Sponsors Link

8 Cara Membersihkan Sisir Rambut Dengan Mudah dan Simple

Sponsors Link

Sisir menjadi salah satu peralatan yang penting bagi rambut. Alat ini akan membantu kamu untuk menata rambut dengan lebih mudah, membuatnya selalu rapi, bahkan terlihat lentur dan tidak berantakan. Ada banyak jenis sisir yang bisa kamu temukan di pasaran, tentunya dengan berbagai macam manfaat yang berbeda-beda. Sangat penting bagi kamu untuk mengetahui masing-masing manfaat sisir ini, agar kamu bisa memilih jenis sisir yang peling tepat dan sesuai untuk jenis rambutmu. Jika kamu menggunakan sisir yang salah, maka hal ini bisa saja menimbulkan masalah rambut yang merepotkan. Untuk itu, selalu gunakan jenis sisir yang paling tepat bagi jenis rambutmu, agar rambutmu tidak rusak dan berantakan.

ads

Selain jenisnya, cara menjaga kebersihan sisir juga tentu menjadi hal yang tak kalah pentingnya. Alat ini akan selalu menyentuh rambutmu, bahkan bisa saja beberapa kali dalam sehari, karena itu sangat penting untuk selalu menjaga kebersihannya dengan baik. Sisir yang kotor bisa saja membawa berbagai kotoran menempel pada rambutmu, sehingga rambutmu menjadi bau, kusut atau bahkan rusak. Penting untuk menjaga kebersihan sisir yang kamu gunakan, setidaknya kamu harus membersihkannya secara berkala, agar tidak ada kotoran yang menempel di sana.

Artikel lainnya:

Berikut ini adalah banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan sisir rambumu dengan mudah dan cepat:

1. Bersihkan Sisir Dari Rambut yang Menempel

Cara membersihkan sisir untuk beberapa jenis sisir, rambut kerap menempel dan sulit untuk dihilangkan. Hal ini biasanya akan terjadi pada sisir berjenis brush. Rambut yang menempel dan tertinggal pada sisir akan menumpuk dan semakin lama semakin banyak. Bersihkan rambut-rambut ini dengan menggunakan ujung sisir lainnya yang runcing (biasanya sisir sasak / sisir untuk mengecat rambut). Lakukan dengan perlahan, agar sisir kamu tidak mengalami kerusakan (terutama pada sisir yang memiliki bantalan). (baca juga: Cara Membuat Rambut Tebal)

2. Rendam Sisir Dengan Shampo Lembut

Jika rambut sudah dibersihkan, maka rendamlah sisir pada mangkuk / gayung berukuran sedang. Pastikan semua bagian sikat sisir terendam dengan baik, sehingga berbagai kotoran di sana akan mudah dibersihkan. Jangan lupa untuk menggunakan shampo yang lembut ketika merendam sisir, agar berabgai debu da kotoran bisa disingkirkan dengan mudah nantinya. Hal ini juga akan membuat rambut-rambut yang menempel pada sikat sisir, akan lebih lembut dan mudah untuk dibuang. (baca juga: Cara Menghilangkan Gatal di Kepala)

3. Bersihkan Kembali Sisa Rambut yang Masih Menempel

Beberapa jenis sisir memang akan sulit untuk dibersihkan, terutama yang berbentuk roll. Rambut akan menempel pada bagian dasar sisir dan menjadi keras. Namun jika telah direndam dengan menggunakan shampo selama kurang lebih 30 menit, maka rambut-rambut ini akan lebih lembut dan mudah untuk dibersihkan. Bersihkan kembali sisa rambut yang masih menempel pada sisir, gunakan ujung sisir atau tusuk gigi untuk mempermudah proses ini. Sedikit demi sedikit sisa rambut akan terlepas dan bisa dihilangkan dari dasar sisir.

