Sponsors Link

8 Cara Mewarnai Rambut Sendiri Tanpa Bleaching

Sponsors Link

Cara Mewarnai Rambut Tanpa Bleaching

ads

Proses pewarnaan rambut memang menarik semua orang, termasuk ke mereka yang senang mengubah suasana dengan memperbaiki atau mengganti penampilan dengan waktu yang berbeda dan juga cara yang unik. Mewarnai rambut sendiri sudah menjadi tren sejak lama. Maka dari itu semakin modern maka semakin banyak proses dan cara mewarnai dengan sistem yang sangat canggih dan beragam.

Namun sebelum melakukan pewarnaan rambut maka akan ada hal yang disebut bleaching. Apa itu bleaching? bleaching merupakan memudarkan warna pigmen rambut. Proses ini dilakukan agar pewarnaan memiliki hasil yang sempurna. Meski begitu, bukan berarti hal tersebut tidak bisa dicegah dan diatasi. Sejak sebelum melakukan bleaching rambut, kamu sudah harus memikirkan perawatan seperti apa yang harus kamu lakukan setelahnya.

Ketika anda ingin melakukan bleaching, maka ada beberapa tahapan yang harus kamu lakukan. Diantaranya adalah :

  • Kondisi rambut, dalam memperhatikan bentuk dan tampilan jika anda ingin melakukan proses bleaching rambut. Terkadang rambut yang sudah berbentuk kering dan mudah sekali terkena rontok dan penyebab lainnya, jangan untuk dipaksakan untuk bleaching rambut atau rambut anda akan semakin parah rusaknya.
  • Pemilihan Warna, jika saat anda mempunyai tampilan warna yang sudah anda pilih dan sudah memiliki warna tampilan yang baru untuk anda, Saat memilih warna rambut baru, baiknya sesuaikan dengan warna kulit.
  • Perawatan Ekstra, bentuk dari rambut yang sudah anda ingin warnai dengan banyak warna tertentu anda perlu perhatikan dengan juga melakukan perawatan rambut. (baca juga: Cara Agar Rambut Cepat Panjang)

Baca juga:

Cara Mewarnai Rambut Tanpa Proses Bleaching

Semua bahan kimia diatas yang sudah disebutkan terdapat dalam bleaching dapat menyebabkan gangguan pada kesehatan sehingga lebih baik hindari untuk menggunakan bleaching jika khawatir dengan resiko yang dapat ditimbulkan. Salah satu teknik pewarnaan rambut adalah teknik bleaching yang dapat mengubah warna asli rambut sehingga cat rambut dapat meresap kuat pada rambut. Teknik dapat merusak rambut meskipun dapat menjadikan warna rambut menjadi lebih keren dan jauh dari warna asli rambut. Bleaching akan semakin merusak rambut jika didampingi dengan blow dry yang banyak diminati untuk memperindah penampilan rambut, sebagai berikut caranya:

  1. Memilih Warna

Memilih warna merupakan cara pertama untuk melakuakn cara mewarnai rambut tanpa bleaching yang bisa anda lakukan untuk bisa menggunakan cat rambut tanpa harus menggunakan bleaching. Nah, memilih warna merupakan tips yang benar dan juga bisa dilakukan oleh banyak orang yang menggunakan cat rambut. Misalnya jika anda memiliki rambut yang gelap, jika ingin memiliki warna yang hijau terang maka anda harus benar-benar memilih warna hijau yang benar-benar highlight sehingga ketika diaplikasikan maka warnanya muncul tanpa harus menghilangkan pigmen anda.

Kalau kamu memiliki sesuatu warna rambut alami yang gelap atau kamu sebelumnya pernah mengecat rambutmu dengan warna gelap seperti espresso brown, kemudian kamu ingin mewarnai rambutmu dengan warna yang lebih terang, pilihlah cat rambut dengan warna pilihanmu pada shade yang sangat terang. Misalnya, kamu ingin mewarnai rambutmu menjadi merah, maka kamu bisa membeli cat rambut warna merah yang terangnya 1 – 2 tingkat di atas warna merah yang kamu inginkan.

2. Jaga Kealamian Rambut

Tahukah kamu, kalau Osmond Kitrana selaku brand manager salah satu manager terkenal di sebuah salon, rambut yang selalu belum melakukan pewarnaan dengan cat atau lainnya akan lebih bagus tanpa melakukan bleaching rambut. Jadi kalian yang baru pertama kali untuk mewarnai rambut akan lebih mudah dan simple untuk anda buat dan gunakan dirumah anda dengan mudah. 

