Sponsors Link

23 Cara Menyasak Rambut Sendiri Yang Benar

Sponsors Link

Sasak atau dalam bahasa gaya rambut dikenal dengan istilah back – combing merupakan teknik dasar dari penataan rambut. Rambut yang bervolume mungkin memang merupakan gaya rambut atau style tahun lama sekitar era 80-an. Namun pada era saat ini, memiliki rambut bervolume justru merupakan tren yang unik dan sering diminati. Ada berbagai macam gaya rambut yang dapat Anda hasilkan dari melakukan teknik sasak ini, yaitu diantaranya:

ads
  • Rambut mengembang (bervolume).
  • Rambut berkuncir dua.
  • Sanggul sasak.
  • Gaya rambut sarang lebah.
  • Dreadlocks.
  • Retro tahun 50-an.
  • Mohawks.
  • Dan masih banyak lagi yang lainnya.

Menyasak rambut secara umum, sebelum memulai menyasak rambut, ada beberapa bahan dan alat yang perlu Anda siapkan, yaitu:

  • Sisir khusus sasak.
  • Sisir biasa (sifatnya halus) yang Anda gunakan.
  • Penjepit rambut (karet gelang juga bisa digunakan).
  • Hairspray (optional).
  • Krim rambut atau produk styling rambut yang lainnya (jika dibutuhkan).
  • Kaca.

Langkah – langkah menyasak rambut yang harus Anda lakukan secara benar:

  • Cuci rambut terlebih dahulu

Untuk memulai menata gaya rambut, hal yang paling pertama yang harus Anda lakukan adalah mencuci rambut. Cuci rambut Anda dengan keramas menggunakan shampoo dan conditioner seperti biasa. Lalu keringkan hingga benar – benar kering. Jika Anda membutuhkan peran produk styling rambut untuk melembutkan rambut Anda, maka jangan ragu untuk menggunakannya. Menggunakan produk styling rambut untuk melembutkan rambut akan membantu penataan rambut Anda sehingga menjadi lebih mudah.

  • Gunakan shampo khusus pengembang rambut

Shampo yang berfungsi khusus sebagai pengembang rambut akan membantu Anda dalam penyasakan rambut. Sehingga penyasakan rambut nantinya dapat dilakukan secara cepat dan lebih mudah.

  • Sisir dan Tata Rambut Anda

Sebelum disasak, seharusnya Anda menatanya terlebih dahulu. Gunakan sisir atau sikat untuk menata rambut alami Anda. Arahkan rambut ke arah bawah sehigga rambut akan terlihat lebih bervolume. Jika rambut Anda kribo atau keriting, sisir rambut seperti biasa. Lalu gunakan hair spray atau produk styling rambut lainnya (yang sesuai dengan tipe rambut Anda) untuk meluruskan dan memudahkan teknik sasak nantinya. Sisir dan tata rambut hingga tidak ada rambut yang kusut.

  • Ambil beberapa bagian rambut untuk disasak

Untuk mulai menyasak, ambil bagian rambut di bagian atas kepala terlebih dahulu sekitar 2-5 cm panjangnya. Lalu teruskan hingga kebawah bagian rambut. Namun jika Anda menginginkan gaya rambut sasak pada bagian akar, Anda tidak perlu menyasak seterusnya hingga pada bagian bawah rambut.

  • Tahan rambut yang akan disasak

Dengan menggunakan kepalan tangan, tahan daerah rambut yang akan disasak terlebih dahulu. Lalu gunakan sisir atau sikat untuk menyisir bagian rambut yang ditahan tersebut mulai dari atas rambut hingga kebawah rambut. Tahan rambut Anda dengan mengarahkan rambut lurus keatas. Sehingga dengan begitu, Anda dapat menyisir rambut lebih mudah.

