Sponsors Link

14 Cara Merawat Rambut Sambungan Agar Kuat dan Tahan Lama

Sponsors Link

Cara merawat rambut sambungan selalu memiliki daya tarik tersendiri, sehingga banyak wanita yang selalu menginginkannya. Mudah bagi mereka yang memiliki rambut panjang atau bahkan tidak mengalami kesulitan untuk memanjangkan rambut, sebab sebagian orang memang memiliki tipe rambut yang terbilang mudah panjang. Untuk memanjangkan rambut dengan cara alami, cara memanjangkan rambut dengan lidah buaya bisa dijadikan sebagai pertimbangan. Namun bagi kamu yang termasuk sulit untuk memanjangkan rambut, hal ini tentu menjadi sebuah tantangan tersendiri. Menyambung rambut tentu menjadi pilihan, terutama jika kamu memang sangat menginginkan untuk segera memiliki rambut panjang.

ads

Melakukan cara merawat rambut sambungan akan mengubah penampilan kamu secara drastis, terutama jika selama ini kamu memang terbiasa memiliki rambut yang pendek saja. Namun hal ini tentu harus dilakukan di salon profesional, agar berbagai masalah rambut tidak menghampirimu kamu setelah proses ini. Selain itu, melakukan perawatan juga menjadi hal wajib lainnya, sebab rambut sambungan akan membutuhkan perawatan khusus agar rambut sambungan bisa awet dan tidak rusak. Jika rambut kering dan bermasalah setelah proses penyambungan rambut, atasi dengan cara mengatasi rambut kering yang tepat.

Berikut ini adalah beberapa cara merawat rambut sambung yang bisa kamu lakukan, agar rambut sambung kamu tetap awet dan tidak bermasalah:

1. Rawat Kebersihan Rambut Dengan Cara yang Tepat

Sebagaimana rambut panjang alami, rambut panjang sambungan juga membutuhkan perawatan yang baik, terutama dalam masalah kebersihan. Jika rambut sambungan tidak bersih, maka rambut ini akan lebih mudah kusut dan sulit untuk diatur, hal ini bisa saja menyebabkan rambut rontok dan bahkan membuat penampilan kamu menjadi acak-acakan. (baca juga: Cara Membuat Rambut Bervolume)

2. Sisir Dengan Cara yang Benar

Berbeda katika menyisir rambut panjang alami, rambut sambung justru akan membutuhkan teknik penyisiran tersendiri. Jika salah menyisir, maka rambut sambung bisa saja kusut atau bahkan menjadi keriting pada beberapa bagian. Untuk itu, selalu sisir secara teratur dan perlahan. Gunakan sisir yang tidak terlalu rapat saat menyisir rambut sambung, agar rambut tidak patah atau bahkan terpisah dari yang lainnya. Hindari juga untuk menyisir rambut saat basah, sebab hal ini bisa menimbulkan kerontokan.

Baca juga:

3. Cuci Rambut Secara Teratur

Tidak terlalu sering, namun tidak pula jarang. Keramaslah rambut 3 kali dalam seminggu, sehingga rambut tetap bersih dan tidak kusut. Hindari untuk mencuci rambut terlalu sering, sebab ini bisa menyebabkan rambut menjadi kering dan rontok. (baca juga: Model Rambut Keriting Gantung)

4. Hindari Keramas Dengan Air Hangat

Jika selama ini kamu senang keramas dengan menggunakan air hangat, maka sejak menggunakan rambut sambung hal ini harus ditinggalkan. Lem yang digunakan untuk merekatkan rambut sambung pada rambut aslimu akan mudah rusak ketika terkena air hangat, dan hal ini bisa membuat rambut sambungan menjadi rontok atau bahkan lepas dari rambut asli kamu.

5. Gunakan Shampo yang Lembut

Cara merawat rambut sambungan biasanya akan lebih mudah kering dan membutuhkan perawatan yang maksimal untuk tetap membuatnya terasa lembut. Hindari penggunaan shampo yang keras dan mengandung banyak bahan kimia, sebab ini bisa saja memicu rambut kering. Selalu gunakan produk shampo yang lembut dan mengandung lebih banyak bahan alami, agar rambut tetap sehat. (baca juga: Model Rambut Bob)

6. Terapkan Kondisioner Dengan Tepat

Sponsors Link

Bukan hanya shampo saja, kamu juga perlu menggunakan kondisioner untuk membuat rambut kamu tetap lembut. Hal ini sangat penting, terutama untuk bagian ujung rambut sambung yang biasanya akan lebih kering dari bagian lainnya. Penting untuk menerapkan kondisioner ini dengan cara yang tepat, agar tidak menimbulkan masalah bagi rambut. Hindari area kulit kepala, sebab kondisioner bisa menyebabkan masalah ketombe pada kulit kepala. Terapkan kondisioner setelah menggunakan shampo, mulailah pada bagian rambut hingga ujungnya saja.

