Sponsors Link

30 Cara Memakai Wig Agar Tidak Lepas

Sponsors Link

Cara Memakai Wig Agar Tidak LepasRambut palsu atau wig adalah serangkaian rambut yang digabung menjadi satu dan terbuat dari bulu kuda, wol, rambut manusia, bulu, ataupun bahan sintetis lainnya yang mungkin ditambahkan. Selain untuk mengejar trend atau gaya rambut yang diinginkan, wig juga sering digunakan sebagai terapi pemulihan rambut, aksesoris saat berpanggung, kelengkapan saat ber-cosplay atau bahkan digunakan untuk keperluan spiritual keagamaan.

ads

Dari sejarahnya, rambut palsu sudah dikenal sejak dari ribuan tahun lalu. Tak heran jika pemakaian wig di tahun millennial ini bahkan terus berkembang dari model, cara pemakaian hingga kepraktisan cara pemakaiannya. Pemakaian rambut palsu ini sudah dikenal sejak zaman Mesir Kuno dimana pada saat itu, rambut palsu adalah sebagai simbol kehormatan, status sosial dan simbol kerapian, kewibawaan serta keanggunan seseorang. Rambut palsu juga sangat trend di kalangan masyarakat Negara Eropa pada abad ke-15.

Bagi Anda yang ingin menggunakan wig atau rambut palsu, hal-hal dibawah ini adalah yang perlu Anda lakukan agar wig yang Anda lakukan tidak mudah lepas:

Cara Merawat Rambut Wig Paling Benar

Hal pertama yang tentunya harus Anda lakukan adalah menentukan cara memakai Wig seperti apa yang Anda butuhkan dan ingin Anda gunakan. Sesuaikan dengan kebutuhan dan alasan Anda memakai wig. Persiapkan wig yang akan digunakan dengan melihat kondisi-kondisi dibawah ini:

Untuk memenuhi kondisi-kondisi tersebut, langkah-langkah berikut yang harus Anda lakukan untuk memakai wig dan menentukan wig yang benar yaitu antara lain:

1. Pilih Model Wig Yang Diinginkan

Salah satu alasan memakai wig adalah untuk memiliki gaya rambut atau model rambut yang ingin diikuti agar terlihat lebih modis, trendy, keren dan up to date. Tentukan gaya rambut yang akan Anda terapkan pada rambut Anda. Namun jangan sekali-kali memilih model gaya rambut yang terlalu mencolok. Maksud dari mencolok disini yaitu gaya rambut yang dimiliki sangat berbeda dengan karakter wajah atau tubuh yang Anda miliki. Wig dibuat secara kasar tanpa memperhatikan karakter wajah orang tertentu. Oleh karena itu, Anda harus memperhatikan dan memilih wig mana yang akan terlihat sesuai dengan Anda, dan tentunya sedang trendy pada saat itu. (baca juga: Cara Menggunakan Vitamin Rambut)

Artikel terkait:

2. Pilih Wig yang Memiliki Warna Senada

Menggunakan wig atau rambut palsu bukan berarti Anda bebas untuk memilih dan bereksperimen. Anda harus tetap memperhatikan setiap detil wig yang akan Anda gunakan tersebut. Pilihlah wig yang memiliki warna senada dengan warna rambut asli Anda. Menggunakan wig dengan warna kontras dan berbeda dengan rambut asli justru akan memperjelas kepalsuan rambut di depan umum.

Sponsors Link

Jika Anda tetap ingin tampil anggun dan menarik dengan rambut palsu Anda, maka jadikan rambut palsu tersebut seakan seperti rambut asli Anda, yaitu dengan memilih warna yang senada dan sesuai. Ketika Anda memilih warna rambut palsu yang senada, orang lain tidak akan pernah mengira Anda menggunakan rambut palsu ketika berjalan di depan umum. Namun jika penggunaan rambut palsu atau wig ini untuk kebutuhan pertunjukan atau panggung, seperti karakter drama, cosplay dan lain sebagainya, maka Anda tidak perlu memperhatikan warna wig yang senada. Cukup pilih saja wig yang sesuai dan pas dengan karakter yang akan Anda perankan.

