Sponsors Link

23 Cara Mengatasi Rambut Kering dan Mengembang Secara Alami Dengan Cepat

Sponsors Link

Rambut kering dan mengembang merupakan salah satu jenis masalah rambut yang sering di alami wanita. Rambut menjadi kering akibat berkurangnya kelembapan alami rambut. Biasanya akibat terlalu sering terpapar sinar matahari atau terlalu sering keramas dan salah melakukan perawatan rambut. Rambut yang kering jika dibiarkan akan menjadi mengembang karena kusut tidak karuan. Ketika rambut sudah kering dan mengembang akan susah untuk ditata. Berikut ini 23 cara mengatasi rambut kering dan mengembang:

ads

1. Selektif Dalam Memilih Shampo

Bagi Anda yang memiliki rambut kering dan mengembang sebaiknya hindarilah jenis shampo yang mengandung alkohol dan sulfat. Karena alkohol dan sulfat menyebabkan rambut Anda akan semakin kering dan mengembang. Lebih baik gunakan shampo yang mengandung berlabel hydrating, moisturizing, atau replenishing. Ketiga jenis bahan shampo ini sangat dianjurkan bagi Anda yang memiliki tipe rambut kering dan mengembang.

Artikel lainnya:

2. Aturlah Ulang Jadwal Keramas

Keramas sangat bermanfaat untuk membersihkan rambut dari sisa keringat, kotoran, dan debu. Namun terlalu sering melakukan keramas mengakibatkan minyak alami rambut berkurang. Sebaiknya cara mengatasi rambut kering dan juga mengembang adalah lakukan keramas paling tidak seminggu 3 kali, atau jika rambut Anda sangat kotor seminggu 4 kali. (baca juga: Cara Agar Rambut Tidak Mengembang)

3. Gunakan Kondisioner Setelah Keramas

Cara mengatasi rambut kering dan mengembang selanjutnya adalah menggunakan kondisioner setelah keramas. Kondisioner bermanfaat memberikan kelembapan dan melembut rambut yang kering dan mengembang tak karuan. Pilih kondisioner yang memang diformulasikan bagi Anda yang memeliki rambut kering dan mengembang.

4. Biarkan Rambut Kering Sendiri

Mengeringkan rambut yang basah menggunakan hair dryer justru membuat rambut Anda semakin mengering dan mengembang. Sebaiknya biarkan rambut Anda mengering sendiri sebagai solusi cara mengatasi rambut kering dan juga mengembang. (baca juga: Cara Mengatasi Rambut Kering)

5. Hindari Rambut dari Bahan Kimia

Melakukan perawatan rambut dengan bahan-bahan kimia mungkin hasil cepat kelihatan dan mudah. Namun terlalu sering terpapar bahan kimia menyebabkan rambut rusak dan menjadi kering, kusam, dan kusut mengembang. Jadi sebaiknya lakukan perawatan rambut dengan masker rambut alami untuk cara mengatasi rambut kering dan juga mengembang.

6. Rutinlah Memotong Rambut

Bagian ujung rambut adalah area yang rawan menyebabkan rambut kering dan mengembang. Dengan rutin memotong rambut paling tidak tiga bulan sekali merupakan cara mengatasi masalah rambut kering dan mengembang yang sangat mudah. (baca juga: Cara Merawat Rambut Rusak)

7. Jangan Mengikat Rambut Terlalalu Kencang

Sponsors Link

Mengikat rambut terlalu kencang meyebabkan rambut akan semakin kering dan mengembang. Sebaiknya hindari mengikat rambut terlalu kencang atau gunakan penjepit rambut. Hasil jangan mengikat rambut terlalalu kencang  ini selain bermanfaat merawat rambut rusak juga bermanfaat melembabkan rambut kering.

8. Hindari Rambut Tekena Sinar Matahari Langsung

Rambut akan semakin kering jika terlalu sering terpapar sinar matahari langsung. Apabila Anda yang beraktivitas di luar ruangan sebaiknya gunakan topi atau scarf sebagai pelindung rambut. (baca juga: Cara Menghilangkan Rambut Bercabang)

9. Konsumsi Makanan Bergizi

Konsumsilah makanan bergizi tinggi. Makanan yang mengandung vitamin B adalah jenis makanan yang sangat dianjurkan untuk mengatasi rambut kering dan mengembang. Vitamin B banyak terdapat pada kacang-kacangan, telur, pisang. Cara mengatasi rambut kering dan mengembang adalah dengan konsumsi makanan bergizi. Seperti jus buah alpukat yang tanpa dicampur pemanis juga dapat melembabkan rambut.

10. Gunakan Air Dingin untuk Keramas

ads

Air panas akan mengakibatkan rambut kehilangan minyak alaminya. Sehingga menyebabkan rambut kering dan mengembang. Jadi keramaslah menggunakan air dingin. Air dingin bukan berarti air es, tapi air bersuhu sesuai suhu ruangan. (baca juga: Cara Merawat Rambut Sambungan)

11. Rutinlah Memijat Rambut

Di India mungkin sudah menjadi tradisi memijat rambut menggunakan minyak. Hal itu merupakan kebiasaan yang sangat baik. Memijat rambut dengan minyak mampu mengatasi rambut kering dan mengembang. Gunakan minyak alami seperti minyak zaitun, kemiri, atau minya wijen untuk memijat rambut Anda.

