Sponsors Link

7 Cara Membuat Minyak Kelapa Untuk Rambut Kering dan Uban

Sponsors Link

Tidak ada satupun orang yang tidak ingin memiliki rambut sehat, bernutrisi, lembut dan sehat. Untuk mencapai itu semua, diperlukan berbagai metode perawatan rambut yang harus dilakukan secara terus-menerus. Dengan berbagai aktifitas keseharian, sangatlah tidak mudah untuk menjaga rutinitas perawatan rambut dengan baik. Itulah mengapa, banyak sekali masalah rambut yang bisa ditemukan seperti rambut kering rusak, sering rontok, banyak ketombe dan  kotor kusam.  (baca juga: Cara Menghilangkan Rambut Bercabang)

ads

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk merawat dan memperindah rambut. Dari menggunakan sampo, conditioner, hingga vitamin dan minyak rambut. Terutama Pria yang jarang menggunakan elemen perawatan rambut selain sampo, padahal dalam kesehariannya Pria berada diluar lapangan dimana terdapat sentuhan terik matahari dan udara lingkungan sekitar yang tidak sehat. (baca juga: Masalah Rambut)

Membuat Minyak Kelapa Untuk Rambut

Namun bagi Anda yang tidak ingin mengeluarkan dana besar untuk perawatan rambut Anda, solusi ini dapat Anda gunakan, yaitu membuat minyak kelapa untuk rambut sendiri. Selain bisa menghemat banyak uang, Anda juga tidak perlu khawatir ketika Anda kehabisan minyak rambut, karena dengan beberapa metode saja, minyak rambut dari kelapa untuk rambut dapat Anda gunakan. Inilah cara membuat minyak kelapa untuk rambut:

1. Cuci kelapa dengan air yang mengalir terlebih dahulu

Kemudian belahlah kelapa menjadi dua bagian yang sama. Pada metode ini, pilihlah kelapa yang sudah tua. Alasan memilih kelapa tua adalah karena kelapa tua memiliki kandungan minyak yang lebih banyak dari kelapa muda. Ciri-ciri dari kelapa yang sudah tua yaitu antara lain:

  • Berwarna coklat tua.
  • Bertekstur keras.
  • Sabutnya telah menipis
  • Untuk memilih kelapa-kelapa tua yang lebih bagus, pilihlah yang memiliki air yang lebih banyak. Kelapa tua yang memiliki air yang lebih banyak akan memiliki santan yang lebih bagus.
  • Ketuk-ketuk tempurung kelapa untuk mengetahui apakah daging kelapa didalamnya tebal dan keras. Jika ketika diketuk, terasa terdapat getaran dalam tempurung maka daging kelapa berarti masih muda. (baca juga: Cara Membuat Rambut Berwarna Pirang)

Setelah dicuci, kupas kulit tempurung kelapa hingga bersih. Gunakan pisau atau alat pengupas kelapa khusus untuk membersihkan kulit tempurung kelapa yang berwarna coklat tua. Menggunakan kelapa tua biasa seperti ini akan menghasilkan santan yang lebih sedikit daripada kelapa tua yang dilewati proses pendinginan terlebih dahulu. Untuk melakukan proses pendinginan, hal-hal yang perlu dilakukan ialah antara lain:

  • Siapkan kelapa tua yang sudah kering
  • Dengan menggunakan oven, potong kelapa menjadi bagian-bagian kecil dan letakkan pada panic pemanggangan dengan suhu yang paling rendah hinggan menghasilkan potongan-potongan kelapa yang benar-benar kering
  • Lanjutkan ke metode atau cara ke-3

Dengan dilakukannya proses pendinginan terlebih dahulu, daging kelapa akan menjadi lebih lembut, sehingga akan menghasilkan air santan yang lebih banyak. Selain itu, kelapa tua yang melewati proses pendinginan sangat berkhasiat dan bermanfaat dalam kesehatan, karena tidak dilalui proses pemanasan sekalipun. Hal ini menyebabkan kelapa tua hasil proses pendinginan mengandung kandungan vitamin dan antioksidan yang sangat tinggi, dan bahkan bisa melebihi khasiat dari minyak zaitun.

2. Belah tempurung kelapa menjadi dua bagian yang sama besar

Setelah itu, potong-potong daging kelapa hingga menjadi bagian-bagian kecil. Pemotongan kelapa menjadi bagian-bagian kecil diharapkan agar pelumatan daging kelapa dapat ter-blender dengan lebih mudah. Namun biasanya, serat-serat kelapa akan tersumbat dalam blender. Sehingga lebih dianjurkan untuk dilakukan pendinginan terlebih dahulu pada daging kelapa. Daging kelapa hasil pendinginan bersifat lembut dan dapat hancur dalam mixer lebih mudah.

