Sponsors Link

16 Cara Menghilangkan Uban Dengan Biji Pepaya

Sponsors Link

Rambut uban mungkin bagi beberapa orang mengganggu penampilan. Sehingga tidak mengherankan banyak orang yang berusaha untuk menutupi dan menghilangkan rambut uban. Ada banyak cara untuk menghilangkan uban. Salah cara tercepat dan banyak dilakukan banyak orang adalah dengan mewarnai rambut. Namun cara ini hanya bertahan sementara. Anda akan rutin berapa bulan sekali untuk mewarnai rambut. Sebenarnya ada cara alami dan bertahan lama untuk menghilangkan uban. Yaitu dengan cara mengggunakan biji pepaya sebagai cara efektif untuk menghilangkan uban secara permanen.

ads

Biji pepaya biasanya diambil untuk digunakan sebagai bibit untuk budidaya tanaman pepaya. Namun selain untuk hal itu sebenarnya biji pepaya memiliki banyak manfaat selain sebagai bibit untuk budidaya pepaya. Salah satu manfaatnya adalah digunakan sebagai cara menghilang rambut uban menggunakan biji pepaya.

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tumbuhnya Uban Di Usia Remaja

Rambut menjadi berwarna putih dikarenakan kekurangan pigmen warna rambut. Kekurangan pigmen warna pada rambut menjadikan rambut yang seharusnya berwarna hitam atau gelap menjadi putih ke abu-abuan. (Baca Juga: Cara Mewarnai Rambut Tanpa Bleaching)

Saat ini cukup banyak remaja yang memiliki rambut uban. Padahal umumnya rambut uban muncul pada saat seseorang menginjak umur 30 tahun ke atas. Ada banyak faktor yang menjadi penyebab uban tumbuh pada remaja dan anak muda. Berikut ini faktor-faktor penyebab munculnya uban di usia remaja:

1. Faktor Keturunan

Bagi Anda yang memiliki riwayat keluarga beruban pada usia remaja. Kemungkinan besar hal ini akan menurun juga kepada Anda dan keturunan Anda. Sehingga faktor keturunan merupakan salah satu faktor penyebab Anda beruban pada usia remaja. (Baca Juga: cara mengatasi rambut rontok dan ketombe)

2. Faktor Nutrisi

Kekurangan nutrisi seperti asam folat, vitamin B12, C dan E dapat menggangu kesehatan rambut Anda. Kesehatan rambut yang terganggu akan menyebab rambut Anda kekurangan pigmen rambut. Sehingga menyebabkan rambut Anda beruban pada usia remaja. Jadi, sebaiknya konsumsilah nutrisi yang cukup untuk mencegah dan mengatasi beruban pada usia remaja. (Baca Juga: cara menumbuhkan rambut secara alami)

3. Perawatan Rambut Yang Salah

Di era modern sekarang ini, banyak selali perawatan rambut. Di antaranya smoothing, rebonding, bleaching, dan masih banyak lain. Hampir sebagian besar perawatan rambut sekarang ini banyak menggunakan bahan kimia yang dapat menyebabkan rambut Anda rusak. Selain itu, pengguna suhu yang terlalu tinggi juga dapat merusak rambut. Jika rambut Anda rusak kemungkinan besar akan mempengaruhi produksi pigmen rambut Anda. Apabila produksi pigmen rambut berkurang akan menyebabkan munculnya rambut uban pada usia remaja. (Baca Juga: cara merawat rambut dengan minyak zaitun)

4. Stress

Cara menghilangkan uban menggunakan biji pepaya atau rambut berwarna putih biasanya pada saat usia seseorang beranjak dewasa atau lanjut usia. Namun, sekarang ini rambut uban dapat tumbuh pada remaja atau anak-anak.  Tuntutan pekerjaan yang banyak dan masalah pribadi lainnya yang menyebabkan Anda menjadi stress. Hal ini juga dapat menjadi pemicu tumbuhnya uban pada usia muda.

