Sponsors Link

85 Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah dan Kering Secara Alami

Sponsors Link

Setiap orang selalu menunjang penampilan yang baik dan terlihat bagus. Namun, penampilan bukan hanya karena pakaian atau gaya yang trend untuk masa kini. Rambut juga merupakan salah satu dari bagusnya penampilan. Banyak setiap orang yang menginginkan rambut terawat dengan sehat dan kuat. Pekisaran masalah dari banyaknya penampilan adalah dari masalah bagian rambut, salah satu contohnya rambut rontok. Masalah satu ini sudah cukup populer dikalangan masyarakat.

ads

Karena, banyak sekali yang mengalami masalah-masalah rambut rontok. Dari mulai usai yang muda, tua, bahkan anak-anak juga mengalaminya. Setiap harinya, seseorang mengalami kerontokan pada setiap harinya adalah 100 helai perhari. Tapi, kondisi ini normal terjadi karena pertumbuhan rambut kita juga lebih cepat dari kerontokan rambut kita. Walaupun begitu banyak setiap orang yang mengeluh karena susahnya mengatasi masalah rambut rontok. Sebelum mengetahui cara mengatasinya, cari tahu juga apa sih penyebab masalah dari rambut rontok tersebut.

Penyebab Masalah Rambut Rontok

Bila anda yang hampir kalinya setiap harinya mengalami masalah pada rambut anda, yaitu mengalami keseringan rambut rontok. Banyak faktor penyebab masalah kerontokan rambut, masalah dari dalam ataupun dari luar. Apabila anda sering mengalami masalah rambut rontok yang berlebihan, ini juga akan mengalami kebotakan yang parah.
Kali ini, artikel ini akan membahas masalah apa yang timbul dari penyebabnya rambut rontok, berikut masalahnya:

  • Tingginya hidrotestosteron (DHT) menyebabkan rambut menjadi rontok, karena DHT membuat rambut menjadi tipis, dan membuat rambut jadi mudah cepat rontok.
  • Masalah gizi, penyebab salah satu dari kerontokan rambut adalah masalah gizi. Bila, makanan gizi yang kita konsumsi buruk ini juga merupakan masalah penyebab rambut semakin rontok
  • Adanya zat kimia terdapat pada rambut, ini juga dapat menyebabkan masalah rambut rontok. Zat kimia masuk, biasanya bagi orang yang sering mewarnai rambutnya.
  • Faktor genetik karena alopesia areata, masalah ini biasa terjadi pada gangguan kekebalan tubuh. Sehingga menyebabkan alopesia areata yang mengakibatkan kerontokan.
  • Gangguan dari obat-obatan, umunya obat mempunyai masalah gangguan yaitu, efek-efek samping yang terhadap dalam obat. Efek samping dari obat juga merupakan salah satu penyebab kerontokan.
  • Stress, juga menimbulkan banyaknya masalah rambut rontok. Apabila mengalami stress yang berkepanjangan rambut akan mengalami penipisan dan membuat rambut menjadi rontok.

Tips Mengatasi Rambut Rontok

Setelah banyak mengetahui masalah yang terjadi pada rambut rontok, artikel ini bukan membahas penyebab masalah rambut rontok. Sekarang, artikel ini akan memberikan tips mengatasi rambut rontok yang dapat dilakukan oleh anda. Berikut tips cara mengatasi rambut rontok:

1. Lidah Buaya

Cara mengatasi rambut rontok yang pertama adalah lidah budaya, yang mudah untuk dilakukan. Lidah buaya adalah tumbuhan yang sudah dikenal dari beberapa tahun lamanya. Lidah buaya sering kali ditemukan dibagian negara Afrika. Aloe Emonim yang terkandung dari lidah buaya ini berguna untuk mengurangi gula darah dalam tubuh. Selain gula darah, lidah buaya ini juga bermanfaat bagi rambut karena mengandung banyak senyawa organik, vitamin dan kandungan mineral lainnya.

Amerika, Australia dan Eropa selalu menfaatkan lidah buaya ini yang mengandung 22 asam amino, biasanya mereka memanfaatkannya dengan cara sebagai indrustri makanannya. Kandungan yang banyak pada lidah buaya ini juga bisa mengatasi kerontokan rambut juga. Cara ini juga bisa dilakukan dirumah dan dengan tips yang mudah dan gampang. Berikut cara pemakaiannya:

  1. Potong lidah buaya yang berukuran panjang dan tebal.
  2. Kupas atas kulit lidah buaya secara perlahan-lahan.
  3. Ambil isi lidah buaya sampai habis.
  4. Oleskan pada bagian rambut yang mengalami rontok.
  5. Diamkan selama 30 menit.
  6. Lalu, bilas dengan air dingin menggunakan shampo.

