Sponsors Link

24 Cara Menghilangkan Ketombe dengan Jeruk Nipis – Paling Efektif dan Ampuh

Sponsors Link

Setiap orang merasa terganggu jika memiliki masalah kulit kepala dan rambut. Manusia merasa terganggu dan malu jika menyangkut mengenai gangguan kepala dan kulit kepala. Salah satunya adalah ketombe yang bisa merusak rasa percaya diri seseorang dan juga mengganggu. Sebenarnya apa sih ketombe?

ads

Pityriasis capitis atau ketombe yaitu pengelupasan kulit mati yang berlebihan di kulit kepala dan sel-sel kulit yang mati dan terkelupas merupakan kejadian alami yang normal apabila pengelupasan itu jumlahnya sedikit. Sayangnya, pada beberapa orang mereka mengalaminya secara terus menerus dalam jumlah yang besar diikiuti dengan kemerahan dan iritasi bahkan tak jarang kulit kepala mereka berdarah dan luka.

Sedangkan untuk Jamur yang dapat menyebabkan ketombe adalah Staphylococcus epidermis, Candida albicans, Microsporum gypseum, dan Pityrosporum ovale dan masih banyak lagi. Ketombe membuat penderitanya merasa sangat terganggu dan tentu saja merasa malu, karena ketombe dilambangkan dengan orang yang kotor dan tidak memelihara kebersihan kepalanya. Oleh karena itu perlu dilakukan upaya untuk mencegah timbulnya ketombe. Upaya pencegahan yang dilakukan seperti keramas menggunakan sampo yang lembut untuk mengurangi kadar minyak berlebih. Tetapi penggunaan sampo saja ternyata tidak cukup dan tetap menimbulkan adanya ketombe. Sehingga anda bisa mengandalkan cara alami untuk membasminya dengan bahan dasar jeruk nipis.

Baca juga:

Faktor Ketombe Muncul

Jeruk nipis merupakan bahan alami yang terbukti bisa menangkal ketombe yang menyebabkan gangguan dan juga ketidaknyamanan. Kandungan zat anti bakteri, asam sitrat serta vitamin C membantu kulit mati untuk meregenerasi dan membersihkan jamur dengan bahan yang ada pada jeruk nipis. Berikut ini ada berbagai cara menggunakan jeruk nipis untuk membantu menghilangkan ketombe dan membantu rambut rusak menjadi lebih baik lagi. Faktor yang menyebabkan ketombe bisa muncul yakni:

  • Usia

Usia menjadi poin pertama dimana ketombe bisa muncul, dengan rentan usia antara 15 sampai 35 tahun. Sudah jelas jangan heran apabila lebih sering ketombean. Penyebab ketombe ini didasarkan pada penelitian yang mengungkapkan bahwa produksi sebum mengalami peningkatan pada usia 15 hingga 35 tahun.Seperti yang dijelaskan sebelumnya, sebum bisa menimbulkan Malassezia yakni jamur penyebab ketombe.

  • Intensitas Keramas

Percaya atau tidak kondisi ini merupakan kondisi yang umum terjadi pada seseorang yang memiliki masalah dengan ketombe. Mereka melakukan keramas dan men-shampo terlalu sering yang dapat menyebabkan kulit kepala menjadi kering. Jika sudah kering maka sangat mudah untuk tumbuhnya ketombe pada kulit kepala kita.

Terlebih jika jarang berkeramas atau dibalik, memiliki intensitas keramas sangat jarang maka kulit kepala akan mengalami penumpukan kotoran yang dapat dijadikan sebagai sarangnya ketombe. Lakukanlah keramas secara rutin 2 hari sekali, gunakan merk shampo yang sesuai dengan jenis kulit kepala dan rambut anda sendiri. Anda seharusnya mengetahui seberapa lama kulit kepala anda membutuhkan keramas ataupun tidak karena setiap orang berbeda hasilnya dan tidak bisa disamakan.

