Sponsors Link

10 Cara Menggunakan Vitamin Rambut Dengan Benar

Sponsors Link

Tidak ada seorang pun yang tidak ingin rambutnya terjaga sehat, lembab dan bernutrisi. Karena rambut adalah salah satu anggota tubuh yang mempengaruhi baik – buruknya penampilan. Rambut yang sehat dan terawat dengan model gaya rambut yang tepat tentu memiliki penampilan yang sangat menawan. Sebaliknya rambut yang tidak sehat dan tidak terawat tidak akan memiliki penampilan yang baik. Tentu saja hal – hal ini membutuhkan perawatan yang sangat rutin. Perawatan yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan dan nutrisi rambut salah satunya adalah dengan memberi vitamin rambut setiap hari. (Baca juga: Cara Menumbuhkan Rambut Dengan Bawang Merah)

ads

Vitamin rambut berguna untuk menjaga nutrisi pada rambut. Selain itu, penggunaan vitamin juga dapat digunakan untuk memperbaiki rambut rusak. Vitamin rambut memiliki beragam jenis tergantung dengan kandungan dan fungsinya masing – masing. Ada vitamin yang berfungsi untuk mengobati rambut rontok, rambut kering kusam, membuat rambut hitam berkilau, memperhalus dan melembutkan rambut dan banyak lagi yang lainnya. Pastinya vitamin rambut memiliki kandungan yang sangat bermanfaat dan berkhasiat bagi kesehatan rambut. Kandungan – kandungan di bawah ini adalah kandungan yang sangat baik untuk rambut:

  • Biotin

Biotin juga disebut dengan vitamin H atau B7. Tidak hanya vitamin rambut, beberapa supplemen rambut dan produk perawatan rambut lainnya banyak yang mengandung biotin. Vitamin biotin ini khusus untuk mengobati dan merawat rambut rontok. Hal ini dikarenakan biotin mendorong pertumbuhan rambut. (Baca juga: Cara Menghilangkan Uban Dengan Biji Pepaya)

Biotin adalah vitamin B. Dan vitamin B sendiri terkenal dengan khasiatnya yang mendorong terjadinya proses sintesis protein dalam tubuh. Selain untuk merawat rambut rontok, manfaat biotin adalah antara lain; menambah ketebalan rambut, meningkatkan kesehatan kulit kepala,  dan memperkuat akar rambut. (Baca juga: Cara Menata Rambut Pria)

  • Vitamin B Kompleks

Vitamin B kompleks adalah vitamin yang merupakan campuran atau kombinasi dari beberapa vitamin B, yaitu vitamin B1, B2, B3, B5, B7, B9 dan yang terakhir B12. Vitamin ini termasuk kedalam golongan vitamin yang larut dalam air. Dengan kemampuan vitamin B kompleks yang mengubah gula menjadi karbohidrat, vitamin B komples mendorong pertumbuhan energi dalam tubuh. Manfaat vitamin B kompleks bagi rambut adalah untuk meningkatkan ketebalan rambut, merawat rambut yang rontok dan membuat rambut menjadi mengkilap dan berkilau. (Baca juga: Cara Mengembalikan Rambut Asli Setelah Rebonding)

  • Vitamin A

Vitamin A ini terkenal berkhasiat untuk kesehatan mata kita. Namun tahukah Anda bahwa ternyata vitamin A ini juga berguna untuk kesehatan rambut juga? Dibandingkan dengan vitamin lain yang memiliki fungsi dan peran tertentu, vitamin A untuk rambut terkenal dengan khasiatnya yang memperbaiki dan merawat rambut secara keseluruhan. Vitamin A juga berfungsi memperkilau rambut, mendorong pertumbuhan rambut, menjaga kelembaban rambut, dan juga mencegah rambut rontok. Sangat banyak bukan, manfaatnya?
(Baca juga: Cara Merawat Rambut Kering Dan Mengembang)

  • Vitamin C

Sumber dan akar permasalahan dari masalah rontok adalah sesungguhnya dikarenakan kekurangan asupan vitamin C. Kekurangan vitamin C dapat berdampak pada rambut, yaitu membentuk rambut yang bercabang. Sehingga menyebabkan kerontokan rambut. Benar –benar menjaga asupan vitamin C akan mendorong pertumbuhan rambut dan mengurangi kerontokan. (Baca juga: Cara Membuat Minyak Kelapa)

  • Vitamin E

Sebagaimana vitamin yang lainnya, vitamin E juga memiliki fungsi pemulihan rambut seperti; solusi rambut bercabang, menambah kilau rambut, meningkatkan pertumbuhan rambut, dan memperlambat penuaan rambut. (Baca juga: Cara Mewarnai Rambut Tanpa Bleaching)

Berikut adalah 10 cara menggunakan vitamin rambut, memilih vitamin untuk rambut yang perlu kamu harus lakukan sebagai berikut:

Sponsors Link

  • Konsultasikan ke dokter atau Tanya expert terlebih dahulu mengenai masalah rambut anda. Merek produk vitamin diluar sana terdapat banyak sekali jenisnya. Oleh karena itu, pelajari gelaja permasalahan rambut Anda terlebih dahulu dengan banyak berkonsultasi pada dokter atau ahli kesehatan rambut. Sehingga Anda akan tahu vitamin yang seperti apa yang akan cocok dan sesuai untuk rambut Anda tersebut. (Baca juga: Model Rambut Untuk Leher Pendek)
  • Memilih produk vitamin yang sesuai dengan jenis karakter rambut Anda. Setelah Anda berkonsultasi dengan dokter ataupun para expert tentang jenis vitamin yang cocok untuk karakter rambut Anda, pelajari dengan baik cara penggunaannya. Agar mendapatkan hasil yang optimal, pada saat pemakaian vitamin rambut, oleskan secara merata pada setiap helai rambut dari bagian atas kepala hingga ujung rambut tanpa menyentuh kulit kepala ataupun akar rambut. (Baca juga: Cara Menghilangkan Telur Kutu)
  • Perhatikan komposisi vitaminnya. Jangan memilih vitamin yang banyak mengandung silikon. Mayoritas vitamin memiliki kandungan silicon di dalamnya. Seperti yang kita tahu, silicon tidaklah bagus untuk kesehatan rambut. Oleh karena itu, periksa juga komposisinya. Dan konsultasikan kepada dokter kandungan – kandungan apa saja yang berbahaya dan mana yang tidak. (Baca juga: Cara Menggunakan Hair Dryer)
  • Gunakan vitamin secara rutin. Namun tetap batasi jumlah penggunaannya. Jangan sampai Anda menggunakan vitamin rambut terlalu banyak karena nutrisi yang kebanyakan juga tidak akan baik untuk rambut. Menggunakan vitamin rambut secara rutin harus perlu dilakukan untuk menjaga kenutrisian dan kesehatan rambut setiap harinya. (Baca juga: Cara Menghitamkan Rambut dengan Kopi)

Inilah beberapa langkah penggunaan vitamin rambut yang bagus yang bisa anda gunakan dengan mudah sebagai berikut:

  • Gunakan vitamin pada waktu-waktu tertentu saja. Waktu-waktu tersebut adalah ketika sehabis keramas, saat rambut kering, atau pada waktu-waktu tertentu yang ingin menambah kelembaban rambut. Umumnya, vitamin digunakan setiap saat setelah keramas. Hal ini dikarenakan pada saat inilah waktu yang cocok rambut menerima nutrisinya. (baca juga: Cara Mengeringkan Rambut)
  • Cuci rambut (keramas) terlebih dahulu. Jangan lupa gunakan shampoo dan conditioner yang sesuai dengan rambut Anda juga. Olesi masker rambut pada saat keramas juga akan meningkatkan hasil kerja vitamin nantinya. Masker rambut meningkatkan kelembutan dan kelembaban rambut. (Baca juga: Cara Membuat Vitamin Rambut)
Sponsors Link

  • Keringkan rambut. Biarkan rambut yang basah dalam beberapa saat. Atau gunakan hair dryer untuk mengeringkan rambut Anda. Tunggu hingga menjadi setengah – setengah kering. (Baca juga : Cara Merawat Rambut Rusak)
  • Jika sudah seperti 90% kering, oleskan vitamin pada tekapak tangan terlebih dahulu. Setelah itu, oleskan pada daerah rambut secara merata dari atas kepala sampai ujung rambut. Jangan sampai terkena kulit atau akar rambut. (Baca juga: Cara Menghilangkan Rambut Bercabang)
  • Tunggu beberapa saat sekitar 5-10 menit. Lalu sisir rambut Anda. Setelah memakai vitamin, penyisiran rambut akan terasa lebih mudah. Rambut pun juga terasa lebih halus dan lembut. (Baca juga: Cara Mengikat Rambut)
  • Setelah menggunakan vitamin, Anda boleh menggunakan alat-alat seperti catok, hair blower, hair curlier tanpa takut rambut menjadi kering ataupun kusam. Rambut Anda akan terlindungi dari panas seketika. Asalkan Anda menggunakan vitamin ini dengan rutin dan rajin. (Baca juga: Model Rambut Wanita Sebahu)

Selain menggunakan produk – produk vitamin rambut di toko ataupun apotek, Anda bisa saja membuatnya sendiri dengan bahan – bahan alam, diantaranya:

Demikian cara menggunakan vitamin rambut yang dapat diterapkan sehari-hari untuk menjaga kesehatan dan keindahaan rambut. Semoga artikel ini bermanfaat dan mudah dalam penerapannya. Cara menggunakan vitamin rambut dapat diaplikasikan untuk setiap jenis kalangan baik tua ataupun mudah.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Saturday 26th, August 2017 / 14:25 Oleh :
Kategori : Perawatan Rambut