  • Ulangi langkah dan mulai menyasak rambut
Sponsors Link

Ulangi menyasak langkah diatas berkali-kali untuk mulai menyasak rambut. Anda tidak akan membutuhkan waktu yang lama untuk cara menyasak rambut jika Anda memiliki gaya rambut dasar yang memang bergelombang dan bervolume. Jika Anda ingin mempertahankan gaya rambut sasak yang telah Anda terapkan, gunakan hair spray atau produk styling rambut yang kiranya sesuai dengan tipe gaya rambut Anda. Yang perlu diperhatikan disini adalah gaya sasak pada awalnya memang terlihat amburadul atau berantakan. Namun Anda dapat mengubahnya sesuai dengan gaya rambut yang Anda inginkan nanti setelah penyasakan rambut selesai.

  • Gunakan jari untuk merapikan

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, rambut pasti menjadi berantakan setelah disasak. Kekusutan rambut yang dihasilkan ini dapat Anda rapikan segera menggunakan jari Anda. Regangkan jari Anda layaknya membentuk seperti jaring, lalu tahan daerah yang disasak. Sambil menahan, sisir daerah rambut yang tidak disasak tanpa menyentuh daerah yang ditahan, sehingga rambut yang telah disasak tidak akan rusak. Menggunakan jari untuk merapikan rambut bertujuan agar rambut tidak menjadi lebih berantakan dan terlihat lebih alami.

  • Rapikan rambut
ads

Ada teknik dalam penyasakan rambut yang dinamakn scruch. Dimana scruch ini akan membantu rambut yang telah disasak tadi terlihat semakin bervolume. Setelah cara menyasak rambut yang Anda inginkan, ubah gaya rambut Anda sesuai yang diinginkan. Gunakan penjepit rambut, karet rambut atau hair pin sebagai media untuk menata rambut Anda.

  • Finishing

Sebagai sentuhan terakhir, rapikan permukaan rambut agar terlihat lebih rapi dan nyaman dilihat. Gunakan produk styling rambut untuk merapikan daerah tersebut. Ingat bahwa untuk merapikan daerah ini, cukup gerakkan rambut menggunakan jari – jari Anda. Jangan ditekan ataupun disisir agar tidak merusak gaya rambut yang telah Anda bentuk tadi.

Artikel terkait:

Menyasak Rambut Sesuai Dengan Gaya Rambut

Penyasakan rambut adalah suatu teknik untuk menghindari rambut menjadi lecek atau lepek ketika berada di luar ruangan atau outdoor, yaitu dengan cara diurai sehingga rambut menjadi mengembang. Anda dapat menggunakan teknik sasak ini jika ingin memiliki rambut yang bervolume. Inilah beberapa model sasak, dan cara pembuatannya yang perlu kalian ketahui sebagai berikut:

1. Gaya Rambut Headband

cara menyasak rambut model Gaya Rambut HeadbandAda beberapa jenis gaya rambut sanggul yang Anda ketahui, salah satunya adalah headband. Jika Anda berambut keriting dan sejenisnya, Anda bisa menggunakan model gaya rambut headband yang cocok untuk Anda. Sanggul atau headband sering dipakai saat menghadiri acara formal seperti pernikahan, wisuda dan lain sebagainya. Oleh karena itu, gaya rambut headband yang sederhana namun menawan akan menambah keanggunan Anda saat menghadiri acara-acara formal tersebut. Menggunakan teknik sasak, Anda dapat menggunakan model gaya rambut headband:

  • Cuci rambut. Bersihkan rambut terlebih dahulu dengan keramas menggunakan shampoo dan conditioner.
  • Keringkan rambut. Keringkan rambut yang basah dengan handuk, kain atau menggunakan hair dryer hingga menjadi benar – benar kering.
  • Sisir rambut Anda dengan sisir sasak sehingga terlihat mengembang. Selanjutnya tarik ke arah belakang rambut untuk mengumpulkan rambut menjadi satu di sisi belakang.
  • Pilih Headband. Pilih headband yang sesuai dengan gaya rambut Anda. Lalu ikatkan headband pada daerah pangkal rambut. Ikatkan dengan benar dan menarik.
  • Rapikan rambut. Jika ada rambut yang kusut atau tidak rapi, tata rambut dengan dikepang atau dengan gaya rambut lain yang sesuai dengan minat Anda. Dengan itu, rambut tersebut tidak akan merusak keindahan dan estetika gaya rambut headband yang telah Anda bentuk. (baca juga: Model Rambut Bob)

