Sponsors Link

10 Cara Menghilangkan Ketombe Dengan Garam Dapur dan Jeruk Nipis

Sponsors Link

Cara menghilangkan ketombe dengan garam merupakan pengelupasan kulit mati yang berlebihan dari kulit kepala. Sel kulit mati yang mengelupas merupakan hal yang wajar dan alami bila dalam jumlah yang sedikit. Namun jika dalam jumlah yang banyak akan mengganggu penampilan dan bahkan menimbulkan sensasi gatal dan tidak nyaman pada  kulit kepala.

ads

Sering kali ketombe menyebabkan rasa percaya diri menurun karena terlihat mengotori rambut dan jatuh pada pakaian, apalagi ketika memakai pakaian dengan warna yang gelap maka ketombe akan semakin menampakan wujudnya, tentu hal tersebut sangat mengganggu penampilan kita dan menyebabkan rasa tak nyaman pada diri sendiri.

Menghilangkan Ketombe Dengan Beberapa Campuran Lainnya

Sejatinya berketombe bukanlah hal baru, ada beberapa cara tradisional yang sampai saat ini dipercaya mampu mengatasi ketombe dengan efektif dan mempunyai resiko lebih rendah jika dibandingkan dengan menggunakan produk perawatan rambut berbahan kimia.

Salah satu cara menghilangkan ketombe dengan alami dan cepat adalah dengan menggunakan garam. Garam merupakan bahan makanan yang paling banyak digunakan pada hampir seluruh masakan di seluruh dunia.

Garam terbentuk dari pengkristalan air laut yang dijemur dalam kurun waktu tertentu dibawah sinar matahari. Menggunakan garam untuk menghilangkan ketombe dinilai paling cepat dan efisien, sehingga bisa membentuk cara blow rambut sendiri. Karena bahan yang mudah didapatkan serta pemakaian nya yang terbilang mudah dan tidak menimbulkan efek samping yang merugikan.

Berikut adalah 10 cara mehilangkan ketombe dengan menggunakan garam.

1. Garam Saat Rambut Basah

Cara menghilangkan ketombe dengan garam, sel kulit kepala yang mati tercampur dengan sabun pada akhirnya  membentuk endapan lengket di kulit kepala. Dengan menggosokkan garam pada kulit kepala, kamu dapat merontokan ketombe pada rambut kamu lebih mudah dan cepat. Cara memijat kulit kepala dengan garam saat rambut basah yaitu:

  1. Basahi kulit kepala dengan air,
  2. Taburkan garam pada kulit kepala yang lembab,
  3. Pijat kulit kepala menggunakana jari selama beberapa menit.
  4. Bilas rambut untuk menghilangkan sisa garam dan sisa ketombe yang masih tertinggal. Anda juga dapat memakai shampo berbahan dasar ringan untuk membantu membersihkan kulit kepala.

2.  Larutan garam Dengan Air Lemon

Larutan garam juga mampu dan dapat melakukan cara menumbuhkan rambut secara alami dan menghilangkan ketombe khusunya untuk jenis ketombe yang kering. Adapun cara menggunakan larutan garam untuk ketombe yaitu:

  1. Siapkan 2-5 sendok makan garam dapur.
  2. Larutkan kedalam air hangat-hangat kuku (tidak panas namun juga tidak dingin).
  3. Gosokan larutan garam tersebut ke kulit kepala menggunakan kedua tangan.
  4. Diamkan kurang lebih 15menit sambil memijat perlahan kulit kepala.
  5. Basuhlah kulit kepala dengan air untuk menghilangkan sisa sisa garam dan ketombe hingga bersih.

3.  Garam Dapur dan Shampo

Kandungan pada garam akan memberikan stimulan pada peredaran darah melalui kulit kepala sehingga mampu menggugurkan ketombe pada rambut kamu. Selain dapat menhilangkan ketombe, garam juga mampu untuk menyerap minyak berlebih dan mencegah  pertumbuhan jamur yang menyebabkan timbulnya ketombe. Caranya :

  1. Bagi rambut menjadi beberapa bagian.
  2. Taburkan beberapa sendok garam pada setiap bagian rambut.
  3. Basahi ujung jari dan pijat perlahan selama kurng lebih 10 menit – 15 menit.
  4. Cuci rambut dengan air bersih.

4. Mencuci rambut dengan garam

ads

Jika kamu hendak mencuci rambut kamu dengan menggunakan model rambut wanita sebahu, hal itu merupakan solusi yang bagus untuk menghilangkan ketombe pada rambut kamu. Hal ini disebabkan karena adanya sifat antiseptik pada garam yang mampu menghilangkan jamur pada kulit kepala. Karena jamur yang menempel pada kulit kepala ini dapat menyebabkan adanya ketombe. Kamu dapat mencuci rambut kamu dengan garama dengan cara :

  1. Rebus air kurang lebih 2 cangkir.
  2. Larutkan 3 sendok garam dalam air tersebut.
  3. Setelah air mendidih, angkat dan tunggu hingga air mendingin lalu cuci rambut dengan menggunakan air tersebut.
  4. Pijat kulit kepala selama beberapa menit agar penyerapan air garam dapat optimal.
  5. Bilas kulit kepala secara menyeluruh dengan air ssegar hingga bersih.

