Sponsors Link

10 Cara Mengembalikan Rambut Asli Setelah Rebonding

Sponsors Link

Pelurusan rambut atau Hair straightening adalah teknik styling rambut yang digunakan sejak tahun 1890 untuk menghasilkan rambut halus, lebut dan berkilau. Pelurusan rambut mulai cukup popular sejak tahun 1950 yang kemudian muncul produk sampo dan conditioner yang dapat membuat rambut lurus secara sementara. Teknik pelurusan rambut ini dikenal dengan istilah “rebonding” terutama di wilayah Asia Tenggara. Istilah ini muncul pertama kali di Singapore pada tahun 1980 akhir. Rebonding menjadi kegemaran masyarakat dan menyebar ke seluruh Asia Tenggara. Rebonding yang dilakukan terlalu sering dapat merusak rambut. Rebonding yang berlebihan dapat menyebabkan rambut kering dan bercabang. Meskipun pada sekitar tahun 2009 dikenal istilah smoothing yang memiliki peran meluruskan rambut seperti rebonding namun dikenal lebih ramah dan tidak merusak rambut.

ads

Dibandingkan dengan smoothing, rebonding menghasilkan hasil rambut yang sangat lurus tegak seperti disetrika. Itulah mengapa rebonding masih saja digemari meskipun mempunyai efek samping buruk pada rambut. Selain itu, biaya untuk rebonding juga ramah di saku atau istilahnya murah dibandingkan dengan smoothing. Hasil rebonding juga dapat bertahan lama, bahkan untuk rambut orginal yang ikal atau keriting sekalipun. Namun, efek samping dan dampak dari rebonding ini tidak bisa dihindari. Kalian harus siap mental untuk mengetahui kondisi rambut Anda seperti apa setelah proses rebonding. Efek-efek samping dari rebonding adalah:

  • Rambut sering rontok

Rebonding dilakukan dengan menggunakan catok pada suhu yang sangat panas. Rebonding juga menggunakan bahan-bahan kimia selama prosesnya. Hal ini tentu saja dapat merusak sel pada rambut dan menjadikannya sering rontok serta patah. Perawatan untuk kerontokan rambut setelah rebonding juga tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Jika dilakukan secara sembarangan maka kerontokan rambut pun  bisa menjadi semakin parah. Kerontokan yang dibiarkan terus menerus dapat mengakibatkan kebotakan rambut. Oleh karena itu, lakukan perawatan yang sesuai untuk rambut rebonding Anda segera setelah terdapat tanda-tanda kerontokan pada rambut Anda. (Baca juga: Masker Rambut Untuk Rambut Rontok)

  • Warna rambut alami hilang

Suhu panas catok saat rebonding tidak hanya merusak sel rambut, namun juga menghilangkan nutrisi dan pigmen rambut alami. Setelah rebonding, rambut akan menjadi sangat lurus tegak, namun warna alami rambut akan hilang. Rambut justru menjadi kaku, berwarna kusam dan kering. Warna rambut rebonding bersifat tahan lama. Sehingga akan sulit untuk memunculkan kembali warna rambut pigmen alami kedalam rambut Anda. Namun, dengan dilakukan perawatan rutin dan sesuai, warna rambut Alami Anda akan dapat kembali. (Baca juga: Cara Mengatasi Rambut Kaku)

  • Rambut menjadi bercabang

Bahan kimia yang digunakan pada saat rebonding akan merusak sel-sel dan akar rambut. Alhasil, pertumbuhan rambut menjadi terhenti dan menjadi bercabang (rusak). Hal ini dapat menyebabkan Anda kehilangan rambut hari demi hari. Rambut juga berubah menjadi kaku, tegak seperti sapu ijuk. Kerusakan rambut seperti ini dapat Anda rasakan setelah melakukan rebonding.

