Sponsors Link

20 Cara Agar Rambut Cepat Panjang dan Tebal Secara Alami

Sponsors Link

Memiliki rambut yang panjang adalah dambaan banyak wanita. Namun nyatanya ada banyak orang yang sulit sekali memilikinya sehingga mereka binggung harus bagaimana. Sebenarnya ada banyak sekali cara membuat rambut menjadi panjang tapi mungkin banyak yang belum tahu. Di sini akan dibahas mengenai 20 cara agar rambut cepat panjang.

ads

Ada orang yang rambutnya gampang panjang ada juga yang tidak. Hal ini ternyata memiliki banyak faktor. Bisa dari kesehatan, kurang perawatan, dan lain sebagainya. Hal yang paling banyak menjadi penyebab sulitnya rambut menjadi panjang adalah perawatannya yang kurang maksimal sampai kebiasaan makan yang tidak benar.

Faktor Penyebab Rambut Sulit Panjang

Daripada Anda binggung kenapa rambut Anda sulit panjang padahal mungkin orang lain di sekitar Anda memiliki rambut yang mudah sekali panjang, bacalah faktor penyebab rambut sulit panjang di bawah ini. Sama seperti cara menghilangkan rambut bercabang.

  • Faktor pertama adalah kebutuhan nutrisi tubuh yang kurang bisa berpengaruh bagi kesehatan rambut makanya akan sulit panjang. Dengan demikian Anda memerlukan konsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin E, kalsium, zinc, ferritin, dan vitamin B12.
  • Kemudian faktor keduanya adalah jika Anda stres juga bisa memberikan pengaruh kepada pertumbuhan rambut. Nantinya rambut akan menjadi rontok dan rambut baru akan tumbuh dalam waktu yang lama. Anda harus bisa menjaga pikiran.
  • Faktor ketiga karena kebiasaan menggunakan produk perawatan rambut yang kurang tepat juga menjadi salah satu faktornya.

Membuat Rambut Cepat Panjang Secara Alami

Cara yang banyak dilakukan adalah menggunakan berbagai macam bahan alami yang bisa Anda dapatkan dengan mudah. Selain itu, ada lebih banyak lagi cara lainnya yang pasti aman. Langsung saja simak pembahasan cara agar rambut cepat panjang di bawah ini.

1. Menggunakan Teh Hijau

Selain untuk menyegarkan, dan membuang segala racun yang ada di dalam tubuh, teh hijau juga memiliki manfaat bagi kesehatan rambut. Di dalam minuman ini ada kandungan antioksidan yang bisa melancarkan sirkulasi darah yang ada di kepala. Inilah faktor yang bisa membuat pertumbuhan rambut bisa lebih cepat. Cara menggunakannya adalah dengan menyeduhnya kemudian balurkan pada kulit kepala. Bungkus menggunakan handuk kemudian bilas sampai bersih.

Di dalam teh hijau ada banyak kandungan yang sangat berguna seperti katekin, polifenol, fluoride, vitamin C dan E, L-teanin, mangan, dan kafein. Jadi selain untuk rambut memang ada banyak manfaatnya untuk bagian tubuh yang lain.  Ini juga salah satu cara merawat rambut rusak.

2. Menggunakan Minyak Zaitun

Banyak orang telah mengetahui bahwa minyak zaitun bisa membuat rambut menjadi sehat, dan indah. Cara menggunakannya untuk memanjangkan rambut adalah dengan memberikan minyak zaitun dengan cara diteteskan ke kulit kepala. Gunakan 5 tetes jika Anda selesai keramas. Akan lebih baik jika dilakukan pada sore hari.

Pijat kulit kepala Anda kemudian biarkan semalaman. Pagi harinya baru bisa Anda bilas sampai bersih dan tidak perlu menggunakan shampo lagi. Di dalam minyak zaitun ada kandungan omega 3, omega 6, omega 9, vitamin K, vitamin E, zat besi, dan phenolic. Kandungan omega 3, omega 6, omega 9 adalah yang akan berperan menyuburkan rambut karena bisa melancarkan aliran darah. Anda bisa memakainya sebagai cara menghitamkan rambut.