5. Garam dan Minyak Zaitun

Cara menghilangkan ketombe dengan garam, jika kamu memiliki kulit kepala yang kering, kamu bisa mencobanya dengan mencampurkan antara garam dengan minyak zaitun. Dengan adanya sifat garam yang mampu menyerap minyak dan minyak zaitun yang esensial merupakan kombinasi yang ampuh untuk menghilangkan ketombe pada kulit kepala yang kering. Hal ini dapat dilakukan dengan cara :

  1. Mencampurkan 2 sendok makan garam laut dengan seperempat minyak zaitun hangat.
  2. Campurkan keduanya hingga merata dengan baik.
  3. Pijat kulit kepala menggunakan ramuan ini dan biarkan meresap selama 15 – 20 menit.
  4. Cuci bersih seluruh permukaan kulit kepala menggunakan shampo berbahan dasar ringan.

6. Garam Dengan Air Jeruk Nipis

Dengan mencampurkan garam dengan air perasan jeruk nipis mampu mengurangi minyak berlebihan pada kulit kepala dan membunuh bakteri penyebab timbulnya ketombe. Cara ini sama hlnya dengan cara membuat rambut bergelombang kelima yaitu:

  1. Mencampurkan 2 sendok makan garam laut dengan perasan air jeruk nipis.
  2. Campurkan keduanya hingga merata dengan baik.
  3. Pijat kulit kepala menggunakan ramuan ini dan biarkan meresap selama 15 – 20 menit.
  4. Cuci bersih seluruh permukaan kulit kepala menggunakan shampo berbahan dasar ringan.

7. Garam Dengan Vitamin Rambut

Menggunakan garam beserta shampo akan mampu mengangkat sel kulit mati serta menghilangkan ketombe yang telah tertimbun di kulit kepala. Keuntungan dari cara ini kita dapat menghemat waktu kerena dapat dilakukan dengan waktu keramas. Caranya yaitu:

  1. Mencampurkan garam secukupunya dengan sampo yang berbahan ringan.
  2. Campurkan keduanya hingga merata dengan baik.
  3. Pijat kulit kepala menggunakan ramuan ini dan biarkan meresap selama 15 – 20 menit.
  4. Cuci bersih seluruh permukaan kulit kepala menggunakan shampo berbahan dasar ringan.

8. Garam Dengan Aloevera

Aloevera telah terkenal akan khasiat nya untuk rambut. model rambut wanita Korea dengan mencampurkan aloevera dengan garam, kandungan garam akan menghilangkan ketombe dan minyak lalu aloevera akan melindungi helaian rambut dari efek samping penggunaan garam tersebut. Caranya cukup mudah,

  1. Anda hanya perlu menaburkan garam pada batang aloevera
  2. Gosokkan secara perlahan pada kulit kepala. Cara ini terbukti ampuh jika dilakukan secara rutin.
Sponsors Link

9. Garam Dengan Cuka Apel

Anda dapat membuat scrub berbahan dasar garam dan cuka apel. Dengan perpaduan garam dan cuka apel kulit kepala akan terhindar dari ketombe dan kelembaban kulit kepala juga dapat terjaga, caranya

  1. Anda cukup hanya mencampurkan sedikit garam dan cuka apel hingga membentuk scub
  2. Gosokkan pada kulit kepala yang berketombe.
  3. Lalu diamkan beberapa saat
  4. bilas dengan air bersih

10. Garam Dengan Minyak Kelapa

Minyak kelapa mengandung banyak vit E yang baik untuk pertumbuhan model rambut bob layer serta kulit kepala. Cara ini sangat cocok untuk anda yang ingin menghilangkan ketombe namun tetap ingin memberikan vitamin untuk rambut anda.

  1. Cukup campurkan minyak kelapa dengan garam,
  2. Pijat dengan perlahan pada kulit kepala.
  3. Diamkan selama beberapa saat
  4. Bilas menggunakan air bersih atau shampo berbahan dasar ringan untuk menghilangkan sisa minyak dan garam pada kulit kepala.

Diatas adalah cara alternatif menghilangkan ketombe dengan bahan alami yang mudah didapat. Bagi anda yang mempunyai model rambut panjang berponi yang banyak dengan ketombe akut atau tidak kunjung hilang dengan cara-cara alternatif seperti diatas dapat langsung berkonsultasi pada dokter kulit. Jika dibandingkan dengan pengobatan yang menggunakan produk pasaran, tentu treatment diatas jauh lebih aman karena tidak mengandung bahan kimia asalkan di lakukan dengan cara yang benar dan tidak berlebihan.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Friday 19th, May 2017 / 05:16 Oleh :
Kategori : Kesehatan Rambut