3. Lakukan Toning

Sementara bentuk mewarnai rambut yang sering atau sudah pernah anda lakukan ini juga akan membuat warna rambut yang dulu lebih cepat warnanya lebih nempel dibandingkan dengan warna rambut anda yang dulu. Bleaching sebenarnya mempunyai fungsi yang bagus untuk membuat tampilan rambut anda cat menjadi lebih bagus warnanya dan kelihatan lebih natural aslinya. Agar bisa mencapai fungsi rambut yang bagus dan bentuknya bisa sesuai dengan warna yang anda inginkan. Nah, untuk mencapai fungsi yang sama seperti bleaching, kamu bisa melakukan toningToning yang mempunyai teknik yang bersifat korektuf untuk menghasilkan warna rambut yang sangat sesuai dan bentuk rambut yang bisa membuat rambut menjadi warna yang paling utama. (baca juga: Model Rambut Pria Sesuai Bentuk Wajah)

4. Jangan Keramas 

Sponsors Link

Sebelum mulai melakukan mewarnai rambut, sebaiknya kamu jangan melakukan keramas. Rambut masih belum layak untuk dilakukan untuk keramas ternyata mempunyai kandungan yang mengandung naturally oil yang sangat bagus untuk diproduksi dalam kulit kepala anda. Bentuk minyak yang alami dan natural ini justru mampu menjaga dan melindungi anda dari perlindungan yang sangat alami untuk rambut anda. Dengan hanya cukup sisir rambut dengan rapi sebelum anda melakukan berangkat saat anda mulai untuk mewarnai rambut anda. 

5. Gunakan Hair Chalk 

Ada yang namanya hair chalk. Hair chalk adalah apakah gaya rambut Anda membosankan, atau apakah Anda sudah jenuh dengan penampilan yang itu-itu lagi, salah satu alternatif oke untuk proses mewarnai rambut, dan tanpa harus melakukan bleaching. Proses bleaching terutama jika anda biasanya telah melewati hal yang menyenangkan atau mempersiapkan diri untuk berbagai acara penting maka gaya rambut bisa jadi hal yang paling penting untuk pria. Proses dari bentuk mewarnai rambut bila anda menggunakan hair chalk kamu harus menciptakan bentuk yang sangat bagus dan selalu bentuk bagus samanya. Jika anda liat warna rambut hitam akan bagus warnanya karena banyak cara yang bagus untuk tutorial bentuk rambut dengan teknik ini. (baca juga: Model Rambut Pria Berponi)

6. Sampo Khusus 

Khusus jenis-jenis shampoo yang mempunyai warna rambut agar terlihat bagus anda bisa dapatkan dibeberpa toko salon dan yang berbau menjual tentang perawatan rambut. Apabila diformulasikan bila menggunakan warna rambut dengan protection agar rambut menjadi terlihat shiny atau berkilau alami. Apabila anda tidak merasa cukup dengan bentuk shampo anda juga bisa menggunakan bentuk pewarnaan rambut apa saja yang tidak masalah. Pelengkap yang memberikan asli dari pewarnan rambut dengan bentuk hasil rambut yang terbaik dan dilengkapi dengan shampo yang khusus dan sangat awet untuk bisa anda bleaching.

7. Jangan Menggunakan Pemanas 

Jika bentuk dalam catok yang anda buat harus anda bentuk dalam membentuk beberapa wanita harus dibuat dalam smoothing juga anda bisa membentuk hanya sekedar mencatok, dan juga anda bisa melakukan cat rambut dengan penampilan bentuk rambut yang baru dan kualitas yang maksimal. Menggunakan pewarna rambut kimia saja sudah beresiko merusak kesehatan rambut, apalagi ditambah dengan mencatoknya. Jika tetap menghendaki untuk mencatok rambut, sebaiknya gunakan heat protector pada rambut untuk mencegah kerusakan yang lebih parah.

Jika rambut anda sudah menjadi rapi dan sudah menjadi berkilau bagus rupanya anda bisa memberikan jarak kurang lebih dari 8 minggu untuk mulai mewarnai rambut anda kembali. Ini dikarenakan akan membuat rambut anda tidak akan rusak, kering maupun juga patah-patah.

Artikel lainnya:

8. Gunakan Kondisioner

Setelah anda mulai keramas bentuk kutikula yang ada pada cara mewarnai rambut tanpa bleaching anda juga mempunyai resiko yang harus anda ketahui karena adanya paparan matahari yang sangat menyengat bagi rambut anda lebih besar efeknya. Anda bisa mengatasi masalah ini dengan menggunakan kondisioner setelah anda keramas agar bisa menjaga terus kilauan rambut anda menjadi bisa lebih bagus dan bentuknya lebih indah selalu. 

