Sponsors Link

20 Cara Mengatasi Rambut Kering dan Kasar Secara Alami

Sponsors Link

Cara mengatasi rambut kering saat paling kita tidak sukai karena yang kita inginkan adalah memiliki rambut yang indah, cantik, dan tentunya sehat adalah impian hampir seluruh kaum wanita di dunia. Namun sayangnya, beragam permasalahan rambut dihadapi wanita setiap harinya yang membuat rambut tampak tidak cantik dan sehat apalagi juga banyak orang tua yang melakukan banyak cara melebatkan rambut bayi agar rambut anak mereka terlihat bagus. Salah satunya adalah permasalahan rambut kering dan kasar yang membuatnya terlihat kusam dan tak terawat. Untuk mengatasinya, Anda dapat melakukan perawatan rambut dengan cara dan bahan-bahan alami berikut ini.

ads

1. Menggunakan Masker Rambut Madu

Madu bisa dibilang hadiah yang dianugerahkan alam kepada manusia karena berbagai kandungan dan khasiatnya yang sangat baik untuk kesehatan dan juga kecantikan. Anda tentu tidak asing lagi dengan penggunaan madu sebagai perawatan kecantikan wajah dan rambut, selain tentunya dikonsumsi secara langsung untuk kesehatan tubuh. Untuk rambut sendiri, madu dipercaya berkhasiat ampuh dalam mengatasi rambut yang kering dan kasar akibat sering melakukan cara mewarnai rambut serta menguatkan akar rambut sehingga lebih sehat dan tidak mudah rontok.

Berikut adalah perawatan mengatasi rambut kering dan kasar menggunakan madu:

  • Basahi rambut Anda dan lakukan keramas menggunakan shampoo seperti biasa.
  • Bilas rambut hingga bersih, kemudian oleskan madu ke seluruh bagian rambut secara merata.
  • Diamkan sekitar 20 hingga 30 menit, lalu bilas rambut menggunakan air dingin hingga bersih.

2. Menggunakan Masker Rambut Lidah Buaya

Berbicara tentang perawatan rambut tentu tidak lengkap jika tidak menyertakan lidah buaya di dalamnya, bukan? Lidah buaya sudah dikenal sejak dulu sebagai bahan alami yang sangat berkhasiat untuk perawatan rambut, termasuk juga dalam mengatasi rambut yang kering dan kasar. Kandungan gel dalam lidah buaya akan membuat rambut Anda lembab dan lembut yang tentunya akan mengusir jauh-jauh rambut kering dan kasar.

Untuk melakukan perawatan rambut menggunakan lidah buaya, Anda dapat mengikuti langkah-langkha berikut:

  • Siapkan daun lidah buaya secukupnya, Anda dapat menyesuaikan dengan kondisi dan panjang rambut.
  • Ambil gel yang ada dalam daun lidah buaya dengan mengupas kulit daun, dan simpan di sebuah wadah.
  • Oleskan gel lidah buaya yang sudah dikumpulkan ke seluruh bagian rambut dan kulit kepala sambil dipijat perlahan.
  • Biarkan gel meresap selama kurang lebih 30 menit, lalu bilas rambut hingga bersih dan lanjutkan dengan pemakaian shampoo seperti biasa.

3. Menggunakan Masker Rambut Buah Alpukat

Anda dapat memanfaatkan kandungan alami yang terdapat pada buah alpukat untuk mendapatkan rambut lembab dan sehat yang terbebas dari kering dan kasar juga selain itu alpukat sangat bagus dilakukan untuk cara mengatasi rambut rontok dan ketombe. Rambut yang cantik dan indah bisa Anda dapatkan dengan melakukan perawatan rutin sebagai berikut:

  • Siapkan buah alpukat yan sudah matang dan ambil daging buahnya.
  • Haluskan daging buah dan campur dengan air secukupnya hingga membentuk adonan masker.
  • Oleskan masker buah alpukat tersebut ke rambut Anda dan kulit kepala secara merata.
  • Diamkan sekitar 30 menit supaya meresap kemudian bilas rambut Anda hingga bersih menggunakan air dingin.