3. Pilih Wig yang Memiliki Ukuran Sama

Langkah ini adalah langkah yang sangat penting dan utama. Memilih dan cara memakai wig yang kebesaran ataupun kekecilan cenderung akan membuat wig mudah terlepas dari kepala. Oleh karena itu, pada saat pemilihan wig, tentukan wig yang seukuran dengan ukuran kepala Anda. Ukur dengan cermat dan teliti sebelum digunakan. Biasanya lepas tidaknya wig juga bergantung pada ketebalan wig yang digunakan. Semakin tipis wig yang digunakan maka semakin mudah wig tersebut untuk lepas dari kepala. Entah itu tertiup angin, tersenggol orang lain dan sebagainya.

Beberapa kesalahan yang sering dilakukan adalah cara pemakaian atau pemasangan wig yang tidak sempurna, sehingga sering terlepas dari kepala. Langkah-langkah dibawah ini adalah yang harus Anda lakukan agar wig terpasang dengan benar diatas kepala:\

ads
  • Atur Rambut Anda

Rambut memiliki keunikannya masing-masing. Ada yang gondrong, panjang sebelah, lurus atau ada yang menonjol ke samping. Ketika Anda akan menggunakan wig, atur telebih dahulu rambut Anda agar tidak ada rambut yang menonjol ke salah satu bagian saja. Pastikan seluruh rambut diarahkan ke belakang arah garis rambut agar benar – benar tertutup ketika menggunakan wig. Setiap jenis rambut memiliki cara  pengaturannya masing-masing. Berikut adalah langkah – langkah yang harus dilakukan, sebagai berikut:

  1. Rambut panjang, pisahkan rambut menjadi dua bagian yang sama lalu kumpulkan menjadi satu ke bagian belakang kepala dan kuncir rambut pada area tersebut, seperti gaya rambut ponytail pada biasanya.
  2. Rambut Tebal, jika Anda memiliki rambut yang tebal, gunakan bantuan penjepit atau kuncir rambut untuk menyembunyikan ketebalan rambut pada saat menggunakan wig. Pelintir rambut menggunakan telunjuk jari lalu jepitkan dengan penjepit rambut ke daerah samping kepala. Sehingga, permukaan kepala Anda akan menjadi rata dan tipis. 
  3. Rambut Pendek, beruntung yang memiliki rambut pendek, Anda tidak perlu ribet memikirkan cara untuk mengatur rambut Anda ketika menggunakan wig. Cukup rapikan rambut Anda dengan menggunakan sisir dan atur hingga menjadi segaris dengan arah garis rambut. Anda dapat memanfaatkan bandana atau ikat kepala untuk merapatkan tatanan rambut yang telah Anda rapikan tersebut.
  4. Rambut Keriting/Kribo, rambut yang kribo dan keriting cenderung susah diatur. Jika Anda pemilik rambut kribo, rapikan terlebih dahulu rambut Anda dengan menguncirnya ke daerah belakang lalu menggunakan Hair Net sebelum memasangkan wig pada rambut Anda.
  • Bersihkan Kulit Di Sekitar Rambut

Ketika Anda hendak memasang wig, daerah kepala harus bersih terlebih dahulu dari kotoran-kotoran. Sehingga wig akan dapat merekat sempurna pada kepala dan tidak mudah lepas. Untuk membersihkannya, lakukan hal-hal dibawah ini:

  1.  Ambil kapas dan alkohol secukupnya.
  2. Tuang alkohol pada kapas seperlunya.
  3. Bersihkan daerah kulit dekat garis kepala menggunakan kapas yang telah dibubuhi alkohol tersebut hingga tidak ada bekas kotoran lagi pada daerah tersebut.
  • Gunakan Hair Net atau Topi Pelapis Wig

Topi pelapis wig atau Hair Net adalah hal yang wajib Anda kenakan pada saat akan memasang wig di kepala Anda. Hair Net berfungsi untuk menyembunyikan rambut asli sehingga wig akan terlihat seperti nyata dan alami. Selain itu memakain hair net juga akan mencegah wig agar tidak mudah terlepas dari kepala. Ada beberapa macam hair net atau pelapis wig. Namun yang perlu dicatat disini adalah Anda harus memilih pelapis wig yang terbuat dari bahan nyaman dan tidak mengiritasi kulit kepala jika digunakan terlalu lama. Langkah – langkah dibawah ini adalah tips untuk memilih topi pelapis wig yang nyaman dan aman;