Perawatan yang dilakukan setelah mendapatkan warna yang sesuai harus juga dilakukan perawatan agar warna tetap bertahan lama sebagai berikut:

1. Cuci Rambut

ads

Setelah kamu mendapatkan warna yang kamu inginkan, segeralah mencuci rambutmu dengan shampo dan dilanjutkan dengan penggunaan kondisioner untuk merawat rambutmu. Apabila setelah rambut kamu sudah dicuci, keringkan rambutmu secara alami saja dan hindari penggunaan hair dryer supaya rambutmu tidak menjadi kering. (baca juga: Cara Menghilangkan Ketombe)

2. Kelebihan dan Kekurangan Bleaching

Kelebihan dari belaching sudah jelas memudahkan anda untuk mewarnai rambut dan juga mencoba untuk menampilkan warna dari bleaching yang ada. Meskipun sudah menggunakan bahan kimia namun pigmen yang ada pad arambut kita merupakan buatan Tuhan yang sudah jelas sangat kental dan juga kuat. Nah, bleaching ini bisa memudarkan bukan menghilangkan namun memudarkan saja. Hal ini karena bleaching tidak masuk hingga ke bagian dalam akar di kepala.

3. Kekurangan Bleaching

Jika rambut tidak menggunakan bleaching, Teknik bleaching adalah salah satu teknik pewarnaan rambut yang akan membuat rambutmu menjadi kering, tipis dan bercabang. Kerusakan rambut itu muncul karena bleaching atau pemutihan rambut ini akan merusak pigmen dan lapisan dari rambut kamu. (baca juga: Cara Mengatasi Rambut Rontok dan Ketombe)

Jadi jika kamu tidak menggunakan teknik ini, maka rambut kamu tidak akan terlalu rusak dibandingkan dengan mewarnai rambut dengan menggunakan teknik bleaching sebelumnya. Meski begitu tetap saja ada saja dampak bahaya apabila anda sering melakukan bleaching sebagai berikut:

  1. Kanker Payudara
  2. Kelainan Janin
  3. Alergi
  4. Iritasi
  5. Terganggunya Hormon
  6. Kanker Kekebalan Tubuh

Semua bleaching mengandung bahan kimia yang berbahaya bagi kesehatan tubuh dan dapat memicu berbagai penyakit. Berikut adalah beberapa informasi bahaya bahan kimia dalam bleaching:

  1. Isopropil Alcohol
  2. Propylene Glycol
  3. Polythylene Glycol
  4. SLS (Natrium Laurel Sulfat) & SLES (Sodium Laureth Sulfat)
  5. Dietanolamina, Trietanolamina & Momoethanolamine
  6. Warna Pigmen C & FD
  7. Formaldehida

Tahapan Cara Bleaching Alami Rambut di Rumah

Bagaimana? Apakah kamu masih mau melanjutkan untuk melakukan proses bleaching pada rambutmu? Kalau kamu sudah siap dengan konsekuensinya, kamu bisa mengikuti langkah-langkah melakukan bleaching rambut di bawah ini:

1. Cuci Rambut

Bentuk proses dalam mewarna rambtu anda ini tidak hanya untuk menyarankan dalam mencuci rambut dalam bentuk proses pewarnaan dan juga bentuk bleching pada rambut anda. Setelah itu cobalah untuk mencuci rambut anda lalu jangan menggunkan kondisioner. Keringkan rambut, namun jangan sampai terlalu kering biarkan ramut basah sedikit saja, lalu sisir rambut sampai rapi agar rambut yang kusut menjadi rapi kembali.

2. Siapkan Produk Bleach

Alat dan bahan yang harus kamu siapkan dan perlukan untuk cara mewarnai rambut tanpa Bleaching yaitu adalah bubuk blech dan prexide 20ovol yang sekitar antaranya 6% bahan ini banyak dijual di tempat salon. Setelah anda mendapatkannya campurkan kedua bahan dengan masing-masing 1 sendok makan.

Jika anda mau tampilan rambut warna anda menjadi lebih bagus lagi, kamu bisa membuat pada hasil akhir rambut menjadi lebih cerah dan tingkat lebih cepat dnegan menggunakan peroxide 3ovol sekitar 9%, bila kamu ingin benar-benar rambut anda menjadi bagus bisa ditambahkan kadarnya. Namun, apabila semakin banyak peroxide dirambut anda akan membuat rambut anda menjadi rusak. (baca juga: Model Rambut Pria Untuk Wajah Bulat)

3. Bagi Rambut

Bentuk rambut kamu juga harus dibentuk dan dibagi menjadi 3 bagian agar bentuk mudah diproses dan bentuk. Sisi kanan, kiri tengah maupun sisi belakang untuk dibuat menjadi 3 bagian bentuk rambut anda. Mulailah untuk mewarnai rambut anda pada bagian awal dan setelah selesai lanjut ke bagian selanjutnya sampai selesai.

