Sponsors Link

12 Cara Mengeringkan Rambut Dengan Benar

Sponsors Link

Semua orang pasti sudah tahu bagaimana cara untuk mengeringkan rambut. Namun tidak semua orang tahu bagaimana cara untuk mengeringkan rambut dengan benar. Ya, mungkin masih banyak yang berpikir mengeringkan rambut adalah hal yang sepele. Padahal jika terus diabaikan kebiasaan mengeringkan rambut yang salah dapat menyebabkan rambut Anda lebih mudah mengalami masalah rambut dan dalam jangka panjang menyebab rambut Anda menjadi rusak. Pada artikel ini akan dijelaskan cara untuk mengeringkan rambut dengan benar dan tepat, sebagai berikut:

ads

1. Gunakanlah Handuk Berbahan Lembut atau Baju Kaos

Cara mengeringkan rambut dengan benar adalah mengeringkannya dengan bahan yang lembut. Keringkan rambut Basah Anda menggunakan handuk yang berbahan sangat lembut atau menggunakan baju kaos yang tidak terpakai. Mengeringkan rambut menggunakan bahan yang kasar akan merusak folikel rambut. Hal itu mengakibatkan setelah kering rambut Anda akan menjadi kusut dan kusam. Jadi, saat mengeringkan rambut basah sangat penting sekali untuk mengeringkannya menggunakan bahan yang lembut agar rambut Anda tetap halus dan tidak rusak. (Baca Juga: cara merawat rambut rusak)

2. Tekan-Tekan Dengan Tangan Rambut Basah Yang Masih Menetes

Setelah keramas biasanya air akan menetes pada rambut basah Anda. Sebaiknya tekan-tekan dengan lembut rambut basah Anda sampai air tidak menetes lagi. Sangat tidak disarankan untuk memeras atau mempelintir rambut basah untuk menghentikan air yang mentes dari rambut basah Anda. Hal itu dilarang karena dapat merusak rambut dan menyebabkan rambut mudah patah atau rontok. Jadi, saat Anda selesai keramas sebelum mengelap rambut Anda dengan handuk. Ada baiknya untuk menekan lembut rambut Anda sampai air sisa membilas shampo setelah mandi tidak menetes lagi. Hal itu membantu mempermudah rambut Anda cepat mengering.

Baca juga:

3. Tekan Rambut Basah Menggunakan Handuk dengan Lembut

Setelah rambut basah Anda benar-benar sudah tidak meneteskan air lagi, keringkan rambut Anda menggunakan handuk yang berbahan lembut atau baju kaos yang tidak terpakai. Keringkan rambut yang agak basah dengan menekan-nekan lembut rambut Anda menggunakan handuk. Sisa air yang masih ada pada rambut Anda akan terserap ke handuk. Lakukan cara ini terus sampai rambut Anda benar kering. Atau sampai tidak ada lagi sisa air yang menempel pada helaian batang rambut Anda. Usahakan jangan menekan terlalu keras. Tekan secara perlahan-lahan dan lembut. Perlakuan yang kasar pada saat mengeringkan rambut menyebabkan folikel rambut menjadi rusak. (baca juga: Cara Agar Rambut Cepat Panjang)

4. Jangan Menggesek Rambut dengan Handuk

Tidak menggesek rambut dengan handuk saat mengeringkan rambut merupakan cara untuk mengeringkan rambut dengan benar. Namun kebiasaan mengeringkan rambut dengan menggeseknya pada handuk merupakan kebiasaan yang banyak dilakukan banyak orang. Kebiasaan ini merupakan kebiasaan yang salah. Jika terus dibiarkan rambut Anda akan menjadi kusut setelah mengering dan lama kelamaan rambut Anda menjadi rusak dan kusam. Menggesek rambut dengan handuk juga menyebabkan rambut Anda mengembang setelah keramas. Jadi, jangan pernah ulangi kebiasaan menggesek rambut dengan handuk untuk mengeringkan rambut basah setelah keramas. Anda hanya cukup menekan-nekan dengan lembut agar air keluar dan diserap oleh handuk secara sempurna. (baca juga: Cara Bleaching Rambut)

5. Gunakan Handuk Besar Untuk Membungkus Rambut Panjang

Sponsors Link

Rambut yang panjang membutuhkan waktu yang lama untuk mengeringkanya. Namun ada cara alternatif yang bisa Anda gunakan. Anda bisa membungkus rambut panjang Anda menggunakan handuk yang ukuran lebih besar. Menggunakan handuk yang lebih besar bertujuan agar seluruh bagian rambut terbungkusnya semua di dalam handuk. Sehingga rambut Anda kering secara merata. Dengan membungkus rambut sisa-sisa air pada helaian rambut panjang Anda akan terserap secara sempurna pada handuk. (baca juga: Cara Merawat Rambut Rusak)

6. Cara Membungkus Rambut Panjang Menggunakan Handuk Besar

Sebelumnnya dijelaskan cara mengeringkan rambut dengan benar untuk rambut yang panjang adalah dengan membungkusnya menggunakan handuk yang berukuran besar. Berikut ini cara membungkus rambut panjang Anda yang basah menggunakan handuk:

  • Bungkukkan badan Anda sampai rambut panjang Anda terurai ke depan kepala Anda.
  • Letakkan seluruh bagian rambut Anda tepat di depan dahi Anda.
  • Setelah itu letakkan handuk yang berukuran besar tepat di kepala bagian belakang Anda.
  • Lalu letakkan seluruh bagian rambut agar tertutupi oleh handuk.
  • Kemudian satukan bagian sisi kiri dan sisi kanan handuk untuk membungkus rambut panjang Anda.
  • Usahakan seluruh bagian rambut panjang Anda terbungkus semua ke dalam handuk.
  • Lalu pilin handuk yang membungkus rambut Anda. Pilin sampai ke bagian ujung handuk.
  • Saat memilin jangan ampai rambut Anda yang keluar dari dalam bungkusan handuk tersebut.
  • Setelah itu, letakkan pilinan handuk tersebut ke belakang kepala Anda sembari Anda menegakkan kepala Anda.
  • Rapikan rambut yang keluar masukkan kembali kedalam bungkusan handuk. (baca juga: Cara Membuat Rambut Bervolume)

7. Diamkan Rambut Yang Dibungkus Selama 20-30 Menit

ads

Setelah rambut panjang Anda terbungkusnya semua di dalam handuk besar tersebut. Diamkan selama 20-30 menit agar sisa air pada rambut basah Anda terserap seluruhnya pada handuk. Sambil menunggu rambut Anda kering, Anda bisa sambil make up atau melakukan kegiatan lainnya. Membungkus rambut menggunakan handuk merupakan cara yang paling banyak digunakan oleh para ibu-ibu, gadis, dan remaja perempuan untuk mngeringkan rambut mereka.

8. Pisahkan Rambut Yang Menggumpal Menggunakan Jari

Setelah rambut Anda mengeringkan bukalah bungkusan handuk kepala Anda. Pilinan handuk menyebabkan rambut panjang Anda menggumpal dan terpilin menjadi satu. Sebaiknya jangan langsung disisir. Anda pisahkan rambut yang menggumpal dengan cara menyisirnya menggunakan jari. Pisahan rambut yang terpilin jadi satu. Setelah rambut Anda sudah tidak menggumpal Anda baru boleh mulai menyisirnya. Jika langsung menyisir rambut yang menggumpal akan mengakibatkan rambut Anda menjadi rontok. (baca juga: Cara Smoothing Rambut)

9. Sisir Rambut Menggunakan Sisir Bergerigi Lebar

Setelah Anda memastikan tidak Ada lagi yang menggumpal, Anda boleh memulai menyisirnya. Saat menyisir rambut yang basah jangan menggunakan sisir yang bergerigi rapat. Hal itu menyebabkan rambut Anda setelah kering akan menjadi kusam, mengembang, dan kasar. Jadi sebaiknya sisir rambut Anda menggunakan sisir rambut yang bergerigi lebar atau renggang. Hal ini juga bertujan agar jika masih ada rambut yang menggumpal akan lebih mudah menyisirnya. Dan menghindari rambut kusut menyakiti kepala Anda saat di sisir. (baca juga: Cara Meluruskan Rambut Keriting)

10. Gunakan Kondisioner Atau Serum Rambut

Bagi Anda yang memiliki tipe rambut yang kering dan mengembang dapat menggunakan kondisioner tanpa bilas sebagai cara mengatasi rambut mengembang setelah keramas. Anda juga bisa menambahkan serum rambut untuk menutrisi rambut Anda. Hal penting Anda bisa menambahkan kondisioner dan serum rambut saat rambut Anda benar-benar agak kering atau sedikit lembab. Jangan sekali-kali menggunakan kondisioner tanpa bilas dan serum rambut pada saat rambut Anda masih dalam keadaan basah. Sebab jika menggunakan kondisioner tanpa bilas dan serum rambut pada sat rambut masih basah akan menyebabkan rambut Anda berketombe dan gatal. Jadi gunakan kondisioner dan serum rambut saat rambut Anda mulai kering atau sedikit lembap. ( Baca Juga: cara menghilangkan ketombe)

11. Mulai Tata Rambut Anda

Menunggu rambut benar-benar kering sempurna mungkin membutuhkan waktu yang lama. Anda bisa mulai menata rambut agak mengering. Jangan menata rambut saat masih basah terutama mengikatnya. Sebab dapat menyebabkan rambut Anda rusak dan berbau apek atau tidak sedap. Jadi, mulai tata rambut Anda yang agak kering. Lalu biarkan rambut Anda mengering dengan sendirinya. (baca juga: Cara Menghilangkan Rambut Bercabang)

Baca juga:

Sponsors Link

12. Gunakan Hair Dryer Saat Kondisi Tertentu

Jika Anda tidak punya banyak waktu untuk mengeringkan rambut, Anda bisa menggunakan hair dryer untuk mengeringkan rambut basah Anda setelah keramas. Namun usahakan jangan sampai ada air yang masih menetes pada rambut Anda. Gunakan serum pelindung panas untuk melindungi rambut Anda agar tidak rusak karena suhu panas dari hai dryer. Setting hair dryer Anda pada suhu yang sedang jangan terlalu panas. Dan penting jangan terlalu dekat menggunakan hair dryer pada rambut karena akan merusak rambut dan menyebabkan rambut kering karena kehilangan minyak alaminya.

Nah, itu tadi 12 cara mengeringkan rambut dengan benar. Sehingga Anda bisa merubah kebiasaan salah yang sering Anda lakukan dalam mengeringkan rambut basah setelah keramas. Cara yang salah dalam mengeringkan rambut akan menyebabkan rambut menjadi rusak. Setelah kering rambut Anda menjadi mengembang, kusam, dan kasar. Jadi, lakukan mengeringkan rambut dengan benar untuk mencegah hal itu terjadi pada rambut Anda. Rambut adalah mahkota alami penunjang penampilan Anda. Mari lakukan kebiasaan mengeringkan rambut yang benar agar rambut Anda tetap sehat, kuat, dan indah.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Tuesday 08th, August 2017 / 10:12 Oleh :
Kategori : Perawatan Rambut