  • Jenis Kelamin

Apakah anda tahu bahwa ternyata beberapa penelitian menyatakan bahwa laki-laki lebih rentan memiliki kulit kepala yang berketombe ? Hal ini membuat para peneliti berasumsi bahwa jenis kelamin seseorang mempengaruhi keberadaan ketombe pada kulit kepalanya. Meskipun para wanita merasa lebih mudah berketombe terutama anda yang mengenakan scarf, penutup kepala atau jilbab. (Baca juga: Model Rambut Wanita Sebahu)

  • Sisa Shampo

Bahan kimia yang berasal dari shampo nyatanya bisa merusak kulit kepala anda. Jika anda sedang melakukan keramas, bersihkanlah sisa shampo sampai benar-benar bersih dan tidak ada sisa busa jika perlu bilas menggunakan air yang banyak dan juga merata. Seringkali ketika di salon ataupun tempat perawatan rambut, sesi membersihkan sampo menggunakan air mengalir kencang serta cukup lama. Hal ini menghindari adanya penumpukan bahan kimia yang ada pada sampo dan menyebabkan ketombe muncul. Sering juga mereka yang bingung akan penyebab utama ketombe padahal faktornya berasal dari kesalahan pribadi yang tidak membilas rambut dengan bersih. Jika rambut anda panjang dan tebal maka makan waktu lebih lama untuk membilas rambut anda. (Baca juga: Masalah Rambut)

  • Rambut yang Berminyak

Ketombe bisa terjadi karena rambut yang berminyak, umumnya kondisi ini merupakan kondisi yang diturunkan dari genetik. Namun karena Malassezia memakan substansi lemak yang terkandung dalam minyak, sehingga apabila kulit kepala dan rambut anda berminyak, maka memperbesar peluang Anda untuk memiliki kulit kepala yang berketombe dan kulit berminyak umumnya memang diturunkan dari keluarga.

Lantas bagaimana kita menghilangkan atau menangkalnya ? Jeruk nipis merupakan bahan alami yang terbukti bisa menangkal ketombe yang menyebabkan gangguan dan juga ketidaknyamanan. Kandungan zat anti bakteri, asam sitrat serta vitamin C membantu kulit mati untuk meregenerasi dan membersihkan jamur dengan bahan yang ada pada jeruk nipis. Berikut ini ada berbagai cara menggunakan jeruk nipis untuk membantu menghilangkan ketombe dan membantu rambut rusak menjadi lebih baik lagi.

1. Jeruk Nipis dan Minyak Zaitun 

Sponsors Link

Ketombe bisa muncul dari kulit berminyak, namun minyak zaitun justru kebalikannya karena bermanfaat. Cara menghilangkan ketombe dengan jeruk nipis dengan mencampur dua sendok makan minyak zaitun dan dua sendok makan air perasan jeruk nipis, boleh lebih jika rambut anda tebal dengan perbandingan 1:1. (Baca: Cara Menebalkan Rambut)

Hangatkan campuran dan gunakan ke kulit kepala sedikit demi sedikit. Pijat lembut dengan ujung jari dan biarkan 30 menit agar meresap kedalam kulit kepala. setelah selesai anda bisa membilasnya dengan air bersih yang dingin. Minyak zaitun bisa menjadi pelembab dan cara mengatasi rambut kering, apalagi minyak zaitun bermanfaat bagi rambut anak-anak.

Baca juga:

2. Jeruk Nipis dan Bawang Putih 

Bawang putih mengandung zat antibiotik yang baik jika dikonsumsi tubuh ataupun digunakan pada anggota tubuh, sehingga bisa membasmi bakteri di kulit kepala. Caranya dengan mencampurkan dua sendok makan bubuk bawang putih dan satu sendok makan air jeruk nipis menjadi past, jika belum bubuk maka anda bisa memarut dan menjemurnya agar berbentuk lebih halus. Oleskan ke rambut dan kulit kepala secara merata sambil dipijat perlahan dan jangan menggaruknya setelah itu, biarkan selama setengah jam. Bilas sampo herbal dan air dingin, ulangi secara teratur untuk mengurangi ketombe.

3. Jeruk Nipis dan Baking Soda

Perasan jeruk nipis segar dan baking soda dicampur menjadi pasta bisa dimanfaatkan untuk mengusir ketombe, namun perlu diingat jika menggunakan ramuan ini kulit kepala anda akan sedikit panas. Karena baking soda yang lumayan memiliki panas ketika terkena kulit. Cara menghilangkan ketombe dengan jeruk nipis yaitu balur seluruh kulit kepala. Biarkan selama beberapa menit sampai kulit kepala terasa agak gatal, lalu bilas dengan cuka apel sebagai kondisioner. Lakukan secara teratur hingga ketombe hilang. (Baca: Cara Menghilangkan Gatal di Kepala)

4. Jeruk Nipis dan Cuka Apel 

Cuka apel memang produk olahan terbaik untuk kesehatan manusia serta untuk rambut yang terkena jamur. Dengan membersihkan sel kulit mati di kulit kepala dan mencegah gatal dan kekeringan, cuka apel bisa diaplikasikan dengan sangat mudah. Persiapkan bahan dan lakukan dua sendok makan cuka apel dengan satu sendok makan perasan jeruk nipis, campurkan. Kemudian aplikasikan ke seluruh kepala dan rambut memakai kapas. Biarkan selama setengah jam agar meresap lalu cuci dengan sampo. Jika ingin, Anda bisa memakainya semalaman. Lakukan perawatan ini sesering mungkin seperti 3-4 kali seminggu.