4. Menggunakan Masker Rambut Buah Pisang

ads

Jika selama ini Anda mengkonsumsi pisang sebagai menu diet sehat, kini Anda bisa mulai menggunakannya sebagai bagian dari perawatan rambut. Buah pisang dapat membantu melembabkan rambut Anda sehingga masalah kering dan kasar pada rambut dapat teratasi. Melakukan perawatan rambut menggunakan buah pisang pun tidak sulit, Anda bisa mengikuti cara-cara berikut:

  • Siapkan dua buah pisang atau secukupnya, silakan menyesuaikan dengan kondisi dan panjang rambut Anda.
  • Haluskan buah pisang sampai menyerupai bubur lalu oleskan ke seluruh bagian rambut.
  • Biarkan selama kurang lebih 20 menit, lalu bilas rambut hingga bersih dan lanjutkan dengan melakukan keramas seperti biasa.

5. Menggunakan Minyak Zaitun

Minyak zaitun sudah tidak asing lagi untuk digunakan sebagai bagian dari perawatan kulit dan wajah, serta rambut tentunya. Minyak alami ini mengandung berbagai kandungan vitamin dan mineral yang sangat bermanfaat bagi kesehatan dan keindahan rambut. Untuk mengatasi rambut yang kering dan kasar, Anda dapat melakukan perawatan dengan minyak zaitun seperti dibawah ini:

  • Oleskan minyak zaitun ke seluruh bagian rambut dan kulit kepala sambil dipijat perlahan supaya lebih meresap kandungannya.
  • Biarkan sekitar 15 hingga 20 menit, lalu bilas dengan air dingin dan lanjutkan dengan pemakaian shampoo seperti biasa.
  • Untuk hasil yang maksimal, lakukan cara ini setiap kali Anda hendak melakukan keramas rutin atau dua hari sekali.

6. Menggunakan Minyak Kelapa

Selain mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk tubuh, minyak kelapa juga ternyata berkhasiat untuk tips merawat rambut smoothing dan juga kesehatan serta perawatan rambut Anda. Minyak kelapa dapat membantu mengatasi rambut yang kering dan kasar, serta mencegah munculnya ketombe dan kerontokan. Berikut adalah langkah perawatan rambut dengan menggunakan minyak kelapa:

  • Oleskan minyak kelapa pada rambut Anda dan permukaan kulit kepala secara merata.
  • Diamkan selama kurang lebih 15 menit supaya nutrisi yang dimiliki minyak kelapa terserap dengan baik.
  • Bilas rambut dan kepala dengan menggunakan air dingin dan lanjutkan dengan rutinitas keramas serta penggunaan shampoo sepreti biasa.

7. Menggunakan Minyak Jarak

Satu lagi minyak alami yang dapat membantu mengatasi masalah rambut yang kering dan kasar selain minyak zaitun dan minyak kelapa adalah minyak jarak. Mungkin Anda tidak begitu familiar dengan minyak yang satu ini, namun minyak jarak sudah dikenal dan digunakan sebagai obat tradisional dalam mengatasi berbagai permasalahan rambut. Untuk melakukan perawatan rambut kering dan kasar menggunakan minyak jarak, Anda dapat melakukan langkah-langkah berikut:

  • Siapkan minyak jarak secukupnya dan hangatkan minyak tersebut.
  • Setelah sudah cukup dingin untuk dipakai, oleskan minyak ke seluruh bagian rambut dan kulit kepala dengan melakukan pijatan ringan.
  • Tutup rambut dengan handuk atau shower cap selama kurang lebih 30 menit, lalu bilas rambut menggunakan air dingin hingga bersih.