3. Masukkan daging kelapa

Percaya atau tidak, membuat minyak kelapa untuk rambut sendiri tidaklah susah. Dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan dan cara membuat minyak kelapa untuk rambut, membuat minyak kelapa untuk rambut ini dapat Anda praktikkan saat di rumah. Yang sudah dipotong kedalam blender dengan ditambahkan sedikit air untuk membantu pelumatan daging kelapa. Penambahan air kedalam blender dimaksudkan agar proses pem-blender an daging kelapa dapat dilakukan dengan cepat dan lancar.

4. Atur blender dengan kecepatan standar (tidak terlalu cepat dan tidak terlalu lambat) agar daging kelapa tidak terlalu hancur lebur

Sayangnya, hanya sedikit orang yang menyadari pentingnya penggunaan elemen-elemen tambahan selain sampo, seperti conditioner, vitamin, minyak rambut, dan lain sebagainya. Mereka berpikir bahwa menggunakan sampo saat mandi sudah sangat cukup untuk menjaga rambut mereka. Cara-cara ini orang lakukan untuk menjaga rambut mereka agar tetap terjaga kelembaban, kesehatan dan kesuburannya. Mengapa menggunakan sampo saja tidaklah cukup? Hal ini dikarenakan rambut Anda juga membutuhkan nutrisi dan vitamin ketika Anda sibuk dengan rutinitas seharian.

5. Saring hasil mixer daging kelapa yang sudah lumat untuk mendapatkan air santan

Salah satu elemen perawatan rambut selain shampo adalah minyak rambut. Tidak ada elemen perawatan rambut yang tidak mahal. Dan orang-orang yang memang ingin merawat rambutnya, bahkan merelakan mengeluarkan uang berapapun untuk membeli berbagai produk kemasan perawatan rambut, tidak terkecuali minyak rambut, sebagai berkut cara mempersiapkannya:

Sponsors Link

  • Siapkan paper filter (atau bisa menggunakan saringan apapun) dan wadah untuk menyimpan air santan
  • Letakkan filter diatas wadah yang telah disiapkan
  • Masukkan hasil mixer kedalam wadah dan tekan santan yang sudah tersaring agar air santan dapat keluar melalui filter
  • Tambahkan air kedalam santan yang tersaring jika perlu

6. Letakkan air santan yang telah disaring pada tempat yang lembab

Biarkan selama kurang lebih 1 hari hingga terbentuk 2 lapisan dimana air santan dan minyak kelapa terpisah. Pendiaman air kelapa ini juga harus dalam kondisi yang ditutup rapat, sehingga tidak ada gangguan atau bahan-bahan lainnya yang dapat mengkontaminasi air kelapa dalam wadah.

7. Setelah 1 hari, air santan dan minyak kelapa akan terpisah dalam 2 lapisan

Minyak kelapa akan berada di permukaan atas sedangkan air santan berada di dasar wadah dan bersifat sangat kental. Untuk mendapatkan hasil minyak kelapa, pindahkan minyak kelapa yang berada di atas permukaan ke dalam wadah baru yang lain hingga menyisakan air santan kental yang berada di bawah permukaan. Setelah minyak kelapa telah dipisahkan, minyak kelapa dapat digunakan dan dikonsumsi.

Cara-cara tersebut adalah metode yang dapat Anda praktikkan untuk membuat minyak kelapa ramah lingkungan dan sehat menurut versi Anda sendiri. Minyak kelapa hasil buatan ini sangat alami dan sehat karena diproses tanpa adanya tambahan bahan kimia seperti alkohol. Penambahan bahan kimia kedalam minyak kelapa justru akan memberi dampak buruk terhadap rambut. Sehingga, penggunaan minyak kelapa ini sebagai perawat rambut sangat efektif karena juga bersifat anti-jamur, yang dapat digunakan sebagai pembasmi ketombe rambut.