3. Menggunakan Lidah Buaya

Bahan alami ini sudah terbukti sangat berguna bagi kesehatan rambut makanya sering disebut dalam berbagai cara menyehatkan rambut. Anda bisa menggunakannya dengan cara mengupas kulitnya kemudian gunakan gelnya dan oleskan ke rambut secara menyeluruh. Diamkan sekitar 20 menit lalu bilas sampai dengan bersih. Bisa Anda pakai sesudah maupun sebelum keramas.

4. Pijat Kepala dengan Minyak Alami Secara Rutin

Anda bisa melakukan pemijatan kepala agar pertumbuhan rambut menjadi lebih cepat. Paling tidak setiap minggunya lakukan 3 kali. Fungsi kegiatan ini adalah melancarkan peredaran darah yang ada pada bagian kulit kepala sehingga rambut bisa cepat panjang.

Lakukan saja sendiri di rumah tidak perlu mengeluarkan uang untuk perawatan di salon. Kegiatan pemijatan ini juga bisa menghilangkan segala kotoran pada rambut yang bisa menimbulkan ketombe. Minyak yang bisa Anda gunakan adalah minyak lavender. Lakukan pijatan pada bagian kulit, dan helaian rambut.

5. Menggunakan Santan

ads

Mungkin banyak orang yang belum mengetahui bahwa santan memiliki khasiat yang sangat baik bagi pertumbuhan rambut. Jika Anda tidak percaya bisa coba lakukan perawatan ini dalam seminggu sebanyak dua kali. Santan juga membuat rambut Anda lebih lembut dan halus.

Cara menggunakannya untuk memanjangkan rambut Anda adalah dengan membalurkan santan kental pada bagian kulit kepala Anda. Gunakan secukupnya. Jika sudah rata Anda harus menutup rambut menggunakan handuk yang hangat kemudian diamkan sampai 20 menit lamanya. Jika sudah maka Anda harus membilasnya sampai bersih. Nanti hasilnya rambut Anda akan menjadi lembut kemudian jika rutin akan membuat rambut cepat panjang.

Baca juga:

6. Menggunakan Ramuan dari Kulit Apel

Apel memang memiliki khasiat yang baik bagi rambut Anda. Selain dengan cuka apel yang sudah jadi, Anda juga bisa menggunakan kulit apel dan membuatnya sendiri. Caranya adalah dengan menghaluskannya kemudian oleskan pada bagian kulit kepala. Ratakan kulit apel tersebut ke kulit kepala Anda sampai benar-benar rata. Pijat-pijat secara lembut, dan perlahan supaya kandungannya bisa meresap. Jangan langsung dibilas, diamkan dahulu selama 20 menit setelah itu baru bisa dibilas sampai bersih.

Selain akan membuat rambut Anda panjang, kandungan di dalam kulit apel ini juga bisa membuat rambut berkilau, dan selalu sehat.

7. Menggunakan Sari Jeruk Nipis

Selain bisa menyegarkan tubuh, kandungan vitamin C yang banyak terkandung dalam jeruk nipis akan membuat rambut Anda tumbuh subur makanya rambut akan menjadi cepat panjang. Cara menggunakan ramuan ini adalah dengan mengoleskan secara langsung air perasan jeruk nipisnya di kulit kepala dan rambut Anda. Kemudian diamkan sampai dengan 20 menit lamanya dan bersihkan menggunakan air sampai bersih. Jika mau sekalian keramas juga bisa.

8. Menggunakan Campuran Air Kepala dan Jeruk Lemon

Ramuan ini mungkin tidak banyak diketahui oleh Anda padahal khasiatnya dalam menyuburkan rambut sangat baik. Cara membuat ramuan ini juga sangat mudah, Anda hanya perlu mencampurkan air kelapa sebanyak satu gelas kemudian dicampurkan dengan air jeruk lemon sebanyak dus sendok saja. Aduk rata, tapi jangan langsung dipakai. Diamkan dulu selama satu hari di dalam kulkas.

Sesudah itu oleskan ramuannya ke bagian rambut, dan kulit kepala. Diamkan dulu agar ramuannya meresap, sekitar 30 menit. Anda bisa menutup kepala dengan shower cap agar ramuannya tidak menetes. Jika sudah didiamkan langung bilas menggunakan air sampai bersih. Lakukan langkah ini secara rutin.

9. Menggunakan Daun Seledri

Dulu seledri dikenal sebagai bahan alami yang biasa digunakan untuk menyuburkan rambut bayi. Nah, daun ini juga bisa digunakan untuk mempercepat pertumbuhan rambut Anda agar cepat panjang. Cara membuat ramuannya sederhana, ambil beberapa batang seledri kemudian ditumbuk sampai hancur. Campurkan dengan sedikit air yang bersih dan peras seledrinya sampai ada air yang keluar.