2. Putih Telur

Putih telur yang sering kita jumpai dalam bagian telur, telur sendiri terdiri dari antara putih telur dan kuning telur. Kali ini, yang kita akan bahas adalah putih telur karena putih telur mempunyai kandungan yang bagus untuk tubuh kita. Kandungan protein putih telur dari isi telur terdapat 10%, lumayan banyak bukan. Selain putig telur bisa dibuat berbagai macam makanan ataupun berbagai olahan cemilan.

Putih telur juga bisa untuk mengatasi penyebab dari masalah rambut rontok. Kelembutan dan teksturnya yang lembut pada putih telur, dapat membuat rambut menjadi sehat. Pemakaian dalam putih telur sangatlah mudah, untuk mau tahu lebih jelas cari tahu cara mengelolahnya, sebagai berikut:

  1. Siapkan 1 sampai 2 buah telur.
  2. Pisahkan antara kuning dan putih telur, ambil putih telurnya saja.
  3. Kocok putih telur sampai mengembang.
  4. Bila belum mengembang kocok lagi, sampai warna putih
  5. Lalu, oleskan pada bagian kulit kepala dan rambut.

3. Tomat dengan Minyak Zaitun

Tomat buah yang berasal dari Amerika Tengah dan Selatan ini juga mempunyai manfaat yang penting. Siklus singkat yang dialami dalam buah tomat ini, hanya dapat tubuh sekitar 1 sampai 3 meter saja. Macam-macam warna tomat sangatlah banyak, seperti warna kuning, merah, dan hijau. Tomat juga mempunyai kandungan yang dapat mengatasi masalah rambut rontok.

Tidak hanya tomat minyak zaitun juga bisa, mereka berdua berperan aktif yang dapat mengatasi masalah rambut rontok. Untuk mengetahui cara tips yang benar dan mudah untuk dipahami, berikut tips dan langkahnya:

  1. Siapkan satu buah tomat, dan 1 sedok makan minyak zaitun.
  2. Tomat dipotong-potong kecil, lalu blender hingga berair.
  3. Setelah itu, berikan minyak zaitun pada air tomat.
  4. Aduk-aduk, hingga semua tercampur rata.
  5. Oleskan pada rambut rontok.
  6. Diamkan dalam waktu 30 menit.
  7. Bilas dengan menggunakan air dingin dengan shampo.
ads

4. Bawang

Iran dan Pakistan adalah salah satu negara yang mengkomsumsi bawang merah terbanyak. Ini karena negara tersebut yang pertama kali memproduksi bawang merah tersebut. Bawang merah mempunyai kandungan belerang yang besar. Selain itu bawang merah mempunyai kandungan jenis lainnya seperti, vitamin C, kalium, serat, dan asam folat.

Bawang merah juga memiliki hormon, seperti hormon auksin dan giberlelin. Untuk itu, bawang merah juga sangat cocok untuk tips mengatasi rambut rontok. Untuk mengetahui cara tips olahannya, bisa lihat sebagai berikut:

  1. Ambil bawang merah sekitar 15 sampai 20 biji.
  2. Kupas kulit bawang merah sampai bersih.
  3. Potong-potong bawang dengan ukuran sedang.
  4. Siapkan blender, dan masukkan bawang merah.
  5. Tambahkan sedikit air, kira-kira 50 mL sampai 70 mL.
  6. Mulai mengaduk dengan blender.
  7. Oleskan pada kulit kepala yang sering mengalami rontok.
  8. Diamkan pada rambut sekitar 15 menit.
  9. Bilas dengan menggunakan air dingin dengan shampo.

5. Santan

Siapa yang tidak mengenal santan? cairan yang berwarna putih susu ini sudah banyak sekali dikenal oleh berbagai kalangan masyarakat. Santan dari olahan kelapa yang parut lalu, diambil air perasaan kelapa. Santan biasa sering diolah sebagai masakan ataupun minuman. Karena, rasa santan yang gurih membantu rasa citra pada makanan ataupun minuman.

Namun, bukan hanya untuk makanan dan minuman santan juga dapat digunakan untuk rambut. Pasti anda binggung, kandungan air santan ternyata mampu memperkuat akar rambut dan juga mampu menyuburkan rambut pada kulit kepala. Cara untuk melakukan tips ini sangat mudah koh, caranya sebagai berikut:

  1. Siapkan 1/2 kelapa tua yang sudah dipotong.
  2. Parut kelapa sampai habis.
  3. Tambahkan sedikit air dalam kelapa.
  4. Peras kelapa, air pertama perasaan adalah air santan yang murni.
  5. Oleskan pada rambut anda yang mengalami kerontokan.
  6. Lalu diamkan sampai 45 menit.
  7. Bilas dengan menggunakan air hangat.

