Sponsors Link

8 Ciri-Ciri Rambut Lepek

Sponsors Link

Ciri-ciri rambut lepekMemiliki rambut yang indah dan sehat adalah impian setiap orang baik pria maupun wanita. Percaya atau tidak memiliki rambut yang sehat dan indah dapat meningkatkan rasa kepercayaan diri seseorang. Karena selain wajah, rambut juga adalah salah satu penunjang penampilan Anda. Sehingga tidak mengherankan banyak orang yang rela meluangkan waktunya untuk melakukan perwatan rambut secara rutin.

ads

Namun ada juga orang yang acuh dan tidak mempedulikan kesehatan rambut mereka. Sikap acuh tersebut membuat rambut Anda rentan mengalami masalah rambut. Salah satu masalah rambut yang paling sering di alami adalah rambut lepek. Rambut lepek adalah suatu kondisi rambut yang menjadi tipis dan tidak mengembang karena kelebihan minyak pada helaian rambut. Hampir sebagian orang tidak menyadari bahwa rambut Anda mengalami masalah rambut lepek. Mereka baru menyadarinya saat masalah rambut sudah semakin parah. Dan mengalami masalah rambut lain yang disebabkan oleh rambut lepek. Jadi, berikut ini kami berikan ciri-ciri rambut lepek, sehingga membantu Anda untuk mengatasi rambut lepek Anda sebelum menjadi parah.

1. Rambut Lepek Menjadi Tampak Terlihat Tipis

Salah satu ciri-ciri rambut lepek yang paling mudah diketahui adalah rambut Anda terlihat tipis. Iya semua orang yang memiliki jenis rambut lepek, rambutnya akan tampak terlihat tipis dan tidak mengembang. Hal itu disebabkan karena kandungan minyak yang berlebih pada helain rambut yang mengakibatkan rambut tidak mengembang secara alami. Sehingga rambut akan menjadi tipis dan lepek. Rambut yang terlalu tipis dan lepek akan susah untuk menata rambut dengan model rambut yang mengembang atau bervolume. Karena butuh banyak waktu dan proses untuk membuat rambut mengembang. (Baca juga artikel cara menebalkan rambut)

Baca juga:

2. Rambut Lepek Akan Terasa Seperti Berminyak

Rambut lepek disebabkan karena produksi kadar minyak yang berlebih. Sehingga akan terjadi penumpukan minyak pada helain rambut. Akibatnya rambut Anda akan terasa berminyak atau basah. Jika Anda merasa rambut Anda basah atau berminyak padahal tidak sehabis keramas atau berkeringat. Hal itu merupakan salah satu ciri-ciri rambut lepek. (Baca juga: cara mengatasi rambut berminyak)

3. Rambut Lepek Akan Menggumpal dan Kusut

Ciri-ciri rambut lepek yang selanjutnya adalah rambut akan menggumpal dan menyebabkan kusut. Rambut menggumpal disebabkan penumpukan kandungan berlibih pada helaian rambut. Sehingga menyebabkan rambut saling menempel dan berpilin. Akibatnya rambut Anda akan menjadi kusut. (Baca juga: cara mengatasi rambut kaku)

4. Rambut Lepek Akan Sulit Diatur atau Ditata

Bagi Anda yang memiliki rambut lepek mungkin Anda akan mengalami rambut Anda menjadi kusut. Sehingga menyebabkan rambut susah diatur. Selain itu, juga rambut lepek menyebab Anda tidak leluasa mengganti gaya rambut Anda. Hal itu disebabkan rambut yang lepek akan sangat tipis dan susah sekali untuk dimodel. Butuh banyak waktu atau usaha agar membuatnya lebih bervolume sehingga memudahkan kita membentuk rambut menjadi model apa yang kita inginkan. Jadi, ketika rambut Anda sudah mulai susah di atur atau di tata karena tidak mengembang secara alami. Sebaiknya Anda sudah harus waspada karena ini merupakan ciri-ciri rambut lepek. (baca juga: Tips Membuat Masker Rambut)

Sponsors Link

5. Rambut Lepek Akan Mengalami Kerontokan

Ciri-ciri rambut lepek yang sepanjutnya adalah rambut akan mengalami kerontokan. Rambut lepek akan mengalami kerontokan karena rambut menjadi rambut. Gumpalan minyak yang berlebih pada rambut mengakibatkan terganggunya penyerapan nutrisi yang dibutuhkan oleh rambut. Sehingga rambut menjadi sangat rapuh dan mudah rontok. Sebenarnya kerontokan pada rambut rontok bukan terjadi pada akar rambut. Melainkan rambut rontok karena patah pada bagian rambut.