5. Jeruk Nipis Untuk Keramas

ads

Untuk anda dengan potongan atau rambut tertentu, cara paling sederhana membasmi ketombe dengan jeruk nipis yaitu dengan menggunakan jeruk nipis untuk keramas. caranya dengan menggunakan air perasan jeruk nipis ketika terakhir membilas rambut saat keramas, sehingga akan memberikan hasil yang sangat baik.

Cukup dengan mencampurkan air jeruk nipis ke dalam air bilasan rambut terakhir dan biarkan meresap ke kulit kepala. Perawatan yang simpel ini efektif untuk mengembalikan kelembaban alami rambut dan kulit kepala kita. Sangat mudah dan tentunya untuk anda yang berambut tebal atau memiliki potongan tertentu.

6. Jeruk Nipis dan Yogurt

Plain yogurt atau yogurt tawar adalah salah satu bahan yang bagus untuk membantu menghilangkan ketombe, kenapa karena tidak ada kandungan gula dan fokus kepada hasil fermentasi yang memang menghasilkan senyawa menyehatkan baik untuk diserapa ataupun dikonsumsi. Anda bisa menCampur dengan air jeruk nipis secukupnya dan pakai di rambut selama setengah jam sebelum dicuci. Masker dengan kedua bahan ini juga bisa menjadi cara mengatasi kulit keriput di wajah secara alami, tak hanya itu yogurt bisa membuat rambut anda menjadi lebih wangi dan sehat. (baca juga: Cara Menghilangkan Ketombe Dengan Garam)

7. Jeruk Nipis dan Lidah Buaya

Rasanya lidah buaya merupakan formula wajib untuk kulit kepala, dimana manfaat aloe vera untuk rambut mengandung anti bakteri dan anti jamur yang bisa membasmi ketombe sama seperti jeruk nipis. Anda bisa mengambil gel lidah buaya yang masih segar dan campur dengan air jeruk nipis setelah itu aduk hingga halus dan merata. Setelah selesai segera di kulit kepala. Perlu diperhatikan, hindari menggunakan campuran ini terlalu sering, karena bisa membuat warna rambut menjadi merah meskipun menutrisi dan membantu menyehatkan rambut. (Baca ini: Cara Memanjangkan Rambut Dengan Lidah Buaya)

8. Jeruk Nipis dan Tomat

Likopen pada tomat bisa mencegah sel kanker tumbuuh dalam tubuh, selain itu tomat dapat memperbaiki peredaran darah di rambut dan mencegah ketombe. Sehingga tomat menyembuhkan ketombe dari bagian dalam. Anda bisa menyiapkan campuran dua sendok makan air perasan jeruk nipis dan satu cangkir jus tomat, pakai di kulit kepala dan rambut.

Baca juga :

Biarkan selama beberapa menit dan bersihkan dengan sampo serta kondisioner hingga benar-benar bersih,lalu ulangi pemakaiannya secara teratur. Selain manfaat tomat untuk rambut berketombe ini, ada juga manfaat tomat untuk alis dan manfaat tomat untuk wajah. Namun anda harus benar-benar menghaluskannya agar tidak menyangkut pada helaian rambut.

9. Jeruk Nipis dan Santan

Campuran kedua bahan atau formula ini memang terbukti ampuh mengusir ketombe membandel dan berkerak sejak lama. Anda bisa melakukan dengan metode mencampurkan kedua bahan lalu dilumurkan ke rambut hingga merata, tunggu selama kurang lebih 20 menit lalu bilas dengan air bersih. Santan yang digunakan jika bisa bukan santan instan melainkan yang berasal dari parutan sendiri. Sehingga benar-benar kandungan kelapanya lebih kental.

