Sponsors Link

28 Cara Merawat Rambut Kering dan Mengembang Pada Pria Dengan Alami

Sponsors Link

Rambut adalah salah satu anggota tubuh Pria yang perlu dijaga dan dirawat kesehatannya. Tidak seperti Wanita yang terkadang menutupi rambut mereka dengan penutup kepala, Pria menunjukkan rambutnya di depan umum. Itulah mengapa, Pria perlu menjaga kebersihan dan kesehatan rambutnya sehingga tidak akan merasa malu menunjukkannya di depan umum. Rambut harus sering dirawat dan dilakukan treatment karena sewaktu-waktu rambut bisa saja mengalami masalah-masalah seperti kering, kusam, rontok dan bahkan mengembang (baca juga: Cara Melemaskan Rambut).

ads

Masalah-masalah ini terjadi apabila Pria tidak terlalu memperhatikan rambutnya, terutama ketika mereka memiliki aktivitas di luar ruangan. Beraktivitas diluar ruang tidaklah sehat untuk rambut. Harus terpapar matahari, mendapat kontak dengan debu, udara kotor dan lain sebagainya. Ketika Anda sering bekerja dan beraktivitas diluar ruang, hendaknya Anda menggunakan styling product untuk rambut sebelum berangkat, seperti minyak rambut, produk pelindung panas, dan sebagainya.

Cara Menutrisi dan Merawat Rambut Dengan Bahan-Bahan Alami

Jika tidak, rambut Anda akan menjadi kering, kusam, kotor dan berketombe. Rambut kering kusam nantinya akan menjadi akar masalah-masalah rambut lainnya, yaitu rambut menjadi mengembang, mudah patah dan rontok. Itulah mengapa, bagi Pria yang memiliki rambut kering kusam karena aktivitas diluar ruangan, Anda harus mengikuti beberapa langkah dibawah ini yaitu cara merawat rambut bergelombang bagi Pria. Inilah cara yang mudah untuk merawat langkah awal rambut untuk bermasalah seperti kering dan mengembang, sebgai berikut:

  1. Menggunakan Cuka Apel

Cara merawat rambut kering dan mengembang dengan cuka apel selama ini diketahui sebagai minuman untuk diet. Namun disamping manfaatnya untuk kesehatan, cuka apel juga bermanfaat untuk perawatan rambut. Cuka apel tersedia di beberapa toko dan apotik. Tetapi jika Anda tidak meragukan bahan yang digunakan untuk produk cuka apel tersebut, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Langkah-langkah untuk membuat cuka apel adalah:

  • Siapkan buah apel yang masih segar. Cuci buah apel hingga bersih dan potong menjadi kecil-kecil tanpa mengupas kulitnya terlebih dahulu.
  • Rendam selama beberapa menit. Tambahkan gula pasir di dalamnya. Diamkan selama beberapa minggu hingga tumbuh jamur. Bersihkan jamur dari rendaman bila mulai ada yang tumbuh.
  • Masukkan air hasil rendaman kedalam toples dan tutup rapat-rapat.
  • Simpan cuka apel pada tempat yang bersuhu ruang dan berventilasi cukup. (baca juga: Cara Menebalkan Rambut)

Setelah cuka apel telah siap, Anda dapat menggunakannya untuk perawatan rambut Anda sehari-hari. Langkah-langkah perawatan rambut menggunakan cuka apel:

  • Campur cuka apel dan air dengan perbandingan 1:1.
  • Usapkan pada rambut secara rata.
  • Diamkan sejenak hingga cuka apel pada rambut meresap dan mongering.
  • Bilas rambut dan cuci rambut dengan shampoo hingga tidak ada bau yang tertinggal.