Cara Memberikan Minyak Kelapa Untuk Rambut Kering dan Uban

Beragam kondisi masalah rambut seperti ini dapat diatasi dengan berbagai jenis perawatan rambut yang berbeda-beda. Persepsi ini sangatlah tidak benar, karena menggunakan shampo saja tidaklah cukup untuk merawat dan menjaga nutrisi rambut. Lalu bagaimana cara menggunakan minyak kelapa untuk rambut? Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan minyak kelapa untuk rambut, sebagai berikut:

ads
  1. Siapkan bahan-bahan yang akan digunakan yaitu, minyak kelapa yang telah dimasukkan kedalam toples (wadah tertutup), pakaian yang tidak dipakai (bisa juga menggunakan handuk atau kain lainnya), penutup rambut (bisa menggunakan plastic wrap atau topi mandi), mangkuk anti-microwave, sendok dan microwave. Jika tidak mempunyai microwave, Anda dapat menggunakan panci dan kompor
  2. Gunakan handuk/pakaian bekas/kain seadanya untuk menutupi badan daerah bahu agar terhindar dari minyak kelapa yang dapat menetes. Minyak kelapa yang dioleskan ke rambut mudah saja menetes kebawah dan menodai pakaian Anda. Sehingga untuk menghindari hal tersebut, gunakan pelindung seperti kain/pakaian yang disampirkan di daerah bahu. (baca juga: Macam-Macam Sisir Rambut)
  3. Masukkan 3-5 sendok minyak kelapa kedalam mangkuk tahan microwave. Jumlah takaran sendok tergantung dengan panjang dan ukuran rambut Anda. Jika rambut Anda lebih tebal dan lebih panjang, Anda akan membutuhkan lebih banyak sendok minyak kelapa. Sesuaikan dengan keadaan rambut Anda.
  4. Namun jangan gunakan juga terlalu banyak. Penggunaan minyak kelapa untuk rambut hanya berfungsi sebagai penambah nutrisi rambut. Jika minyak kelapa yang digunakan terlalu banyak, dampak buruk juga dapat terjadi pada rambut Anda. (baca juga: Cara Mengatasi Rambut Berminyak)
  5. Setelah dimasukkan kedalam mangkuk tahan microwave, panaskan dalam microwave. Atur suhu tinggi selama kurang lebih 30 detik. Aduk perlahan dan panaskan kembali hingga 30 detik setelahnya sampai meleleh.
  6. Hal ini dimaksudkan agar minyak yang akan diusapkan ke rambut bersifat lembut dan hangat, sehingga akan berdampak baik terhadap rambut.

Jika tidak ada microwave, panaskan panci diatas kompor panas, dengan suhu yang paling rendah. Masukkan takaran minyak kelapa yang diinginkan, dan tunggu hingga meleleh. Waktu pelelehan dalam kompor sangat singkat dibandingkan dalam microwave. Sehingga, perhatikan baik-baik dan jangan sampai menghilangkan perhatian Anda sebelum minyak kelapa tersebut meleleh dengan benar. Setelah meleleh, letakkan kedalam sebuah wadah. Mulai oleskan minyak ke rambut-rambut Anda. Ingat jangan pernah oleskan minyak terlalu banyak pada kulit rambut. Hal ini disebabkan karena kulit rambut juga menghasilkan minyak rambut.

Jika kulit rambut mengandung terlalu banyak minyak, maka rambut Anda akan menjadi lebih tidak sehat. Mulai oleskan pada rambut di puncak kepala terlebih dahulu, lalu ratakan kebawah hingga pada ujung-ujung rambut. Setelah teroleskan merata, pijat-pijat rambut Anda secara perlahan menggunakan kedua tangan. Jika minyak sulit merata, gunakan sisir rambut. Menyisir rambut menggunakan sisir rambut akan membuat minyak merata ke seluruh bagian rambut dengan sendirinya, sebagai berikut langkah mudahnya:

  1. Ikatlah rambut tepat diatas kepala dan tutup dengan penutup rambut. Pastikan tidak ada sedikitpun rambut yang keluar dan benar-benar tertutup. (baca juga: Cara Menghilangkan Gatal Di Kepala)
  2. Gunakan pengikat rambut jika dirasa perlu untuk menahan rambut tetap terikat pada atas kepala. Jangan sampai ada beberapa helai rambut yang tidak terikat.
  3. Biarkan selama kurang lebih 1-2 jam hingga minyak kelapa benar-benar terserap kedalam rambut. Anda juga bisa membiarkan rambut semalaman ketika tidur. Cara ini juga lebih efektif dan tidak memakan waktu rutinitas keseharian Anda. (baca juga: Cara Menghilangkan Kutu Rambut)