8. Menggunakan Masker Rambut Kemiri

Salah satu rempah khas Indonesia yang sudah dijadikan bagian dari perawatan rambut turun-temurun sejak jaman nenek moyang kita adalah kemiri. Kemiri dapat berkhasiat untuk menyehatkan rambut dan mengatasi masalah kering serta kasar pada rambut, juga dapat berguna untuk menebalkan rambut. Berikut adalah cara perawatan rambut yang kering dan kasar dengan menggunakan kemiri:

  • Anda bisa menyiapkan kemiri atau yang sudah berupa minyak sari dari kemiri.
  • Jika menggunakan kemiri, haluskan kemiri sampai lembut supaya bisa diaplikasikan ke rambut.
  • Oleskan kemiri yang sudah dihaluskan atau minyak kemiri ke rambut dan permukaan kulit kepala.
  • Diamkan rambut selama kurang lebih 20 menit, lalu bilas rambut hingga bersih dan lanjutkan dengan penggunaan shampoo seperti biasa.

9. Menggunakan Masker Rambut Seledri

Jika selama ini seledri banyak digunakan sebagai tambahan bumbu dapur untuk penyedap masakan, ternyata bahan alami yang satu ini juga dapat bermanfaat untuk mengatasi rambut yang kering dan kasar. Seledri memiliki berbagai kandungan mineral dan nutrisi yang baik untuk kelembaban rambut, juga dapat membantuk menghitamkan rambut secara alami. Anda dapat melakukan perawatan rambut menggunakan daun seledri dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Siapkan daun seledri sekitar 100 gram atau secukupnya, sesuai dengan kondisi dan panjang rambut Anda.
  • Rebus daun seledri yang sudah dicuci bersih sebelumnya dengan air hingga daun tenggelam di dalam air.
  • Pisahkan ampas daun dengan air rebusan sari daun seledri dan biarkan hingga cukup dingin untuk dipakai.
  • Oleskan air rebusan daun seledri tersebut pada seluruh bagian rambut dan kulit kepala secara merata.
  • Diamkan selama kurang lebih 20 menit dan bilas rambut hingga bersih menggunakan air dingin. Jika Anda cukup terganggu dengan bau seledri yang menempel pada rambut, silakan lanjutkan dengan penggunaan shampoo seperti biasa.

10. Menggunakan Masker Rambut Telur

Sponsors Link

Selain untuk dijadikan bahan makanan yang sehat dan kaya protein, telur juga ternyata berkhasitat untuk perawatan kecantikan dan kesehatan. Jika Anda tidak asing dengan penggunaan masker telur untuk wajah, hal ini juga bisa diaplikasikan untuk cara menghilangkan rambut uban dan rambut dalam mengatasi berbagai persoalan seperti kering dan kasar. Berikut adalah langkah-langkah perawatan rambut menggunakan telur:

  • Siapkan satu butir telur dan yogurt untuk hasil yang maksimal, campurkan kedua bahan tersebut hingga merata dan menjadi adonan masker.
  • Oleskan masker tersebut ke seluruh bagian rambut dari ujung hingga pangkal dan tak lupa permukaan kulit kepala.
  • Tutup rambut menggunakan handuk atau shower cap sekitar 15 menit, lalu bilas hingga bersih dan lakukan aktivitas keramas menggunakan shampoo seperti biasa.

11. Menggunakan Masker Rambut Mayonaise

Mayonaise merupakan salah satu bahan yang dapat digunakan untuk merawat rambut yang kering dan kasar, bukan saja sebagai bahan masakan. Untuk melakukan perawatan rambut agar sehat dan indah dengan menggunakan mayonaise, berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Lakukan keramas seperti biasa dengan menggunakan shampoo yang selama ini Anda pakai.
  • Oleskan mayonaise ke rambut yang sudah dibersihkan dengan merata seperti ketika Anda menggunakan conditioner.
  • Diamkan rambut sekitar 20 menit, lalu bilas hingga bersih dan gunakan kembali shampoo untuk lebih membersihkan rambut Anda. Anda bisa menggunakan shampoo yang lebih ringan seperti shampoo bayi atau shampoo herbal untuk menghilangkan bau dan licin dari mayonaise.