Sponsors Link

Baca Juga:

Kandungan Dalam Biji Pepaya Untuk Rambut Uban 

Siapa sangka biji pepaya yang biasa kita buang ternyata memiliki manfaat sangat penting sebagai perawatan rambut. Biji pepaya dapat digunkan  untuk menghilangkan rambut uban. Biji pepaya mengandung alkaloid, streid, tannin, dan minyak atsiri. Dalam biji pepaya juga terdapat senyawa kimia golongan fenol, saponin juga terpenoid. Senyawa-senyawa ini mempunyai beberapa bersifat anti-androgen, sitoksik dan astrogenik. Biji pepaya juga mengandung karbohidrat dalam jumlah kecil, air, lemak, dan protein. Biji pepaya juga juga mengandung senyawa Glucoside carcirindan. Senyawa inilah yang berguna untuk menghitamkan rambut uban Anda. Sehingga biji pepaya banyak digunakan sebagai cara alami untuk menghilangkan rambut uban. (Baca Juga: model rambut untuk wajah oval)

Cara Menghilangkan Rambut Uban Menggunakan Biji Pepaya

Kandungan senyawa glucoside carcirindan yang terkandung di dalam biji pepaya inilah yang bermanfaat menghilangkan rambut uban. Cara menghilangkan uban menggunakan biji pepaya adalah dengan membuatnya menjadi masker rambut. Berikut ini akan dijelaskan bagaimana cara membuat masker rambut dari biji pepaya untuk menghilangkan rambut uban:

  1. Sisihkan biji-biji pepaya dari daging buah pepaya.
  2. Kemudian cuci bersih biji-biji pepaya tersebut untuk menghilangkan lendir yang menempel.
  3. Setelah itu, jemur biji-biji pepaya yang sudah dibersihkan tadi. Selama beberapa hari sampai biji pepaya mengering.
  4. Lalu sangrai (menggoreng tanpa minyak) biji pepaya yang sudah kering tersebut di atas api sedang
  5. Usahakan sangrai sampai benar-benar kering, namun jangan sampai gosong.
  6. Setelah itu dinginkan biji pepaya.
  7. Lalu haluskan dengan cara di tumbuk.
  8. Tambahkan minyak kelapa pada saat menumbuk biji pepaya.
  9. Tumbuk biji pepaya sampai halus.
  10. Nah, masker biji pepaya sudah siap digunakan untuk menghilangkam rambut uban atau rambut putih Anda.
ads

Penambahan minyak kelapa pada masker biji pepaya bermanfaat untuk merangsang pertumbuhan rambut. Selain itu berguna menghilangkan rambut uban dengan cara menghitamkan rambut putih. Tapi Anda juga mendapat khasiat lain yaitu rambut Anda akan menjadi hitam juga tebal, lembut, dan berkilau.

Baca Juga:

Masker rambut dari biji pepaya yang Anda buat tadi sudah jadi. Langkah selanjutnya adalah mengaplikasikannya pada rambut beruban Anda. Berikut ini cara mengaplikasikan masker rambut dari biji pepaya untuk menghilangkan rambut beruban:

  1. Siapkan masker rambut dari biji pepaya yang Anda buat.
  2. Setelah itu, oleskan masker rambut biji pepaya merata ke seluruh helaian rambut Anda sampai kulit kepala.
  3. Kemudian diamkan selama 30 menit sampai kandungan minyak kelapa dan biji pepaya meresap.
  4. Lalu bilas rambut Anda menggunakan air bersih untuk membersihkan sisa masker rambut biji pepaya yang masih menempel pada rambut Anda.
  5. Keramaslah menggunakan shampo untuk memanjangkan rambut untuk menghilangkan bekas minyak kelapa pada helain rambut Anda.
  6. Setelah itu keringkan rambut Anda menggunakan handuk.

Lakukan perawatan rambut menggunakan masker biji pepaya minimal 2 hari sekali untuk menghilangkan uban pada rambut Anda. Sebagai pencegahan lakukan minimal seminggu sekali agar Anda tidak mengalami rambut beruban di usia muda. Selain itu, imbangi cara menghilangkan uban dengan biji pepaya dengan pola hidup sehat. Makan-makanan yang bergizi, istirahat yang cukup, hindari stres, dan selektiflah dalam memilih cara perawatan dan produk shampo atau serum rambut Anda. Hal itu perlu dilakukan agar hasil dari cara menghilangkan uban dengan biji pepaya yang di dapat dengan maksimal. Selain itu minumlah air putih 8 gelas air putih agar regenerasi sel-sel berjalan lancar. Sehingga produksi pigmen pada sel rambut Anda tidak terganggu. (Baca Juga: model rambut pria berponi)

Nah, itu tadi cara menghilangkan uban menggunakan biji pepaya. Semoga artikel ini dapat membantu Anda yang sedang mencari cara alami  menghilangkan uban. Mungkin cara ini tidak instan dan membutuhkan waktu yang lama. Namun, cara menghilangkan rambut uban menggunakan biji pepaya terbukti ampuh dan aman dipraktikan sendiri di rumah.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Wednesday 16th, August 2017 / 09:26 Oleh :
Kategori : Kesehatan Rambut