Sponsors Link

18 Cara Menggunakan Alat Cukur Rambut Listrik

Sponsors Link

Setiap orang memperhatikan penampilannya. Tak terkecuali Pria maupun Wanita. Termasuk penampilan rambut mereka. Rambut memperlihatkan sosok ketampanan, kecantikan dan kewibawaan seseorang. Itulah mengapa, setiap orang sangat sensitif dengan gaya rambut masing-masing. Gaya rambut identik dengan pemotongan atau pencukuran rambut.

ads

Dalam hal ini, Pria lebih cenderung sering mencukur rambutnya sendiri, dibandingkan Wanita. Wanita akan lebih memilih memotong rambutnya di sebuah salon atau meminta bantuan pencukur rambut yang Ia kenal. Namun bagi Pria, kegiatan mencukur rambut adalah hal yang harus dan wajib dilakukan dengan rutin. Hal ini dikarenakan Pria memiliki lebih banyak rambut yang harus dirawat secara rutin seperti jenggot, kumis, jakun dan lain sebagainya.

Alat Cukur dan Cara Pemakaiannya Untuk Rambut

Untuk mencukur rambutnya, Pria sering menggunakan alat pencukur rambut. Mulai dari pisau cukur yang sangat tradisional hingga alat pencukur rambut elektronik yang modern. Alat pencukur rambut elektrik ini sering disebut dengan clipper. Pria dan Wanita menggunakan pisau cukur untuk mencukur bagian-bagian rambut yang sederhana dan mudah  untuk dicukur saja, seperti rambut di daerah ketiak, dagu dan lain-lain. Sedangkan hair clipper digunakan untuk memotong rambut dan membentuk aneka gaya rambut dengan lebih mudah. (baca juga: Cara Menghitamkan Rambut Dengan Kopi)

1. Pisau Cukur

Pisau cukur adalah pisau khusus mencukur yang mempunyai berupa lempengan baja tipis dan kecil dan mempunya dua mata pada dua sisi. Pisau cukur ini memiliki beragam jenis dan tingkatan yang berbeda tergantung dengan level ketajaman dan kepraktisan alat tersebut (baca juga: Cara Memotong Rambut Sendiri). Biasanya untuk mencukur menggunakan pisau cukur ini, Anda harus menggunakan krim khusus terlebih dahulu untuk mengurangi rasa sakit dan iritasi yang mungkin dapat terjadi setelah proses pencukuran. Krim khusus ini dapat Anda temui di berbagai toko ataupun minimarket terdekat. Berikut ini adalah cara mencukur rambut menggunakan pisau cukur:

  • Pilihlah silet yang sesuai dengan kondisi daerah tubuh Anda. Misal Anda ingin cara menggunakan alat cukur rambut dengan cara mencukur rambut pada daerah janggut. Pilihlah pisau cukur yang sesuai dengan bentuk janggut Anda. Janggut tipis akan lebih cocok menggunakan pisau cukur yang tidak terlalu tajam, dan lain sebagainya. (baca juga: Model Rambut Pria Untuk Wajah Bulat)
  • Biasakan untuk membersihkan diri terlebih dahulu. Jika Anda ingin mencukur rambut di bagian badan, mandi dan bersihkan badan akan sangat membantu melembutkan daerah rambut sebelum mulai bercukur. Jika Anda ingin bercukur rambut di daerah jenggot, cuci dan bersihkan daerah wajah Anda, baik menggunakan sabun pencuci wajah atau hanya sekedar mencuci muka dengan air bersih mengalir. Gunakan scrub wajah jika diperlukan.
  • Gunakan krim cukur (pre-shaved cream) sebelum mulai bercukur. Penggunaan krim sebelum bercukur akan melembutkan daerah rambut dan mengurangi luka atau iritasi setelah bercukur. Jika Anda kurang nyaman menggunakan krim cukur, gunakan lotion atau minyak bayi juga dapat membantu.
  • Oleskan pada daerah rambut yang ingin dicukur. Pijat – piat hingga krim berhasil merata pada daerah rambut. Gosok – gosok hingga menghasilkan busa. Anda juga dapat menggunakan kuas untuk mengoleskan krim pada daerah rambut, jika dirasa lebih terasa nyaman.
  • Basahi pisau cukur terlebih dahulu sebelum digunakan. Gunakan air hangat untuk membersihkan wajah ataupun badan Anda ketika bercukur. Air hangat terasa sangat nyaman dan baik untuk kulit. Selain itu, air hangat juga akan menyingkirkan sisa rambut hasil cukuran dengan lebih mudah.
  • Cukur rambut yang ingin dicukur searah dengan arah pertumbuhan rambut. Cara pencukuran ini disebut dengan metode “with the grain”. Setelah selesai mencukur, letakkan pisau cukur pada suatu wadah dan rendam dalam air panas untuk menjaga kebersihannya. (baca juga: Cara Menata Rambut Pria)
  • Basahi daerah yang telah dicukur dengan air hangat. Ulangi pencukuran dengan cara yang sama jika dirasa cukuran pertama kurang memuaskan. Oleskan krim sekali lagi pada daerah rambut dan seterusnya.
  • Gunakan larutan atau lotion penyegar wajah setelah pencukuran. Dengan memberi penyegar pada kulit, kulit daerah rambut dapat menjadi lebih segar dan terhidrasi dengan baik. Ada beberapa larutan penyegar (aftershave) diantaranya; berbasis alkohol dan witch hazel (dengan ekstrak tanaman). Larutan penyegar yang berbasis alkohol lebih menyegarkan kulit dibandingkan dengan witch hazel. Namun larutan penyegar witch hazel lebih bersifat alami dan natural tidak terkesan berbahaya pada kulit dibandingkan dengan alkohol.
  • Gunakan pelembab untuk lebih melembabkan kulit setelah pencukuran. (baca juga: Gaya Rambut Pria Kurus)
Sponsors Link