6. Jahe

Tanaman yang sering dikenal dengan tanaman rimpang dan mempunyai olahan rempah-rempah yang dapat mengobati berbagai macam penyakit. Jahe berbentuk jeramih yang meruas-ruas tengah. Zingeron kandungan yang dimiliki jahe ini, mampu membawa rasa pedas dari jahe tersebut.

Awal mula munculnya jahe ini terletak pada bagian negara India, katanya awal pertama kali jahe tumbuh yah dinegara India tersebut. Tanaman yang mampu menghilangkan bau amis pada makanan ini, juga mampu mengatasi kerontokan pada rambut. Jahe untuk rambut berfungsi adanya suatu pencegahan kerontokan pada rambut. Tips ini juga dapat dilakukan dirumah, karena dipasar banyak sekali yang menjual jahe ini. Caranya sebagai berikut:

  1. Siapkan 2 sampai 3 jahe dan 2 sedok makan minyak wijen.
  2. Kupas jahe, lalu parut jahe sampai halus.
  3. Setelah diparut, masukkan minyak wijen.
  4. Aduk sampai terlarut menjadi satu.
  5. Oleskan pada bagian atas rambut yang sering rontok.
  6. Diamkan selama 30 menit.
  7. Lalu bilas dengan menggunakan air hangat dengan shampo.

7. Vitamin B12

Selain dari cara oleskan pada bagian rambut, asupan gizi juga sangat bagus. Ini karena asupan yang baik akan memperkuat pertumbuhan rambut yang cepat.

Selain itu, vitamin B12 ini juga mampu melindungi sel-sel rambut anda, juga membantu perlindungan pada kulit kepala anda. Lalu dari mana untuk mendapatkan vitamin B12 ini? Caranya mudah, vitamin B12 ini banyak dikandung terdiri dari daging, susu, dan telur. Apabila kandungan yang vitamin B12 yang anda konsumsi ini sangat baik bagi rambut anda.

Karena sama saja dengan anda memberikan asupan makanan pada kulit kepala anda, dan akan diserap juga kepada rambut. Tapi, apabila vitamin B12 dikandung lebih banyak itu akan mengandung resiko dimasing-masing tiap makanan yang mengandung vitamin B12. Akan lebih baik mengkonsumsi kandungan vitamin B12 dengan seimbang saja. Agar dapat menyeimbangankan kesehatan tubuh anda juga.

8. Kemiri

Tumbuhan yang mempunyai biji ini, mempunyai manfaat sebagai sumber minyak dan rempah-rempah. Kemiri juga masih satu suku dengan tumbuhan singkong. Tidak tahu tempat asal mula awalnya kemiri ini muncul, namun penyebar ini terjadi mulai dari negara India, Cina dan melewati Asia Tenggara.

Kandungan minyak yang terdapat dalam kemiri ini, juga mampu untuk mengatasi kerontokan rambut. Serta juga untuk memperkuat rambut yang tipis menjadi terbal. Cara pengelolah buah kemiri mudah, dapat dilihat dibawah sebagai berikut:

  1. Siapkan 5 sampai 7 kemiri
  2. Bakar kemiri sampai gosong, dan berubah warna menjadi hitam.
  3. Setelah itu tumbuk kemiri sampai menjadi halus.
  4. Oleskan pada rambut, sampai rata.
  5. Diamkan selama 20 sampai 25 menit.
  6. Bilas dengan menggunakan shampo.

9. Alpukat

Tumbuhan yang berasal dari Amerika Tengah ini sangat laris dipasaran. Hampir semua orang sangat menyukai buah alpukat ini. Pada negara Amerika Tengah ini menyebut buah hijau lonjong ini adalah buah apokat. Alpukat memiliki buah yang berbentuk buni. Buah yang memiliki panjang pohon sekitar 20 meter ini mempunyai warna kulit pada alpukat yang berwarna hiijau dan dicampur warna kehitam-hitaman ini juga mempunya banyak manfaatnya.

Pada bagian daging buah alpukat yang berwarna hijau ini, bisa anda olah untuk mengatasi kerontokan pada rambut anda. Ini dia tips pengelolahan buah alpukat yang sangat cocok untuk mengatasi kerontokan pada rambut anda:

  1. Siapkan 2 sampai 3 buah alpukat.
  2. Belah alpukat menjadi dua, lalu ambil bagian dagingnya saja.
  3. Hancurkan daging buah alpukat sampai menjadi halus.
  4. Oleskan pada rambut, sampai rata.