2. Sasak Rambut Kuncir Kuda

Sponsors Link

cara menyasak rambut model Kuncir KudaGaya rambut ini selalu dikenal secara marak diantara para Wanita berambut panjang khususnya. Meskipun gaya rambut ini ada sejak tahun 1960, gaya rambut kuncir kuda ini masih saja populer dan menjadi trend sampai saat ini. Menggunakan teknik sasak, Anda dapat menggunakan model gaya rambut kuncir kuda:

  • Cuci dan keringkan rambut. Bersihkan rambut terlebih dahulu dengan cara keramas. Lalu keringkan rambut setelahnya.
  • Sasak bagian depan rambut. Kuncir kuda memiliki poin penting di daerah belakang rambut. Namun, jangan sampai menghiraukan daerah depan rambut. Oleh karena itu, sebelum menguncir daerah belakang rambut, sisir sasak bagian depan rambut terlebih dahulu. Sisir rambut dan arahkan ke bagian belakang rambut.
  • Rapikan bagian yang disasak. Rambut yang telah disasak mungkin terlihat sedikit berantakan. Rapikan menggunakan jari Anda sehingga terlihat lebih natural. Tahan rambut yang telah disasak menggunakan penjepit rambut atau hair pin sehingga rambut yang sudah mengembang tidak akan turun kebawah.
  • Ikat rambut bagian belakang menggunakan ikat rambut. Finally, gunakan ikat rambut untuk mengikat rambut di daerah belakang dan kuncir dengan rapat agar tidak lepas (terutama bagi yang mempunyai rambut yang agak licin).
  • Rapikan rambut yang diikat dengan sisir biasa untuk meluruskan rambut (agar tidak kusut). (baca juga: Cara Blow Rambut Sendiri)

Artikel lainnya:

3. Sanggul Sasak

cara membuat rambut Sanggul SasakBeragamnya gaya atau style rambut tentunya membutuhkan teknik penataan rambut yang beragam pula. Setiap gaya rambut mempunyai teknik penataan rambut khusus yang berbeda. Ada berbagai macam teknik gaya dan penataan rambut. Kesukaran dan kerumitan teknik penataan rambut bergantung pada kerumitan gaya rambut itu sendiri. Salah satu teknik penataan rambut yang kita ketahui adalah teknik penyasakan rambut atau teknik sasak.

  • Cuci dan keringkan rambut. Seperti biasa, sebelum mulai menata rambut, cuci dan bersihkan rambut terlebih dahulu dengan keramas menggunakan shampoo dan conditioner. Lalu keringkan rambut yang basah sampai benar-benar kering.
  • Bagi rambut menjadi dua bagian. Untuk mempermudah membentuk sanggul, bagi daerah rambut menjadi dua bagian. Yaitu rambut bagian belakang yang akan disanggul dan rambut bagian depan yang akan disasak.
  • Sasak rambut bagian atas. Gunakan sisir sasak untuk menyisir rambut di daerah atas rambut dan arahkan ke arah belakang rambut.
  • Bentuk menjadi sanggul. Kumpulkan menjadi satu rambut di bagian belakang, dan bentuk seperti sanggul. Tahan daerah rambut dengan menggunakan pengikat rambut, hair pin atau yang lainnya. (baca juga: Cara Mengikat Rambut)

Itulah beberapa cara untuk cara menyasak rambut dengan cara yang mudah dan simple yang bisa anda lakukan sendiri dan dengan cara yang benar.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Tuesday 05th, September 2017 / 09:51 Oleh :
Kategori : Tips Rambut