  1. Pilihlah topi pelapis wig yang berstruktur jaring dibandingkan dengan yang berbahan nilon. Hal ini dikarenakan topi pelapis wig yang berbahan nilon lebih rekat dan ketat dan bisa saja menimbulkan iritasi pada kulit kepala jika digunakan terlalu lama.
  2. Pastikan semua rambut masuk kedalam hair net dan tidak ada yang keluar dari daerah hair net.
  3. Setelah memasukkan semua rambut kedalam hair net, gunakan penjepit di setiap sisi hair net agar tetap rapat. (baca juga: Cara Menggunakan Hair Dryer)
  • Tambahkan Perekat Dan Semacamnya

Menambahkan perekat ke daerah sekitar rambut sebelum memakai wig sangat perlu dilakukan agar wig tetap terjaga dan tidak mudah lepas. Lakukan hal berikut ketika menambahkan lem atau perekat;

  1. Siapkan kuas dan lem wig (bersifat khusus, jangan gunakan lem apapun). Anda juga bisa menggunakan kuas rias Anda biasanya, jika sulit menemukan kuas yang cocok.
  2. Oleskan lem wig di setiap kulit kepala sekitar garis rambut dengan menggunakan kuas
  3. Diamkan selama beberapa menit hingga benar-benar teresap. Indikator lem sudah teresap adalah ketika lem sudah tidak terasa basah di kulit kepala.
  4. Daerah-daerah penting yang harus dibubuhi lem adalah sekitar dahi dan bagian samping dahi.
  5. Jika memakai lem terasa kurang nyaman bagi Anda, gunakan selotip atau perekat lainnya yang Anda merasa nyaman memakainya. Gunakan selotip di daerah samping hair net untuk melekatkan hair net, kulit dan rambut palsu Anda.
  • Pasang Wig Pada Kepala
Sponsors Link

Informasi dibawah ini akan membantu Anda memasang wig dengan benar dan mudah yang perlu anda kalian ketahui beberapa langkahnya sebagai berikut:

  1.  Pastikan tidak ada rambut yang tersangkut atau terjabak pada lem yang Anda lekatkan.
  2. Pasang wig diatas kepala Anda.
  3. Rapikan wig, sesuaikan dengan gaya rambut dan model trend yang Anda inginkan.
  4. Tekan wig pada daerah dahi dengan jari – jari Anda.
  5. Luruskan kepala pada saat mengenakan wig. Ini akan membantu meluruskan wig Anda juga. Mengenakan wig dengan posisi miring ataupun merunduk akan membuat wig menjadi miring, tidak lurus dan tidak rapi.
  6.  Sebelum posisi wig benar-benar sesuai, jangan sampai bagian samping wig tersentuh oleh perekat.
  • Beri Pelengkap

Setelah cara memakai wig terpasang dengan benar, sekarang giliran Anda untuk membuat tampilan rambut baru Anda kali ini terlihat lebih menarik. Tatalah rambut baru Anda sekarang dengan memberi sentuhan manis, seperti membuat rambut menjadi keriting, dimodel kepang, diberi aksesoris dan lain sebagainya. Yang perlu dicatat adalah jangan menggunakan alat stylish rambut yang memanfaatkan panas. Panas pada alat styling rambut akan merusak wig dan gaya rambut Anda.

Artikel Lainnya:

  • Rawat Dengan Baik

Tidak hanya mengetahui cara memakai, Anda juga harus memahami cara perawatan wig yang benar. Wig yang tidak dirawat akan mudah cepat rusak, bertekstur kasar dan tidak bertahan lama. Berikut adalah cara merawatnya:

  1. Rutin mencuci wig setiap kali pemakaian.
  2. Cuci wig dengan menggunakan shampoo dan conditioner, seperti hal nya mencuci rambut pada biasanya
  3. Jangan pernah mengucek wig selama pencucian. Cukup rendam saja dalam air yang telah diberi shampoo dan conditioner di dalamnya.
  4. Gunakan handuk atau kain untuk mengeringkan wig, yaitu dengan cara menekan-nekan handuk agar air pada wig dapat terserap kedalam handuk. Lalu diam dan keringkan di tempat yang kering. Jangan jemur di bawah sinar matahari atau terkena kontak panas sedikitpun 
  5. Agar wig tetap bertekstur halus dan tidak kusut, setelah wig kering, sisir rambut helai demi helai hingga wig tidak terasa kusut lagi.

 Itulah artikel tentang cara penggunaan memakai wig yang benar agar tidak menjadi terlepas yang perlu anda ketahui agar bisa menjadi lebih mudah anda gunakan dan cepat anda pakai.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Tuesday 05th, September 2017 / 05:51 Oleh :
Kategori : Tips Rambut