10. Yogurt

Selain vitamin B12 yang mampu memberikan asupan baik pada kepala kita, yogurt tidak kalah penting perannya. Awal pertama kali yogurt dibikin oleh orang-orang Turki yang akan penasaran pada kandungan susu basi tersebut. Yogurt yang dibuat dari susu fermentasi ini, mempunyai banyak kandungan vitaminnya.

Kandungan yang terdapat pada yogurt ini mampu menjaga tulang tetap sehat, baik untuk percernaan dan baik untuk kekebalan tubuh anda. Selain baik untuk tubuh kita, yogurt juga sangat baik untuk rambut kita. Yogurt dapat mengatasi masalah kerontokan pada rambut anda. Nah, mau tahukan caranya kalau begitu lihat dibawah ini:

  1. Siapkan satu sampai dua botol yogurt yang sudah jadi.
  2. Kocok yogurt sampai rata.
  3. Oleskan pada rambut yang rontok
  4. Tunggu sampai 15 menit, setelah itu bilas.

11. Teh Hijau

Hampir semua orang mengenali teh hijau, yah karena banyak yang percaya kandungan pada the hijau ini mampu mengatasi masalah dalam tubuh. Pekenalan teh hijau awalnya mulai terjadi di Asia Tenggara, negara yaitu Cina, Hong kong, dan Jepang. Karena banyak dari negara mereka yang mengkonsumsi teh hijau yang banyak manfaatnya ini.

Apabila kita pernah mendengar minuman yang bernama ocha ini adalah merupakan teh hijau juga. Teh hijau yang mengandung banyak molekul ini, juga mampu menghambat adanya lemak, dan berbagai penyakit didalam tubuh. Selain untuk tubuh teh hijau ini juga dapat berfungsi untuk perawatan rambut yang rontok. Mau tahu cara tips penggunaannya? Lihat dibawah berikut:

  1. Buatlah teh hijau dengan dengan menggunakan air panas.
  2. Lalu, biarkan sampai dingin teh tersebut.
  3. Oleskan pada rambut dengan rata.
  4. Diamkan selama satu jam.
  5. Bilas dengan menggunakan shampo.

12. Kentang

Kentang sering juga disebut sebagai umumnya adalah umbi batang. Negara Spanyol dan Portugis inilah adalah salah satu negara penemu kentang yang pertama. Ketang yang mempunyai kisaran diameter sekitar 3 cm ini, dan memiliki daging buah warna ungu berkisaran putih. Kentang sangat cocok bagi olahan makanan, untuk lauk penambah pada nasi.

Penanaman kentang sangat cocok bagi daerah tropis dan juga pada daratan tinggi. Kentang juga sangat bermanfaat bagi rambut juga, jadi bukan sekedar untuk makanan aja yah. Pasti penasaran cara bagaimana cara olahan ketang tersebut, artikel ini memberikan tipsnya sebagai berikut:

  1. Siapkan kentang 3 sampai 5 buah.
  2. Kupas kentang, lalu potong-potong.
  3. Haluskan kentang sampai menjadi bubur.
  4. Oleskan kentang pada rambut.
  5. Diamkan selama 15 sampai 20 menit.
  6. Bilas dengan dengan shampo atau air hangat.

13. Bawang Putih

Selain bawang merah yang dapat mengatasi rambut rontok, ternyata bawang putih juga dapat mengatasi masalah dari rambut rontok. Genius allium merupakan tanaman golongan dari bawang putih. Dulu pada negara Mesir Kuno bawang putih sering digunakan sebagai pengobatan bagi tubuh.

Namun, seiring jalan bawang putih menjadi bahan masakan bagi bumbu dapur. Bagi masalah rambut rontok bawang putih juga sangat bermanfaat juga loh bagi rambut anda. Bawang putih juga dapat, merawat rambut yang rontok dan memperkuat rambut mulai dari akarnya. Cara mengetahui tips menggunakan bawang putih sebagai berikut:

  1. Siapkan 10 sampai 15 bawang putih yang sudah dikupas.
  2. Blender bawang putih dengan sedikit air, dapat juga dicampurkan madu.
  3. Lalu, oleskan pada rambut yang mengalami masalah rambut rontok.
  4. Diamkan kurang lebih sampai 30 sampai 45 menit.
  5. Bilas dengan air dingin menggunakan shampo.
Sponsors Link

14. Jambu Biji

Jambu biji juga sering dikenal dengan jambu klutuk, jambu yang awal pertama kali ini muncul di negara Brasil ini. Jambu biji yang memberikan warna kulit hijau, dan mempunyai banyak biji dalam dagingnya yang berwarna merah ini juga sangat mempunyai banyak kasiat didalam tubuh. Jambu biji ini sangat baik untuk menambah kekuatan pada tubuh, bila yang sedang lemas karena penyakit. Selain bagus untuk kekebalan tubuh, jambu biji juga sangat bagus untuk rambut juga.

