Sponsors Link

22 Cara Menggunakan Hair Dryer Sendiri Yang Baik

Sponsors Link

Rambut adalah termasuk salah satu perhiasan seorang Wanita. Itulah mengapa, Wanita akan melakukan metode apapun, mencoba alat apapun untuk memperindah rambutnya. Saat ini ada beragam jenis metode dan alat perawatan rambut yang dapat digunakan. Bahkan ada banyak sekali produk perawatan rambut, mulai dari produk buatan maupun produk alami. Produk rambut, alat dan metode yang sesuai dapat membantu merawat dan memperindah rambut. (baca juga: Tips Memilih Catok Rambut Yang Bagus)

ads

Hair Dryer adalah salah satu alat perawatan rambut. Secara umum, hair dryer berfungsi untuk mengeringkan rambut yang basah setelah keramas. Prinsip kerja dari hair dryer ini adalah dengan mengalirkan udara dari lingkungan luar menuju daerah panas pada alat dan mengeluarkannya melalui lubang output, sehingga udara panas yang dihasilkan dapat mengeringkan rambut yang basah setelah keramas. (baca juga: Cara Mengeringkan Rambut)

Namun setelah berkembangnya metode dan cara perawatan rambut, kini ada banyak fungsi atau manfaat hair dryer untuk Anda gunakan. Beberapa manfaat hair dryer untuk kehidupan sehari-hari adalah:

  1. Mengeringkan Rambut Setengah Basah

Setelah membersihkan rambut (keramas), rambut masih berada pada keadaan setengah basah. Rambut yang setengah basah tidak bisa langsung dikuncir atapun ditutupi dengan hijab atau penutup rambut. Rambut setengah basah sangatllah lembab. Menutupi rambut yang setengah basah hanya akan menyebabkan rambut menjadi lebih rusak. Oleh karena itu, rambut harus dikeringkan terlebih dahulu.

Cara menggunakan hair dryer untuk mengeringkan rambut adalah antara lain:

  • Basahi dan bersihkan rambut dengan sampo favorit yang sesuai dengan keadaan rambut Anda. Gunakan produk vitamin atau conditioner jika dirasa perlu untuk menambah nutrisi dan merawat kelembutan rambut. Pijat rambut pada saat proses keramas. Ratakan sampo hingga pada ujung rambut dan gosok rambut dengan kedua tekapak tangan secara perlahan. (baca juga: Cara Blow Rambut)
  • Rambut basah hasil keramas harus dikeringkan terlebih dahulu dengan handuk atau apapun yang dapat mengurangi kadar air dan kebasahan rambut. Jangan gunakan hair dryer langsung pada daerah rambut yang sangat basah. Gunakan hair dryer hanya untuk rambut yang setengah basah.
  • Bagi daerah pada rambut menjadi beberapa bagian. Pembagian ini dilakukan agar pengeringan rambut dapat dilakukan dengan lebih mudah. Gunakan penjepit rambut untuk memidahkan daerah-daerah rambut. Bagi daerah rambut sesuai dengan panjang rambut Anda. Jika rambut Anda panjang, lebih baik bagi rambut Anda menjadi 3-4 bagian agar dapat kering merata.
  • Persiapkan hair dryer. Tancapkan kabel pada stop kontak dan gunakan hair dryer pada posisi yang membuat Anda nyaman dan jauh dari kabel listrik. Lebih baik menggunakan kabel yang panjang agar tidak mengganggu proses pengeringan rambut. (baca juga: Cara Membuat Rambut Bervolume)
  • Sisir rambut satu persatu perbagian sambil menggunakan hair dryer mulai dari atas kepala (bagian kulit) hingga ujung rambut. Yang perlu dicatat disini adalah jangan sampai memberikan kontak hair dryer yang sangat dekat dengan kulit rambut (scalp) karena hal ini justru akan merusak rambut. Atur jarak hair dryer dengan rambut agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Udara yang dihasilkan pada hair dryer adalah udara panas. Jangan gunakan hair dryer terlalu lama pada 1 daerah rambut yang sama, sehingga rambut tidak akan mudah terbakar.
  • Lakukan secara bergantian dengan cara yang sama pada daerah-daerah rambut yang lainnya. Keringkan rambut selama kurang lebih 10-15 menit, hingga rambut benar-benar kering dan tidak basah. Jika Anda menghentikan proses pengeringan rambut pada saat kondisi rambut masih basah, maka kelembaban rambut akan berkurang,
  • Setelah kering sempurna, biarkan rambut selama beberapa menit agar bereaksi dengan udara dingin di sekitar.
  • Gunakan vitamin atau pelengkap nutrisi rambut setelah pemakaian hair dryer. Ini akan menjaga kelembutan dan kelembaban rambut selama Anda berada diluar ruangan. (baca juga: Cara Merawat Rambut Dengan Minyak Zaitun)
  • Hair dryer menghasilkan udara yang sangat panas, Oleh karena itu, jangan lupa menggunakan produk rambut pelindung panas (heat protector) sebelum menggunakan hair dryer.
  • Pada rambut yang masih basah, jangan menggunakan sisir terlebih dahulu. Lebih baik gunakan sela – sela jari dalam meratakan rambut. Gunakan sisir jika rambut Anda sudah menjadi kering. Sisir yang digunakan adalah sisir yang memiliki rongga lebar dan tidak sempit. Hal ini bertujuan agar rambut tidak banyak yang rontok dan patah. (Baca juga: Cara Membuat Minyak Kelapa)