Baca Juga:

2. Clipper (Pencukur Rambut)

Hair clipper adalah alat pemotong rambut yang merupakan sebuah revolusi dari gunting. Dibandingkan dengan gunting, hair clipper dapat memotong rambut dengan lebih cepat. Hair clipper yang biasa digunakan di salon – salon atau bahkan di rumah adalah hair clipper elektronik yang memang sudah sangat canggih. Sebenarnya, jauh sebelum ditemukannya hair clipper elektronik, telah berkembang hair clipper manual. Hair clipper manual ini memanfaatkan gerakan jari untuk menggerakkannya. Anda harus melepaskan dan meregangkan jari untuk menggerakkan hair clipper manual ini (baca juga: Model Rambut Undercut).

ads

Tidak hanya untuk memotong rambut saja, hair clipper juga dapat digunakan untuk memotong rambut pada jakun, dagu dan lain sebagainya. Namun, untuk pencukuran sederhana, banyak orang yang cenderung lebih menyukai pisau untuk cara menggunakan alat cukur rambut dibandingkan hair clipper. Karena ukurannya yang praktis, mudah dibawa dan ringan ketika digunakan. Sehingga sampai saat ini, hair clipper lebih sering digunakan untuk memotong rambut dan membentuk gaya atau model rambut. Cara memotong rambut menggunakan hair clipper adalah sebagai berikut;

  • Bersihkan rambut dengan keramas menggunakan shampoo yang cocok untuk jenis rambut Anda. Membersihkan rambut sebelum dipotong akan melembutkan dan melembabkan daerah rambut. Sehingga rambut nantinya akan tercukur dengan lebih mudah. (baca juga: Cara Melemaskan Rambut)
  • Olesi minyak pada bagian mata pisau hair clipper. Pemberian minyak ini bertujuan untuk meningkatkan kelicinan mata pisau sehingga tidak akan menimbulkan luka dan iritasi pada daerah rambut. Gunakan minyak yang memang khusus diperuntukkan untuk pengolesan hair clipper.
  • Cukur atau potong rambut sesuai keinginan Anda. Gunakan hair clipper yang sesuai dengan ukuran. Jika Anda ingin mencukur rambut di daerah mata kaki, maka gunakan hair clipper yang tidak terlalu besar. Dan gunakan sebaliknya untuk daerah rambut yang lebih luas seperti rambut di kepala dan seterusnya.
  • Pada saat pencukuran atau pemotongan, gunakan air untuk melicinkan rambut. Sisir rambut berkali – kali untuk meluruskan rambut sehingga mempermudah pemotongan.
  • Bilas daerah kulit yang telah dicukur/dipotong dengan air bersih mengalir. Cuci dengan sabun jika perlu untuk mengurangi rasa gatal. Gunakan lotion atau minyak setelah dibersihkan. (baca juga: Perawatan Rambut Sebelum Dicatok)

Artikel lainnya:

Untuk penggunaan hair clipper elektronik, Anda juga harus memperhatikan hal – hal dibawah ini:

  • Jangan gunakan hair clipper langsung setelah dicelupkan dalam air.
  • Jangan menggunakan hair clipper di tempat – tempat yang dekat dengan air. Seperti di wastafel, kamar mandi, permandian dan lain sebagainya.
  • Jika ingin membersihkan hair clipper, lepas kabel atau sambungan listriknya terlebih dahulu.
  • Jangan pernah meninggalkan hair clipper dalam keadaan basah setelah penggunaan.

Itulah, beberapa ulasan dari cara menggunakan beberapa cara menggunakan alat cukur rambut yang perlu anda ketahui untuk rambut anda, agar rambut anda bisa terlihat bagus dan sempurna saat dilihat nantinya.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Thursday 24th, August 2017 / 08:21 Oleh :
Kategori : Tips Rambut