Air atau sari itu yang Anda gunakan untuk menumbuhkan rambut. Anda tidak bisa langsung memakainya karena harus didiamkan dahulu selama semalaman dengan memasukannya ke dalam botol. Jika sudah didiamkan maka selanjutnya Anda bisa menggunakannya untuk rambut. Caranya seperti sedang keramas, yaitu dengan menyiramkannya pada rambut kemudian remas dan pijat-pijat dengan perlahan agar meresap ke kulit kepala dan rambut, selanjutnya baru bisa dibilas.

10. Menggunakan Minyak Kemiri

Sama seperti minyak zaitun, minyak kemiri juga memiliki khasiat yang sangat baik bagi kesehatan rambut. Anda bisa meneteskannya pada rambut jika telah selesai keramas. Bisa juga dengan menggunakannya sebelum tidur agar bisa lebih meresap. Gunakan setidaknya 5 tetes minyak kemiri di kulit kepala Anda. Pijat-pijat paling sebentar selama 5 menit dan paling lama 10 menit saja. Biarkan minyak meresap dengan membiarkannya semalaman. Bersihkan ketika Anda bangun di pagi hari.

Selain berkhasiat untuk cepat memanjangkan rambut, minyak kemiri juga bisa membuat rambut Anda menjadi sehat, menghilangkan kekusaman, dan kekeringan sehingga membuat rambut berkilau.

11. Menggunakan Putih Telur

Sponsors Link

Selain untuk wajah putih telur juga memiliki khasiat yang bagus untuk rambut, termasuk memanjangkannya dengan lebih cepat. Ini karena bagian putih telur tersebut memiliki kandungan protein yang banyak. Cara menggunakannya adalah dengan mengocoknya kemudian meratakannya ke seluruh bagian rambut. Setelah itu diamkan selama 15 menit, dan bilas rambut Anda sampai benar-benar bersih. Jika ingin lebih baik lagi, Anda bisa mencampurkannya dengan minyak zaitun.

Membuat Rambut Cepat Panjang Secara Praktis dan Faktor Lainnya

Itu dia apa saja yang bisa menyebabkan rambut menjadi susah panjang. Anda bisa memperbaiki yang salah berdasarkan tiga faktor tersebut. Anda juga bisa menumbuhkannya lebih cepat dengan menggunakan cara-cara yang akan dibahas di sini. Baca juga cara menghilangkan ketombe dengan garam.

1. Kurangi Menggunakan Alat Panas

Tampil cantik dengan rambut yang bagus tentu keinginan semua wanita. Makanya banyak yang berusaha memperindahnya dengan cara menata menggunakan berbagai alat yang memiliki panas seperti hairdryer, catokan pelurus, dan pengeriting rambut. Jika memang harus memakainya maka jangan terlalu panas.

Suhu yang panas akan merusak jaringan pelindung rambut sehingga membuatnya rontok, dan kering. Tentu jika demikian Anda tidak akan bisa mendapatkan rambut yang panjang dengan cepat. Jika ingin mengeringkan rambut sehabis keramas, Anda juga tidak perlu selalu menggunakan hairdryer. Cukup dengan dianginkan saja. Hanya jika terburu-buru Anda baru bisa menggunakan alat-alat tersebut tapi dalam suhu yang biasa saja.

2. Konsumsi Makanan yang Menyehatkan

Seperti yang sudah dibahas mengenai penyebab rambut susah panjang di atas, Anda butuh asupan nutrisi yang kurang. Untuk memenuhinya Anda harus mengonsumsi makanan-makanan yang sehat. Ada banyak yang bisa Anda pilih. Sebut saja kacang merah, dan kacang kedelai yang memiliki protein yang sangat tinggi. Kemudian daging ayam yang juga memiliki kandungan seperti itu, dan vitamin B juga zat besi yang akan menguatkan rambut Anda sampai akarnya.

Selanjutnya ada yoghurt yang memiliki kandungan vitamin D yang memang sangat berguna bagi kesehatan rambut, juga telur yang memiliki kandungan zat besi, selenium, belerang, dan seng yang berguna menambahkan oksigen pada rambut Anda. Oksigen bisa sangat membantu rambut agar bisa lebih sehat.