Pada rambut buah jambu biji berfungsi untuk membersihkan kulit kepala anda, dan juga dapat menghentikan kerontokan yang parah pada rambut. Dapat dilakukan cara-caranya, sebagai berikut:

  1. Siapkan 3-4 buah jambu biji.
  2. Potong jambu biji lalu blender menggunakan sedikit air.
  3. Setelah itu bisa ditambahkan putih telur, ataupun madu.
  4. Oleskan pada rambut selama 40 menit, sambil dipijat.
  5. Lalu bilas dengan air hangat menggunakan shampo.

15. Pisang

Pisang dikenal dengan nama tumbuhan terna, yang mempunyai daun raksasa. Pisang pertama kali ditemukan didaerah asal Malesia. Pisang sangat menyukai iklim tropis yang panas, dan lembab juga pisang ini sangat suka daerah daratan rendah. Biasanya pisang dipakai untuk makanan penutup makan, atau diolah dengan yogurt maupun jus.

Pada rambut buah jambu biji berfungsi untuk membersihkan kulit kepala anda, dan juga dapat menghentikan kerontokan yang parah pada rambut. Dapat dilakukan cara-caranya, sebagai berikut:

  1. Siapkan 3-4 buah jambu biji.
  2. Potong jambu biji lalu blender menggunakan sedikit air.
  3. Setelah itu bisa ditambahkan putih telur, ataupun madu.
  4. Oleskan pada rambut selama 40 menit, sambil dipijat.
  5. Lalu bilas dengan air hangat menggunakan shampo.

16. Lemon

Lemon adalah salah satu buah yang sangat dipercaya untuk proses menurunkan berat badan. Karena lemon dapat meneralisis lemak yang ada didalam tubuh. Lemon pertama kali ditemukan oleh negara-negara Timur Tengah. Rasa yang asam ini juga mempunyai manfaat untuk rambut anda.

Vitamin C yang dikandung banyak oleh buah lemon ini, ternyata sangat baik untuk melindungi rambut anda dari masalah kerontokan pada rambut. Bisa diketahui cara dan tips yang mudah untuk olahan buah lemon bagi rambut.

  1. Siapkan buah lemon 8 sampai 10 buah lemon.
  2. Ambil air perasaan pada buah lemon.
  3. Campurkan 3 sendok makan minyak zaitun atau minyak wijen.
  4. Oleskan pada kulit kepala dan rambut yang mengalami rambut rontok.
  5. Diamkan selama 45 menit, lalu bilas dengan menggunakan air dingin dengan shampo.

17. Mengkudu

Mengkudu buah yang mempunyai kulit hijau dan memiliki bintik-bintik hitam besar ini juga mempunyai manfaat yang banyak. Mengkudu pertama kali ditemukan dinegara Indonesia yaitu wilayah Aceh, dan menyebar dibeberapa wilayah Indonesia lainnya. Mengkudu memiliki pohon yang panjangnya sekitar 3 sampai 8 meter.

Mengkudu biasanya digunakan untuk olahan buah yang ingin dibuat rujak. Selain itu mengkudu juga dapat mengatasi masalah dalam rambut rontok juga loh. Mengkudu pada rambut ini berfungsi untuk menghilangkan ketombe dan juga memperkuat rambut yang mudah rontok. Cara pengolahannya sangatlah mudah, sebagai berikut:

  1. Siapkan buah mengukudu kira-kira 9 sampai 10 mengkudu.
  2. Potong mengkudu dengan ukuran selera.
  3. Blender mengkudu yang sudah dipotong dengan sedikit air.
  4. Oleskan pada rambut yang mengalami rambut rontok.
  5. Diamkan selama 10 sampai 15 menit.
  6. Bilas dengan air dingin dengan menggunakan shampo.

Setelah membaca artikel ini yang membahas cara mengatasi rambut rontok, dan juga mengetahui apa penyebab dari masalah rambut rontok tersebut. Semoga dapat bermanfaat bagi anda dan dapat dicoba tips dan triknya dirumah. Juga setelah rambut tidak mengalami kerontokan, rambut bisa divariasikan dengan model gaya rambut yang sangat cocok bagi muka anda.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Wednesday 01st, March 2017 / 05:42 Oleh :
Kategori : Kesehatan Rambut