12. Hindari Menata Rambut Dengan Alat Bersuhu Tinggi

Mungkin Anda sering menata rambut menjadi keriting dengan alat pengeriting rambut atau menata rambut lurus menjuntai dengan catok rambut. Kedua alat tersebut menggunakan suhu yang tinggi. Suhu yang tinggi mengakibatkan rambut rusak, kering dan mudah patah. Jadi aturlah suhu sedang jangan terlalu tinggi bila ingin menggunakan alat tersebut.

Artikel lainnya:

13. Menutrisi Rambut dengan Mayones

Kandungan protein yang tinggi pada mayones bermanfaat untuk melembutkan rambut dan megatasi rambut kering mengembang. Cara mengatasi rambut kering dan juga mengembang menggunakan mayones adalah:

  1. oleskan mayones merata pada kulit kepala dan seluruh bagian rambut.
  2. Gunakan shower cap untuk menutupi kepala.
  3. lalu diamlam selama 1 jam.
  4. Setelah itu bilas menggunakan air.
  5. Kemudian keramas, serta lakukan. (baca juga: Cara Merawat Rambut Agar Lurus)

14. Menutrisi Rambut dengan Madu

Rambut kering dan mengembang membutuhkan perawatan rutin rambut. Karena tipe rambut ini sangat sulit di atur. Setidaknya lakukan perawatan rambut seminggu 3-4 kali menggunakan bahan-bahan alami yang disebutkan sebelumnya. Madu yang digunakan sebagai kondisioner alami berkhasiat melembut, menghaluskan rambut. Sehingga dapat digunakan sebagai cara mengatasi rambut kering dan juga mengembang. (baca juga: Cara Mengatasi Rambut Berminyak)

15. Menutris Rambut dengan Telur

Telur dapat digunakan sebagai masker rambut. Cara mengatasi rambut kering dan juga mengembang menggunakan telur:

  1. Siap putih telur yang telah dikocok.
  2. Kemudian oleskan merata ke seluruh bagian rambut dan kulit kepala.
  3. Diamkan selama 30 menit.
  4. Lalu keramaslah hingga bersih. (baca juga: Tips Merawat Rambut Smoothing)

16. Menutrisi Rambut dengan Cuka Apel

Cuka apel juga bisa dimanfaatkan sebagai pelembab rambut kering. Caranya hanya perlu mengoleskan cuka apel merata ke seluruh bagian rambut dan kulit kepala yang basah. Kemudian diamkan selama 30 menit. Lalu bilas dan keramas menggunakan shampo untuk menghilangkan bau menyengat dari cuka apel.

17. Menutrisi Rambut dengan Minyak Zaitun

Sponsors Link

Minyak zaitun selain melembabkan rambut kering dan mengembang juga dapat menghitam rambut. Cara mengatasi rambut kering dan juga mengembang menggunakan minyak zaitun sebagai berikut:

  1. Siapkan 3 sendok makan minyak zaitun ke dalam wadah bersih.
  2. Kemudian oleskan merata ke seluruh bagian rambut dan kulit kepala.
  3. Diamkan selama 30 menit.
  4. Lalu keramaslah menggunakan shampo untuk menghilangkan minyak. (baca juga: Cara Membuat Rambut Bervolume)

18. Menutrisi Rambut dengan Lidah Buaya

Lidah buaya selain bermanfaat memanjangkan rambut juga dapat melembabkan rambut kering dan mengembang. Cara menggunakannya adalah sebagai berikut:

  1. Keramasi rambut Anda menggunakan shampo.
  2. Siapkan 1 batang lidah buaya segar berukuran sedang.
  3. Belah menjadi dua. (baca juga: Cara Mengatasi Rambut Rontok dan Ketombe)
  4. Oleskan belahan lidah buaya pada bagian gel ke seluruh bagian rambut sampai kulit kepala.
  5. Diamkan selama 30 menit sampai lidah buaya meresap ke rambut.
  6. Lalu bilaslah rambut Anda hingga bersih. (baca juga: Cara Membuat Rambut Bervolume)

19. Menutrisi Rambut dengan Minyak Kemiri

Minyak kemiri bermanfaat cara melebatkan rambut bayi dan juga melembabkan rambut kering. Cara mengatasi rambut kering dan juga mengembang menggunakan kemiri sama dengan cara mengaplikasikan minyak kemiri. Menggunakan minyak kemiri sebagai kondisioner alami setelah keramas juga dapat melembabkan rambut kering. Sehingga cocok digunakan sebagai cara mengatasi rambut kering dan juga mengembang.

Dan masih ada beberapa cara lain untuk mengaplikasikan rambut anda supaya tidak kering dan cepat mengembang dengan menggunakan cara ini sebagai berikut:

  1. Menutrisi Rambut dengan Santan
  2. Menutrisi Rambu dengan Alpukat
  3. Menutrisi Rambut dengan Minyak Almond
  4. Lakukan Perawatan Rambut Rutin

Nah, itu tadi 23 cara mengatasi rambut kering dan mengembang. Jadi, Anda tak perlu khawatir lagi dan kesal dalam menata rambut Anda yang kering dan mengembang. Lakukan 23 cara tersebut dijamin rambut Anda tidak akan kering dan mengembang lagi.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Thursday 13th, July 2017 / 04:20 Oleh :
Kategori : Perawatan Rambut