan sehat sejak awal. Bahan alami juga bisa membantu menyehatkan rambut anda tanpa memberikan efek samping yang berbahaya. Jadi, selamat mencoba!

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Wednesday 14th, June 2017 / 09:13 Oleh :
Kategori : Kesehatan Rambut