4. Remas Lembut Dengan Tangan

Remas lembut bagian ujung sikat sisir dengan tangan, agar kotoran yang menempel di sana bisa hilang. Lakukan hal ini dengan perlahan, sehingga sisir tidak rusak dan patah. Sisir yang tidak begitu kotor, biasanya akan cukup dibersihkan dengan cara ini saja, sebab debu akan tersingkir dengan segera. (baca juga: Cara Membuat Rambut Gimbal)

5. Gunakan Sikat Gigi

Sponsors Link

Cara membersihkan sisir untuk membersihkan bagian dalam sikat sisir, gunakan sikat gigi yang sudah tidak terpakai. Pilihlah sikat gigi yang berbulu lembut, agar sisir tidak rusak dan patah. Selain sikat gigi, sikat yang biasa digunakan untuk membersihkan keybord laptop / komputer juga bisa digunakan. Sikat ini biasanya akan berbentuk tipis dan bisa masuk dengan mudah pada sela-sela gigi sisir. Bersihkan setiap bagian dengan teliti, sehingga semua kotoran bisa luruh dan hilang dengan sempurna. (baca juga: Cara Blow Rambut Sendiri)

Baca juga:

6. Bersihkan Dengan Sisir Lainnya

Untuk beberapa jenis sisir yang berbahan keras (sisir roll), kedua jenis sikat di atas mungkin tidak akan bekerja dengan maksimal. Jenis sisir seperti ini akan lebih sulit untuk dibersihkan, sehingga dibutuhkan peralatan yang lebih kuat untuk melakukannya. Gunakan sisir yang biasa dipakai untuk mengaplikasikan cat rambut, sebab di sisir tersebut juga terdapat sikat yang bertekstur keras dan cukup kuat. Sikatlah bagian dalam sisir dengan menggunakan sikat tersebut, sehingga semua kotoran yang menempel bisa luruh dari sana. Lakukan hal ini secara berulang pada setiap sela sisir, agar tidak ada sisa kotoran yang tertinggal. Cara ini akan membuat sisirmu lebih mudah dan cepat dibersihkan. (baca juga: Cara Mengatasi Rambut Berminyak)

7. Bersihkan Dengan Air Keran

Sponsors Link

Jangan lupa untuk membersihkan bagian gagang sisir, sebab pada bagian ini juga akan ada banyak kotoran yang tersisa. Gagang sisir adalah bagian pertama yang akan kamu sentuh saat kamu akan sisiran, sehingga sangat penting untuk menjaga kebersiannnya. Setelah disikat dengan bersih, lanjutkan proses ini dengan membersihkan sisir menggunakan air keran. Taruhlah sisir di bawah keran yang mengalir, sehingga semua kotorannya bisa tersingkir dengan baik bersama dengan air tersebut. Cermati kembali dan pastikan tidak ada sisa rambut dan kotoran yang masih menempel pada sisir. Jika ternyata masih ada, lakukan kembali proses penyikatan sebelumnya. Pastikan sisir telah benar-benar bersih dan siap untuk dikeringkan, sehingga bisa digunakan dengan baik. (baca juga: Cara Mengatasi Rambut Kering)

8. Keringkan Dengan Tepat

Jika sisir telah benar-benar bersih, maka keringkan sisir tersebut dengan cara yang tepat. Gunakan handuk lembt untuk menyingkirkan air yang tersisa pada sisir, yakni dengan cara meletakkan sisir pada permukaan handuk dan melapnya dengan perlahan. Hindari untuk menggosok atau melap sisir dengan kuat, sebab hal ini bisa saja merusak sikat sisir atau bahkan membuatnya patah. Setelah semua air yang menempel pada sisir bisa dihilangkan, angin-anginkan sisir dan biarkan kering dengan cara yang alami saja. Hal ini akan membuat sisir aman dan tidak rusak. Untuk mempercepat proses pengeringan ini, hindari untuk meletakkan sisir pada meja/westafel, namun sisir boleh juga digantungkan dengan menggunakan tali kecil, sehingga semua bagian sisir bisa kering secara bersamaan. Jangan lupa untuk selalu membersihkan sisir secara berkala, agar peralatan ini selalu dalam kondisi bersih dan layak untuk digunakan pada rambutmu.

Sisir menjadi bagian yang sangat penting dan akan membantu kamu merawat rambutmu, sehingga sangat tepat jika kamu selalu menjaga kebersihan peralatan yang satu ini dengan baik. Selalu bersihkan / cuci sisir kamu secara rutin dalam waktu tertentu (setidaknya sekali dalam 2 minggu), sehingga peralatan ini tidak memiliki banyak kotoran yang bisa saja merusak rambutmua. Sisir yang bersih, akan membuat rambutmu lebih sehat dan terawat.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Wednesday 12th, July 2017 / 06:04 Oleh :
Kategori : Kesehatan Rambut