Kondisi rambut yang rapuh karena kekurangan nutrisi menyebab rambut patah pada bagian batang rambut. Jadi, tidak semua masalah rambut rontok disebabkan oleh akar rambut yang tidak kuat. Kondisi batang rambut yang rapuh juga dapat menyebabkan kerontokan. (Baca juga: masker rambut untuk rambut rontok)

6. Rambut Lepek Akan Berketombe

ads

Rambut lepek disebabkan oleh kandungan minyak yang berlebih. Akibat rambut Anda akan dalam kondisi lembab. Sehingga ciri-ciri rambut lepek Anda akan rentan ditumbuhi ketombe. Kandungan minyak berlebih pada rambut mengakibatkan kotoran mudah menempel pada rambut dan pH rambut akan berubah. Sehingga rambut Anda akan berketombe. (Baca juga: cara menghilangkan ketombe)

7. Rambut Lepek Akan Terasa Gatal

Rambut yang lepek kandungan minyak berlebih. Sehingga dapat mengakibatkan kotoran dan debu dapat menempel pada rambut Anda. Ketika kotoran dan debu menempel semakin banyak dan membentuk kerak. Hal itu akan mengakibat rambut Anda rentan terjangkit bakteri atau jamur di kulit kepala. Sehingga menimbulkan gatal-gatal di kepala. Jadi, Anda harus waspada betul bila rambut Anda sudah mengalami ciri-ciri rambut lepek ini. Karena biasanya ciri-ciri rambut lepek ini terjadi ketika kerusakan rambut sudah berada pada tahap yang mengkhawatirkan. (Baca juga: cara menghilangkan gatal di kepala)

Baca juga:

8. Rambut Lepek Akan Berbau Kurang Sedap

Ciri-ciri rambut lepek yang sudah memasuki tahap serius adalah rambut berbau kurang sedap. Jika Anda mulai mencium rambut Anda berbau apek atau kurang sedap. Hal ini merupak pertanda bau tingkat minyak pada helain rambut Anda sudah parah. Sehingga menimbulkan bau yang tidak sedap pada rambut Anda. Mungkin bagi Anda tidak menyadari ciri-ciri rambut lepek ini karena hal ini banyak diketahui oleh rekan atau teman dekat Anda.

Jadi, jika Anda mendapat kritikan atau desas-desus dari rekan Anda bahwa rambut Anda berbau apek sebaiknya Anda mesti segera melakukan perawatan rambut. Karena tidak inginkan hal ini mengganggu penampilan Anda dan merusak kepercayaan diri Anda, berikut yang menyebabkan rambut berbau kurang sedap sebagai berikut:

  • Nah, itu tadi beberapa ciri-ciri rambut lepek yang mesti Anda ketahui. Sehingga ketika Anda mendapati salah satu atau beberapa ciri-ciri rambut lepek tersebut pada rambut Anda. (baca juga: Cara Mengikat Rambut Panjang)
  • Sebaiknya mulailah peduli dengan kesehatan rambut Anda. Melakukan perawatan rambut tidaklah harus selalu di lakukan di salon.
  • Anda juga bisa melakukan sendiri di rumah dengan cara yang paling sederhana dan simpel. Perawatan rambut juga bisa menggunakan bahan-bahan alami dan bisa Anda jumpai dengan mudah di rumah atau toko swalayan terdekat. Jadi, mulailah untuk peduli dengan kesehatan rambut Anda. (baca juga: Cara Membuat Rambut Curly Tanpa Alat)

Rambut Anda mahkota alami dari Tuhan yang diberikan secara gratis tanpa dipungut biaya. Rawatlah rambut Anda sebagai tanda syukur atas anugrah dari Tuhan. Kenali ciri-ciri rambut lepek yang disebutkan tadi agar Anda dapat mencegah kerusakan rambut yang semakin parah akibat rambut lepek.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Wednesday 26th, July 2017 / 02:39 Oleh :
Kategori : Kesehatan Rambut