Baca juga:

10. Jeruk Nipis dan Garam 

Selanjutnya Cara mudah memghilangkan ketombe dengan menggunakan jeruk nipis dan garam. Dimana garam bisa digunakan karena mengandung kristal abrasif yang akan bekerja baik sebagai exfoliator alami. Garam juga berpartikel kasar sehingga bisa menjadi media untuk mengangkat ketombe yang menempel pada kulit kepala. Caranya menggunakannya yaitu basahi rambut anda sedikit lalu basuhkan garam ke kulit kepala. Pijat dengan lembut dan biarkan selama kurang kebih 5 menitan. Setelah itu silakan basuh kepala anda dengan air sampai bersih. (Baca: Cara Menghilangkan Ketombe Dengan Garam)

11. Jeruk Nipis dan Minyak Hazel 

Diluar negeri orang menggunakan campuran antara jeruk nipis dengan minyak hazel. Ramuan ini bisa membantu dalam mengatasi ketombe yang lumayan membandel. Caranya adalah dengan mencampurkan air jeruk nipis dengan minyak hazel. Minyak hazel juga berfungsi untuk melembapkan kulit kepala serta meredakan peradangan yang ada seperti halnya zaitun. Aplikasikan campuran dari minyak hazel dengan air lemon yang sudah dihangatkan terlebih dahulu pada kulit kepala secara rutin. (Baca: Cara Mengatasi Rambut Berminyak)

12. Jeruk Nipis dan Teh Bubuk 

Sponsors Link

Jeruk nipis berpadu dengan teh ternyata juga dapat mengatasi ketombe dengan cara menjadikan kulit lebih segar. Teh sendiri sudah menjadi bahan kecantikan sejak dulu kala, bahkan teh yang sudah disimpan beberapa hari memiliki kandungan lebih bagus. Selain itu kandungan zat antibakteri pada teh juga bermanfaat untuk menjaga kulit kepala tetap steril. Apalagi jika bahan tersebut dikombinasikan dengan air perasan lemon yang akan membersihkan kulit kepala dari masalah ketombe. Lakukan seminggu dua kali untuk hasil yang benar-benar maksimal pada rambut anda agar tidak bermasalah.

13. Jeruk Nipis dan Telur

Meskipun bau amis namun nyatanya telur bisa membantu anda dalam membasmi si jamur dan ketombe ini. Ingin mendapatkan rambut sehat bebas dari masalah ketombe? Jatuhkan saja pilihan anda pada formula masker rambut berbahan dasar telur. Seperti yang telah diketahui oleh banyak orang jika telur memiliki kandungan protein dalam jumlah tinggi. Tidak melulu soal konsumsi namun anda bisa mengaplikasikannya, jelas menggunakan telur mentah. Tidak heran jika bahan tersebut menutrisi sel kulit secara optimal. Agar hasilnya makin optimal, jangan ragu untuk mencampurkannya dengan air lemon yang kaya akan vitamin C dan mampu menstabilkan pH kulit sehingga ketombe minggat dari kulit kepala anda.

14. Jeruk Nipis dan Kulit Jeruk 

Buah jeruk rasanya manis ataupun asam, namun apakah anda juga menyantap kulit jeruk ? tentu saja tidak. Padahal kulit jeruk bisa menjadi kombinasi tepat dengan jeruk nipis untuk membasmi ketombe. Pasalnya, kulit dari buah yang kaya vitamin C ini dapat digunakan dalam mengatasi rambut berketombe karena vitaminnya. Tidak heran jika sebagian orang rela mengolahnya menjadi pasta yang telah dicampur dengan air lemon. Agar rambut tetap sehat dan bebas dari ketombe, aplikasikan secara rutin sebelum berkermas dan pastikan anda bersih membilasnya dan menggunakannya dengan merata.

Masih banyak cara menghilangkan ketombe dengan jeruk nipis dengan berbagai campuran yang wajib kalian ketahui dengan sama cara pembuatannya sebagai berikut:

  1. Jeruk Nipis dan Biji Fenugreek.
  2. Jeruk Nipis dan Minyak Cendana.
  3. Jeruk Nipis dan Gula.
  4. Jeruk Nipis dan Mentimun.
  5. Jeruk Nipis dan Apel.
  6. Jeruk Nipis, Santan dan Yogurt.
  7. Jeruk Nipis dan Minyak Kelapa.
  8. Jeruk Nipis, Santan dan Yogurt.
  9. Jeruk Nipis dan Bawang Merah.
  10. Jeruk Nipis dan Minyak Kemiri.

Itulah beberapa tips yang bisa anda aplikasikan untuk membasmi dan menghilangkan ketombe hanya dengan buah jeruk nipis yang memang alami dan tidak membahayakan. Gunakan dengan rutin dan semoga berhasil!

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Wednesday 05th, July 2017 / 03:48 Oleh :
Kategori : Tips Rambut