Artikel lainnya:

  1. Menggunakan Madu

Madu memang seringkali digunakan untuk perawatan rambut mengembang (baca juga: Cara Merawat Rambut Agar Lurus). Langkah-langkah dibawah ini adalah cara perawatan rambut mengembang menggunakan madu:

  • Siapkan madu murni dan asli tanpa adanya campuran atau tambahan bahan aditif sebelumnya.
  • Usapkan pada rambut setiap kali selesai keramas. Gunakan sebagai conditioner.
  • Bilas rambut setelah didiamkan selama beberapa menit.
  • Lakukan secara rutin agar rambut Anda menjadi lebih lembut dan tidak mengembang.
  1. Menggunakan Minyak Rambut (Minyak Zaitun)
Sponsors Link

Pemanfaatan minyak rambut atau minyak zaitun untuk rambut sudah bukanlah hal yang asing lagi. Minyak rambut bersifat licin dan diperkaya untuk menutrisi dan menyehatkan kulit kepala. Gunakan minyak rambut dalam keadaan yang sudah dipanaskan agar hasil yang didapatkan maksimal. (baca juga: Cara Mengeringkan Rambut)

  1. Menggunakan Minyak Wijen

Minyak wijen adalah spesialis minyak yang diperuntukkan untuk tipe-tipe rambut kering kusam. Penggunaan minyak wijen ini dikombinasi dengan parutan jahe lalu diusapkan kepada kulit kepala dan rambut. Untuk membuat minyak wijen alami sendiri, lakukan hal – hal di bawah ini:

  • Siapkan biji wijen untuk diproses. Estimasi jumlah biji wijen yang dibutuhkan. Biasanya sekiitar 6 kilogram biji wijen akan menghasilkan sekitar 2 liter minyak wijen. (baca juga: Cara Blow Rambut Sendiri)
  • Sangrai biji wijen yang telah dibersihkan selama kurang lebih 10-15 menit. Perhatikan tingkat kepanasannya, karena biji wijen yang terlalu kehitaman tidak akan dapat diproses menjadi minyak wijen.
  • Giling sangraian biji wijen menggunakan mesin penggiling. Anda dapat menggunakan alat apapun yang dapat membuat biji wijen menjadi lembut.
  • Tekan hasil penggilingan menggunakan mesin pengempresan. Proses ini akan menghasilkan minyak wijen. Pisahkan minyak wijen yang murni dan ampasnya.
  • Lalui beberapa proses yang dapat menghasilkan minyak wijen yang lebih murni.
  • Simpan pada container atau toples yang tertutup rapat.

Perawatan rambut menggunakan minyak wijen dapat Anda lakukan melalui hal-hal berikut ini:

  • Siapkan minyak wijen sebanyak yang Anda butuhkan.
  • Campur dengan parutan jahe secukupnya.
  • Oleskan pada rambut secara merata.
  • Pijat rambut dan kemudian diamkan selama 10 menit.
  • Bilas rambut hingga bersih.
  1. Menggunakan Minyak Kemiri
ads

Ada banyak sekali variasi minyak yang dapat digunakan untuk perawatan rambut dan salah satunya ialah minyak kemiri ini. Minyak ini sering digunakan oleh nenek moyang terdahulu untuk merawat rambut, disamping menggunakan minyak kelapa. Minyak kemiri juga terkenal untuk melebatkan rambut bayi dan mengatasi masalah rambut kering dan mengembang. Lakukan hal-hal dibawah ini untuk membuat minyak kemiri sendiri di rumah:

  • Haluskan biji kemiri. Anda dapat menghaluskannya dengan cara di blender ataupun ditumbuk. Jangan ditumbuk hingga menjadi halus. Cukup tumbuk kasar saja.
  • Peras hasil tumbukan yaitu dengan mencampurkannya dengan air terlebih dahulu. Perasan hasil tumbukan ini akan menghasilkan santan. Jika hasil tumbukan sangat halus dan sulit diperas, gunakan kain atau alat bantu lainnya saat pemerasan santan. (baca juga: Cara Merawat Rambut Dengan Minyak Zaitun)
  • Panas atau didihkan hasil santan hingga menghasilkan minyak. Proses ini membutuhkan waktu yang sangat lama
  • Diamkan beberapa saat hingga menjadi dingin. Pisahkan residu dengan minyak. Simpan minyak pada toples yang tertutup rapat dan simpan pada tempat yang bersuhu kamar

Untuk menggunakan minyak kemiri pada rambut, cukup oleskan minyak kemiri secukupnya pada rambut sebagai kondisioner setelah keramas. Hal ini juga dapat Anda lakukan secara rutin dan teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal (baca juga: Cara Membuat Minyak Kelapa)

  1. Menggunakan Telur

Anda dapat menggunakan bahan telur sebagai masker rambut Anda. Kocok telur terlebih dahulu. Lalu usapkan pada rambut dan diamkan selama beberapa menit hingga benar-benar meresap. Bilas rambut hingga bersih dan tidak lengket. (baca juga: Cara Melemaskan Rambut)

  1. Menggunakan Madu

Selain telur, Anda juga dapat menggunakan madu sebagai masker rambut. Dibandingkan telur, madu lebih bersifat lembut dan terasa nyaman bila dioleskan pada rambut. Sebagaimana masker rambut pada umumnya, oleskan madu pada rambut seusai keramas dan bilas hingga bersih.