Efek-efek samping yang dihasilkan dari rebonding dapat diatasi dengan cara perawatan. Perawatan ini akan mengembalikan rambut alami Anda setelah mengalami kerusakan akibat rebonding. Namun, hal yang perlu dicatat disini adalah lakukan perawatan secara rutin dan terjadwal. Rambut rebonding mengalami kerusakan yang cukup serius. Sehingga, Anda juga harus berusaha memperbaiki dan merawat rambut Anda dengan sangat serius pula atau kerusakan rambut rebonding Anda akan menjadi lebih parah. (baca juga: Tanaman Penyubur Rambut)

Baca juga:

Hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk mengembalikan rambut alami Anda setelah rebonding adalah:

  1. Ubah Gaya Rambut

Cara mengembalikan rambut asli setelah rebonding akan menjadi rusak dan kering. Cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan kembali rambut asli yaitu dengan mengubah gaya rambut Anda. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengubah gaya rambut Anda.

  • Memotong rambut besar-besaran
Sponsors Link

Rambut rebonding yang terlihat rusak, kering dan kusam akan bertahan lama. Dan akan sulit untuk mengembalikannya kedalam bentuk normal. Dengan memotong rambut secara besar-besaran, Anda akan memotong rambut rebonding dan menumbuhkan rambut baru alami Anda. Hal ini dapat dilakukan dengan cara memotong besar rambut Anda (memotong semua rambut rebonding). Atau jika Anda tidak ingin untuk memotong rambut Anda keseluruhan, Anda dapat melakukannya dengan cara memotong rambut secara rutin. Yaitu dengan cara memotong sedikit demi sedikit dan berulang kali.

Jangan pernah takut kehilangan rambut Anda setelah pemotongan. Rambut alami Anda akan kembali muncul setelah rambut rebonding Anda dipotong. Dengan beberapa bentuk perawatan, rambut alami Anda juga dapat tumbuh dan berkembang dengan cepat. (baca juga: Tips Membuat Masker Rambut)

  • Tentukan gaya rambut baru

Mengubah rambut dari lurus tegak menjadi rambut alami akan menghasilkan model rambut yang tidak beraturan pada akhirnya. Sehingga Anda membutuhkan gaya rambut yang harus dipikirkan dari jauh hari. Pemotongan rambut rebonding akan mengubah gaya rambut alami Anda. Pemotongan rambut sedikit demi sedikit secara rutin untuk membentuk gaya rambut yang Anda inginkan akan lebih efektif. Gaya rambut yang biasa digunakan adalah braids (kepangan), ponytails, buns, dan lain sebagainya. (Baca juga: Cara Mengepang Rambut Pendek)

Braids (kepangan) dengan ikatan yang sangat kuat mungkin akan merusak rambut. Sehingga  gunakan kepangan dengan ikatan yang lebih longgar. Hal ini akan membantu Anda tampil lebih stylish dengan rambut rusak Anda tanpa merusaknya. Anda juga dapat membuat gaya rambut sendiri yang menurut Anda cocok dengan kondisi rambut Anda. (Baca juga: Cara Mengikat Rambut Panjang)

ads
  • Jangan menyisir terlalu sering

Tidak memainkan rambut atau mengotak-atik rambut Anda adalah pilihan yang tepat untuk merawat rambut rebonding Anda dan juga untuk menghindarinya dari kerusakan yang lebih parah. Penggunaan sisir bergigi rapat juga harus Anda hindari karena akan menyebabkan rambut Anda lebih rusak dan sering rontok. Gunakan sisir yang memiliki gigi longgar dengan ujung tumpul. Jangan pernah tarik rambut Anda atau memaksanya ketika rambut Anda kusut. (Baca juga: Macam Macam Sisir Rambut)

  1. Rawat Rambut Rebonding dan Rambut Alami

Rambut alami akan mulai tumbuh seiring dengan rambut rebonding yang terus dipotong. Pada saat itu, rawat kedua jenis tipe rambut Anda sesuai cara perawatannya. Perawatan untuk rambut rebonding dan rambut alami sangatlah berbeda. Oleh karena itu, perhatikan bentuk dan cara perawatan untuk kedua tipe rambut tersebut, sebagai berikut:

  • Jauhkan dari kontak atau sentuhan panas

Rambut Anda telah melalui proses rebonding dalam suhu yang sangat panas. Rambut alami tidak kembali tumbuh dikarenakan zat-zat kimia yang diberikan ketika proses rebonding. Oleh karena itu, jangan pernah beri sentuhan panas lagi. Jikalaupun diperlukan bersentuhan dengan panas, beri pelindung panas atau heat serum terlebih dahulu

  • Hindari kerusakan rambut

Setelah melakukan rebonding, satu-satunya hal yang harus Anda lakukan yaitu menghindari sebisa mungkin kerusakan rambut. Sebelum tidur, oleskan minyak kelapa secara rutin. Gunakan juga conditioner ketika menggunakan shampoo. Penggunaan conditioner dapat mencegah shampoo menghilangkan kelembapan lambut terlalu  banyak. (Baca juga: Cara Membuat Minyak Kelapa)

  • Lakukan Trim secara rutin

Pada saat rambut alami Anda mulai muncul, cara mengembalikan rambut asli setelah rebonding rambut Anda akan terlihat aneh karena terlihat rambut kusam rebonding dengan ujung rambut alami bagian atas. Oleh karena itu, lakukan Trim secara rutin agar rambut alami Anda dapat tumbuh lebih capat. (Baca juga: Cara Merawat Rambut Dengan Minyak Zaitun)

Baca juga:

  • Jangan memakai shampoo terlalu sering

Memakai shampoo memang membantu rambut rebonding Anda untuk tetap terhidrasi dan mencegah kerusakan lebih cepat. Namun mencuci rambut sering-sering akan menghilangkan minyak alami pada rambut dan semakin merusak rambut. Cucilah rambut sejarang mungkin. Sehingga kelembaban dan kandungan minyak rambut rambut Anda juga tetap terjaga.

  • Jangan menggunakan zat-zat kimia
Sponsors Link

Meskipun Anda sering menggunakan bahan kimia selama rebonding seperti relaxer, jangan pernah menggunakan bahan kimia pada rambut setelah rebonding. Bahan-bahan kimia seperti relaxer, perm atau bahkan cat rambut akan merusak rambut Anda semakin lebih buruk. Gunakan produk-produk alami yang dapat membantu perawatan rambut rebonding Anda.

  • Gunakan vitamin atau supplemen rambut

Menggunakan vitamin dan supplemen rambut untuk cara mengembalikan rambut asli setelah rebonding dapat membantu Anda dalam mendorong pertumbuhan rambut dan juga menjaga kandungan atau asupan vitamin dan mineral dalam rambut. Hal yang perlu dicatat disini adalah gunakan produk vitamin atau supplement rambut yang alami tanpa kandungan bahan kimia berbahaya. Vitamin atau supplement yang dianjurkan adalah seperti supplement biotin, supplement palmetto, vitamin D dan vitamin A.

Baca juga:

  1. Konsumsi Makanan atau Minuman Herbal Penyubur Rambut

Hal ini juga dapat Anda lakukan seraya melakukan perawatan rambut diatas. Mengkonsumsi makanan dan minuman herbal penyubur rambut akan membantu rambut alami Anda tumbuh lebih cepat. Salah satu minuman herbal penyubur rambut yaitu teh hijau. Teh hijau mengandung epigallocatechin-3-gallat dan banyak antioksidan yang akan membantu mempercepat  pertumbuhan dan regenerasi rambut alami Anda. (Baca juga: Cara Membuat Rambut Pirang Alami)

Inilah beberapa cara yang dapat bisa mengembalikan rambut anda kembali secara semula dengan bagus dan bentuk menjadi asli setelah anda bonding rambut anda.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Friday 04th, August 2017 / 03:08 Oleh :
Kategori : Perawatan Rambut