4. Proses Bleaching

Sponsors Link

Setelah kamu melakukan tahap yang sudah diselesaikan diatas anda lanjut melakukan tahap langkah selanjutnya yau yaitu dengan mengoleskan krim bleaching yang awalnya mulai dari bagian tengah dan lanjut ke arah bagian belakang terlebih dahulu. Anda bisa mampu mengoleskan rambut anda sekitar 2 sampai 3 cm ke daerah pangkal rambut anda dan jangan sampai terkena pada kulit kepala anda. Apabila semua proses dan langkah sudah selesai untuk dilakukan , anda harus masih menyiapkan dan melakukan tahap-tahap berikutnya yaitu dengan membungkus rambut dengan rapi sesuai dengan bagian-bagian rambut dengan membelah dua bagian.

Perubahan ini akan terlihat setelah 15 menit kemudian warna rambut anda akan mengalami perubahan dengan sendirinya. Setelah ini mungkin kamu bisa membuat dengan cara bentuk yang kamu inginkan dalam tahap mewarnai rambut ini, Mungkin kamu bahkan memerlukan beberapa tahap bleaching karena kamu menginginkan warna yang sangat terang.

Artikel lainnya:

5. Menetralkan Warna

Jika bentuk rambut anda mempunyai warna yang terlalu dengan warna orange, dan anda ingin sekali menghapus warna orange pada rambut anda dan menggubah warna rambut anda dengan yang lain ini cukup mudah dengan anda membuat rambut anda menjadi hitam kelap dan alami sempurna. Setelah itu kamu bisa campur beberapa kondisioner dengan cat biru agar supaya bagus warna rambut anda menjadi kembali lebih normal. Rambut dipijat kurang waktunya sekitar 1 sampai 2 menit lamanya sampai rata semua terkena bahan campurannya tadi. Jangan mendiamkannya terlalu lama ini akan membentuk jelek pada bentuk rambut anda karena rambutmu justru berubah menjadi berwarna kebiruan.

Perawatan rambut bleaching, jika sudah kepalang dibleaching maka anda bisa melakukan perawatan. diantaranya:

  • Manfaat yang sangat bagus dan bentuknya sangat luas untuk bisa membuat anda cantik pada penampilan anda, bisa anda lakukan dengan menggunakan minyak zaitun yang mempunyai kandungan dan nutrisi yang baik untuk kesehatan rambut. Lalu, usapkan rambut dengan dua sendok dari minyak zaitun pada kulit kepala anda, setelah itu pijat pelan-pelan dan diamkan selama 20 sampai 30 menit. 
  • Bentuk pisang dan yang sangat baik selain dari konsumsi pisang, bentuk rambut bebas ini mempunyai bentuk dari masalah sendiri yaitu adalah masalah rambut kering dan bentuk rambut yang rusak ini karena penggunaan dari cara merata sampai ujung menjadi rambut cantik dan terawat. Bentuk rambut yang secara bisa merata didiamkan selama 20 menit, dan lakukan perawat ini selama 2 kali dalam seminggu untuk menghasilkan bentuk rambut yang sangat bagus.
  • Bila anda selalu lupa anda ingin melakukan warna apa pada rambut anda, karena rambut anda kering dan mudah cepat rontok. Anda bisa mengatasi bentuk rambut anda dengan menggunakan warna rambut yang alami dengan campuran madu. Setelah itu anda bisa ambil bebrapa 2 sampai 3 tetes madu, setelah itu bisa anda campurkan dengan shampo dan kondisionet agar rambut bisa menjadi lebih bagus dan lebih baik lagi. 
  • Dari penggunaan hair dryer dan juga catokan bisa lebih rentan jika dibentuk pada proses bentuk penataan rambut, bila anda libatkan dalam bentuk warna dan proses yang lebih rentan Rambut yang diwarnai memang lebih rentan pada proses penataan rambut, juga beberapa dari penggunaan dari alat-alat tersebut dengan juga menggunakan serum untuk rambut-rambut yang khusus lalu mulai untuk menata bentuk model rambut yang sesuai anda ingin tampilkan. 
  • Setelah itu biasanya rambut anda akan terlihat kusam dan kering biasanya ini dikarenakan karena penggunaan cat yang sering terlalu sering dan banyak takarannya. Jika anda mempunyai bentuk rambut yang mudah rusak lebih baik gunakan serum-serum yang memang khusus untuk rambut saat anda mulai mewarnai rambut, agar rambut menjadi sehat dan tidak cepat pudar jadinya.

Itulah berbagai info mengenai bleaching. Meskipun bagus dan juga menguntungkan anda namun anda akan mengalami hal yang berbalik dan menghasilkan hal yang buruk nantinya. Maka dari itu, bleaching baiknya di jauhkan dan untuk anda yang tetap ingin mewarnai rambut silahkan menggunakan tips diatas.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Tuesday 08th, August 2017 / 09:27 Oleh :
Kategori : Tips Rambut