7. Hindari Mengikat Rambut Terlalu Kencang

Mengikat rambut terlalu kencang juga bisa merusak rambut sambungmu, terutama jika kamu menggunakan karet rambut yang keras pada rambut tersebut. Hindari hal ini, atau jika terpaksa melakukannya, gunakan karet rambut yang lembut dan ikatlah rambutmu dengan longgar saja. (baca juga: Cara Menghilangkan Ketombe Dengan Garam)

8. Gunakan Serum / Pelembab Lainnya

Untuk sebagian orang, terkadang kondisioer saja tidak akan cukup untuk melembutkan rambut dan membuatnya lentur. Jika kamu mengalami masalah ini, maka gunakan juga serum / pelembab rambut lainnya yang diterapkan langsung pada rambut tanpa perlu dibilas kembali. Serum akan membuat rambut lebih kuat dan terasa lentur sepanjang waktu.

9. Gunakan Tonik Untuk Rambut yang Lebih Kuat

ads

Rambut asli kamu tentu membutuhkan perawatan juga, mengingat rambut ini digunakan untuk “menopang” rambut sambungan kamu sepanjang waktu. Penting untuk menjaga kekuatan rambut asli ini, agar tidak rontok dan menimbulkan masalah pada rambut sambungan kamu. Gunakan tonik rambut secara teratur, agar rambut menjadi lebih kuat dan tidak mudah rontok. Jika rambut aslimu kuat dan tidak bermasalah, maka rambut sambungan akan tetap aman dan bisa bertahan lebih lama di sana. (baca juga: Cara Menghilangkan Ketombe)

10. Keringkan Dengan Cara yang Benar

Mengeringkan rambut setelah keramas dengan menggunakan handuk merupakan hal yang dilakukan oleh kebanyakan orang, barangkali termasuk kamu juga. Namun sangat penting untuk memahami cara yang benar, sebab hal ini bisa saja merusak rambut sambunganmu. Gunakan handuk yang lembut dan bersih, lakukan dengan cara yang lembut dan tidak kasar agar rambut tidak rusak. Hindari menggosok rambut terlalu keras, sebab hal ini bisa membuat rambut kering atau bahkan rusak.

Baca juga:

11. Lakukan Perawatan Rutin di Salon

Setidaknya sebulan sekali, kamu harus mendatangi salon dan melakukan perawatan rutin di sana. Rambut sambungan harus dicek kembali dan diperbaiki jika ada bagian sambungan yang rusak / lepas. Hal ini akan membuat rambut tetap terlihat rapi dan tidak membuat penampilanmu acak-acakan. Hal ini juga akan membantu kamu menghindari berbagai masalah pada rambutmu, sebab bisa saja beberapa bagian rambutmu kusut akibat perawatan yang tidak tepat selama sebulan terakhir.

12. Sisir Rambut Sebelum Tidur

Masalah rambut kusut akan lebih banyak terjadi sepanjang malam, ketika kamu tidur. Untuk itu, selalu sisir rambutmu sebelum tidur dengan rapi, sehingga rambut kusut tidak menghampirimu di pagi harinya. (baca juga: Model Rambut Pria Sesuai Bentuk Wajah)

13. Hindari Paparan Sinar Matahari Langsung

Bagi kamu yang memiliki rambut sambungan, masalah rambut kering tentu menjadi salah satu masalah yang kerap kamu alami. Lakukan perlindungan ekstra pada rambutmu, agar masalah rambut kering tidak menghampirimu. Hindari paparan sinar matahari langsung pada rambutmu, sehingga rambutmu tidak kering atau bahkan mengalami kerusakan. Kamu bisa menggunakan topi atau payung saat beraktifitas di luar ruangan, agar rambutmu tidak rusak dan kering.

14. Hindari Mengecat Rambut

Selama kamu menggunakan rambut sambung, ada baiknya kamu menghindari proses pengecatan / bleaching rambut. Proses ini membutuhkan cara yang detail pada rambut, termasuk menyisir dan memisahkan setiap lapis rambut dengan sisir. Proses seperti ini bisa saja merusak rambut sambung kamu, terutama jika kamu menggunakan lem untuk rambut tersebut.

Menyambung rambut kerap menjadi pilihan banyak orang, agar bisa memiliki rambut yang panjang. Rawat rambut sambunganmu dengan cara yang tepat, agar rambut tersebut lebih awet dan bisa membuatmu tampil lebih menawan.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Friday 07th, July 2017 / 06:17 Oleh :
Kategori : Perawatan Rambut