Manfaat Minyak Kepala Untuk Rambut Kering dan Uban

Setelah menunggu, bersihkan rambut dari sisa-sisa minyak yang ada. Cuci rambut dengan sampo hingga tidak terasa terdapat minyak yang menempel. Cucilah 2 hingga 3 kali sampai tidak ada sisa minyak sekalipun pada ramni sangat memberikan manfaat yang sangat besar untuk keindahan dan kesehatan rambut Anda. Manfaat perawatan rambut menggunakan minyak kelapa ini adalah antara lain:

1. Rambut menjadi lebih sehat dan tumbuh lebih cepat

Rambut seringkali menjadi kering dan kusam setelah terkena paparan sinar matahari. Akibatnya, rambut menjadi kekurangan nutrisi dan vitamin. Menggunakan minyak kelapa dapat membantu kulit rambut Anda untuk tetap menutrisi rambut dan menjaga kelembaban serta kelembutannya. Kulit yang kering kusam dan dibiarkan terlalu lama, akan menjadi rapuh dan mudah rontok. Kerontokan yang parah juga dapat menyebabkan kebotakan. Minyak kelapa dapat mencegah hal tersebut terjadi. Selain menutrisi rambut, minyak kelapa juga membantu meningkatkan protein rambut yang berfungsi sebagai penumbuh rambut. (baca juga: Cara Menumbuhkan Rambut Secara Alami)

Minyak kelapa juga dapat menjaga kelembaban kulit kepala. Minyak kelapa mengandung sekitar 6% asam kaprat yang dapat menjaga kelembaban kulit rambut. Rambut yang terjaga kelembabannya, akan tumbuh dengan sangat cepat dan sehat. (baca juga: Tanaman Penyubur Rambut)

Baca:

2. Pelindung dari sinar matahari

Melakukan aktifitas di pagi hingga malam hari tentu tak dapat menghindarkan rambut Anda dari paparan sinar matahari. Rambut yang terkena paparan sinar matahari dapat menyebabkan rambut Anda menjadi kusam, kering dan lepek. Namun hal ini dapat Anda hindari dengan menggunakan minyak kelapa. Seperti menggunakan lotion rambut, pakai dan oleskan minyak kelapa dengan telapak tangan Anda. Jika dirasa perlu, siapkan minyak kelapa hangat dengan cara dihangatkan menggunakan air panas terlebih dahulu. Oleskan minyak kelapa secukupnya saja pada rambut hingga merata setiap pagi sebelum menjalani rutinitas Anda. Pemakaian minyak kelapa ini sangat awet jika dibandingkan dengan minyak-minyak lainnya sebagai perawatan rambut. (baca juga : Ciri-Ciri Rambut Lepek)

3. Pencegah ketombe

Ketombe adalah masalah yang sering ditemui. Namun meskipun banyak orang yang pernah mengalami masalah rambut ini, tidak banyak orang yang dapat mengatasi masalah rambut yang satu ini. Padahal solusi sederhana dari masalah rambut ini adalah hal yang paling dekat di sekitar kita, yaitu minyak kelapa. Selain mengandung asam kaprat, ternyata minyak kelapa juga mengandung asam laurat yang berfungsi sebagai pencegah ketombe pada rambut. Hal ini disebabkan karena asam laurat pada minyak kelapa dapat memperlancar aliran darah dan udara pada kulit kepala.

Lalu bagaimana cara menggunakannya? Sebagaimana menggunakan minyak kelapa sebagai pelindung sinar matahari dan pemercepat pertumbuhan rambut, penggunaan minyak kelapa sebagai pencegah ketombe pun juga dilakukan dengan mengoleskan minyak kelapa secara rata pada rambut hingga rata dari atas kepala menuju ujung rambut. Hal ini harus dilakukan secara sering dan terus-menerus. Jika tidak, maka hasilnya juga tidak akan maksimal. Selain pada pagi hari, gunakan minyak kelapa pada saat sebelum mandi (memakai sampo) dan juga pada saat sebelum tidur. (baca juga: Cara Mengatasi Rambut Rontok dan Ketombe)

4. Pencegah kerusakan dari pewarna rambut

Sponsors Link

Rambut yang diberi pewarna rambut rentan mengalami kerusakan. Sel-sel pada rambut akan mati dan merusak fungsi jaringan pada rambut. Rambut juga akan menjadi tidak sehat, kusam, sehingga warna rambut pun juga akan berwarna tidak cerah. Namun, dengan menggunakan minyak kelapa sebelum pewarnaan rambut akan membantu hal-hal ini akan terjadi. Selain itu, warna rambut juga akan menjadi lebih cerah dan tahan lama.