  1. Menggunakan Mayones

Mayones memang lebih sering digunakan sebagai saus pelengkap makanan. Mayones ternyata mengandung banyak protein yang sangat berkhasiat bagi kesehatan rambut. Cara merawat rambut kering dan mengembang dengan menggunakan mayones dapat mengatasi rambut kering dan bergelombang yang dimiliki Pria, dengan cara:

  • Oleskan mayones secukupnya pada rambut.
  • Tutup rambut dengan penutup kepala lalu diamkan selama kurang lebih 30 menit.
  • Bilas menggunakan air jika dirasa mayones sudah cukup meresap kedalam rambut.
  • Cuci rambut dan gunakan shampoo bila perlu. (baca juga: Menghilangkan Uban Dengan Biji Pepaya)
  1. Sering Mencuci Rambut

Mencuci rambut sangatlah penting demi menjaga kesehatan rambut. Dengan memiliki jadwal dan kegiatan di luar ruangan yang sangat ketat, jaga keseimbangan kesehatan rambut Anda dengan lebih sering mencuci rambut Anda.

Artikel lainnya:

  1. Jangan Lupa Memakai Conditioner
Sponsors Link

Penggunaan shampoo saja tidaklah cukup untuk membersihkan rambut. Gunakan pula conditioner seusai keramas untuk lebih menutrisi dan menjaga rambut tetap sehat. (baca juga: Model Rambut Keriting Gantung)

Selain itu, dari cara yang diatas ternyata masih beberapa langkah cara lainnya yang perlu kalian ketahui untuk menjaga dan merawat rambut anda yang mengalami kekeringan dan mengembang, sebagai berikut:

  1. Hindari Aktifitas Di Luar Ruangan Terlalu Lama
  2. Sering Memakai Masker Rambut
  3. Hindari Alat Perawatan Rambut Yang Merusak
  4. Sering Memakai Vitamin Rambut
  5. Banyak Mengkonsumsi Air Putih
  6. Makan Sesuatu Yang Sehat
  7. Jangan Menggunakan Obat-Obatan
  8. Sering Memotong Rambut
  9. Atur Jadwal Keramas

Keramas atau mencuci rambut memang penting. Namun untuk cara merawat rambut kering dan mengembang tidak juga harus mencuci rambut setiap hari dan setiap kali mandi. Shampoo juga mengandung bahan kimia di dalamnya. Menggunakan shampoo terlalu sering justru akan berdampak buruk pada rambut, sebagai berikut:

  1. Jangan Sering Mengecat Rambut.
  2. Hindari Rebonding Dengan Sering.
  3. Keringkan Rambut Dengan Handuk.
  4. Jangan Sering Menguncir Rambut.
  5. Sisir Rambut Secara Rutin.
  6. Gunakan Krim Pelindung Panas.
  7. Gunakan Penutup Kepala.
  8. Pilih Hair-do Yang Sesuai.
  9. Sering Berkonsultasi Dengan Expert Rambut.

Setiap orang memiliki hair-do yang sesuai dengan bentuk tubuh dan karakter wajahnya masing – masing. Mempunyai hair-do yang cenderung dipaksakan dan tidak pantas akan membuat rambut tidak nyaman dan rusak seperti sering rontok, patah, dan lain sebagainya. Jika langkah-langkah atau cara-cara diatas masih belum bisa membantu untuk mengatasi masalah rambut Pria yang kering dan bergelombang, Anda perlu banyak berkonsultasi dengan beberapa expert rambut yang lebih tahu dan ahli mengenai masalah Anda.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Friday 18th, August 2017 / 05:51 Oleh :
Kategori : Perawatan Rambut