Artikel lainnya:

  1. Membentuk Gaya Rambut

Selain untuk mengeringkan rambut, ternyata hair dryer dapat digunakan untuk membentuk dan memperindah gaya rambut Anda. Dengan menggunakan metode yang sesuai, hair dryer dapat membentuk rambut Anda menjadi mengembang, curly, ataupun bergelombang (wavy).

Cara menggunakan hair dryer untuk membentuk gaya rambut wavy adalah:

Sponsors Link

  • Gunakan styling product khusus untuk rambut bergelombang. Ratakan pada rambut setengah basah yang telah dikeringkan dengan handuk atau kain terlebih dahulu. (baca juga: Cara Mengeringkan Rambut)
  • Gunakan diffuser attachment pada hair dryer khusus untuk membuat rambut Anda menjadi bergelombang. Diffuser attachment akan mempermudah rambut Anda menjadi kering dan dapat membentuk rambut bergelombang Anda menjadi lebih cepat.
  • Atur diffuser pada kecepatan rendah sehingga udara panas yang keluar pada hair dryer tidaklah terlalu tinggi. Mengatur kecepatan rendah pada diffuser juga berfungsi untuk mencegah rambut menjadi kering.
  • Tundukkan kepala selama proses pengeringan. Hal ini akan membuat hasil rambut wavy menjadi lebih indah. (baca juga: Cara Agar Rambut Cepat Panjang)

Cara menggunakan hair dryer untuk membentuk gaya rambut straight adalah:

  • Gunakan styling product pada rambut untuk mengurangi efek samping dari penggunaan hair dryer. Styling product dapat berupa penambah kelembaban, nutrisi rambut atau pelindung panas.
  • Sisir rambut dari arah atas kebawah sambil mengeringkan rambut dengan hair dryer. Ini akan membantu pembentukan rambut menjadi rambut yang lurus tegak. Sisir rambut perlahan agar rambut tidak rusak. (baca juga: Cara Agar Rambut Tidak Mengembang)
  1. Mengeringkan Sesuatu

Sebagaimana udara yang dihasilkan hair dryer yang bersifat panas, hair dryer memiliki fungsi yang dapat mengeringkan sesuatu. Hal – hal yang dapat Anda keringkan dengan bantuan hair dryer adalah:

Sponsors Link

  • Mengeringkan baju, cara mengeringkan baju menggunakan hair dryer: aplikasikan udara panas yang keluar dari hair dryer pada bagian baju yang basah. Lakukan selama beberapa menit hingga baju benar – benar menjadi kering.
  • Mengeringkan kuteks, cara mengeringkan kuteks menggunakan hair dryer: dengan mengatur kecepatan yang sedang pada hair dryer, aplikasikan udara panas yang dihasilkan pada kuteks untuk mempercepat pengeringan.
  • Mengeringkan bulu, selain rambut, hair dryer juga dapat digunakan untuk mengeringkan bulu, seperti bulu mata, bulu hewan, dan lain sebagainya. Cara mengeringkan bulu menggunakan hair dryer yaitu dengan mengaplikasikan hair dryer pada daerah bulu yang basah. (baca juga: Cara Mewarnai Rambut Tanpa Bleaching)
  • Menghilangkan Noda Pada Tembok, gerak-gerakkan hair dryer pada daerah tembok yang kotor. Setelah kotoran pada tembok luntur, usapkan kotoran dengan kain atau handuk. Basuh dengan air kemudian, agar kotoran hilang merata.
  • Melentikkan Bulu Mata, untuk melentikkan bulu mata, gunakan penjepit bulu mata terlebih dahulu untuk melenggokkan bulu mata yang sudah merenggang. Setelah itu, aplikasikan hair dryer untuk mempertahankan kelenggokan bulu mata tersebut.
  • Menghangatkan Makanan, gunakan hair dryer pada makanan yang sudah menjadi dingin. Makanan akan kembali lagi menjadi hangat setelah mengenai udara panas dari hair dryer.

Artikel lainnya:

Ini adalah pembahasan artikel tentang menggunakan hair dryer, ada beberapa banyak cara yang bisa anda lakukan dengan simple dan mudah sebagai berikut. Bagaimana penggunaan yang baik dan benar dan langkah yang mudah untuk ikutin.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Tuesday 15th, August 2017 / 07:56 Oleh :
Kategori : Kesehatan Rambut