Sebelum dilakukan pewarnaan / pengecatan rambut, hangatkan terlebih dahulu minyak kelapa agar pemakaiannya pada rambut juga sehat. Campurkan secara merata minyak kelapa dan pewarna rambut. Oleskan secara merata pada rambut mulai dari atas kepala hingga ujung rambut. Tutup rambut menggunakan penutup kepala dan tunggu beberapa saat hingga pewarna rambut terserap kedalam rambut. (baca juga: Cara Merawat Rambut Rusak)

5. Pelembab rambut terutama rambut sensitif

Memiliki rambut sensitif memang tidak mudah. Harus memiliki perawatan yang sangat ekstra untuk menjaga kesehatan rambutnya. Namun bagi orang-orang yang memiliki rambut sensitif, janganlah khawatir lagi. Solusi cara membuat minyak kelapa untuk rambut dengan kelembaban rambut yang cocok untuk rambut Anda yang sensitif telah ada. Rambut yang kering kusam dan rontok menandakan keadaan kulit kepala yang tidak lembab dan tidak sehat. Hal ini disebabkan karena kulit kepala memproduksi terlalu banyak minyak, sehingga bukannya menutrisi rambut, tetapi malah membuat rambut menjadi lepek. Dengan menggunakan minyak kelapa secara rutin dan teratur, keadaan kulit kepala terjaga kelembabannya. Rambut juga akan menjadi lebih lembut serta memiliki nutrisi yang baik. (baca juga: Cara Mengatasi Rambut Kering)

6. Sebagai masker rambut

Sebagaimana fungsi minyak kelapa yang melembabkan rambut, masker dari minyak kelapa ini berfungsi menambah kelembaban rambut agar rambut tetap lembut dan halus. Masker rambut ini dibuat dari minyak kelapa yang dihangatkan terlebih dahulu. Setelah dihangatkan, minyak kelapa dioleskan secara merata pada rambut dan didiamkan sesaat.

Rambut kemudian ditutup dengan penutup rambut agar terhindar dari hal – hal yang dapat mengkontaminasi rambut. Setelah ditunggu beberapa saat, bilas rambut dengan air hangat dan gunakan sampo jika diperlukan. Bersihkan rambut hingga tidak ada sisa minyak pada rambut. Setelah pemakaian masker rambut, maka akan terlihat jelas hasil rambut yang semakin halus dan lembut serta bersinar. (baca juga: Masker Rambut Untuk Rambut Rontok)

Baca juga:

7. Menghilangkan kutu rambut

Kutu rambut merupakan masalah rambut yang terjadi pada rambut yang kurang dijaga kebersihannya. Kutu rambut ini juga dapat disebabkan karena lingkungan yang tidak sehat. Kutu rambut yang dapat berpindah dengan cepat dapat meneteskan telur berpuluh – puluh hinga beratus – ratus kali. Telur-telur dari kutu rambut ini sangat menempel kuat pada rambut. Sehingga sulit ditemukan obat yang benar – benar ampuh untuk membunuh kutu rambut dan telur – telurnya. Memang terdapat banyak sekali obat – obat penghilang kutu rambut, namun telur-telur kutu tersebut masih tetap ada. Dengan perkembangan kutu rambut yang sangat cepat, penggunaan obat pembasmi kutu akan percuma saja.

  • Minyak kelapa dapat digunakan sebagai pembasmi kutu sekaligus telur – telurnya. Pertama, dengan menggunakan minyak kelapa secara rutin sebelum tidur.
  • Langsung saja oleskan pada rambut secara merata dan pijat perlahan. Pagi harinya, sisir rambut untuk menjatuhkan kutu – kutu bersama telur- telur yang menempel pada rambut.
  • Sifat minyak kelapa yang licin akan mempermudah telur kutu jatuh dari rambut dengan cara disisir.  Setelah itu, bilas rambut hingga bersih dari bau dan tekstur minyak yang licin.

Kedua, dengan cara menggunakan minyak kelapa secara rutin. Dengan cara yang sama, oleskan minyak kelapa pada rambut di saat pagi hari dan tutup rambut dengan penutup kepala. Setelah itu, tunggu beberapa saat. Sore harinya, buka penutup kepala dan bilas rambut hingga bersih. Cara pertama ataupun kedua sama saja, tergantung dari rutinitas waktu Anda. Pilihlah cara manapun yang dirasa cocok dengan rutinitas keseharian Anda.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Tuesday 01st, August 2017 / 05:06 Oleh :
Kategori : Kesehatan Rambut