12. Menggunakan Masker Rambut Lemon

Lemon memang memiliki berbagai khasiat untuk kesehatan dan kecantikan karena kandungan vitamin dan mineral tinggi yang ada di dalamnya. Selain dapat mencerahkan wajah, lemon juga dapat menjadi bagian dari perawatan rambut rutin Anda. Berikut adalah langkah-langkah perawatan rambut yang kasar dan kering menggunakan lemon:

  • Siapkan satu buah lemon atau secukupnya, Anda dapat menyesuaikannya dengan kondisi dan panjang rambut.
  • Peras lemon hingga Anda mendapatkan sarinya yang murni, lalu gunakan sari lemon tersebut untuk keramas.
  • Diamkan rambut yang sudah diberi sari lemon selama kurang lebih 10 menit, lalu bilas dengan air dingin dan lanjutkan dengan penggunaan shampoo seperti biasa.

13. Menggunakan Masker Rambut Jeruk Nipis

Selain lemon, jenis jeruk dan buah asam lainnya yang bisa digunakan untuk perawatan rambut yang kering dan kasar adalah jeruk nipis. Cara perawatan menggunakan jeruk nipis untuk rambut yang kering dan kasar pun tak jauh berbeda dengan penggunaan lemon, yaitu:

  • Siapkan tiga buah jeruk nipis atau secukupnya sesuai dengan rambut Anda.
  • Peras jeruk nipis hingga mendapatkan sarinya. Anda bisa menambahkan sedikit air jika masih dirasa kurang untuk pengaplikasian di rambut.
  • Oleskan sari jeruk nipis tersebut sebagai bahan keramas pada seluruh rambut dan kulit kepala hingga merata sambil dipijat perlahan.
  • Diamkan selama kurang lebih 10 menit, lalu bilas dengan menggunakan air dingin dan lanjutkan dengan menggunakan shampoo biasa.

14. Menggunakan Minyak Gandum

Jenis minyak alami lain yang baik untuk perawatan rambut kering dan kasar adalah minyak gandum yang memiliki berbagai nutrisi dan mineral. Minyak gandum dapat membantu menjaga kelembaban rambut sehingga rambut tampak lebih sehat dan jauh dari permasalahan seperti kering dan kasar. Berikut adalah cara perawatan rambut menggunakan minyak gandum.

  • Siapkan satu sendok minyak gandum, dan bisa ditambahkan dengan bahan alami lain seperti cuka apel untuk hasil yang maksimal.
  • Oleskan minyak gandum pada rambut yang sudah dibersihkan terlebih dahulu secara merata.
  • Diamkan sekitar 15 menit lalu bilas rambut hingga bersih, dan lanjutkan dengan pemakaian shampoo supaya efek licin dari minyak gandum bisa hilang.

15. Menggunakan Hot Oil Treatment

Sesuai dnegan namanya, hot oil treatment adalah cara perawatan rambut dengan menghangatkan berbagai minyak alami yang dicampur menjadi satu supaya mendapatkan khasiat yang lebih efektif dan maksimal. Minyak alami yang dapat digunakan antara lain adalah minyak zaitun, minyak kelapa, minyak almond, minyak jojoba, dan lain sebagainya. Untuk lebih jelasnya, berikut langkah-langkah perawatan rambut kering dan kasar menggunakan hot oil treatment:

  • Campurkan minyak alami yang akan digunakan masing-masing 2 sendok teh ke dalam mangkuk dan hangatkan minyak yang sudah dicampur tersebut.
  • Biarkan minyak dingin sampai bisa dipakai supaya tidak merusak tangan dan tentunya kulit kepala.
  • Oleskan campuran minyak yang sudah dingin ke seluruh bagian rambut dan kulit kepala sambil dipijat perlahan.
  • Diamkan selama kurang lebih 30 menit, lalu bilas hingga bersih menggunakan air dingin dan lanjutkan dengan penggunaan shampoo seperti baisa.