3. Potong Ujung Rambut

Rambut yang paling bawah adalah yang paling tua sehingga paling rapuh. Makanya harus rajin dipotong agar memberi ruang untuk bagian rambut yang lebih muda sehingga bisa tumbuh dengan lebih baik. Anda bisa memangkas sedikit bagian ujung rambut dengan melakukannya secara rutin selama 3 bulan sekali. Ini bertujuan agar rambut tidak bercabang. Dibandingkan dengan cara lainnya yang dibahas di sini, ini adalah yang paling mudah dilakukan. Bisa dipakai sebagai cara mengatasi rambut rontok juga.

4. Perbanyak Mengonsumsi Protein

Protein membuat rambut Anda akan memiliki nutrisi yang baik untuk pertumbuhannya. Itulah mengapa Anda harus sering mengonsumsinya. Makanan yang banyak mengandung protein antara lain daging, kacang-kacangan dan susu. Dengan banyak mengonsumsinya rambut akan menjadi selalu sehat dan akan cepat panjang.

5. Menggunakan Conditioner

Sebenarnya, menggunakan shampo untuk menyehatkan rambut belum cukup karena shampo hanya akan membersihkan kotoran. Supaya hasilnya lebih baik, dan rambut bisa cepat panjang Anda harus rutin menggunakan conditioner setelah selesai keramas. Tujuannya agar kelembaban rambut Anda bisa terjaga sehingga akan membuatnya terhindar dari kekeringan, kerapuhan, dan kekusaman. Tidak perlu menggunakannya setiap kali keramas, seminggu sekali atau dua kali saja juga sudah cukup.

6. Jangan Sering Mengikat Rambut

Sponsors Link

Jika Anda sering mengikat rambut menggunakan karet apalagi mengikatnya dengan sangat kencang bisa membuat rambut menjadi tidak bisa bernapas. Makanya Anda harus mengurangi kebiasaan ini dan biarkan rambut digerai. Selain itu rambut juga bisa jadi patah, dan rusak. Jika sudah demikian akan lebih sulit untuk diobati lagi.

7. Minum Air Putih

Air putih memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah menyuburkan rambut. Kenapa? Peredaran darah yang lancar akan membuat pertumbuhan rambut menjadi lebih cepat. Nah, air putih ini memiliki kemampuan itu. Selain itu, air putih juga memiliki kemampuan untuk mengaktifkan sel yang ada pada rambut. Jika jaringan pada rambut kuat maka kesuburan dari rambut akan terjaga. Makanya perbanyak minum air mulai dari sekarang, jangan ketika haus saja.

8. Jangan Sering Berenang

Jika Anda memiliki hobi berenang, bisa jadi ini salah satu alasan kenapa rambut Anda lama panjangnya. Anda pasti tahu bahwa di kolam renang apalagi yang umum ada kandungan klorin di dalam airnya. Kandungan tersebut bisa membuat pertumbuhan rambut Anda terhambat. Air pantai juga sama saja karena memiliki kandungan garam yang juga bisa membuat rambut menjadi rusak. Apabila Anda ingin berenang bisa menggunakan penutup rambut agar air tidak akan langsung meresap ke rambut Anda.

9. Rutin Lakukan Creambath

Jika Anda termasuk orang yang malas pergi ke salon maka sekarang harus mulai rajin. Di sana Anda harus melakukan kegiatan creambath agar rambut menjadi ternutrisi. Ketika Anda melakukan perawatan ini maka capster akan memijat kepala Anda. Di saat itu peredaran darah akan menjadi lebih lancar dan akhirnya membuat rambut menjadi lebih cepat panjang.

Lalu ada lobak, bayam, dan brokoli kemudian ikan salmon yang memiliki banyak vitamin D serta protein yang bisa menguatkan rambut agar tidak rontok, dan ubi jalar yang memiliki kandungan vitamin D yang bisa membuat kulit kepala bebas dari gatal, dan ketombe. Gatal, dan ketombe pada rambut bisa mengurangi kemampuan rambut untuk tumbuh lebih baik. Lakukan perawatan ini secara rutin setidaknya sebulan sekali. Demikianlah 20 cara agar rambut cepat panjang yang bisa Anda lakukan.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Saturday 03rd, June 2017 / 03:20 Oleh :
Kategori : Kesehatan Rambut