Baca juga:

16. Menggunakan Masker Rambut Cuka Apel

Sponsors Link

Jika selama ini digunakan sebagai bahan masakan dan penyedap rasa, cuka apel juga ternyata berkhasiat untuk perawatan rambut yang kering dan kasar. Penggunaan cuka apel yang rutin dalam merawat rambut akan membuat rambut lebih sehat dan lembut. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk melakukan perawatan rambut menggunakan cuka apel:

  • Siapkan cuka apel sekitar setengah cangkir atau secukupnya sesuai dengan kondisi rambut. Anda juga bisa menambahkan bahan alami lain seperti minyak gandum.
  • Campurkan semua bahan tersebut lalu oleskan secara merata pada rambut dan kulit kepala yang sudah dibersihkan.
  • Diamkan selama kurang lebih 15 menit, lalu bilas dengan bersih menggunakan air dingin dan lanjutkan dengan penggunaan shampoo untuk menghilangkan bau dari cuka apel.

17. Menggunakan Masker Rambut Air Beras

Jangan buang air bekas Anda mencuci beras, karena air beras mengandung manfaat alami yang sangat berkhasiat untuk kesehatan dan kecantikan rambut Anda. Air beras akan membantu mengatasi rambut yang kering dan kasar, serta membuatnya lebih berkilau. Anda dapat melakukan langkah-langkah berikut untuk melakukan perawatan rambut menggunakan air beras:

  • Ambil air beras secukupnya, bisa sekitar secangkir atau lebih sesuai dengan rambut Anda. Anda juga bisa menambahkan madu dalam adonan ini untuk hasil yang lebih efektif.
  • Oleskan adonan ke rambut dan kulit kepala secara merata, juga bisa sambil dipijat perlahan.
  • Diamkan sekitar 15 menit lalu bilas hingga bersih, dan gunakan shampoo seperti biasa untuk mengangkat sisa-sisa kotoran yang masih menempel.

18. Menggunakan Kulit Apel

Selain cuka apel, ternyata kulit apel juga bermanfaat untuk merawat rambut sehingga jangan sampai Anda membuangnya saat memakan buah apel. Cara perawatan menggunakan kulit apel pun tidak sulit, Anda bisa melakukannya dengan cara berikut ini:

  • Siapkan kulit apel secukupnya lalu haluskan hingga benar-benar lembut.
  • Oleskan kulit apel yang sudah dihaluskan ke seluruh bagian rambut sebagai bagian dari proses keramas.
  • Bersihkan rambut dengan menggunakan air dingin dan lanjutkan dengan pemakaian shampoo seperti biasa.
19. Menggunakan Masker Rambut Buah Pepaya

Selain sangat baik untuk tubuh dan sistem pencernaan, buah pepaya juga berkhasiat untuk merawat kesehatan rambut yang mengalami kering daan kasar. Untuk menggunakan buah pepaya sebagai perawatan rambut yang alami, Anda dapat melakukan langkah-langkah berikut:

  • Siapkan daging pepaya yang sudah matang secukupnya. Anda bisa menambahkan yogurt sebagai tambahan untuk masker dan campur kedua bahan hinga merata.
  • Oleskan masker ke seluruh bagian rambut dan permukaan kulit kepala.
  • Biarkan sekitar 15 menit supaya masker meresap dengan baik, lalu bilas dengan bersih menggunakan air dingin.

20. Konsumsi Makanan Sehat dan Air yang Cukup

Apa yang Anda konsumsi sehari-hari sangat mempengaruhi keadaan tubuh dari ujung kepala sampai ujung kaki, tentunya hal itu termasuk rambut. Karenanya, sangatlah penting menjaga asupan makanan yang bergizi dan minum yang cukup supaya tidak dehidrasi dan menyebabkan rambut kering. Anda bisa memperbanyak makanan yang mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan rambut, dan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Demikianlah 20 cara mengatasi rambut yang kering dan kasar secara alami dan menggunakan bahan-bahan dari alam. Semoga informasi ini berguna bagi Anda.

 

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Monday 12th, June 2017 / 02:59 Oleh :
Kategori : Kesehatan Rambut